Cara Propagasi Tanaman Janda Bolong, Manfaat dan Alasan Kenapa Daunnya Bisa Bolong

Cara propagasi tanaman Janda Bolong

Jangan congkak, jangan sombong

Mau tanyak, kenapa daun bisa bolong?

Julipedia

Cara propagasi tanaman Janda Bolong ternyata tidak terlalu sulit. Pada dasarnya tanaman ini mudah diperbanyak dengan cara yang simple. Yang menjadi pertanyaan saya sebenarnya kenapa daun tanaman ini bisa bolong? Pasti ada penyebabnya. Nanti kita bahas bersama ya. Lalu ternyata oh ternyata, tanaman Monstera adansonii ini ternyata banyak manfaatnya.

Tanaman Monstera adansonii ini termasuk dalam suku Araceae, yaitu jenis talas-talasan dan dari genus Monstera. Akhir-akhir ini, tanaman yang populer dengan nama “Janda Bolong” ini naik daun. Lah, kan emang punya daun. Kok naik daun? Hihi..Ngehits maksudnya. Coba aja searching dengan kata kunci janda bolong, pasti banyak berita yang mengulasnya.

Entah kenapa, tanaman ini dapat mencuri perhatian banyak pihak. Mungkin karena bentuk daunnya yang unik. Bolong-bolong dengan pola yang teratur. Harganya pun ada yang cukup fantastis. Terutama dari tanaman janda bolong yang varigata. Bisa sampai puluhan juta lho. Bahkan, sampai ada yang rela menjual mobil demi mendapatkan tanaman mahal itu.

Alasan kenapa daunnya bisa bolong

Konon katanya, tanaman janda bolong mempunyai habitat asli di hutan. Tanaman ini bersifat semi epifit, yaitu merambat dan menempel pada tumbuhan lain. Misalnya pohon besar berkanopi yang rindang. Otomatis, tanaman ini berusaha untuk mencari cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Ia akan mencari intensitas cahaya yang cukup.

Efektif menangkap Cahaya

Sebagai solusinya, maka daun yang terbentuk berlubang-lubang. Dengan keadaan daun seperti ini, janda bolong dapat tumbuh lebih ringan dan efektif. Sinar matahari yang didapatkan pun dapat mencukupi kebutuhannya untuk berfotosintesis menghasilkan nutrisi untuk pertumbuhannya. Ya, maklum saja kalau daunnya penuh mungkin kebutuhan sinar mataharinya lebih tinggi.

Sedangkan situasi hutan yang rindang dan cenderung gelap tentu saja akan sulit mendapatkan sinar matahari. Maka, dengan struktur daun yang berlubang-lubang intensitas cahaya matahari yang berupa titik cahaya pun dapat ditangkap. Demikian analisa yang diungkapkan oleh Christopher Muir, seorang pakar botani dari Indiana University.

Melindungi dari hujan badai

Selain itu, kondisi cuaca yang tak menentu di hutan memungkinkan tumbuh-tumbuhan dapat berdaptasi sebaik mungkin. Bentuk daun yang berlubang merupakan salah satu cara tumbuhan ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Misalnya ketika terjadi hujan badai, hempasan daunnya tidak terlalu kuat ketika ada angin lebat.

Manfaat tanaman Janda Bolong

Hampir mirip dengan fungsi dari tanaman Sanseviera, tanaman dari genus Monstera yang daunnya berlubang ini mempunyai peran yang hampir sama. nah, penasaran kan apa saja manfaatnya? Yuk, mari disimak :

Tanaman hias janda bolong
Tanaman hias janda Bolong

1. Menyerap zat beracun di udara

Yup, tanaman ini dapat menyerap zat beracun di udara. Zat-zat beracun tersebut antara lain benzena, formaldehida, amonia, xylene dan trichloroetylene. Maka, meletakkan tanaman ini dalam ruangan dapat membuat udara lebih segar dan bebas dari polutan yang beresiko terhadap kesehatan.

2. Menyegarkan mata yang lelah

Pengalaman saya, setelah seharian ngeblog di depan layar laptop, tentu mata jadi lelah. Kadang perih juga. Maka ini tanda bahwa mata saya butuh istirahat. Ketika memandang tanaman janda bolong yang hijau nan segar, mata saya bisa segar kembali. Hal ini terjadi karena zat kimia juga dapat diserap oleh tanaman ini.

Iyess, tanaman janda bolong dapat menyerap zat-zat kimia yang dapat menyebabkan rasa pusing, iritasi mata, alergi dan gangguan pernafasan. Wow, sangat bermanfaat sekali bukan? Maka, kegiatan gardening di masa pandemi ini sangat menyenangkan bagi saya.

3. Mempercantik ruangan

Jika meletakkan tanaman yang unik Monstrea adansonii di dalam ruangan, tentu memberi suasana tersendiri. Tanaman ini dapat mencuri perhatian karena sifatnya yang elegan dan memberi kesan mewah. Siapapun pasti akan tertarik melihatnya sehingga dapat menciptakan aura positif yang menjadi mood booster dalam beraktivitas.

4. Aset investasi

Saat ini banyak orang berlomba-lomba mempunyai koleksi tanaman mahal. Selain untuk prestise, tanaman mahal bisa menjadi investasi selama masih mempunyai nilai jual yang tinggi. Yup, trend tanaman hias selalu berubah tergantung selera pasar. Mumpung masih ngehits, memperbanyak tanaman hias seperti janda bolong bisa menjadi salah satu cara investasi.

Harga tanaman Janda Bolong

Pasti pada penasaran berapa sih harga real tanaman janda bolong yang lagi jadi buah bibir ini? Hm, sebenarnya soal harga ini relatif ya. Ada banyak pertimbangan dalam menentukan harga pasaran tanaman yang lagi banyak dicari ini. Mungkin beberapa hal ini bisa menjadi patokan dalam memberi harga.

Ketersediaan barang

Tanaman Monstera banyak jenisnya. Beberapa jenis ada yang dijual dengan harga fantastis. Seperti Monstera jenis varigata yang stoknya langka dan terbatas, harganya bisa gila-gilaan. Bahkan ada yang rela menjual mobilnya demi mendapatkan tanaman janda bolong varigata yang dibanderol dengan harga ratusan juta. Wow! Terus gue harus koprol gitu?

Tingkat kesulitan propagasi

Sebenarnya, tanaman janda bolong ini termasuk tanaman yang mudah propagasinya. Tinggal dipotong-potong, simpan di tempat yang tidak terlalu banyak kena sinar matahari sudah dapat tumbuh. Proses pertumbuhannya juga tergolong cepat. Dalam hitungan bulan sudah tumbuh daun lumayan banyak. Maka menjual dengan harga sewajarnya seharusnya bisa dilakukan.

Tergantung harga pasaran

Saat suatu tanaman melejit namanya, tentu permintaan pasar semakin besar. Dalam keadaan seperti ini harganya bisa naik dengan cepat. Bagi sebagian orang, tentu tak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Tanaman akan dilepas dengan harga cukup tinggi sebelum harganya menurun drastis. Ingat kisah tanaman Gelombang cinta yang dulu harganya melambung tinggi?

Tapi coba sekarang, berapa harga tanaman Gelombang cinta? Nyaris tak ada harganya. Beda dengan jaman dulu saat sedang jaya-jayanya. Itulah yang namanya trend, selalu berubah. Tak ada yang dapat memprediksi harga pasar dengan mudah. Maka ketika tanaman janda bolong sedang ngehits seperti sekarang ini, orang mau melepas tanamannnya dengan harga sesuai pasaran.

Soal harga tanaman janda bolong ini cukup beragam. Kisarannya ada diantara 50 ribu hingga ratusan juta tergantung apa jenis tanamannya, siapa pembelinya dan berapa pasarannya. Karena memang tak ada aturan khusus yang mengatur soal harga tanaman ini. Tinggal kesepakatan antara penjual dan pembeli saja. Deal, lalu bayar.

Cara propagasi tanaman Janda Bolong

Teknik propagasi atau cara memperbanyak tanaman ini tergolong cukup mudah asal tahu caranya. Caranya hampir mirip dengan propagasi tanaman sirih-sirihan yang notabene adalah tumbuhan merambat. Tumbuhan merambat seperti ini sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk kebun dengan konsep vertical garden.

Potong batang

Sebagian besar tanaman merambat mempunyai ruas-ruas batang bertunas yang berakar. Nah, ruas batang yang berakar ini dapat dipotong kemudian ditanam dalam media tanam di tempat yang baru.

cara memperbanyak janda bolong
Potong batang

Bagimana jika ruas batangnya tidak ada akarnya? Jawabannya adalah tidak apa-apa. Propagasi tanaman tetap dapat dilakukan tanpa akar. What? Yes. Akar dapat tumbuh kemudian, saat ditanam di dalam media tanam. Namun, perlu diperhatikan juga bagaimana kondisi batang tanaman. Jika tidak terlalu buru-buru, bisa langsung ditanam.

Rendam dalam air

Namun, jika ingin hasilnya lebih optimal, ada cara lain. Ruas batang tanaman yang sudah dipotong namun belum ada akarnya, dapat dimasukkan ke dalam botol kaca berisi air. Lalu tunggu hingga beberapa minggu. Apa yang akan terjadi? Niscaya akan tumbuh akar baru. Ketika akarnya sudah banyak, maka mulailah proses menanam di media tanam yang baru.

propagasi monstera adansonii
Propagasi dalam air

Untuk lebih jelasnya, silakan menonton video saya di bawah ini. Cara propagasi tanaman janda bolong, manfaat dan alasan kenapa daunnya bolong sudah saya bahas secara lengkap di video ini. Selamat menikmati videonya. Semoga bermanfaat.

Happy gardening! 🙂

Video tentang propagasi tanaman Janda Bolong beserta penjelasan tentang manfaat dan alasan kenapa daunnya bisa bolong
Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

25 thoughts on “Cara Propagasi Tanaman Janda Bolong, Manfaat dan Alasan Kenapa Daunnya Bisa Bolong”

  1. Lengkap banget tulisannya. Dari postingan ini aku akhirnya tahu makna kata “propagasi”.
    Di Palembang sini Janda Bolong juga ikutan hits. Gak hanya alat elektronik/transportasi, tanaman juga dijadiin target pencurian sekarang, termasuk Janda Bolong ini. Sebab ya itu tadi, harganya masih tinggi.

  2. Janda bolong ini salha satu tanaman yang mudah dipropagasi. Pertumbuhannya juga cenderung cepat, ya. Jadi nggak perlu treatment khusus untuk ngerawatnya.

  3. Papa saya penggemar tanaman-tanaman, pernah dengar cerita papa soal Janda Bolong yang memang benar habitat aslinya di hutan. Konon, tanaman ini katanya byk banget di hutan. Mungkin krn susah ditemukan, harganya terlampau tinggi ya. Salah satu tanaman yang mmg menyerap zat beracun di udara

  4. Pas banget nih beberapa minggu lalu saya naro tanaman janda bolong ini di dalam botol berisi air. Dan sekarang udah mulai muncul akarnya. Siap dipindah ke tanah. Btw saya kok kurang nyaman denger istilah janda bolong ini. Monstera andasonii lebih cuco pastinya hehe

  5. Lalu aku penasaran nih sama harganya 🙂 lumayanan ya katanya. Di rumah saya si lom ada haha.. masi mikir2 kalau mahal mba.

  6. Kepengen punya tanaman Monstera adansonii atau janda bolong.
    Tampak cantik untuk ditanam di ruangan. Dan karena bentuk fisiknya yang bolong-bolong, jadi hanya membutuhkan cahaya yang sedikit.
    Kereen banget~

  7. Senangnya. Ternyata mahal tidaknya investasi di dunia tanaman ini tergantung trend ya.

    Kelihatannya propagasi tanaman begini itu mudah, eh tapi kan nggak selalu sukses, apalagi kalau nggak telatwn bertanam seperti saya huhu.

  8. Baru sadar arti propagansi setelah baca artikel ini. Nambah kosakata baru, hehe.
    Di Depok ga begitu rame tanaman ini. Cuma yaa kalo di online kayaknya lagi rame-ramenya banget ya. Tempo hari aku liat di salah satu FB ada yang ketipu. Beli tanaman janda bolong jutaan, pas datang ternyata tanaman biasa yang dibolong2in penjualnya. Ada-ada aja

  9. Ternyata kompleks juga ya latar di balik mengapa daunnya jadi bolong-bolong.
    Cuma yang misterius, kenapa harus pake kata ‘janda’?
    *emotikon-heran ^^

  10. dasar aq gak hobi bertanam jadi baru tahu istilah propagasi, makasih ilmu barunya mba. jadi ngerti juga ini kenapa si janda bolong dengan harganya yang selangit sekarang yah tapi emang selain daya tariknya juga sih bagus sekali kalau dijadikan pajangan dirumah

  11. Sedikit kurang setuju dengan poin investasi, karena takutnya ini cuma bentuk lain monkey bisnis kaya batu akik yang sekarang harganya turun jauh dari masa jayanya. Tapi kalau memang hobi berkebun, ini bagus juga sih dijadiin koleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *