Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 Jogja : Terbaik Untuk Yang Teristimewa

Suasana menuju PPEJ 2017 di Hotel Royal Ambarrukmo

Kebahagiaan seorang wanita akan terasa lengkap jika dianugerahi kehamilan paska menikah oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Bagaimana tidak! Kehamilan adalah momen indah dan mengharukan yang sangat ditunggu-tunggu. Bahkan, bagi saya pribadi, arti kehamilan  adalah keajaiban.

Ya, proses tiga kali kehamilan saya melalui perjalanan panjang yang tak mudah. Mulai dari mengalami flek di awal kehamilan, mengalami cacar air saat hamil, bayi lahir lewat dari HPL, pengalaman mengalami induksi, melahirkan secara normal, pernah juga keguguran dan harus dikuretase, dan yang terakhir melahirkan si bungsu secara operasi caesar.

Fiuh..semua pengalaman itu mendebarkan namun memberikan kebahagiaan ketika bisa melewati semuanya dengan baik. Semua rangkaian peristiwa ini mengingatkan saya betapa Agung karya Tuhan sehingga memberikan kekuatan bagi seorang wanita. Yes, wanita sudah didesign menjadi makhluk yang kuat.

Berbeda dengan jaman saya hamil dahulu, beragam informasi seputar kehamilan tidak semudah mengakses seperti di jaman sekarang. Jaman dulu informasi terbatas pada televisi, majalah atau surat kabar yang sudah tentu kapan terbitnya. Itupun tidak selengkap kita mendapatkan info dengan searching di mesin pencari seperti sekarang.

Jadi bisa dibilang, saat saya hamil dulu lebih banyak meraba-raba berdasarkan pengalaman para orang tua dan berdasarkan intuisi saja. Tak jarang pernah mengalami bingung juga. Ini anak setelah lahir mau digimanakan? Hehehe..

Beruntung, para ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang sedang merencanakan kehamilan di jaman sekarang. Karena Prenagen, brand susu untuk ibu hamil, menyusui dan yang merencanakan kehamilan sangat peduli akan kebutuhan nutrisi dan informasi seputar kehamilan bagi Ibu-ibu di Indonesia. Prenagen telah eksis selama 30 tahun di bumi Indonesia.

Pada tanggal 7 Mei 2017, di Hotel Royal Ambarrukmo, kota Yogyakarta telah diselenggarakan Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJSiapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy APPS  dengan tema  tahunan “Terbaik Untuk Yang Teristimewa.” Acara ini berlangsung dari pukul 07.30-13.00 WIB. Yuk, kita simak keseruan acaranya.

Hamil, Ya Prenagen! 🙂

Booth-Booth Keren

Saya hadir jam 7.30 teng. Suasana sudah ramai. Celingak-celinguk mencari kali aja ada yang kenal. Ahai..itu dia. Langsung kami bergantian saling berfoto ria mencari angle yang cakep.

Di dalam ruangan yang cukup luas, terpampang booth-booth yang khusus disediakan untuk konsultasi dan menambah wawasan. Ada 4 booth yang tersedia.

  • Bump To Birth Consultation

Sok atuhlah yang mau konsultasi seputar kehamilan dan kelahiran, boleh tanya-tanya dengan pakar kesehatan disini. Tak perlu malu, ungkapkan saja sepenuh hati semua pertanyaan yang mengganjal di hati. Supaya plong dan nambah pengetahuan dong pastinya.

Silakan konsultasi dengan ahlinya..
  • Bump To Birth Nutrition

Nah, nutrisi untuk ibu hamil itu kan penting banget ya kan. Di booth ini bersama Chef Eddrian Tjhia, kita diajak mengolah makanan sehat dari bahan alami. Ada ubi ungu yang dibuat puding. Ada pepaya yang dibikin smoothies. Dan ada banyak bahan makanan lain yang bisa divariasikan sesuai dengan selera masing-masing. Jangan takut berkereasi, ya Bu Ibu!

Yuk, mengolah nutrisi sehat bersamaChef Eddrian Tjhia
  • Bump To Birth Corner

Di booth ini, diajarkan cara tentang cara memijat payudara ibu supaya ASI lancar. Juga diajarkan cara memijat dan memandikan bayi. Bayi boleh mandi sebelum atau sesudah berjemur sinar matahari pagi. Banyak hal yang perlu disiapkan dalam memandikan bayi mulai dari popok, minyak telon, dan lain sebagainya. Cara memegang bayi pun ada caranya supaya kepala bayi yang masih lemas belum bisa tegak tidak kecengklak. Pokoknya harus hati-hati dan benar, ya Bu.

Pengenalan cara memijat payudara supaya ASI lancar, cara memijat bayi dan memandikan bayi
  • Bump To Birth Expert

Di booth ini ada pengenalan beragam produk dari Prenagen. Mbak-mbak SPG baik sekali menawarkan susu, puding dan berbagai variasi makanan dari Prenagen yang rasanya sangat yummy.

Prenagen, sahabat terbaik para Ibu

Ada 5 produk dari Prenagen yaitu :

1. Prenagen Esensis

Merupakan nutrisi khusus untuk Persiapan Kehamilan. Susu rendah lemak yang mengandung  Asam Folat, Zinc, Kalsium, Fosfor, Magnesium , dan Vit D; Protein & Mikroenkapsulasi Zat Besi; Sumber Serat ; Omega 3 & Omega 6

Ibu-Ibu, supaya siap hamil dan tercukupi kebutuhan nutrisinya, alangkah baiknya begitu menikah segera minum PRENAGEN esensis! 🙂

2. Prenagen Mommy Emesis

Merupakan nutrisi kehamilan yang mengurangi  rasa mual muntah. Maklum, di usia kehamilan trimester pertama biasanya Ibu-Ibu suka mual dan muntah. Susu ini mengandung Vitamin B6 & Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi  mual muntah diawal kehamilan* .

Dilengkapi dengan  Asam Folat;  Kalsium, Fosfor, Magnesium, dan Vit D; Mikroenkapsulasi  Zat Besi; Sumber Serat; Omega 3 &6 .

3. Prenagen Mommy

Merupakan nutrisi di masa kehamilan. Susu ini mengandung  Asam Folat, Mikroenkapsulasi Zat Besi, dan Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah. Sumber serat   untuk meningkatkan asupan serat pangan harian. Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Vit D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang Ibu. Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak. Omega 3 dan Omega 6 untuk perkembangan otak, fungsi otak, dan tumbuh kembang janin

Tersedia kemasan praktis siap minum ( UHT ) untuk memenuhi nutrisi Ibu dimana saja dan kapan saja.

4. Prenagen Lactamom

Merupakan nutrisi masa menyusui. Nutrisi untuk meningkatkan kualitas & kuantitas ASI  dengan  Asam Folat; Kasium, Fosfor, Magnesium dan Vit. D; Protein & Mikroenkapsuasi Zat Besi, Sumber Serat, Omega 3 dan Omega 6 untuk perkembangan otak si kecil.

5. Prenagen Juice

Merupakan Sari Buah Asli Pomegranate & Anggur. Sumber Asam Folat   dan  Tinggi Vitamin C

Minum PRENAGEN Juice dimana saja dan kapan saja supaya fresh selama masa persiapan kehamilan, hamil, dan menyusui.

Lebih nikmat bila disajikan dingin.

Pilih susu Prenagen sesuai kebutuhan nutrisinya

Interaktif Talkshow

Tepat jam 09.00, acara Interaktif Talkshow dimulai. Wow, peserta sudah banyak yang memasuki ruangan setelah sebelumnya saling mengantri. Ruangan gedung dengan kapasitas kurang lebih 1000 orang siap menampung para peserta PPEJ 2017 Jogja yang sangat antusias. Yang luar biasa, para ibu hamil tidak datang sendiri. mereka didampingi suami masing-masing. Aih, so sweet. Dalam sekejap ruangan menjadi lautan ungu dengan t-shirt yang dikenakan para peserta yang telah disediakan oleh Prenagen.

Peserta terkesima ketika Mona Ratuliu, si cantik, seorang praktisi parenting dan artis itu memasuki ruangan. Aha..ternyata Mona didaulat menjadi moderator di acara ini. Ramah Mona menyapa para peserta yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan beserta pasangannya masing-masing.

Mona Ratuliu, Praktisi Parenting dan Artis yang mnjadi moderator

Dekorasi panggung yang di-setting seperti di dalam rumah yang ada jendela itu tampak asri dan familiar. Perbincangan terasa hangat dan akrab.

Hadir dokter Dian sebagai bintang tamu di acara ini. Menurut beliau, nutrisi bagi ibu hamil itu sangat penting. Penting untuk ibu hamil dan terutama janin. Nutrisi bayi wajib disiapkan sejak dalam kandungan. Empat sehat lima sempurna adalah nutrisi yang wajib dipenuhi bagi ibu hamil.

Fakta membuktikan, minat minum susu di Indonesia 11 ml/per kapita/tahun, angka yang cukup rendah bila dibandingkan di negara maju.

Karena itu, Prenagen sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui dari Kalbe Nutritions, telah hadir selama 30 tahun untuk mendampingi dan memberikan edukasi berkelanjutan bagi ibu-ibu yang akan, hamil dan menyusui. Dengan memberi bekal pengetahuan nutrisi yang cukup, diharapkan dapat menekan laju kematian bagi ibu hamil dan melahirkan.

Sharing Session Kehamilan Bersama Brand Ambassador Prenagen : Andien 

Andien hadir bersama mas Ippe, sang suami tercinta. Dengan baju berwarna ungu dan rambut yang diikat rapi, Andien tampak cantik dan anggun. Aura keibuan dari ibu Kawa ini tampak memancar jelas sekali.

Menurut Andien yang diamini oleh suami, kehamilannya adalah kehamilan bersama. Keduanya kompak dalam menjalani kehamilan. Semua sudah di planning dari awal, termasuk keinginan Andien untuk melahirkan secara alami dengan metode Water birth sangat didukung secara penuh suami.

The best couple, Andien dan mas Ippe

Soal nutrisi, Andien minum susu Prenagen, suaminya pun ikut minum. Makanan yang dimakan Andien selama hamil pun juga dimakan oleh suami.

Kan nggak lucu kalau aku makannya sayur-sayuran, suami malah makan Pizza. Nggak fair, dong..,”papar Andien.

Peserta PPEJ tertawa. Luar biasa sekali kompaknya pasangan ini. Setelah Kawa lahir pun, Andien tidak memakai jasa baby sitter. Bergantian dengan suami, mereka merawat buah hati bersama. Kawa. Betapa beruntungnya, kamu, Nak Kawa..

Maka Kawa kecil pun diajak kemana Andien pergi. Seperti saat acara ini, Mas Ippe pun segera pamit untuk kembali menjaga Kawa sementara Andien masih dibutuhkan di acara ini.

Kesehatan Plasenta Penting Bagi Ibu Hamil

Hadir sebagai pembicara Dr. dr. Martina Hutabarat, SpOG yang membahas mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil.

Dokter Martina bercerita tentang kesehatan plasenta

Mengapa plasenta begitu penting? Karena, kehamilan tanpa kesehatan plasenta itu semu!

Plasenta merupakan penghubung antara ibu dan janin. Nutrisi dari ibu dialirkan kejanin melalui plasenta. Tak hanya makanan, oksigen juga dialirkan melalui plasenta. Fungsi lain dari plasenta adalah membuang zat beracun, sebagai mekanisme kekebalan tubuh dan menghasilkan hormon yang diperlukan untuk perkembangan janin.

Plasenta juga sangat berperan terhadap pembentukan sistim saraf dan mekanisme transport DHA. Kecerdasan atau kognitif adalah salah satu komponen dari sistem saraf .

Karena itu, memperhatikan kesehatan plasenta adalah mutlak diperlukan demi kelangsungan ibu dan janin karena memberi dampak jangka panjang. Diperlukan nutrisi khusus selama kehamilan, tidak terbatas pada vitamin dan mineral saja, tapi sangat banyak dan beragam. Itulah kenapa dibutuhkan kendaraan untuk bisa membawa nutrisi spesifik tersebut. Benar saja jika ada istilah “You are what your mother eat“. Susu ibu hamil adalah kendaraan yang membawa nutrisi spesifik tersebut.

Dokter Martina bercerita, dirinya sekarang merasa sangat bersyukur karena waktu kecil sering dipaksa orang tuanya minum susu. Tiap hari. Meskipun kadang rasa eneg mendera, dokter Martina mau tak mau harus mengkonsumsi susu setiap hari. Dan manfaat dari susu itu terasa di saat sudah dewasa. Merasa sehat dan bisa beraktivitas selalu hingga sekarang. Dokter Martina merasa beruntung mempunyai orang tua yang sangat memperhatikan nutrisi untuk masa depannya.

Kembali ke masalah plasenta, dengan komplikasi serius mengakibatkan preeclampsia, diabetes melitus gestasional, prematuritas, dan kematian janin.

Yuk, siapkan 1000 hari pertama untuk kehidupan bayi-bayi kita dengan nutrisi yang optimal, himbau dokter Martina.

Tumbuh Dan Kembang Anak

Narasumber selanjutnya adalah dr. Soeroyo Machfudz, MPH, SpA (K) yang akan membahas tentang tumbuh kembang anak. Dengan bahasa yang santai dan lucu, dokter Soeroyo mengatakan bahwa kecerdasan anak dipengaruhi oleh gen ibu. Dalam hal ini, maaf ya bapak-bapak. 🙂

Serba serbi tumbuh kembang anak bersama dokter Soeroyo

Parameter tumbuh anak meliputi bertambahnya ukuran secara kuantitatif seperti ukuran lingkar kepala, berat badan, dan tinggi badan.

Perlu diwaspadai jika ukuran kuantitatif berada di garis merah atau red flag yaitu batas yang harus dilewati bayi. Segera konsultasikan ke dokter anak untuk mencari solusinya.

Definisi kembang artinya yang berkaitan dengan struktur dan fungsi kualitatif diantaranya motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona sosial.

Tahapan usia anak ada perkembangan kognitif sendiri-sendiri. Jangan terlalu bangga jika bayi usia 4 bulan sudah bisa duduk. Jangan-jangan ada kelainan otot yang kaku. Dan jangan terlalu santai jika sudah di usia yang seharusnya sudah bisa bicara ternyata belum bisa. Kemungkinan ada keterlambatan perkembangan indera pendengar yang harus ditindaklanjuti.

Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang bisa secara internal dan eksternal. Faktor internal tidak dapat diintervensi. Sedangkan faktor eksternal bisa diintervensi.

Faktor internal yaitu :

  • genetik
  • ras
  • usia
  • jenis kelamin.

Faktor  eksternal yaitu :

  • nutrisi
  • lingkungan
  • penyakit
  • stimulasi

Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki nutrisi. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Nutrisi ibu hamil mempengaruhi kondisi janin saat lahir. Nutrisi terbaik setelah bayi lahir adalah ASI dari usia 0-6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi lain sebagai pelengkap ASI.

Nutrisi ASI berperan pada pembetukan sistem syaraf pusat. Anak yang cerdas biasanya memiliki nutrisi yang baik dan perkembangan syarafnya juga baik. Kolustrum pada ASI mengandung kolesterol penunjang pembentukan syaraf mielin atau penghubung impuls.

Nutrisi utama adalah karbohidrat (laktosa), protein, lemak (AA, DHA, Omega 3 dan Omega 6) dan mineral (zat besi, yodium, kalsium). Sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi semua nutrisi itu secara optimal karena ketika dalam kandungan, otak bayi sudah terbentuk 50 persen.

Zat besi penting untuk pembentukan otak. Anak yang kurang zat besi waktu umur 6 bulan akan memiliki keterlambatan perkembangan karena pembentukan mielinnya kurang sempurna. Kalsium penting untuk pembentukan neurotransmitter. Juga membuat gigi anak cepat tumbuh dan kuat.

Launching Aplikasi Hallo Bumil

Telah hadir aplikasi Hallo Bumil yang sangat membantu para ibu hamil untuk memantau perkembangan kehamilannya secara interaktif. PT. Cakra Radha Mustika bekerjasama dengan Prenagen meluncurkan aplikasi Hallobumil.

Ayo diinstal di Android

Dengan aplikasi Hallobumil, Ibu seolah-olah bisa berkomunikasi dengan bayinya. Seperti ngobrol gitu. Lucu ya..hehe..

Ada 4 fitur yang bisa digunakan dalam aplikasi ini :

  • Timeline Kehamilan
Chat dengan si Kecil

Si Kecil seolah-olah berbicara tentang perkembangannya dari hari ke hari sesuai dengan usia kehamilan. Sehingga ibu bisa memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu

  • Artikel
Artikel yang penting

Ibu bisa mencari tips, informasi dan saran tentang kehamilan dengan fitur ini. Segala artikel tentang kehamilan lengkap tersaji

  • Kontrol Kehamilan
Pantau selalu kehamilan ibu

Ibu bisa mengontrol kehamilan dengan mengukur berat badan mingguan dilengkapi dengan informasi yang ibu rasakan

  • Album Foto
Abadikan momen terindah

Ibu bisa menyimpan segala foto saat hamil, hasil USG, perkembangan janin dari waktu ke waktu. Album foto ini kelak menjadi kenangan terindah jika si Kecil sudah lahir.

Nah, ibu bisa mengunduh aplikasi Hallobumil di Android. Dengan aplikasi ini, kehamilan ibu akan terasa mudah dan menyenangkan.

Senam Prenafit

Acara puncak dari PPEJ di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta adalah senam Prenafit oleh Adianti Reksoprodjo. Meskipun lagi hamil juga, Adianti tampak langsing dan bugar.

Senam Prenafit bersama Adianti Reksoprodjo

Olahraga di masa kehamilan penting bagi kesehatan janin dan pada ibu bisa memperlancar proses persalinan. Senam Prenafit bisa mencegah bayi dari obesitas, membuat bayi tenang dan mempunyai nilai kecerdasan lebih tinggi dan memiliki bahsa lisan lebih baik hingga usia 5 tahun.

Manfaat senam Prenafit bagi Ibu adalah membantu ibu beristirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan, kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional  dan tekanan darah tinggi pada saat hamil.

Peserta PPEJ tampak antusias mengikuti senam Prenafit. Semua bisa mengikuti dari tempat duduk masing-masing.

Tuk..wak..tuk..wak..

Selesai acara senam Prenafit, acara ditutup dengan pembuatan video Manequin Challenge. Masing-masing membawa botol minuman Prenagen juice. Wah, gayanya seru-seru. Ada bapak-bapak yang pegang perut hamil istrinya. Sebelum pulang, peserta PPEJ dipersilakan mengambil kotak makan siang. Dijamin nggak rugi ikut acara ini. Malah banyak manfaat dan pengetahuan baru yang bisa didapatkan di acara Prenagen ini.

Untuk info seputar event serta masalah nutrisi ibu hamil dan menyusui ini bisa langsung ke media sosial resmi milik Prenagen:

Website: www.prenagen.com 

Facebook: Prenagenworld

Twitter: @Prenagenworld

Instagram: @prenagenworld

Sampai jumpa di acara PPEJ tahun depan di kota Anda!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

12 thoughts on “Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 Jogja : Terbaik Untuk Yang Teristimewa”

  1. Waah…seru banget. Semoga nanti ada lagi dan bisa ikutan. Btw, saya juga klo hami minum prenagen. Wakau gak rutin dan gak disiplin. Semaunya. Sampe pernah stoknya masih ada sampai melahirkan. Saking malesnya minum susu dan suplemen. Hehe. Tapi dari lima kali hamil, tidak semua malesnya.

  2. Aku dulu juga waktu program hamil minum prenagen esensis. Lalu pas hamil minum Prenagen Mommy Emesis soalnya mual-mual terus. Biasanya minum yang pack, enak rasanya dan praktis dibawa kemana-mana. Jusnya juga enak.

    Dengan adanya aplikasi hallo bumil berarti sudah lengkap ya prenagen mendampingi ibu2 indonesia yang sedang hamil.

    Thanks for sharing 🙂

  3. Ah iya, dulu waktu hamil paling suka ngeliatin perkembangan janin di aplikasi. Rasanya ikut bayangin dia sekarang semana, wujudnya gimana, udah bisa apaa :”) eh kok jd pengen XD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *