Sering Kalah Lomba Blog ? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya!

Kalah lomba

Sering Kalah Lomba Blog? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya! – Hari gini, dunia persilatan Blogging sedang marak-maraknya dengan aneka macam lomba. Hadiah yang ditawarkan pun beragam dari sekedar pulsa 25 ribu rupiah sampai uang puluhan juta rupiah. Tergantung siapa penyelenggaranya dan berapa budget yang digunakan untuk itu.

Konon, lomba blog ini merupakan strategi marketing suatu brand untuk mendongkrak kenaikan omset. Secara, internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan modern saat ini. Coba saja, siapa yang lebih sering mantengin media sosial daripada nonton TV? Atau searching berbagai hal di mesin pencari Google? Pasti banyak yang ngacung.

Baca : Cara Mencairkan Pendapatan Google Adsense Di Western Union

Biasanya, lomba blog tak terlepas dari menanam link website brand yang dimaksud di blog peserta. Semakin banyak link yang keluar, tentu harapannya popularitas brand meningkat, syukur-syukur bisa nangkring di page one Google.

Para Blogger biasanya menyambut sukacita dengan adanya lomba blog ini. Siapa yang tak tergiur dengan hadiah lomba yang ditawarkan? Saya termasuk salah satunya. Ya, iseng-iseng berhadiah lah ya..Karena secara tidak langsung blog para Blogger juga diuntungkan ketika ada lomba blog ini. Salah satunya trafik blog bisa naik dan kalau menang, pasti nama blog disebut, bahkan kadang dicantumkan URL artikel blognya. Simbiosis mutualisme kan jadinya ?

Baca : Lakukan Tips Ini Supaya Tulisan Anda Menembus Media

Berdasarkan pegalaman saya sendiri dalam ikut berbagai lomba blog baru-baru ini, banyak suka duka yang terjadi. Dari soal DL yang mepet kurang beberapa menit lagi tapi koneksi internet super lelet, pengumuman lomba yang molor tanpa pemberitahuan, hadiah lomba yang tak kunjung datang, bahkan ada juga lomba blog yang tanpa kepastian diumumkan. Sukanya tentu ketika hadiah sudah diterima dengan baik dan selamat.

Apakah saya selalu menang? Tentu tidak. Banyakan kalahnya, hehehe..Kalaupun menang, seringnya sih menjadi pemenang hiburan gitu. Ya, lumayan terhibur lah ya, daripada nggak dapat apa-apa. Paling banter menang juara 3, dan belum pernah merasakan menang lomba blog juara 1. Kapan ya, kapan-kapan ajalah.. 🙂 Coba cek About me  saya, ketahuan bagaimana sepak terjang saya. Persentasenya ikut 20 lomba, yang menang cuma 5.

Biasanya, saya mengikuti lomba hanya berdasarkan apa yang saya tahu, kalau kira-kira saya tidak mampu dari segi materi, waktu dan tenaga, biasanya saya tidak ikut. Percayalah, sesuatu yang dipaksakan itu tak akan maksimal hasilnya.

Baca : Domain Dan Hosting Ibarat Alamat Dan Rumah

Belajar Tentang Kekalahan Dari Jawara Lomba Blog

Foto saya pinjam dari Facebook Mak Arifah
Gambar saya pinjam dari Facebook Mak Arifah

Bicara tentang kemenangan lomba blog, saya suka angkat topi dengan para jawara. Benar-benar hebat banget deh mereka itu. Ada yang borongan lagi menangnya. Berbagai lomba disabet. Jika belajar dari tulisan para jawara itu, saya suka kagum tak berdaya melihat info grafis yang keren, video keren dan konten yang sangat menarik.

Baca : Ada Apa Dengan Manda ?

Tapi ada juga yang tanpa info grafis dan video bisa menang juga. Biasanya ada hal yang menonjol dari itu. Story telling yang keren dan based on true story pun bisa membuat kans menang.

Siapa salah satu jawara yang keren itu? Yuk, kenalan!

Namanya Arifah Wulansari. Emak keren beranak dua yang ulang tahun tanggal 24 Juni ini teman komunitas saya di Blogger Cantik Jogja (BCJ), cabang Kumpulan Emak Blogger di Jogja. Profesi tetapnya saat ini sebagai PNS di Puskesmas Bantul Jogja.

Seperti biasanya, kita ulik arti namanya dulu yuk! Kebiasaan saya kalau menulis profil seseorang.

Baca : Menerawang Sosok Astri Rahayu

Arifah artinya anugerah, yang mengetahui

Wulansari artinya bulan purnama, bulan yang indah

Jadi arti nama Arifah Wulansari : Wanita yang mengetahui anugerah seindah bulan purnama.

Wow..*koprol yuk*

Sepertinya benar jika nama yang diberikan oleh orang tua mak Arifah ini adalah doa. Buktinya, anugerah yang diterima mak Arifah dari menang lomba blog sungguh tiada tara lho. Ketika saya membaca achievement di blognya, ada puluhan kemenangan lomba blog yang ia raih. Hadiah yang didapat pun macam-macam dari mulai pulsa, voucher belanja, kamera, handphone, laptop, tiket dan akomodasi jalan-jalan, sampai uang tunai senilai 10 juta rupiah! *lap iler*

Baca : Inspirasi senyum Bahagia Dari Figur Liya Swandari

Tentunya kemenangan ini tak mungkin didapat secara instant ya. Mak Arifah banyak berlatih dan tentu saja belajar dari kekalahan yang pernah ia alami.

Maka saya pun bertanya kepadanya tentang banyak hal yang berkaitan dengan lomba blog ini. Dan ini jawabannya. Check it out!

Mak, Ari..Bisa di share faktor apa saja yang membuat kalah saat ikut lomba blog ?

Hm..Faktor yg bikin kalah lomba :

  1. Nggak menguasai tema tapi nekat ikut lomba
  2. Nulisnya ikut-ikutan gaya penulis lain
  3. Gambar ilustrasinya sok-sok pengin ikut bikin infografis tapi gagal dan nggak maksimal
  4. Ada ketentuan atau syarat lomba yg nggak dipenuhi
  5. Gaya nulisnya terlalu lebay dan kadang kalo maksa banget ikut lomba ngarangnya itu jadi keliatan banget sehingga tulisan jadi nggak natural
  6. Yang terakhir memang karena faktor nggak hoki 😊

Nah, camkan itu ! 😀

Sejak kapan Mak Ari aktif menulis ?

Aktif nulis sejak 2012

Kirain berdiri sejak 1928..#eh itu sih iklan jamu ya.. 😀

Boleh tahu, bagaimana cara membagi waktu antara pekerjaan, keluarga dan ngeblog ? *pertanyaan wajib*

Cara bagi waktu dengan kerjaan, kalo pekerjaan ya dikerjain di kantor. Kalo pas ada waktu luang ya nulis-nulis dikit buat blog, misal bikin kerangka. Trus ngeblognya di rumah, supaya lebih maksimal pas hari libur or malam hari pas anak-anak udah pada tidur

Noted!

Bagaimana support keluarga termasuk suami dan anak dengan kegiatan ngeblog ini ?

Suami cukup besar suportnya terutama pas ada DL tulisan yang harus selesai, ntar suami yang pegang anak. Kalo anak pertama juga support terutama untuk dijadikan model foto ilustrasi. Pasti langsung support kalo saya bilang mau buat dimasukin blog. Kalo yang bayi sih masih belum suport malah ngrecokin terus😂😂😂😂

So sweet. Maklum lah kalau bayi, Mak 😀

Apa motto hidup yang cukup berpengaruh dalam hidup Mak Ari?

Motto hidup :

“Pantang menyerah sebelum berusaha maksimal

Berusaha ikhlas dalam mengerjakan apapun baik pekerjaan rumah, kantor, termasuk ngeblog

Sangat percaya pada kekuatan doa dan usaha”

Super sekali!

Baca : Mengenal Global Developmental Delay Dari Blog Mak Aya

Tuh, tips tentang hal yang menyebabkan kalah saat lomba blog keren ya. Saya jadi punya pegangan untuk koreksi diri kalau mau ikut lomba blog lagi. Ya, siapa sih yang nggak pengin menang kayak Mak Arifah ini. Duh..hebat bingits !

Buat yang mau mencari inspirasi tulisan seperti apa yang biasanya menang saat lomba blog, segera saja meluncur ke blognya ya di Arifah Wulansari’s Blog.

Blog

Terima kasih sudah berbagi ilmu, ya Mak Ari! Tipsnya sangat bermanfaat, inspiratif dan menjadi motivasi untuk terus berkarya.

Sukses selalu, Happy Blogging! 😀

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

36 thoughts on “Sering Kalah Lomba Blog ? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya!”

  1. Pertamax
    Waaahh…bagus banget nih tips tips yang perlu dihindari waktu ikutan lomba ngeblog. Mau belajar juga aah dari para mastah lomba blog 🙂

  2. Kadang pgeng ikutan yg hadiahnya bikin elap iler kadung ciut wong yg biasa aza ga pernah menang hahaha mindsetnya kalah sebelum bersaing jg mesti dirubah :p makasi sharingnya mba lgsg belajar biar menang ❤️

  3. kalau aku mah ikutan lomba , tema dulu suka dan selalu maunya jadi penggembira saja, syukur2 menang, kalau gak menang juga gak apa-apa. Soalnay kadang suka mati kutu mau nulis apa di blog, eh ada lomba jadi deh blognya keisi lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *