Tips Mengolah Coklat Bubuk Dalam Bahan Adonan Membuat Kue

Coklat bubuk memiliki massa jenis yang lebih besar daripada tepung sehingga memerlukan tips khusus dalam pengolahannya

Halo, siapa yang suka kue? Yup, kue merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang dari anak-anak, dewasa dan manula. Terutama  jenis kue aneka rasa sesuai dengan bahan makanan yang digunakan sebagai adonan maupun topingnya. Salah satu rasa yang paling disukai untuk kue adalah rasa coklat. Rasa coklat pada kue bisa dari kue itu sendiri atau dari isian dan toping kue. Contoh kue coklat yang memiliki rasa coklat tanpa isian adalah kue bolu. Untuk membuatnya, yang Anda perlukan adalah coklatbubuk yang dicampurkan pada bahan adonan kue. Penggunaan bubuk coklat ini adalah cara yang paling mudah dan hemat untuk mendapatkan rasa coklat pada kue kering maupun basah.

Sejatinya, coklat memiliki rasa pahit namun gurih dan menenangkan. Dalam bentuk bubuk, coklat memiliki tekstur yang lembut namun memiliki bobot  (massa) jenis yang lebih berat bila dibandingkan dengan tepung. Hal inilah yang membuat coklat memiliki kebutuhan yang lebih sedikit untuk bisa memberikan rasa yang diinginkan. Selain itu, penambahan bubuk coklat dalam jumlah sedikit saja sudah menghasilkan adonan kue yang lengket dan berat saat diaduk.

Dengan mengetahui sifat-sifat tersebut, maka bagi Anda yang suka rasa coklat pada kue dan ingin menggunakan coklat bubuksebagai perasa, berikut ini adalah tips mengolah bubuk coklat untuk penggunaan pada adonan kue:

  • Gunakan coklat sedikit saja agar warna tidak terlalu pekat.
  • Tambahkan bubuk coklat sebagai bahan terakhir yang masuk dalam adonan agar massa tidak berat saat diaduk dari awal pembuatan kue.
  • Tambahkan bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar adonan menjadi lebih cepat tercampur merata.

Selain cara pengolahannya, merk coklatkiloan bubukjuga menjadi penentu rasa dan kualitas coklat. Pilihlah coklat dengan merk terpercaya yang sudah  sering dipakai untuk bahan kue. Untuk mendapatkannya, Anda bisa memilih merk coklat secara online yang menyediakan berbagai merk coklat termasuk dalam bentuk bubuk sebagai bahan perasa kue. Selain bubuk coklat, Anda juga bisa membeli coklat batangan, meses coklat, dan coklat chip sebagai bahan perasa coklat lainnya.

Happy baking !

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

32 thoughts on “Tips Mengolah Coklat Bubuk Dalam Bahan Adonan Membuat Kue”

  1. Kalau coklat bubuk tuh saya malah lebih suka pakai milo. Soalnya kalau coklat bubuk aslinm kan agak pahit, saya gak begitu suka rasanya. Pengaplikasian di kue juga lebih gurih kalau pakai milo. Hehe. Tergantung selera sih

  2. Aku nggak pernah bikin kue sendiri mbak, Apalagi pakai Cokelat
    Cuman kepengen bikin roti apalagi buat hari raya yang pakai coklat bubuk ini hheee
    Makasih buat tipsnya yah mbak, jadi tahu deh sekarang ^_^

  3. Coklat bubuk lebih mudah kucampur dalam adonan, mak. Dan buatku bisa digantikan dengan banyak merk. Pernah aku buat adonan, coklatnya kuganti coklat susu, hihi. enak tetep.

Leave a Reply to Juliastri Sn Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *