Liburan ke Planet Mochi Uranus Bersama Nana Mirdad

planet mochi uranus

Planet Mochi itu dingin dan berwarna biru. Hm, sebenarnya planet Mochi itu apa sih?

Misteri Planet Mochi

Liburan ke planet Mochi Uranus bersama Nana Mirdad. Kalian mau tahu bagaimana ceritanya? Tapi sebelumnya kita bermain tebak-tebakan dulu ya. Kita pasti mengenal 8 planet yang berada di tata surya kita. Ingat MeVeBuMaJuSaTUrNep yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Diantara planet itu, manakah yang termasuk planet Mochi?

Ada beberapa clue tentang planet misterius ini. Yang pertama adalah nama Planet Mochi berasal dari dewa Langit Yunani. Lalu yang kedua mempunyai 27 satelit alam. Ketiga, planet ini dingin. Keempat, ditemukan tahun 1781 oleh astronomer William Herschel. Kelima, warnanya biru. Dan yang keenam, planet ini berada di urutan ketujuh. Nah, sudah mulai terkuak misterinya kan?

Proses menemukan misteri planet Mochi ini bisa menjadi suatu permainan yang seru dan menarik untuk anak-anak. Khususnya yang berusia 5 tahun keatas. Untuk melakukan permainan ini, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan yang menunjang. Mau tahu apa saja alat dan bahan yang dipersiapkan? Baik, nanti kita bermain bersama ya.

Liburan ke Planet Mochi Uranus

Petualangan berawal dari undangan Singa Paddle Pop yang sedang bermain ke Planet Mochi. Katanya, planet itu dingin dan ia akan mengajak teman-teman untuk seru-seruan berpesta. Wah, kita perlu mempersiapkan apa saja ya? Ternyata ada beberapa alat dan bahan yang siap sebelum pergi ke planet Mochi yang masih misterius ini.

1. Gunting gambar

Yup,kita perlu untuk menggunting gambar yang ada di printables. Disana ada berbagai macam gambar planet, astronot, helm astronot, roket, dan perlengkapan lain untuk menuju ke planet Mochi

Printables dari Paddle Pop

2. Install aplikasi ASSEMBLR

Siapkan ponsel kalian, lalu install aplikas Assemblr. Aplikasi ini adalah aplikasi pembaca augmented reality. Nanti kita akan melihat gambar planet-planet dari printables tampak nyata dengan aplikasi tersebut. Beneran, lho! Anak saya saja sampai kaget kegirangan. Maklum, baru tahu untuk pertama kalinya. Bisa jadi hiburan banget sekaligus sambil belajar tentang planet.

Caranya setelah install aplikasi tersebut di Google Play untuk yang android, klik icon “SCAN”. Setelah itu silakan search @planetmochi di kolom pertanyaan “Whose marker you want to see?”. Setelah itu, arahkan kamera ke gambar planet dan QR code yang ada. Wow, planetnya beneran tampak nyata lho! Bisa bergerak juga kalau digerakkan.

liburan ke planet mochi
Planet-planetnya tampak nyata

3. Cari petunjuk di Playmat Galaksi

Sebelumnya, silakan membuat playmat galaksi dari kain flanel atau kertas karton. Gambar sesuai dengan garis orbit tata surya. Lalu letakkan gambar planet-planet sesuai dengan urutannya. Jangan kebalik urutannya ya! Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus

Playmat galaksi

4. Terbangkan roketmu

Setelah kalian menggunting printables roket, gunakan potongan kertas di printables dan bentuk seperti tabung. Lalu lem bagian atasnya. Kemudian tempel tabung kertas di bagian belakang roket. Lalu masukkan sedotan bergaris ke tabung kertas ke bagian belakang roket. Yuhuu..roket buatanmu siap meluncur ke planet Mochi yang dicari.

planet mochi

5. Mengembalikan Planet Mochi yang hilang

Sebelumnya, siapkan dulu piring kertas di tempat planet yang hilang. Lalu letakkan Mochi Paddle Pop di piring kertas, kemudian hias planet Mochimu sekreatif mungkin. Kamu bisa menambahkan cake sprinkles atau meses warna warni ataupun pewarna makanan. Hm, sekarang tebak deh, planet Mochi itu apa ya?

planet mochi uranus Paddle Pop
Planet Mochi Uranus

6. Siapkan roket pulang

Yuk, siapkan piring kertas atau alas datar untuk menaruh Paddle Pop Mochi. Lalu, masukkan 1 tusuk gigi ke dalam Paddle Pop Mochi yang pertama. Kemudian, tumpuk Paddle Pop Mochi yang kedua. Teruskan hingga setinggi mungkin. Jangan lupa untuk menambahkan kuncup segitiga dari printables di bagian ujung roket ya! Supaya roketnya dapat meluncur dengan baik. Siapkan tokoh astronot dari printables untuk pulang bersama dengan roket mochi karyamu ya!

Paddle Pop Mochi

Manfaat Bermain dengan Ice Cream Paddle Pop Mochi

Ice cream, selain rasanya yang enak dan membuat anak-anak suka ternyata mempunyai manfaat lain yang berguna dalam tumbuh kembang anak. Melalui wangi, rasa, warna dan suhu dari es krim dapat menstimulus sensori yang penting untuk anak. Selain itu motorik halus dan fungsi kognitif dan kreativitas anak juga dapat terstimulasi.

Selain itu, ada manfaat lain saat anak bermain membuat DIY permainan galaksi planet ini. Antara lain penting untuk perkembangan aspek sosialnya dengan belajar bekerja sama dengan keluarga. Lalu anak pun dapat mengenal sains dengan seru, terutama saat menyusun posisi setiap planet-planet yang ada di garis orbit.

Wah, seru banget kan liburan kali ini, teman-teman. Meskipun hanya secara virtual, namun perjalanan mencari planet Mochi ini sangat menyenangkan. Selain itu kreativitas anak dapat terasah dan melatih motorik halusnya. Anak-anak pun dapat belajar bekerja sama dengan keluarga dan mengenal sains dengan cara yang anti mainstream.

Keseruan ini makin terasa saat saya anak saya mengikuti program liburan virtual menyenangkan dan bermanfaat dari Paddle Pop secara virtual melalui zoom meeting pada tanggal 10 Juli yang lalu. Acara liburan ke planet Mochi ini menghadirkan keluarga Nana Mirdad, seorang artis cantik istri dari Andrew White bersama kedua putera dan puterinya. Hadir pula Mungilmu.

liburan virtual

Jadi, menurut kalian, planet Mochi itu sebenarnya yang mana? Pastinya dengan berbagai petunjuk yang sudah ada tadi kalian sudah bisa menebak dong. Saya perjelas ya. Kalau planet Mochi itu biru dan dingin berarti bukan planet Mars, karena planet Mars itu berwarna merah. Bukan juga Saturnus atau Merkurius. Kalau urutan ke-7 berarti planet Uranus kan? Yup, betul sekali!

Berikut keseruan liburan ke Planet Mochi Uranus yang berhasil saya videokan ya! Happy parenting!

Video Liburan ke Planet Mochi Uranus

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

41 thoughts on “Liburan ke Planet Mochi Uranus Bersama Nana Mirdad”

  1. Wah ini sih enak banget ya udah ada printable sheetnya lengkap cafanya juga. Pasti sukses ya bebikinannya dan seru banget. Anak2 seneng banget nih diajakin main sambil belajar gini

  2. Wah serunya liburan ke Planet Mochi! Permainan yang kreatif seperti ini pasti bikin anak-anak senang dan gak bosen meskipun di rumah ya, apalagi sambil menikmati es krim mochi paddlepop yang enak 🙂

  3. Aplikasi pembaca augmented reality harus di-install rupanya ya … wih senang anak-anak main ^__^
    Saya pun bakal excited melihat barang 2 dimensi jadi terlihat nyata. Menarik sekali.

  4. Seru ya main kayak gini…Apalagi Bu Guru Mungilmu nya juga asik banget… Serasa ada di sekolah TK aku tu..bocah-bocah riuh banget penuh keceriaan.. Serunya dapet..ilmunya pun dapet..

  5. baru tahu aplikasi ASSEMBLR ntar pengen coba install ah kayaknya aku juga kayak anak mba yang bakalan happy liat planet kayak betulan hehehe seru yah apalagi bisa main bareng anak-anak

  6. Seru banget memang liburan ke planet Mochi Uranus. Si Kecil diajak untuk berkreasi bersama Paddle Pop dan berpetualang mencari planet mochi uranus.

  7. Planet Mochi sungguhan ada ternyata yaa..
    Dan dijadikan nama es krim juga bisa dipelajari anak-anak. Berpetualang, berkreasi dan berimajinasi bersama Paddle Pop ini, SERU.

  8. Pasti anak-anak senang ini belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar, hehehe… eh kok bisa kebalik-balik begitu ya.
    Ternyata ini bisa juga menstimulus sensori anak.

  9. seru bangeet! ada youtubenya juga jadi bisa buat nonton bareng anak2 deh ini buat ikutan kegiatan bikin2 planet mochi gini. seru dan lucu memang ya aktivitas paddlepop ini

  10. Kebetulan nih Aisha juga ikutan program liburan seru ke Planet Mochi, jadi tahu kalau Planet Mochi itu adalah Planet Uranus…hehehe, anak-anak bisa belajar sains dengan cara yang menyenangkan.

  11. Yeaayyy…seru ya, akhirnya planet mochi bisa ditemukan.
    Menarik sekali nih mengisi waktu anak di rumah dengan permainan menarik bersama paddle pop mochi ini. Anak-anak mendapatkan wawasan baru tentang planet-planet dengan cara yang sangat menyenangkan ya mba.

  12. Liburan bareng paddle pop emang selalu seru ya maaaak.. kemarin aku ikutan yg ke saturnus.. anak anak seneng dapet pengeyahuan baru tentang planet plus bikin DIY jugaaa

  13. