Jelajah Wisata Kota Blitar

Sumber gambar : www.visitblitar.com
Sumber gambar : www.visitblitar.com

Setiap mendengar kata Blitar, maka ingatan kita akan melayang pada sosok Bung Karno. Beliau adalah Bapak Proklamator Indonesia yang tumbuh dan dibesarkan di kota ini. Makam dan Museum dari sosok besar negara Indonesia ini pun berada di kota ini, yang membuat Blitar memiliki pesona sejarah tersendiri. Tak hanya wisata sejarah, disini juga terdapat lokasi wisata menarik lainnya.

Salah satu diantaranya adalah Candi Penataran,  yang menurut legenda setempat menjadi lokasi Patih Gadjah Mada dari kerajaan Majapahit saat mengucapkan “Sumpah Palapa”. Sumpah ini  bertujuan untuk untuk mempersatukan nusantara di bawah naungan kerajaan tersebut.

Berikut adalah beberapa lokasi wisata di Blitar yang wajib Anda kunjungi :

1.Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno berlokasi di Desa Bendogerit, dengan jarak sekitar 3 km dari kota Blitar bagian utara. Makam Bung Karno ini berada di kawasan lahan yang luas. Untuk bisa masuk ke makam Bung Karno, ternyata gratis alias tidak perlu membayar biaya tiket masuk.

Lokasi makam peristirahatan terakhir Bung Karno berada pada sebuah bangunan berbentuk Joglo, yang merupakan bangunan khas Jawa. Di komplek makam Bung Karno ini, juga terdapat makam kedua orang tuanya. Makam ayah di sebelah kiri dan makam ibu berada di sebelah kanan makam Bung Karno.

Di lokasi obyek wisata Blitar yang satu ini, terdapat perpustakaan di sekitar makam. Di perpustakaan ini terdapat banyak buku dan tulisan Bung Karno. Banyak hal tentang Bung Karno yang bisa kita pelajari disini. Selain perpustakaan, di bagian dalam tempat ini juga terdapat  beberapa benda peninggalan beliau.

Bagi yang ingin pulang membawa oleh-oleh, tak perlu khawatir karena tak jauh dari tempat ini terdapat banyak toko oleh–oleh souvenir yang saing berderet menjual berbagai pakaian dan benda–benda lainnya.

Sumber gambar : www.tempatwisata.com
Sumber gambar : www.tempatwisata.com

2. Istana Gebang Blitar

Istana Gebang berjarak sekitar 2 km dari kompleks makam Bung Karno. Untuk bisa sampai di tempat ini, kita bisa naik becak dari kompleks makam Bung Karno.

Istana Gebang merupakan tempat masa kecil Bung Karno. Disinilah rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno. Sebuah rumah yang hingga kini masih ramai menjadi tujuan wisata, terutama di bulan Juni. Bulan Juni adalah bulan lahir Bung Karno. Oleh karena itu di sekitar area obyek wisata ini selalu diselenggarakan kegiatan tahunan, yaitu acara Grebeg Pancasila

Sumber gambar : www.citizenliputan6.com
Sumber gambar : www.citizenliputan6.com

3. Water Park Sumberudel Blitar

Water Park Sumberudel merupakan salah satu obyek wisata di Blitar yang sering menjadi tujuan liburan banyak orang. Water park Sumberudel merupakan waterpark  terbesar yang ada di Karesidenan Kediri, Jawa Timur.

Banyak wisatawan dari Tulungagung dan juga dari Kediri datang untuk bermain ke taman air ini. Kolam renang di water park ini ada dua, yaitu untuk anak-anak dan dewasa.

Fasilitas yang ada di Waterpark Sumberudel ini tergolong cukup baik. Diantaranya ada tempat bermain anak-anak, ada panggung gembira yang menyuguhkan kesenian khas Blitar setiap tahun, terdapat tempat parkir yang memadai, ada persewaan alat renang dan juga bisa menitipkan alat renang disini. Tersedianya air yang bersih menjadi salah satu pesona water park di Blitar ini.

4. Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo berlokasi di selatan kota Blitar, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto. Pantai di Blitar ini mempunyai ombak laut yang cenderung tenang, sehingga banyak keluarga berkunjung disini untuk menikmati wisata dengan berenang dan bermain ombak dengan aman.

Kita bisa melihat nelayan–nelayan yang baru pulang dengan tangkapan hasil laut yang masih segar di pagi hari. Di pantai ini juga terdapat pelelangan ikan yang bisa di beli untuk dimasak sesuai selera masing-masing.

Sumber gambar: www.angkolablogspot.com
Sumber gambar: www.angkolablogspot.com

5. Candi Penataran Blitar

Candi Penataran merupakan kompleks candi terbesar di Jawa Timur. Lokasinya berada di kaki Gunung Kelud. Hawa alam yang begitu sejuk bisa dirasakan di sekitar Candi Penataran ini. Candi ini cukup terkenal  di Jawa Timur sebagai obyek wisata yang memiliki banyak nilai sejarah.

Menurut sejarah, candi ini telah ada sejak era tiga kerajaan besar Nusantara, yaitu Kediri, Singasari, dan Majapahit. Obyek wisata di Blitar ini menjadi lokasi di mana para raja diangkat. Upacara pemujaan pada Sang Pencipta juga dilakukan di lokasi Candi ini.

Nah, traveller berikut beberapa tempat yang bisa  dikunjungi ketika sedang berlibur ke Blitar. Tak perlu khawatir bagi yang tidak punya sanak saudara  di Blitar yang bisa ditumpangi menginap. Langsung saja lihat list penginapan yang ada di kunjungisitus travel online seperti Traveloka.

Happy travelling!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

2 thoughts on “Jelajah Wisata Kota Blitar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *