Ada Insight Tentang Gizi Seimbang dan Wirausaha Wanita di Acara Kelas Bunda Mombassador SGM Eksplor Jogja Pelopor Generasi Maju

Kalau dulu kita mengenal prinsip nutrisi empat sehat lima sempurna, sekarang diperbarui dengan prinsip gizi seimbang

Masalah nutrisi pada anak adalah kecenderungan gampang-gampang susah. Ada anak yang gampang makan, namun ada pula anak yang susahnya minta ampun untuk urusan makan. Picky eater istilahnya. Selalu pilh-pilih makanan. Jika kita sebagai orangtua tidak jeli memperhatikan asupan makanan apa saja ke dalam tubuh si Kecil, bisa jadi prinsip gizi seimbang tidak dapat terpenuhi.

Baca : Yuk, Dukung Potensi Prestasi Si Kecil Menjadi Generasi Maju

Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah pemenuhan makanan sehari-hari yang bergizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal. Jika gizi seimbang tidak dapat terpenuhi, anak dapat mengalami stunting atau gizi buruk.

Beruntung sekali, saya dapat mengikuti acara Kelas Bunda yang diadakan PT. Sari Husada, Tbk pada tanggal 15 September 2018 yang lalu bertempat di Gazebo Garden Resto, Yogyakarta. Pada acara ini tamu yang diundang adalah para Bunda Mombassador SGM Eksplor Jogja dan para Bunda wirausaha dari Kantin Anak Sehat.  Acaranya sangat seru dan full manfaat. Itulah kenapa saya merasa wajib untuk membagikan ilmu yang telah saya dapat tentang Gizi Seimbang dan Wirausaha Wanita. Acara yang bertajuk Mombassador SGM Eksplor Pelopor Bunda Generasi Maju ini sukses membuat saya berpikir untuk menjadi seorang Ibu yang lebih baik untuk masa depan anak-anak saya.

Baca : Nutrisi Terbaik di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Anak yang terpenuhi gizi seimbangnya, diharapkan dapat tumbuh menjadi anak-anak generasi maju yang dapat mencapai cita-citanya di masa depan kelak. Anak-anak yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi, mandiri, supel dan percaya diri. Tentu dengan harapan pendidikan moral, agama, minat dan bakatnya dapat berkembang secara optimal.

Pedoman gizi seimbang  yang perlu diperhatikan :

  • Asupan gizi anak memenuhi kebutuhan dan biasakan makan bersama
  • Biasakan mengkonsumsi ikan dan sumber protein lainnya
  • Biasakan membawa bekal makanan dan air putih dari rumah
  • Batasi makanan cepat saji, jajanan dan makanan selingan yang manis, asin dan berlemak
  • Biasakan bermain bersama dan aktivitas fisik setiap hari
  • Pastikan sikat gigi dua kali hari sekali setelah makan pagi dan sebelum tidur malam

Berapa kebutuhan energi anak yang diperlukan?

  • 1-3 tahun : 1125 kalori
  • 4-6 tahun : 1600 kalori
  • 7-9 tahun : 1850 kalori

Baca : Kesempatan Kedua Itu Bernama Mombassador SGM Eksplor

Empat prinsip dasar dalam pemenuhan gizi seimbang :

  1. Variasi makanan
  2. Pentingnya pola hidup bersih
  3. Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga
  4. Pentingnya menjaga berat badan ideal

Anak perlu diperhatikan kualitas dan kuantitas makannya. Anak  dibiasakan sarapan dan makan teratur. Sebagai contoh anak usia 4 tahun kebutuhannya 1600 kalori itu sama artinya dengan  3 kali makan utama dan 3 kali makan snack. Makan utama yang dimaksud adalah pemenuhan 1/3 karbohidrat (nasi, kentang, ubi, singkong, dll), 1/3 vitamin, mineral (sayur dan buah), 1/3 protein dan lemak berupa lauk  seperti ikan, daging, telur, tahu, tempe dan lain-lain. Jangan lupa minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Snack bisa berupa susu dan makanan selingan ringan.

Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium dapat menunjang tinggi badan anak bersama dengan vitamin D. Susu termasuk snack yang bernutrisi tinggi. Kekurangan kalsium dapat mengganggu pertumbuhan tinggi anak.

Kebutuhan kalsium pada anak usia 1-3 tahun adalah 650 mg. Anak usia 4-7 tahun memerlukan 1000 mg kalsium. Kebutuhan kalsium itu dapat dipenuhi jika anak rutin meminum susu dua gelas sehari. Susu SGM Eksplor Complinutri merupakan susu yang cukup lengkap kandungan nutrisinya. Didalamnya terkandung Asam Linoleat Omega 6 (910 mg), Protein (5 Gr), Vitamin D3 (55%), Kalsium (45%), Vitamin A (45%), Zinc (25%), Vitamin C (40%), Zat besi (35%). Semua nutrisi itu sangat dibutuhkan oleh tubuh anak untuk tumbuh kembangnya.

Baca : Kunjungan Ke Pabrik Susu Sari Husada

Dalam acara Kelas Bunda ini juga dibahas tentang higienitas termasuk bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Selama ini kita cuci tangan asal cuci tangan saja. Ternyata ada caranya lho. Disimulasikan dengan cara bernyanyi bersama para Bunda yang hadir. Seru deh. O iya, jangan lupa pakai sabun saat cuci tangan supaya kuman-kuman yang menempel dapat mati.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) :

  • Ketersediaan air bersih
  • Mencuci tangan dengan sabun
  • Penggunaan jamban sehat
  • Aktivitas fisik / olahraga setiap hari
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Tidak merokok d dalam rumah

Hadir dalam acara yang kaya manfaat di Kelas Bunda Mombassador Jogja ini para Pembicara  yang sangat kompeten di bidangnya yaitu :

  1. Bunda Talitha Prameswari Digital Comunity and Social Project Manager dari Danone & ELN Indonesia
  2. Bunda Nur Rahma Candra Puspita Sari, S.Gz yang menerangkan tentang gizi seimbang
  3. Bunda Prisa Kandora, Fasilitator Womenwill dari Google yang menerangkan tentang serba-serbi Wirausaha Wanita termasuk pemasaran secara digital

Wirausaha Wanita

Bunda Prisa Kandora mengatakan bahwa sejatinya seorang wanita yang multitasking dan multitalented adalah pribadi yang dapat berkompetisi dengan hebat. Seorang wanita bisa menguasai pasar wirausaha secara luwes karena dapat berkomunikasi dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya survey yang membuktikan bahwa 43% pemilik usaha kecil adalah wanita.

Meskipun tantangan utama bagi seorang wirausaha wanita adalah menyeimbangkan antara mengurus usaha dan keluarga, nyatanya banyak wanita yang bisa berhasil melampaui semua itu. Apalagi di era digital sekarang, sangat memungkinkan seorang wanita mengembangkan usaha dari rumah saja.

Baca : Vini, Vidi, Vici di Mombassador SGM Eksplor Batch 5

Keberadaan Google Bisnis saat ini sangat memudahkan para wirausaha dalam memasarkan produknya. Meskipun produk itu adalah produk yang susah dijual atau pangsa pasarnya terbatas, hal itu bukan halangan untuk tidak dapat memasarkannya secara digital.

Ibu Prisa memberi contoh tetang penjual Samurai. Dapat dibayangkan siapa saja yang akan membeli Samurai kan? Namun nyatanya, penjual samurai itu mampu menempati posisi teratas di page one Google. Karena apa? Dengan trik marketing digital tentu saja. Diantaranya dengan rajin update status di Google bisnis, membuat artikel dengan kata kunci yang lagi hits saat ini, sehingga para pencari barang dapat dengan mudah menemukan apa yang dicari dengan menelusuri mesin pencari. Lokasi yang jauh tak lagi menjadi kendala selama ada internet.

Nah, karena tak ada yang tak mungkin di era digital ini, maka para wanita yang akan membangun usaha tidak perlu berkecil hati. Tetapkan niat dan usaha untuk berani memulai dan maju.

Mindset atau pola pikir yang menghambat perlu diubah dengan pola pikir sebagai berikut :

  • Jangan pernah takut akan batasan terhadap perempuan
  • Usaha bisa dimulai dari hobi, passion
  • Memanfaatkan pemasaran digital
  • Perempuan bisa berkompetisi dengan hebat

Lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan jika usaha sudah berjalan? Terus asah kemampuan dengan mau untuk belajar dan belajar tentang hal baru. Perluas pergaulan, terutama dengan sesama wirausaha. Dengan bergaul ada banyak manfaat yang didapat diantaranya dapat belajar dari wirausaha lainnya, bekerjasama dengan wirausaha lain dan dapat saling menguatkan dengan membangun kepercayaan diri.

Baca : Tips Buka Usaha Bersama Pasangan

Belajar dari mentor atau pakarnya juga perlu dilakukan supaya usaha yang dijalankan dapat berkembang tidak hanya stagnan. Mentor itu bisa darimana saja.

Cara mencari Mentor diantaranya :

  • Lingkungan keluarga
  • Wirausaha lain
  • Pembicara seminar
  • Investasi dengan profesional mentor

Perlu diingat bahwa orang-orang sukses adalah pembelajar yang baik.

Tips pemasaran :

  • Apa buku terakhir yang dibaca?
  • Gunakan aplikasi berita – Google News
  • Manfaatkan Google Search
  • Manfaatkan Youtube

Dalam acara yang berlangsung, ada peserta yang bertanya tentang customer. Bagaimana cara memepertahankan customer supaya loyal? Ada empat jawaban dari Bunda Prisa :

  1. Ingat tanggal ulang tahunnya
  2. Jadikan orang pertama yang berempati saat customer mendapat masalah atau musibah
  3. Penuhi kebutuhannya dan minta masukan dari customer
  4. Atasi komplain customer, karena customer yang suka komplain bila ditanggapi dan puas dengan pelayanan kita, maka akan sangat loyal

Manfaatkan media sosial untuk pemasaran :

  • Buat akun media sosial
  • Buat konten menarik
  • Berinteraksi dengan calon pembeli dan pelanggan
  • Gapura Digital 085746745259
  • Womenwill 085729039000

Videonya dapat disimak disini ya..Selamat menyaksikan ! 🙂

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

22 thoughts on “Ada Insight Tentang Gizi Seimbang dan Wirausaha Wanita di Acara Kelas Bunda Mombassador SGM Eksplor Jogja Pelopor Generasi Maju”

  1. Wih acaranya seru dan berfaedah banget ya mba kalau ngomongin gizi anak memang tidak ada habisnya karena banyak yg harus diperhatikan, usia anak bertambah pola makan harus berubah tapi tetap seimbang.

    Makasih sharingnya mba, jadi dapet bekal kalau jadi ibu nanti ^^

  2. Untung kecenderungannya gampang-gampang susah ya kak: 2 gampang dan 1 susah, masih banyak yg gampangnya. Apalagi sudah ikut Kelas Bunda oleh PT. Sari Husada. Makin kaya insight yg didapat tentang bagaimana memberikan gizi seimbang untuk anak. Masih ditambah pengetahuan tentang kewirausahan lagi, lengkap deh.

  3. Wah seru ya kelas mombassador Yogya. Insyaallah besok saya mau ikut kelas mombassador yang Bogor. Bunda ikut gak yang di Bogor? Semoga saya bisa dapat banyak ilmu dan wawasan juga seperti yang didapat Bunda Juliastri ya. Amin.

  4. Ilmunya banyak dan sangat aplikatif. Bisa langsung dipraktekkan dan memberdayakan ibu ibu untuk jadi lebih keren lagi. dengan besarnya ruang digital untuk berkembang membuat semua ibu ibu Indonesia bisa mencapai kesuksesan

  5. Setuju banget dengan pernyataan bahwa wanita itu multi tasking, semua urusan pekerjaan bisa dikerjaan dalam satu waktu . Tapi ya kendalanya harus berbagi fikiran antara urusan domestik dan bisnis, belum lagi perkara pertemanan yang penuh intrik wkwkwk. Jadi kita kadang suka kurang fokus ya. Bagus Mbak tips wirausahanya, semoga bisa ikut mempraktekan.

  6. Acaranya bagus ya dengan materi yang bermanfaat banget untuk para ibu, pengetahuan tentang gizi seimbang penting banget ya, apalagi ada materi wirausaha nih, tentang Google Bisnis juga, mantap mba, makasih sharingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *