Hai, Kaum Rebahan! Yuk, Aktif Bergerak dan Jadi Atlet di Rumah!

aktif bergerak dan jadi atlet di rumah

Pandemi yang belum usai bukan alasan untuk mager dan jadi kaum rebahan di rumah

Julipedia

Hai, kaum rebahan! Yuk, aktif bergerak dan menjadi atlet di rumah. Yup, siapa yang suka mager? Hayo, ngaku! Memang ya, pandemi membuat kita punya lebih banyak waktu berada di rumah. Anak-anak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), pasangan Work From Home (WFH) dan ibu rumah tangga yang full time seperti saya jadi lebih betah di rumah.

Sesungguhnya, pekerjaan sebagai seorang housewife seperti saya itu unlimited. Mulai dari mencuci piring, memasak, mencuci baju, menjemur pakaian, menyapu, mengepel dan lain sebagainya tentu sudah banyak bergerak ya. Apakah itu belum cukup? Ternyata, kita pun tetap membutuhkan yang namanya bergerak aktif dengan berolahraga.

Berdasarkan data di tahun 2018, sebanyak 33% orang Indonesia malas bergerak. Persentase ini tentu semakin meningkat di masa pandemi ini. Fakta lain menunjukkan bahwa 23% orang dewasa dan 81% remaja usia 11-17 tahun ternyata tidak memenuhi standar aktivitas fisik yang dianjurkan. Padahal, malas bergerak dapat menimbulkan penyakit tidak menular yang berbahaya.

Penyakit itu antara lain jantung, stroke, dan diabetes yang menjadi penyebab kematian sebanyak 63% di dunia. Wah, cukup ngeri juga ya. Oleh karena itu, mulai sekarang yang masih malas-malasan bergerak seperti saya dengan alasan waktunya habis untuk pekerjaan rumah tangga, luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Self Care

Sesungguhnya, kesehatan fisik menjadi salah satu self care prioritas setiap orang. Self care adalah proses pemulihan dari gangguan mental. Kesehatan fisik, spiritual dan emosi ternyata saling berhubungan dan saling support satu sama lain. Ketika 3 hal tersebut ada yang timpang, maka akan terjadi ketidakseimbangan yang cukup berpengaruh.

Menjalani hidup sehat dengan menjaga pola makan, cukup istirahat, melakukan olahraga secara teratur, mengelola stress, menghindari alkohol dan narkoba serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan wujud nyata dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh yang sangat berharga dari sekarang hingga nanti ke masa depan.

aktif bergerak

Dengan aktif bergerak meskipun hanya di rumah saja, berarti kita telah mengapresiasi diri untuk tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, kita telah melakukan upaya untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh yang sangat penting, terutama di masa pandemi Covid19 yang masih berlangsung hingga hari ini.

aktif bergerak dengan yoga
Keseruan saat mengikuti yoga di acara launching produk terbaru Anlene

Nutrisi Penting

Tak dipungkiri jika kebebasan bergerak membutuhkan support yang baik untuk kebutuhan tubuh. Supaya aktif bergerak dapat optimal, kita membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mendukung segala aktivitas harian dan saat berolahraga. Asupan nutrisi itu penting untuk memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi, dan untuk energi otot.

Sebagai ahli nutrisi tulang, Anlene memberi support nutrisi lebih dari susu dan senantiasa mengajak masyarakat untuk aktif bergerak. Hal ini terlihat dari track recordnya selama 20 tahun ini. Dengan penuh semangat, Anlene melakukan kegiatan dari kota ke kota dan selalu mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat di berbagai kota di Indonesia.

Anlene sangat peduli akan kebutuhan nutrisi bagi masyarakat yang aktif bergerak sebagai implementasi self care. Anlene ingin menginspirasi masyarakat yang mau bergerak aktif dengan menghadirkan produk terbarunya yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X yang memberi manfaat nutrisi unggul.

