Yuk, Cerdas Menata Masa Depan !

Pernah mendengar jargon the future is yours? Yup, bener banget. Masa depan adalah milik kita, bukan orang lain. Karena itu, adalah tanggung jawab kita sendiri untuk menentukan masa depan kita.

Masa depan ditentukan dari apa yang kita lakukan sekarang. Kalau sekarang kita masih santai-santai, tidak punya rencana apapun 5 tahun ke depan, tidak ada target, tidak punya persiapan sama sekali, kira-kira sudah terbayang bagaimana masa depan kita nanti ?

Tak salah jika masa depan dimulai dari hari ini. Jika kita ingin masa depan kita nyaman, dan bebas dari finansial, persiapkan mulai dari sekarang. Kita tentu ingin, di masa pensiun kita bisa menikmati waktu yang tersisa dengan tenang. Masih sehat, bisa jalan-jalan kemana saja bersama pasangan sehidup semati kita. Yup, menua bersama dan happily ever after.

Bijak Mengelola Keuangan

fr keuangan

Belum lama ini saya mengikuti acara tentang pengelolaan finansial pribadi. Salah satu ilmu yang saya peroleh adalah penting jika kita bisa membagi penghasilan kita untuk pos-pos pengeluaran secara tepat.

Ada rasio perbandingan untuk Kebutuhan (Need), Hutang (Debt), Keinginan (Want) dan Tabungan (Saving). Misalnya saja jika penghasilan kita 5 juta rupiah per bulan. Uang 5 juta itu harus kita bagi dalam rasio 50%N : 30%D : 10%W : 10%S.

Artinya, kita bisa memenuhi :
• Kebutuhan dengan uang sejumlah 2,5 juta
• Membayar hutang sejumlah 1,5 juta
• Keinginan sejumlah 500 ribu
• Menabung sejumlah 500 ribu

Jika kita tidak punya hutang, maka pos hutang bisa diganti untuk pos investasi. Jadi, selama kita masih punya hutang, seharusnya kita belum bisa melakukan investasi. Yes, disini berlaku skala prioritas.

Tabungan disini berfungsi sebagai dana simpanan jangka pendek, yang jelas berbeda fungsi dengan investasi. Tabungan bernilai statis, tidak berkembang seperti investasi.

Bijak Dalam Gaya Hidup

fr

Seringkali kita tidak cermat menggunakan uang yang kita peroleh demi memenuhi keinginan yang membabi buta demi gaya hidup. Hati-hati, budaya konsumerisme karena gaya hidup bisa menjerat kita ke dalam hutang yang sia-sia. Mending jika hutang untuk putaran usaha, lha kalau hutang untuk beli gadget yang daya jualnya menurun jelas kita bisa pailit.

Tentang Asuransi

Bicara tentang investasi, ada banyak ragamnya. Salah satunya adalah asuransi. Yup, asuransi adalah cara kita menginvestasikan uang kita demi masa depan. Kita toh tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan kita 10 tahun lagi meskipun kita sudah berusaha olahraga dan menjaga pola hidup sehat. Atau, kita juga bisa menginvestasikan uang kita supaya kita bisa menikmati masa pensiun dengan melakukan travelling bersama pasangan.

Kalau tidak dipersiapkan dari sekarang, mustahil segala rencana itu bisa berhasil. Kita tidak ingin kan merepotkan anak cucu kita di hari tua ? Tentu kita lebih memilih menjadi kakek atau nenek yang bisa memberi oeh-oleh kepada cucu daripada menjadi orangtua yang hanya bisa bergantung kepada anaknya.

Futurepedia

Mandiri secara finansial adalah pilihan, selalu sehat adalah harapan dan bisa melakukan banyak perjalanan adalah cita-cita.

Ada banyak pilihan asuransi diantaranya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi perjalanan. Semua asuransi itu bisa kita peroleh dari sekarang demi masa depan yang terencana. Iya, mulai dari sekarang, atau malah sudah ? Bagus !

Situs Cerdas Mengelola Masa Depan

Futurator

Futuready, adalah situs keren yang bisa mendukung segala rencana masa depan kita. Situs ini semacam supermarket asuransi yang bisa mengedukasi kita untuk lebih memantapkan pilihan tentang asuransi secara tepat. Kita tidak mau kan salah memilih ? Nah, silakan memilih diantara banyak pilihan yang ada.

futurexpert

Di www.futuready.com, konten yang tersedia juga beragam. Ada artikel tentang asuransi dan proteksi, artikel kesehatan, artikel keuangan, Futurepedia, Futurexpert dan Futurator. Apa saja itu ? Silakan saja meluncur dan temukan banyak pengetahuan disini. Kita akan takjub, ternyata banyak hal tentang asuransi, kesehatan, keuangan yang belum kita pahami secara benar. Dengan memahami, kita bisa semakin cerdas mempersiapkan masa depan kita.

Ok, happy browsing di Futuready !

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

4 thoughts on “Yuk, Cerdas Menata Masa Depan !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *