Memilih Layanan Belajar Online Terbaik

layanan belajar online terbaik

Ruangbelajar mampu menembus batas jarak, ruang dan waktu selama PJJ

Memilih layanan belajar online terbaik di masa pandemi ini menjadi sesuatu yang sangat membantu tugas orangtua dalam mendidik anak-anak tercinta. Apa kabarnya para orangtua? Tak terasa ya, liburan kenaikan kelas dan kelulusan sudah berakhir. Selamat datang tahun ajaran baru. Terbayang bagaimana kesibukan menjalani hari-hari. Yup, meskipun saat ini masih berlaku pembelajaran jarak jauh, namun orangtua tetap merasakan bagaimana “riweuh-nya” mempersiapkan segala sesuatunya.

Berdasarkan pengalaman pribadi, sejak tahun lalu kedua anak saya termasuk dalam angkatan emas atau angkatan corona.  Anak lanang alias si sulung kelas VII sekarang naik ke kelas VIII, dan anak wedok a.k.a si bungsu kelas 1 SD sekarang naik kelas 2 SD. Selama setahun penuh, mereka bersekolah secara Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Nyaris tidak mengenal guru dan teman-teman sekolahnya secara tatap muka. 

Kesulitan Orangtua Saat PJJ

Di masa pandemi Covid19 sekarang ini, banyak perubahan yang terjadi. Terutama di bidang pendidikan. Kemerdekaan anak-anak selama belajar di sekolah, saat ini harus berganti format menjadi pembelajaran secara daring. Dampaknya sungguh luar biasa. Tak hanya anak, namun guru dan orangtua pun turut merasakan dan harus dapat beradaptasi dengan sebaik-baiknya. Lalu muncul berbagai keluhan dan kendala terkait sekolah online ini.

Kalau saya sendiri, terus terang awalnya merasakan kesulitan saat harus mengajari anak wedok yang baru saja lulus di Taman Kanak-Kanak lalu masuk Sekolah Dasar. Tahu sendiri kan bagaimana karakter anak yang masih senang-senangnya bermain di kindergarten, lalu harus menyesuaikan diri menjadi anak SD dengan metode dalam jaringan (daring) pula. Sifat manjanya itu harus dibimbing secara terus menerus secara sabar.

Apalagi anak wedok tergolong anak yang belum lancar membaca dan menulis. Wis, pekerjaan saya menjadi dobel di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga, Blogger dan mengurus usaha bersama suami. Saya menyadari, menjadi guru itu tidak mudah, bahkan untuk anak sendiri. Ya, karena anak-anak biasanya lebih menurut kepada gurunya daripada kepada orangtuanya. Saya dan suami harus punya stok sabar yang lumayan banyak.

Tak heran terjadi berbagai drama saat belajar secara online di rumah. Hal ini terjadi karena motivasi anak yang kurang karena sistem pembelajaran online bisa jadi membosankan para siswa, apalagi jika metode yang diajarkan oleh guru terkesan monoton. Sehingga, anak-anak merasa pelajaran yang diterima begitu berat dan tidak menarik untuk dipelajari. Wah, jika hal ini dibiarkan lama-lama anak-anak bisa kehilangan semangat belajar.

kesulitan orangtua saat PJJ

Layanan Belajar Online Terbaik

Setiap kali saya membimbing anak wedok mengerjakan tugas dari sekolah, ada beberapa hal yang kadang membuat saya terhenyak. Bagaimana tidak, soal kelas 1 SD namun ada yang membutuhkan pemahaman lebih. Seringkali, anak saya kurang begitu suka sistem belajar berbasis teori. Dia paling senang jika belajar sesuatu yang berbau visual. Misalnya dengan gambar yang eye catching atau dengan video yang atraktif.

aplikasi belajar online

Lalu saya pun mencari informasi tentang aplikasi belajar online yang dapat membantu anak saya belajar. Terus terang, saya pun bisa keteteran jika harus memantau belajar anak secara intens mengingat banyaknya kesibukan saya yang lain. Maka saya pun bertanya kepada teman-teman saya, para orangtua yang mempunyai masalah yang sama seperti saya. Lalu dari mereka saya pun berkenalan dengan ruangbelajar  yaitu layanan belajar online terbaik yang ada di aplikasi belajar online ruangguru.

Seperti yang sudah diketahui, aplikasi Ruangguru dapat menjadikan anak lebih baik dari prestasi akademik dan karakter. Di aplikasi ini juga terkenal sebagai tempat guru-guru terbaik di bidangnya. Sehingga bagi orangtua yang peduli dengan pendidikan anak akan memilih Ruangguru untuk mendukung buah hati tercinta meraih kampus impiannnya kelak dan dapat mencapai cita-cita tertingginya.

Ruangbelajar

Sebagai orangtua, saya merasa sangat terbantu dengan adanya ruangbelajar dari Ruangguru ini. Anak wedok sangat senang sekali dengan video animasi Dafa Lulu yang khusus untuk belajar anak SD yang tersedia di ruangbelajar. Semangat belajarnya bangkit dan saya sangat senang melihatnya. Saya jadi tidak kesulitan saat harus stand by mengajari anak belajar tentang pelajaran yang saya sendiri kadang kurang paham.

belajar online

Hubungan saya sebagai orangtua dengan anak pun menjadi lebih harmonis karena anak wedok tidak rewel lagi saat harus belajar. No drama-drama lagi pokoknya. Saya merasakan bahwa Ruangguru dengan adanya ruangbelajar mampu memutus jarak, ruang dan waktu selama anak-anak mengikuti PJJ sehingga segala sesuatunya dapat berjalan lebih mudah. Terutama saat anak-anak menyerap materi pelajaran yang kadang sulit dimengerti.

Fitur-fitur yang ada di ruangbelajar ini pun beragam. Ada ruangguru PTE, ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar, dan ada fitur baru rilis di bulan Juli ini. Lalu soal harga bagaimana? Jangan khawatir! Bila dibandingkan dengan kompetitor lain, harga layanan belajar online terbaik ini lebih murah. Sangat menguntungkan karena dengan banyak fitur dan fasilitas yang mendukung anak dalam belajar, worth it!

Semangat belajar, ya!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

8 thoughts on “Memilih Layanan Belajar Online Terbaik”

  1. Benar2 solusi dimasa sekarang ya ruang guru ini, kebetulan saya punya ponakan sd sudah pakai ruangguru dan sangat membantu untuk anak belajar, setuju dengan review kk, worth it..

  2. Memilih layanan belajar online itu penting banget kak, saat pemberlakuan pjj mau tak mau orang tua harus terlibat full dalam mendampingi anak belajar dgn fasilitas online. Tapi banyak disyukuri krn ruang belajar memiliki fitur-fitur yg lengkap yg bisa disesuaikan dgn ke efektivitas belajar anak.

  3. Tantangan pembelajaran online ini memang cukup kompleks ya, ada kalanya tak sesering itu dalam mendampingi anak belajar. Menggunakan perangkat gawai dan memilih ruangbelajar yang interaktif bisa menjadi solusi, apalagi khas cocok sekali dengan anak-anak animasinya dan memudahkan pemahaman

  4. Betul mba, kebanyakan anak² itu lebih nurut kalau lagi belajar sama gurunya sendiri. Kalau orag tua yang jadi gurunya pasti ada aja alasan dan cobaan dan kesabaran yang harus dihadapi setiap orang tua terutama kaum ibu, wkwkwkwk

  5. PJJ bikin emak stres. Aduh, aku tiap pagi sibuk mau pake hp karena kerja online. Lah anak mau hp juga. Pusing. Mana mau masak. Ruang guru kayanya solusi banget ya. Tapi masih bingung sih gimana sinkronisasinya dengan tugas-tugas sekolah anak.

  6. Kalau melihat fitur dari Ruang Guru keren juga ya aplikasi nya.
    Didesain sesuai kebutuhan pembelajaran jarak jauh yang ideal.
    Btw, semoga Pandemi segera berlalu ya, aamin

  7. Iyaaa bner yaa bun, semenjak anak2 sekolah daring, tugas kita menjadi ibu menambah lagi menjadi guru saat anak2 mau belajar, untuknya ada sekolah online seperti ruang belajar dari ruang guru yg sangat membantu, dan fitur2nya lengkap serta tenaga pengajar yg sudah profesional..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.