Nutrisi unggul ini memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan energi lebih sepanjang hari. Tak perlu khawatir akan resiko kesehatan terkait usia. Yup, karena memberi asupan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh merupakan salah satu bentuk investasi kesehatan tak hanya hari ini, tapi juga untuk masa depan yang panjang.

lebih dari susu

Anlene Actifit 3X

Lebih dari susu, Anlene Actifit 3X mengandung 3 nutrisi penting yaitu tinggi Kalsium yang membuat tulang kuat. Yang kedua mengandung Kolagen + Vitamin C yang sangat penting untuk kelenturan sendi. Lalu yang ketiga mengandung protein dari susu berkualitas tinggi dan vitamin B6 yang untuk energi otot yang berkesinambungan.

Tinggi kalsium membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Kolagen 100 mg/saji dan Vitamin C membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, menjaga kelenturan sendi. Sendi merupakan jaringan kolagen

Protein + Vitamin B6 bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Vitamin B6 merupakan faktor dalam metabolisme energi dan pembentukan jaringan.

Anlene Actifit 3X dapat dikonsumsi dari usia 19-50 tahun. Rasa lebih enak dan lemak lebih rendah atau low fat. Anlene Actifit 3X dengan movemax mengandung nutrisi lengkap untuk mendukung orang dewasa agar tetap aktif dan berenergi sepanjang hari. Hm, rasa enaknya dapat, manfaatnya juga dapat. Kurang apalagi, coba? Yuk, pilih yang lebih!

produk terbaru Anlene

Anlene Gold 5X

Pilih yang lebih dengan Anlene Gold 5X yang mengandung 3 nutrisi utama yaitu Kalsium tinggi, Kolagen + Vitamin C, Protein dan Vitamin B6 ditambah dengan kolesterol yang rendah, sumber Kalium dan vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia dan yang terpenting adalah tidak ada tambahan gula. Secara alami mengandung gula dari susu.

Nutrisi tambahan Gold 5X yaitu :

  • Tanpa penambahan gula. Secara alami mengandung gula dari susu sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat menjaga kadar gula darah. As you know, kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke yang tidak diinginkan.
  • Rendah kolesterol dan 0 lemak jenuh, sehingga aman dikonsumsi karena tidak meningkatkan kadar kolesterol
  • Sumber Kalium. Asupan Kalium yang cukup dapat menjaga tekanan darah tetap normal
  • Serat dengan Oat 0.4%. Asupan serat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan karena dapat menjaga kadar kolesterol darah
  • Asam Folat (Vitamin B9) dan Vitamin B12. Extra vitamin B12 berperan dalam menjaga kesehatan sirkulasi darah dan pembentukan sel darah merah

Anlene Gold 5X dapat dikonsumsi dari usia 51 tahun, dan baik untuk menjaga siapapun yang mempunyai keluhan kadar kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu dengan mengkonsumsi susu Anlene Gold 5x, tekanan darah dapat terjaga supaya tidak tinggi. Sangat praktis kan dengan minum segelas susu Anlene mendapatkan banyak manfaat kesehatan?

Menjadi Atlet di Rumah

Pandemi bukan alasan untuk bermalas-malasan untuk tidak bergerak di rumah. Justru karena pandemi kita harus lebih semangat menjaga daya tahan tubuh dengan aktif bergerak dan berolahraga. Saat peluncuran produk Anlene terbaru kemarin, saya mengikuti yoga secara virtual melalui zoom. Ternyata sangat menyenangkan dan membuat bugar.

Instruktur Yoga adalah Amanda Tasning. Kami melakukan Gentle Yoga yang mudah dilakukan karena gerakannya sederhana dan hanya bermodal matras saja. Yoga ini untuk kaum lansia dan dilakukan di awal acara. Di akhir acara kami melakukan Conditioning Yoga dengan gerakan yang lebih kompleks. Yoga ini khusus untuk mama muda seperti saya (((mama muda))) hehe..

Acara launching produk Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5x berlangsung sangat seru dan menyenangkan. Apalagi saat dipandu oleh Tommy Prabowo yang sangat menghibur. Menghadirkan pula atlet bulu tangkis Liliyana Natsir peraih medali emas di Rio de Janeiro pada tahun 2016. Kemarin sejarah mendapat medali emas terulang oleh Gresya dan Apriyani di Tokyo. Bangga!

O,ya Anlene lagi mengadakan kompetisi secara virtual #JadiAtlitdiRumah nih. Siapapun dapat mengikuti lomba ini dengan berjalan, berlari dan melompat di rumah. Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 23 Juli-8 Agustus 2021. Caranya dengan mengunggah video berlari, berjalan dan melompat. Silakan kunjungi instagram @anlene_indonesia untuk informasi lebih lanjut.

kompetisi Anlene

Kompetisi ini terselenggara sekaligus untuk mendukung atlet Indonesia yang sedang berlaga di Tokyo. Selain itu, acara ini adalah salah satu wujud dari implementasi self care Anlene untuk masyarakat yang aktif bergerak dan harapannya dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mengapresiasi dirinya terhadap kesehatan tubuh.

Jadi Atlet di Rumah

Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis pada http://anlenemovecheck.com/ . Caranya dengan mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene. Ini merupakan alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana. Wah, praktis dan bermanfaat bukan? Yuk, aktif bergerak dan jadi atlet di rumah!

Salam sehat!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

132 thoughts on “Hai, Kaum Rebahan! Yuk, Aktif Bergerak dan Jadi Atlet di Rumah!”

    1. AKu juga suka banget sama sesi yoganya.. sesi obrolan sama Ci Butet juga suka..jadi penegn selalu fit and fresh kayak Ci Butet.. Semangat olahraga dirumah yess

  1. Maaak, kayaknya aku termasuk yang 33% itu, kaum rebahan yang makin mager di masa pandemi ini. Sebelum wabah koronces aku masih kering jalan ke luar. Tapi itu juga ga aktif olahraganya. Masih ada sih yoga tipis-tpisnya. terus sekarang terjun bebas ga yogaan lagi πŸ˜€

    Be right back, nyari matras biar sehatd an bugar. Kayak peribahasa lawas itu lho, Mak. Mensana in Corpore Sano.
    Masih relevan ga, sih? Atau ada peribahasa yang lebih tepat?

  2. Maaak, kayaknya aku termasuk yang 33% itu, kaum rebahan yang makin mager di masa pandemi ini. Sebelum wabah koronces aku masih kering jalan ke luar. Tapi itu juga ga aktif olahraganya. Masih ada sih yoga tipis-tpisnya. terus sekarang terjun bebas ga yogaan lagi πŸ˜€

    Be right back, nyari matras biar sehatd an bugar. Kayak peribahasa lawas itu lho, Mak. Mensana in Corpore Sano.
    Masih relevan ga, sih? Atau ada peribahasa yang lebih tepat, ya?

    1. Semakin lama pandemi, semakin tenggelam dalam dunia rebahan.
      Aku juga niih..
      Kudu banyak-banyak bergerak aktif yang bener-bener dibimbing sama instruktur. Kalo geraknya cuma jemur-jemur baju mah…ga ngefek yaa..

  3. Dari dulu pengen nyobain yoga tapi nggak ada mentornya takut bablas salah gerakan wkwkwkwkkkk, paa mulai ppkm ini nih aku masuk dalam golongan mager parah, kalau kemarinΒ² sempet nyepeda atau jalan pagi sekarang ngeri mau sering keluar rumah.

    Tapi kayaknya seru buat ikut challenge anlene nih buat olahraga dari rumah yak?

  4. Aku malah kalo dah nglakuin pekerjaan rumah mau gerak olahraga yang lain udah mager mbak Jul.. Kalo semua kerja dari rumah jadinya banyak yang nemenin ya mbak, mesti tambah lemu juga karena butuh cemilan lebih hahahhaa…

    Bagus ini challenge Anlene, mau ikut rencananya, tapi masih rencanaaa πŸ˜€

      1. Banyak banget ya mba kandungan anlene actifit 3x dan gold 5 x ini.. Jadi meski di rumah aja kita tetap bisa jaga kesehatan ya. Rajin bergerak dan penuhi nutrisi..

  5. Duh selama pandemi aku termasuk nih kaum rebahan, akibatnya timbangan jadi naik akibat mager di rumah padahal ada banyak olahraga yang bisa dilakukan dari rumah, seperti Yoga ini…jadi kepingin nyobain yoga di rumah. Kalau Anlene, sejak usia 30-an rutin aku konsumsi, biar tetap fit meskipun usia terus bertambah. Cari matras buat yoga dulu ah…

  6. Meski di rumah, aktifitas utk fisik tetap harus dijaga dan rutin dilakukan ya mbak. Dengan gerakan-gerakan Yoga yang sederhana tapi rutin akan menjaga tubuh tetap fit. Dan untuk melengkapi nutrisi yang khusus utk tulang, bisa ditambah dengan konsumsi susu anlene actifit 3X ini, kebetulan saya penyuka anlene actifit yg rasa coklat.

  7. Baiklah Mbaak, saya ngaku termasuk kaum rebahan huhuhu..!
    Setelah baca artikel ini jadi ingin mengubah pola hidup saya, deh! Mau mulai rajin olahraga. Meski di rumah aja, olahraga itu penting ya, untuk menjaga kesehatan. Tetap bergerak dan menjaga asupan nutrisi

  8. aduh, aku merasa terpanggil nih
    sebagai kaum rebahan, aku emang sering mager
    baca ini jadi semangat, harus tetap aktif bergerak meski di rumah saja

  9. kaum rebahan bener-bener deh nggak boleh rebahan mulu. takutnya nanti fungsi tulang dan sendinya malah berkurang yaaa.. huhu. Aku juga mau lebih aktif bergerak ah. Plus ga lupa juga memenuhi asupan nutrisi untuk tulang dan sendi seperti dengan Anlene Actifit 3X yaaa

  10. seru banget kegiatan onlinenya. sehat bersama-sama dan menyenangkan, sayangnya aku nggak bisa ikutan
    sekarang ini biasanya memang males mau gerak, mau jalan keluar juga masih belum aman.
    kalau bisa olahraga sendiri dirumah pasti lebih baik

      1. Aktif bergerak tentunya bukan hanya aktivitas kerja ya, tapi yg dimaksud adalah rutin berolahraga. Memang beda kok geraknya. Kadang kita udah merasa capek duluan kerjain aktivitas kita, jadi males deh olganya hehe. Yuk ah kita rutinkan lg berolga juga konsumsi nutrisi salah satunya yaitu Anlene.

  11. tosss mageran wkwk tapi mayan ya mba yoga
    dah lama banget ga yogaan soale. lumayan itu bobok malem tenang aku mba
    buat cewek juga penting ini masalah pertulangan soale kalau tidak malah kenapa-kenapa. kudu penuhi asupan. pengen ikutan juga challengenya <3

  12. Baca artikel ini jadi terpantik untuk mau olahraga lagi. Btw, Anlene ini merk susu favorit turun temurun, dari eyang, mama, dan akhirnya saya mulai konsumsi Anlene. Memang enak sih, apalagi yang coklat.

  13. mau aku coba itu mak pemeriksaan mobile nya, biar tahu dan bisa dicari penanganan yang tepat supaya hasilnya juga maksimal serta bisa lakukan pencegahan seperti minum Anlene ya mak

  14. Pingin coba deeh..pemeriksaan mobilitas gratis dari Anlene.
    Yang aku harapkan, semoga sehat selalu.
    Salah satu caranya adalah dengan aktif bergerak walau di rumahaja seperti ini yaa..

  15. Karena sering rebahan dan mager mulu, badan rasanya kaku bangettt mba
    Ini berimbas ke rapuhnya kesehatan jiwa raga.
    ya ampuun, makasii lho Anlene, udah ngingetin lewat webinar ini

  16. Saya sudah coba tuh, Mba tes mobilitas di webnya anlene. Dan hasilnya alhamdulillah masih bagus dan sehat semuanya. Memang kita perlu olahraga ya, Mba buat jaga kesehatan kita. Sama minum anelen deh. Memang sudah terpercaya nih anlene, mamer saja minum juga

  17. Hiks aku udah lama nggak yoga nih mak. Ga tau knapa, sejak pandemi kok malah makin mager ya. Padahal badan udah nggak enak banget, tapi mau mulai olahrga tuh rasanya beraaaaaat bgt.

  18. Berkat informasi dari teman-teman blogger, saya jadi tahu produk Anlene terbaru yang mengandung nutrisi yang cocok untuk kesehatan tulang. Jadi, ceritanya saya udah beli yang Actifit 3X itu mbak, ternyata rasanya enak, dan saya suka. Sekarang tiap hari rutin minum, buat jaga tulang, biar tetap aktif sampai tua dan kelak bisa jadi nenek lincah yang tetap cantik dan gak mageran πŸ˜€

    1. Iya nih sama, jadi kudu konsumsi biar nutrisi tulang terpenuhi. Btw awal pandemi bisa dibilang jd msuk jd kaum rebahan wkwkwk tp skrg gk boleh lagi, aktif bergerak bsa menaikkan imun tubuh

  19. Aku sejak pandemi jadi suka olahraga mba *plak baru sadar olah raga pas pandemi aja huhuhu. Walaupun emak emak punya bayi kayak aku kadang olah raga aja sambil ditangisin ama bayi. Ya ampunnnnn mu olah raga aja rempong aku . Tapi tetep maksain diri.

    Ngomong ngomong sepertinya aku butuh anlene yang tinggi kalsium ini. Maklum, usiaku tak lagi muda

  20. Aku termasuk yang berusaha untuk tetap aktif walaupun di rumah. JAdi bergerak dan aku yakin kita bisa bergarak aktif walau di rumah saja. Kapan kapan olahraga bersama ya mba πŸ™‚ 1

  21. Setuju bahwa kebebasan bergerak harus diimbangi nutrisinya juga. Kaum rebahan kudu aktif biar anggota geraknya tetap sehat. Terus olahraga juga bisa dengan hal simpel kaya jalan, lari dan lompat

  22. Bener kata Liliyana Natsir. Di rumah aja kita bisa berjalan, berlari dan melompat semampunya. Yang penting konsistensi bukan durasi. Minum Anlene bisa membantu memperkuar kesehatan tulang, sendiri dan otot ya.

  23. Terima kasih sudah mengingatkan Mbak. Saya lupa dan kadang belum serius mau berolahraga di rumah padahal usia sudah terus bertambah dan ketahanan tubuh mulai melemah. Sudah harus saatnya bergerak dan berolahraga walaupun di rumah saja.

  24. Aku kemarin olahraga niih…sejak sering baca artikel mengenai bergerak aktif.
    Dan…
    badan langsung njarem-njarem.
    Heuheu…kudu banget badan dilatih bergerak aktif sesuai dengan kebutuhan dan kontinyu, setiap hari.

  25. anlene ini rendah kalori, jadi minumnya aman, apalagi kalo lagi santai, jangan dijadikan beban tapi rutinitas atau kebutuhan kayak makan dan minum deh, jadi akan maksimal manfaatnya karena kita positif thinking

  26. Tahun lalu aku masuk tim rebahan, menyedihkan sekali kalau diingat. Sekarang mulai sadar akan pentingnya self care, jadi dibiasakan harus bergerak setiap hari

  27. Salfok sama background ban mobil yang difoto mba. Jadi inget pernah wawancara mba juli buat artikel blog wirausaha mba. Bener banget meskipun ibu rumah tangga dengan segudang aktivitas, kalau belum olahraga ya namanya belum gerak dengan benar. Nyapu ngepel, ngejer anak beda dengan berolahraga ya mba. Hehe

  28. Aku sebenarnya udah download aplikasi workout gitu mak ta pasang di smart tv tapi gitu deh butuh ada yang ngopyak2 buay gerak hahaha. Harus nih self care dengan tetap bergerak

  29. Bener banget, diusia saya sekarang ini sudah mulai terasa skit tulang bagian tangan, kaki dan punggung.
    Mungkin karena jarang olahraga Kali ya dan harus minum susu yang kaya Zat Besi ya ?

  30. Anlene sejak dulu selalu jadi andalan keluargaku untuk mencukupi kebutuhan kesehatan tulang Mak. Dari jaman eyang dan sekarang Bapak pun juga aku sarankan untuk konsumsi lebih sering karena ada riwayat patah tulang. Konsumsi Anlene diimbangi dengan olahraga InsyaAllah bakal membuat tulang jadi lebih kuat saat sudah masuk usia lansia πŸ˜€

  31. kandungan yang terdapat dalam Anlene Gold 5X mengandung 3 nutrisi utama yaitu Kalsium tinggi, Kolagen + Vitamin C, Protein dan Vitamin B6 ditambah dengan kolesterol yang rendah, sumber Kalium dan vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia dan yang terpenting adalah tidak ada tambahan gula.

  32. Kerjaan seorang ibu di rumah memang tiada habisnya. Tapi mungkin tidak masuk kategori olahraga kalik ya mba. Tetap harus meluangkan waktu untuk olahraga yang ringan2 aja.
    Plus tidak lupa mengonsumsi makanan bergizi serta tambahan nutrisi lainnya yang bagus untuk otot, sendi dan tulang.

  33. Anlene Gold 5X ini sepertinya cocok buat ibu mertuaku yang mengidap diabetes. Rasanya udah manis ya, tanpa tambahan gula.

    Btw, asik juga Anlene ingatkan kita untuk tetap berolahraga selama pandemi yang sungguh membuatku mager … Banyak alasan untuk rebahan apalagi lihat aturan PPKM

  34. Udah ngg ajaman ya rebahan terus. Kalau mau sehat ya harus bergerak. Apalagi kalau ditambah minum susu Anlene, makin strong and healthy.

  35. Untuk aktif bergerak kita perlu tubuh yang sehat dan tulang yang kuat. Untuk sehat keduanya, kita perlu makan/minum makanan yang bernutrisi tepat, ya mbak. Syukurlah ada produk Anlene yang bisa bantu kita tetap sehat dan punya tulang kuat. Saya juga minum Anlene, biar tetep sehat dan lincah sampai nenek-nenek πŸ˜€

  36. Alhamdulillah nih mbak Julia,
    daku sekarang rutiiiin banget jalan, bergerak, kalo lagi ga mager aku melakukan senam walk in step 45 menit jadi sekalian ada musik dan gerakannya

    Anlene nih emang ratjooeeen buat yang mager

  37. Emang bener banget Mak Juli, aktif bergerak itu salah satu cara menjaga kebugaran tubuh ya? Aku baca juga katanya dengan aktif bergerak akan bisa memperkuat imunitas. Suka mager kalau udah masa PPKM begini, tapi kalau inget si virus yang bisa nemplok kapan aja, langsung buru buru ambil matras dan olahraga biar imun tetep kuat

  38. Sebenarnya Tuhan uda kasih alarm kalau aku mager. Yakni badanku pegal linu ga enak. Pegel2 enak kalau dipijat ya..tapi hari gini, pergi ke tempat massage ataupun memanggil tukang pijat kok rasanya ga safe. Apalagi, aku di kota baru, pasti nggak kenal ama tukang pijatnya.
    Jadi, kalau pegel2 gitu malah buat olahrga, dan pasti langsung bugar.
    Tapi ya itu,,,,…masih punya penyakit mager. Nunggu pegel linu dulu baru gerak πŸ˜€

  39. Bergerak aktif seharusnya bisa jadi self care kalau memang sayang sama tubuh sendiri ya Mbak. Warning buat saya nih yang selalu menganggap mengerjakan kerjaan rumah tanpa ART sudah cukup.

  40. aku aktif bergerak maaak di rumah aja. muter mutere dari dapur kamar ruang tamu halaman gitu aja. cuma enak ya ternyata nyempetin yoga begitu bikin badan enakan
    jadi berasa emang kudu mulai tambah asupan yang cocok biar sehari-hari enak badan secara perempuan butuh banget yang begini :”)

  41. Duh, aku jarang banget olahraga selama ini. Bikin badan engga enak nih karena udah naik terus BB. Bener juga ya olahraga di rumah bisa dengan yoga atau senam. Anlene ini Susu favoritnya aku dan ibu nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *