Kulit Anda Sensitif ? Ini Solusinya !

Cetaphil

Kulit wajah saya termasuk kulit sensitif. Rentan sekali dengan sinar matahari. Kepanasan di luar sebentar saja langsung iritasi kemerahan. Biasanya sesudah ini lanjut menjadi jerawat. Dan itu rutin terjadi setiap kali menjelang menstruasi. Jadi bisa dipastikan kulit wajah saya tampak mulus itu jarang sekali. Selalu disinggahi jerawat, alergi atau iritasi kemerahan. Duh!

Faktor dari dalam tubuh mungkin bisa mempengaruhi keadaan kulit saya ini. Misalnya ketidakseimbangan hormon, darah kotor, racun dalam tubuh, makan makanan yang berminyak sepertiย  gorengan, ayam potong, telur ayam leghorn bisa menjadi pemicu kondisi kulit wajah saya semakin sensitif.

Kulit kaki saya juga kering luar biasa. Sudah memakai hand & body lotion berbagai macam merk ya tetap saja kering. Saking keringnya sampai pecah-pecah yang menimbulkan rasa perih.

Segala usaha sudah saya lakukan mulai dari konsultasi ke dokter, mencoba berbagai produk kecantikan tapi ya hasilnya begitu-begitu saja. Hilang sebentar trus muncul lagi secara musiman.

Apa itu Cetaphil Gentle Skin Cleanser ?

cetaphil 125

Melalui rekomendasi dari teman, saya mengenal produk pembersih wajah dan badan bernama Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Produk ini berasal dari negara Kanada. Cara pemakaian bisa menggunakan air atau tanpa air, sehingga praktis jika dibawa saat travelling.

Pembersih ini tidak berbusa, tidak wangi dan tidak mengandung lanolin. Lanolin adalah zat minyak yang diekstrasi dari wol domba. Zat ini menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat salep, cream kulit dan lotion. Lanolin merupakan agen pelembab yang baik namun dapat menyebabkan alergi. Dapat dipastikan kulit saya akan langsung alergi jika produk ini mengandung lanolin.

Apa Fungsi dan Kandungan Produk ini ?

Fungsi :

  • Pembersih wajah dan tubuh
  • Lembut untuk kulit bayi
  • Menghilangkan sisa make up yang terang sekalipun
  • Menghilangkan komedo (tidak menyumbat pori-pori)
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Menjaga keseimbangan pH kulit
  • Tidak menyebabkan pedih di mata

Kandungan Produk :

  • Purified Water yaitu air murni melalui proses penyulingan
  • Cetyl Alcohol yaitu alkohol berbentuk padat yang tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap oleh kulit, merupakan bahan yang tidak beracun
  • Propylene glycol yaitu bahan pengental pada kosmetik seperti pembersih muka, pelembab muka dan kosmetik yang bersifat cair
  • Sodium Lauryl Sulfate yaitu produk pembersih minyak dan kotoran
  • Stearyl Alcohol yaitu bahan yang biasa digunakan dalam conditioner, foundation, perawatan kulit dan tata rias wajah yang berfungsi menyatukan minyak dan air (pengemulsi) serta tidak menimbulkan busa
  • Methyl Hydroxy Benzoat yaitu zat pengawet kosmetik yang biasa digunakan dalam pelembab wajah, produk anti penuaan, pewarna rambut, produk pemutihan kulit, gel cukur, pembersih wajah, spray, shampo dan conditioner, maskara, eye shadow dan alas bedak
  • Propyl Hydroxy Benzoat yaitu zat pengawet yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri
  • Butyl Hydroxy Benzoat yaitu zat pengawet yang mengandung antioksidan buatan

Dengan mengetahui fungsi dan kandungan yang terdapat dalam suatu produk kosmetika, konsumen menjadi yakin bahwa produk yang dipakai aman.

Biasanya efek yang ditimbulkan dari produk pembersih adalah rasa kesat. Tapi ini tidak. Terasa lembut dan kenyal di kulit. Jelas sekali produk dari Cetaphil ini dapat menjaga kelembaban kulit.

Siapa saja yang boleh memakai produk ini ?

Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan tak ada batasan umur bagi pemakainya. Bayi pun boleh menggunakannya karena memang aman dan lembut di kulit. Tak ada zat berbahaya yang terkandung dalam komposisi produk ini. Kulit sensitif, kulit berjerawat, kulit kering, kulit normal, kulit berminyak, bahkan kulit eksim pun bisa menggunakan produk ini.

Pengalaman Saya Bersama Produk Cetaphil

before after

Awalnya, saya ragu-ragu untuk menggunakan produk ini. Maklum, dengan kondisi kulit wajah saya yang sensitif, saya tak mau coba-coba bereksperimen menggunakan sembarang produk. Namun ketika tahu bahwa produk ini direkomendasikan oleh Dermatologist dan Paediatrians dunia, yang mana termasuk dalam produk kesehatan, maka keraguan saya sirna.

Saya mulai mencoba produk ini tepat saat jerawat kemerahan tumbuh di wajah saya. Dua hari pemakaian belum ada perubahan yang berarti. Jerawat semakin menjadi. Saya cukup panik. Kenapa jadi begini ? Namun saya tetap bertahan menggunakan produk ini. Saya berpikir, semua hal baru membutuhkan adaptasi dan proses, tidak bersifat instan. Selain itu, kondisi kulit satu orang dengan yang lain berbeda, sehingga hasil yang didapat tak sama. Mungkin bagi orang lain cocok, belum tentu buat saya. Demikian pula sebaliknya.

Setelah seminggu pemakaian, kadar jerawat mulai berkurang. Yang tadinya basah mulai kering, dan permukaan kulit ada yang mengelupas. Belum sepenuhnya hilang, tapi saya rasa ada sedikit perubahan. Saya berharap, Cetaphil menjadi produk yang berjodoh dengan kulit saya. Karena memang saya sudah lelah mencari-cari produk yang tak kunjung menyembuhkan kondisi kulit saya selama ini.

Saya jadi ingat beberapa waktu lalu, saat kaki saya sangat kering hingga iritasi dan infeksi, saya periksa ke dokter spesialis kulit. Kemudian saya diberi resepย  yang saya tebus di Apotik. Mau tahu apa merk produk yang diresepkan dokter ? Ternyata salah satunya ada produk pelembab kulit semacam hand and body lotion dari merk Cetaphil. Namun sayang, apotik yang masih satu kantor dengan ruang praktek dokter spesialis kulit ituย  kehabisan stok untuk produk ini. Lalu petugas apotik menyarankan produk dari merk lain yang fungsinya sama. Bodohnya saya, kok mau saja. Kenapa tidak ganti keย  apotik lain saja yang punya produk Cetaphil. Hm..

Nilai Plus Minus Produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Jujur, dalam rentang waktu seminggu, belum banyak yang bisa saya nilai dari produk ini. Pengalaman saya, saat memakai sabun pembersih untuk kulit wajah, terutama saat jerawat sedang banyak-banyaknya, biasanya ada rasa perih yang cukup mengganggu kenyamanan. Namun Saat menggunakan produk Cetaphil, rasa perih nyaris tidak ada. Meskipun tanpa busa, efek yang ditimbulkan pada kulit adalah bersih, segar, lembut dan kenyal. Pada kulit saya, jerawat cepat kering dan mengelupas.

Saya belum bisa memastikan apakah produk ini cocok atau tidak untuk kulit saya mengingat waktu yang belum lama saya memakainya. Yang jelas selama seminggu ini kulit wajah saya tidak bertambah jerawat lagi.

Menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah langkah awal untuk memperbaiki kondisi kulit saya. Ketika produk ini saya aplikasikan untuk kulit kaki saya yang kering, ternyata memberi kesan sedikit lembab. Tidak terlalu kering. Dengan pemakaian yang rutin, saya rasa akan ada perubahan yang cukup berarti. Apalagi jika saya lebih fokus untuk memakai produk perawatan kulit lainnya dari merk Cetaphil. For the next step, saya bisa periksa ke dokter spesialis kulit dan minta diresepkan produk Dermacontrol dari Cetaphil untuk penanganan kulit sensitif saya lebih lanjut.

Berapa Harganya dan Dimana Bisa Mendapatkan Produk Ini ?

Masalah harga, bagi sebagian orang memang cukup mahal ya. Tapi mahal atau tidak itu sifatnya relatif. Dalam arti, jika dengan harga semahal itu bisa membantu problem kulit sensitif saya, I think worth it. Uang bisa dicari, tapi kesempatan untuk bertemu produk yang cocok dan membantu mengatasi masalah kulit itu yang susah dicari. Kesempatan tidak datang dua kali.

Produk Cetaphil bisa dibeli di rumah sakit, apotik-apotik atau di tempat- tempat di bawah ini.

Cetaphil

Bisa juga belanja secara online. Nah, kebetulan sedang ada harga diskon di Lazada. Boleh dicek, ya.

hrg cetaphil lazada
Harga Cetaphil Gentle Skin Cleanser di Lazada, lagi diskon lho !

Nah, itu pengalaman kulit sensitif saya bersama Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Bagaimana dengan kondisi kulit Anda ? Apapun dan bagaimana kondisi kulit wajah Anda saat ini, bisa terbantu dengan produk pembersih ini. Yang mulus bisa semakin mulus, yang berjerawat dan sensitif seperti saya semoga bisa berkurang tingkat kenakalan jerawatnya. Boleh saja kan kita punya harapan. Dermatologist dan Paediatrians kelas dunia saja merekomendasikan produk ini, apalagi saya.

Trust me, it works !

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

18 thoughts on “Kulit Anda Sensitif ? Ini Solusinya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *