Manfaat Bermain Games Online

Manfaat bermain games online

Percaya nggak kalau bermain games online itu dapat meningkatkan kecerdasan?

Manfaat bermain games online itu banyak, asalkan tepat dalam penggunaannya. Ya jenis permainannya, waktu yang terpakai dan dalam posisi yang tepat. Menjadi tidak oke kalau bermain games online sampai lupa waktu, lupa makan dan tidur. Over dosis itu namanya. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Apalagi kalau sampai kecanduan. Big no!

Saya jadi pengin cerita tentang pengalaman bermain games nih. Jauh sebelumĀ negara api menyerang internet begitu lantjar jaya seperti sekarang dan saya lagi seneng-senengnyanya meminjamĀ  komputer PC milik teman saya, saya mengenal beberapa games sederhana yang lumayan menghibur kala itu. Tepatnya Di tahun 2000 awal.

Kalian bisa nebak nggak apa nama games itu? Hm, sepertinya hampir semua anak tahun 2000-an mengenal games ini deh. Yup, kamu benar kalau menjawab Games Solitaire! Games ini menjadi yang paling favorit diantara games lain yang seangkatan yaitu FreeCell, Heart dan lain sebagainya. Bikin candu banget deh kala itu.

Waktu saya masih bekerja di salah satu outlet handphone resmi yang ngehits kala itu pernah lho rebutan komputer PC sama teman hanya karena pengin main games solitaire saat jam istirahat. Hahaha..suka ketawa sendiri kalau mengenang masa-masa itu. Maklum, jaman dulu hiburannya apalagi coba.

Kalau sekarang mah mau bermain games online di laptop sampai jam berapapun nggak akan ada momen rebutan. Tapi justru kenangan rebutan itu yang indah dalam kenangan. Sekarang teman-teman kerja saya juga sudah nggak tahu kemana rimbanya. Sudah jarang berkomunikasi. Oh, iya manfaat bermain games itu apa saja ya? Yuk, kita bahas!

Apa Sih Manfaat Bermain Games Online?

Ternyata bermain games dapat meningkatkan rasa percaya diri lho! Percaya nggak? Kalau saya sih percaya karena dengan bermain games siapapun itu harus berani melawan ketakutannya sendiri dan harus yakin dengan kemampuan diri sendiri. Ya kali, main games minta petunjuk teman terus. Bisa bete temannya lama-lama.

Selain itu bermain games online dapat melatih otak dan mental. Apalagi kalau jenis permainannya yang pakai berpikir gitu kan.Ā  Lalu yang membutuhkan jiwa pantang menyerah dan semangat gitu. Lambat laun mentalnya akan terasah secara otomatif asalkan rajin berlatih bermain games yang tepat.

Manfaat bermain games lainnya adalah dapat mengasah kreativitas. Mau tak mau kalau gagal terus pasti kan lalu mencari cara yang lain. Harus mau berubah dan menggunakan strategi yang lebih jitu. Tentunya harus terus berproses juga. Karena konon katanya, proses itu tak pernah mengkhianati hasil. Hm, benar-benar setia ya proses itu.

Manfaat bermain games online
Apa sih manfaat bermain games online?

Mengenal Games Legendaris

Siapa yang masa kecilnya biasa bermain games solitaire, tetris, freecell, heart, minesweeper dan lain sebagainya? Dahulu di masa saya remaja, saya pernah memainkannya dengan komputer PC jadul secara offline. Sebagian lagi pernah menggunakan gamewatch dan ada juga yang menggunakan handphone jadul.

Dalam handphone jadul biasanya ada bawaan games legendaris seperti snake dan tetris. Zaman dulu, permainan-permainan itu cukup mudah dan sederhanaĀ  saya mainkan. NamunĀ  mampu memberikan efek hiburan yang menenangkan bagi otak saya setelah lelah seharian bekerja. Kadang ada rasa kangen dengan games-games itu lagi.

Secara kebetulan, saya menemukan situs online solitaire.org yang membuat ingatan saya melayang ke masa lalu. Ternyata di website ini saya menemukan games kesayangan saya di masa lampau yang dapat saya mainkan secara online dan gratis pula. Mata ini jadi kalap pengin memainkan semuanya.

Mengenal games legendaris
Games Solitaire yang melegenda

Tak hanya Solitaire, ternyata ada banyak jenis permainan legendaris yang saya temukan. Disana ada beberapa kategori yang bisa saya pilih. Ah, saya senang sekali jadinya. Serasa nemu harta karun lho. Serius. Hahaha..

Kategori-kategori itu antara lain ada Solitaire yang ternyata banyak ragam permainannya, lalu ada kategori Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles, dan Word. Saya membuka semua kategori itu yang memuat beberapa games yang beraneka rupa. Beberapa permainan sudah saya kenal dan familiar namun ada juga yang baru saya tahu saat ini.

Selain senang bermain solitaire sambil bernostalgia, saya juga senang memainkan games tetris yang masuk dalam kategori Logic Puzzles. Lalu dari kategori Word, saya bermain games Crossword yang tak lain adalah mengisi Teka Teki Silang (TTS) dalam bahasa Inggris. Selain itu saya amazed ketika nemu ada games semacam candy crush disana. Wow!

Saat bermain games online TTS, meskipun nggak semua yang saya isi benar jawabannya, tapi setidaknya dapat melatih otak dan melatih ingatan saya kembali. Bukankah otak harus selalu dilatih agar terus berfungsi sebagaimanamestinya? Sedangkan jenis permainan lainnya lebih ke nostalgia zaman dulu. Seru deh!

Games online TTS

Tips Bermain Games Online

Tahu sendiri kan, yang namanya games itu bisa menyebabkan kecanduan kalau tidak terkontrol secara baik penggunaannya. Oleh karena itu, perlu sekali untuk mengatur waktu sedemikian rupa jangan sampai kebablasan dan kecanduan. Hal ini saya terapkan kepada anak-anak saya yang kalau tidak ada aturan, mainnya bisa seharian tanpa berhenti.

Duh, eman-eman kalau masih anak-anak sudah kecanduan games online. Sayangi kesehatan matanya, proses tumbuh kembangnya dan perkembangan syaraf otaknya. Jenis permainan pun harus dipilihkan yang baik untuk seusia anak dan remaja. Jangan sampai mereka memainkan games yang mengandung kekerasan atau pornografi.

Maka tips bermain games online ini bisa dilakukan siapa saja :

  • Atur waktu bermain games misalnya hanya 2 kali dalam seminggu saat hari libur
  • Atur durasi bermain games online paling lama 1 jam
  • Awasi anak saat bermain games dan tegur jika sudah melampaui batas waktu yang sudah ditentukan
  • Atur kesepakatan dengan adanya hukuman jika melanggar aturan dan berikan rewards jika tertib dalam bermain dan mematuhi aturan
  • Pilih jenis games yang aman sesuai dengan usianya
  • Larang anak berkata kasar saat terpancing emosi ketika bermain games
  • Ajari tanggung jawab dengan membereskan tempat bermain games
  • Beri pengertian kepada anak untuk belajar sportif saat mengalami kemenangan atau kekalahan dalam bermain games

Ok, Moms! Semangat selalu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bermain games bisa bernilai positif bahkan bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan, namun bisa juga merugikan jika pengaturan waktunya tidak tepat. Selalu buat hidup semakin berwarna ya.

Always be happy!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

24 thoughts on “Manfaat Bermain Games Online”

  1. Wah, ada lagi manfaatnya, Mba.. Bikin rileks. Soalnya kalau saya lagi butek refreshnya ke games online.. Hahaha.. Macam solitaire nih mainan saya jaman saya kuliah sampai skrg ga bosen.

  2. eh, aku kok jd kangen ya main solitaire abis baca postingan ini. Dulu aku suka, skrg aku males main game, padahal selain refreshing bisa untuk melatih mental dan pikiran juga ya. Gak kepikiran sampai ke situ, biasanya ya main aja. Kayaknya mau cari lagi ah games solitaire. Apalagi ternyata gak hanya solitaire doang nih yg bisa dimainkan

    1. Hehe perlu juga enak2 kayak kita main game, soalnya bisa “pergi” dari rutinitas dalam sekejab. Saya sukanya game petualangan sih yg ada ceritanya, terus nge-gol-in tiap stage nya berasa seru gak bosenin

  3. Ya ampun aku juga waktu zaman masih kerja dulu kalo jam istirahat atau sore menjelang jam pulang kerjanya main solitaire hahahaha. Ternyata kita sama mbaaak
    Memang banyak manfaat bermain game karena bisa merangsang otak kita untuk berpikir yah, asal diatur aja waktunya terutama untuk anak supaya jangan sampai kebablasan

  4. Seneng loh sama games yang legend itu, Solitaire bikin mikir banget, nggak perlu donwload aplikasi, mainnya di web aja, tapi aku jarang menangnya dan selalu penasaran, pengin main lagi dan lagi

  5. Saya kok gak mudeng mudeng ya dengan game Solitaire ini. Otaknya gak sampai kali ya. Tapi kalau main game online, saya juga suka kok. Biasanya yg mudah aja, kaya candy crush sama home skype. Hehehe

  6. Games favorit ku sejak jaman kuliah nih.
    Bisa berjam-jam aku main games kaya Solitaire tuh. Dulu mainnya masih pakai komputer pc gitu.
    Beneran bisa ngasah otak juga sih memang.

  7. Oh ada TTS juga di Solitaire yaa..
    beneran si.. kenangan indah banget zaman dulu main di komputer jadul, berasa gak pernah menang pas main kartu di Solitaire. Kini uda semakin banyak jenis permainannya dan semoga bisa tetap me-manage waktu dengan baik. Jadi tetap bahagiaa..

  8. Akuu juga nih sering main Solitaire, emang nostalgia banget karena dulu juga sering main pas masih skolah. Ternyata banyak banget juga manfaat nge-games. Ini aku juga ngajakin anak2.

  9. bener banget, molly setuju sekali hahaa.. apalagi games yang dimainkan juga dalam bentuk kartu yg ada angka dan gambar. bisa melatih konsentrasi dan fokus juga dong

  10. Anakku lebih suka main hidden games di sini, yang mana bisa bikin mata emaknya yang sudah minus kudu kerja keras hahaha.
    Btw, aku belum lama bisa main solitaire lho…Kalau tau ssih uda sedari duluuuu…zaman2 masih harus ke rental komputer buat ngerjain tugas. Nah saat itu suka lihat mas2 pejaga rental mainin solitaire. Kalau aku sih gimana mau main game di rental yaaa…yang ada ntar biaya rental makin banyak wkwkw

  11. Kalau bijak dalam bermain, nggak sampai kecanduan hingga lupa waktu, bermain game itu ada manfaatnya juga ya mbak.

    Solitaire juga game pertama yang saya kenal di komputer mbak, tapi di komputer windows sekarang nggak ada lagi, jadi bisa dimainkan di Solitaire.org ya

  12. Aakk.. Mainan jaman sma – kuliah nih. Main gini aja bisa lupa waktu juga. Kalau aku di rumah malah rebutan ama bapak mbak, soalnya bapak juga suka banget mainnya, ahaha

  13. Saya juga dulu waktu zamannya masih kerja, suka main games solitaire, tetris, freecell, heart, dan minesweeper. Masih inget ngebela-belain makan cepet, supaya bisa main game di waktu istirahat kantor hehehe

  14. Ini tuh games yang suka dimainkan teman kantor ku tapi yang kira2 umurnya syukuran aku, hahaha sebab gak banyak kendala saat mainnya ,gak kayak game sekarang buat anak muda kan hahahaha

  15. Aku juga pernah nih main di solitaire.org ini, banyak banget ya permainan seru lainnya yang bisa buat asah otak jugaaaa. Ah jadi pengen main game, langsung ke solitaire.org aja aaaah

  16. main TTS online bisa rame-rame apa cuma 1 player aja?
    tempo hari anakku di kelasnya main TTS online, jadi ngerjakan bareng teman-temannya
    seru juga loh main game online gini.

  17. Setuju banget kalau main game juga meningkatkan kecerdasan, sekaligus ingatan sih. Sekarang banyak banget game edukatif, di Solitaire juga banyak kan game edukatif? Aku juga suka sih main game di Solitaire karena enggak perlu install. Heheh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *