Makanan Sehat Berikut Ini Dapat Mengurangi Risiko Kanker

risiko kanker

“Your diet is a bank account. Good food choices are good investments.”

Bethenny Frankel

Halo, semuanya! Semoga semua sehat ya. Sekarang ini jenis penyakit begitu beragam. Salah satu penyakit yang cukup menkutkan adalah kanker. Apa sih kanker itu? Kanker adalah penyakit genetik yang artinya, penyakit ini disebabkan karena terjadinya perubahan pada gen yang mengontrol cara sel kita berfungsi, terutama cara mereka tumbuh dan membelah. Kanker hingga saat ini masih menjadi penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Untuk menghindari penyakit ini banyak cara yang harus dilakukan, salah satunya adalah memakan makanan sehat.

Makanan sehat pencegah kanker

Untuk mengetahui apa saja makanan sehat yang dapat mengurangi risiko kanker, yuk, silakan simak penjelasan berikut ini ya:

Kacang-kacangan

camilan kacang
Gambar : Camilan dari kacang-kacangan (gonutify.com)

Seperti yang telah diketahui, kacang-kacangan, seperti kacang almond, mete, maupun pistachio adalah sumber utama serat makanan. Kacang-kacangan mengandung banyak fitokimia pelindung yang berpotensi disebut senyawa polifenol.

Serat makanan, pati resisten, dan senyawa fenolik yang terkandung dalam kacang-kacangan dapat mendukung pertumbuhan bakteri usus yang meningkatkan kesehatan (mikrobioma).

Makanan berserat, seperti kacang-kacangan ini, dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Manfaat kacang-kacangan lainnya adalah dapat menurunkan resiko pertambahan berat badan, kelebihan berat badan, dan obesitas.

Kacang-kacangan dapat dikonsumsi secara mudah dengan berbagai olahan seperti saus berbahan dasar kacang atau dicampur dengan sayuran mentah, bahkan bisa digunakan sebagai selai untuk biskuit gandum atau roti pita sebagai camilan sehat atau saat makan. Kacang juga dapat membuat roti lapis semakin enak atau sekedar menjadi topping kentang panggang. Hm, maknyus!

Biji-bijian Utuh: Lindungi Dari Kanker Kolorektal

makanan sehat
Gambar : Biji-bijian (Pixabay.com)

Biji-bijian utuh termasuk makanan yang kaya serat, kaya nutrisi, dan mengandung fitokimia yang dapat meningkatkan kesehatan. Seperti yang baru saja dibahas, ketiga zat penting tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi resiko dari kanker kolorektal atau yang familiar dengan sebutan kanker usus besar (kolon).

Biji-bijian utuh memberikan serat makanan dan nutrisi melebihi apa yang bisa Anda dapatkan dari biji-bijian olahan. Sebagai informasi, saat ini sedang dilakukan penelitian yang mengeksplorasi apakah biji-bijian utuh (seperti beras merah, farro, bulgur, sorgum, dan quinoa) dapat menawarkan manfaat tambahan.

Kenari/Walnut: Mendukung Diet Pencegahan Kanker

kacang almond
Gambar : Kacang kenari / Walnut (pixabay.com)

Penelitian menunjukkan bahwa kenari, yang mengandung polifenol dan senyawa lainnya, dapat menjadi bagian dari makanan sehari-hari yang mengurangi risiko kanker. Semua kacang mendukung pola makan yang meningkatkan kesehatan, tetapi kacang lain berbeda dalam nutrisi dan senyawa tanaman yang ada. Kacang kenari memiliki keunikan dalam beberapa hal dan telah dipelajari lebih luas daripada kacang lain tentang pencegahan kanker.

Penelitian yang muncul menunjukkan potensi kenari untuk berkontribusi pada diet pencegahan kanker melalui beberapa senyawa yang mungkin bekerja sama. Ellagitannin, melatonin dan gamma-tocopherol, masing-masing dapat bekerja melalui jalur yang berbeda untuk mengurangi stres oksidatif, peradangan, dan ekspresi gen yang dapat menyebabkan kanker.

Kenari cocok dengan banyak makanan yang Anda makan sepanjang hari. Misalnya, kenari dapat ditambahkan ke sereal panas atau dingin, yogurt, salad, sayuran tumis, pasta, dan biji-bijian seperti nasi merah atau quinoa.

Kedelai: Asupan Mengurangi Risiko Kanker Payudara

camilan sehat
Gambar : Kacang Kedelai (pixabay.com)

Kedelai adalah makanan nabati yang mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat protein. Kedelai termasuk makanan nabati yang istimewa, karena tidak semua makanan nabati mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk protein. Banyak penelitian tentang makanan kedelai yang konon dapat mengurangi risiko kanker menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Hasil studi yang bervariasi mungkin dapat mencerminkan pengaruh yang berbeda menurut jenis makanan kedelai, masa konsumsi mereka, jenis kanker, dan perbedaan individu dalam genetika, mikrobiota usus atau diet keseluruhan. Temuan yang konsisten dari studi populasi menunjukkan adanya pengurangan risiko terkena kanker payudara terhadap responden yang mengonsumsi makanan kedelai.

Cara mengonsumsi kedelai bisa sangat bervariatif. Salah satunya, jenis edamame (kedelai hijau muda) yang dikukus sebentar atau direbus untuk camilan lezat, topping salad, atau saus kacang. Kacang kedelai (kedelai matang panggang) adalah pilihan lain yang sangat baik untuk camilan atau salad.

Jadi Gimana, Sudah siap semakin jauh dari kanker? Always Keep healthy life! 🙂

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

34 thoughts on “Makanan Sehat Berikut Ini Dapat Mengurangi Risiko Kanker”

  1. Siaaaap!
    Langsung merekam baik baik makanan sehat ini untuk jadi pilihan kalo mau konsumsi sesuatu.
    Lebih baik mencegah ya daripada mengobati.
    Lebih sekarang daripada di nanti nanti.

    Terimakasih informasinyaaa yaa, Mba.

  2. Aku juga senang makan kacang2an, misal ketika masak sayur asem pasti ada kacang tanahnya. Ada juga kacang mede buat ngemil atau kacang hijau dibuat bubur kacang dicampur ketan hitam. Bagus manfaatnya buat kesehatan tubuh terutama menghindari penyakit kanker TFS 🙂

  3. Kacang kacangan itu camilan yang enak, dan bisa mengurangi resiko kanker juga ternyata ya. Tapi pastinya dengan pengolahan yang tepat ya mbak. Mudah di dapat, enak dan bermanfaat bagi tubuh.

  4. kacang2an tuh cemilan favorit suami dan baru tau kalau kacang2an bisa bantu cegah kanker. wah wajib stok kacang2an nih untuk dibuat cemilan, tentunya dengan pengolahan yang tepat biar tetap sehat ke tubuh ya mbak. makasih lho sharingnya 🙂

  5. Well noted banget ini infonya mbak, sepertinya aku kurang kacang kacangan nih untuk membantu menjaga daya tahan tubuh aku.. sip sip selain dapat menjaga daya tahan tubuh juga dapat mengurangi risiko kanker ya.. well noted mbak

  6. Kacang kacangan ini selain sehat juga menurutku sih terhitung masih enak deh mba buat yg lagi diet…
    Mungkin ga terlalu ngeh ya klo ternyata manfaatnya luar biasa. Makan krn suka aja

  7. Ternyata kacang-kacangan bagus untuk mencegah kanker dan penyakit lainnya ya mbak, aku mau lebih rajin makannya nih asal jangan yang digoreng ya hihi aku suka edamame rebus..enaak…

  8. Keman aja ya saya selama ini, masa baru tahu kalau walnut itu biji kenari. Tepok jidat! Haha. Makasih Mbak insightnya. Memang sebenarnya kita tuh nggak kekurangan biji-bijian yang banyak manfaat dan bergizi bagi tubuh tapi sayangnya nggak banyak sosialisasi. Padahal gerakan hidup sehat dimulai dari makanan yang sehat seperti konsumsi biji-bijian.

  9. Jadi inget sama paparan dr Zaidul Akbar. Kacang Almond ini bagus banget buat imunitas dan kulit. Bikin sehat luar dalam. Pengen rajin konsumsi walau harganya mahal. Kata dia selama kita mikirnya mahal ya ga akan pernah kebeli. Duh ga mau punya mindset gtu nih. Oiya aku juga baru nyobain makan tempe mentah. Enak ternyata Mak. Kayaknya bisa dipanggang buat cara masak yang ga biasa hehehe

  10. Kalo olahan kedelai, udah pasti tahu tempe suka banget. Tapi selain itu, susu pun aku juga rutin konsumsi Mak. Enak dan ternyata bisa mengurangi resiko terkena kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *