Seri Gardening : Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Nasi Basi

cara membuat pupuk organik cair

Punya nasi basi? Jangan dibuang! Karena masih dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik cair (POC) yang baik untuk tanaman

Cara membuat pupuk organik cair (POC) dari nasi basi. Di masa pandemi saat ini, banyak kebiasaan baru yang muncul. Salah satunya adalah hobby berkebun yang berkaitan dengan menanam tanaman hias. Supaya tanaman tumbuh subur, maka menggunakan POC dari nasi basi dapat menggemburkan tanah dan berfungsi sebagai desinfektan.

Apakah membuat pupuk organik cair itu sulit? Sebenarnya tidak. Karena saya sudah mencoba membuatnya. Mendapatkan bahannya pun tidak terlalu sulit. Ketika ada nasi sisa semalam yang tidak habis, nasi basi bisa menjadi media yang sangat baik untuk membuat pupuk organik cair. Nasi merupakan bahan organik yang lengkap kandungannya.

Kandungan Nasi

Perlu diketahui bahwa nasi mengandung karbohidrat, mineral, vitamin (A,B1, B2, dan B3), protein, zat besi, Pospor, Mn, Se, Mg, Kalium dan mineral lain yang baik untuk tanaman. Tanaman membutuhkan semua unsur yang ada dalam nasi untuk pertumbuhan yang optimal. Prinsip dalam membuat POC dari nasi basi adalah menghasilkan Mikro Organisme Lokal (MOL).

pupuk organik cair terbaik

Karbohidrat

Semua pasti sudah tahu ya bahwa nasi mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber gula. Gula adalah sumber energi mikroorganisme yang baik untuk tanah. Ya, mikroorganisme yang dimaksud dapat memperbaiki struktur kimia dan biologi tanah. Mikroorganisme ini juga berperan penting dalam pembuatan pupuk organik.

Protein

Ternyata, nasi juga mengandung protein yang cukup. Mikroorganisme akan memecah protein menjadi Nitrogen. Nitrogen ini mempunyai fungsi yang baik sebagai hormon pertumbuhan pada tanaman sehingga dapat membuat tanaman menjadi subur.

Vitamin

Vitamin juga terdapat pada nasi. Vitamain-vitamin itu antara lain : Vitamin A, B1, B2, dan B3. Vitamin-vitamin ini berperan penting sebagai unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Pertumbuhan akar, pembentukan tunas dan pertumbuhan daun akan semakin baik dengan kandungan vitamin ini.

Mineral

Dalam nasi pun mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Diantaranya adalah Kalium (K) dan Kalsium (Ca) yang berfungsi membentuk dinding sel tanaman. Mineral yang lain adalah zat besi (Fe), Pospor (P), Mn, Se, Mg dan lain sebagainya.

Mikro Organisme Lokal (MOL)

Mikroorganisme Lokal yang terdapat pada nasi basi adalah jenis kapang yang biasanya terdapat dalam tempe. Mikrorganisme ini berperan penting sebagai starter dalam pembuatan kompos organik. Kapang ini berwarna putih abu-abu hingga oranye. Mikro Organisme Lokal yang terdapat pada pupuk organik cair ini setara dengan EM4 (Efektif Mikroorganisme).

Nah, Mikro Organisme Lokal (MOL) berguna untuk Pupuk Organik Cair (POC), sebagai dekomposer tanah sekaligus menjadi pestisida organik. Fungsi dekomposer dapat menggemburkan tanah sehingga tanaman menjadi subur dan memudahkan propagasi tanaman. Sebagai pestisida organik berarti berperan sama seperti desinfektan yaitu dapat mencegah timbulnya hama.

Manfaat Mikro Organisme Lokal (MOL)

Secara umum, manfaat MOL adalah :

  1. Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologis tanah
  2. Menyehatkan tanaman dan meningkatkan produksi
  3. Sumber unsur hara yang dibutuhkan tanaman
  4. Mempercepat pembentukan kompos organik

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Terbaik

Bahan-bahan untuk membuat Pupuk Organik Cair terbaik dari nasi basi sangatlah sederhana. Semua bahan ini ada di lingkungan sekitar kita. Asalkan mau mencoba untuk membuat, semua pasti bisa. Sebagai informasi, pupuk organik cair dari nasi basi sangat efektif untuk tanaman. kebanyakan orang menjualnya dengan harga yang lumayan mahal.

Bahan

  1. Nasi basi 5 kepal
  2. Gula pasir 5 sdm
  3. Air hujan / aquades 1,5 liter
  4. Botol / jerigen tempat POC ukuran 2 liter
  5. Corong
  6. Saringan
  7. Sarung tangan karet
  8. Wadah tertutup

Cara Membuat POC

  1. Bentuk nasi menjadi bola-bola sebanyak 5 buah, masukkan ke dalam wadah tertutup dan diamkan selama 3-4 hari
  2. Setelah 4 hari, buka wadah tertutup yang berisi nasi berkapang
  3. Sementara itu, masukkan gula pasir ke dalam 1,5 liter aquades/air hujan, aduk hingga larut
  4. Campur 5 bola-bola nasi dengan air gula, remas-remas pakai sarung tangan karet
  5. Masukkan campuran nasi dan air gula ke dalam botol 2 liter memakai corong lalu tutup
  6. Diamkan selama 4 hari sampai tercium aroma tape
  7. Setiap hari botol dibuka pelan-pelan untuk membuang gas. Hati-hati. Menutup botolnya jangan terlalu rapat karena saat dibuka tutup dapat meledak
  8. Setelah tercium aroma tape, saring ampasnya
  9. Pupuk organik cair sudah dapat digunakan

Yuk, silakan simak video saya di channel Youtube tentang cara membuat dan menggunakan pupuk organik cair dari nasi basi. Monggo, boleh banget jika mau like, komen, share dan subscribe. Semoga bermanfaat 🙂

Punya nasi basi? Jangan dibuang! Ini cara membuat pupuk organik cair dari nasi

Cara Menggunakan Pupuk Organik Cair (POC)

Cara menggunakan POC ini ada tiga macam, yaitu dengan menyiramkan ke tanah yang ada tanamannya langsung, menyemprotkan ke daun dan dapat pula dengan mencampur pupuk cair dalam media tanam. Keampuhan pupuk organik cair dengan bahan nasi basi sudah teruji dan tidak meragukan lagi. Tentu jika dengan penunjang yang tepat.

Siram ke Tanah

Pemakaian POC untuk menyiramkan ke tanah, sebaiknya menggunakan perbandingan 1:10. Artinya, jika POC yang digunakan 1 cangkir plastik, maka air yang ditambahkan sebanyak 10 kali cangkir plastik. Cara ini dapat bermanfaat untuk menggemburkan tanah yang biasanya keras dan kurang poros. Setelah dicampurkan, POC sudah dapat disiramkan ke tanah tanaman

Semprot ke Daun

Cara yang kedua adalah untuk penyemprotan daun tanaman supaya bebas hama tanaman yang mengganggu. Untuk menyemprotkan tanaman memakai pupuk organik cair ini, menggunakan perbandingan 1:20. Artinya, untuk 1 cangkir plastik POC, maka tambahkan air sebanyak 20 cangkir plastik. Cara menyemprotkan ke daun bisa menggunakan alat semprotan.

Campur dengan Media Tanam

Penggunaan POC yang ketiga adalah dengan mencampur pupuk organik cair ke dalam media tanam. Baurkan saja ke dalam media tanam secukupnya. Bisa memakai perbandingan 1:10. Misalnya untuk satu cangkir plastik pupuk cair, digunakan untuk 10 cangkir plastik media tanam. Lakukan secara berulang-ulang.

Salah satu jenis hama yang sering mengganggu tanaman hias adalah kutu putih. Kutu putih ini adalah kumpulan serangga berwarna putih yang menggerombol membentuk sarang di daun. Keberadaan kutu putih ini dapat menghambat proses fotosintesis tanaman sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman. Jika terlalu lama, hal ini dapat membuat tanaman mati.

Nah, demikianlah cara membuat pupuk organik cair dari nasi basi. Untuk cara menggunakan POC ini juga sudah jelas ya. Semoga paham. Tetap semangat berkebun. Semoga semua sehat-sehat selalu dan berharap pandemi ini lekas berlalu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di seri gardening selanjutnya ya.

Happy gardening!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

40 thoughts on “Seri Gardening : Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Nasi Basi”

  1. Ya ampun baru tahu mbak, kalau nasi basi bisa bermanfaat juga di sini. Wah pecinta tanaman pasti terbantu banget nih. Apalagi caranya pun simple ya tinggal menambahkan gula saja dan menunggu beberapa hari. Sangat membantu pastinya, Akhirnya nasi basi pun terselamatkan juga ya

  2. Masya Allah. Ini ilmu berdaging banget mbak! Aku sedang cari alternatif pupuk yang aman dan murah serta dari sekitar.

    Sekarang selain nanam jamur aku kan juga nanam cabe, tomat, aneka temu (kunci, jahe, kencur, serai) nah ini nanti akan aku ujicobakan ya

    Thankyou ilmunya!

  3. Ya ampun aku baru tau kalau nasi basi bisa dijadikan pupuk cair lho mbak. Selama ini nasi kalau udah basi ya dibuang gitu aja. Caranya juga mudah banget buat bikin pupuk cair dari nasi basi. Habis ini aku praktekin deh biar ga buang-buang nasi lagi. Hehe

    Selama ini yang aku tau cuma bikin pupuk cair dari kulit pisang aja sih. Hehe

  4. Oh, ternyata gampang ya mba..aku sering bnget punya nasi basi. Maklum, tinggal di kampung yang sering dapat kenduri itu mba.. biasanya nasinya kebuang karena keras(kayak ga Mateng)…
    Kapan2 aku coba deh.. eh, tapi jadi bau gitu nggak mba pupuknya?

  5. Wah.. informasi yang bermanfaat. Jujur aja aku baru tau klo bikin pupuk buatan bisa dari nasi basi
    Selama ini aku paling memanfaatkan air cucian beras untuk menyiram tanaman.
    Kapan-kapan bisa dicoba nih tips nya
    Terima kasih telah berbagi

  6. Di tempat ibu ku dulu kami suka pelihara ayam dan bebek, jadi nasi basi sering dikasi makan bebek. Nasi basi sisa makan bebek dibiarkan begitu saja, dan beneran tanah jadi subur. Ayah nanam apa saja pasti hasilnya bagus.

  7. Kalau nasi basinya sudah nyemek-nyemek (akibat kena rendaman air) apakah harus dikeringkan dulu, kak?
    Menarik banget yaa… Jadi gak ada yanv kebuang sama sekali dan kembali ke alam.

  8. Cara bikinnya gak sulit saja dan cenderung bersih ya, Mbak. Aku pikir bakalan muncul bakterinya gitu, maksudnya kayak ulet atau apa gitu. Kalau ini mah mirip bikin tape ya, cuma bentuknya cairan. Boleh dicoba nih.

  9. ternyata nasi basi juga bisa dimanfaatkan menjadi pupuk jadi kalau seperti ini tidak ada yang terbuang sia-sia apalagi kalau lagi diet kan kita nggak pake menghabiskan nasi

  10. wah bahan bahannya mudah banget nih mbaaa.. bisa banget bikin dirumah yaaa.. kalo.ada nasi basi langsung dijadiin pupuk aja nih brrti, jangan dibuang yaaa

  11. Keren banget ini, nasi basi ternyata bisa bermanfaat jadi pupuk organik. Tentunya setelah melewati proses panjang. Biasanya di rumah kalo ada nasi basi dikasih jadi makanan ayam, maklum di rumahku pelihara ayam hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *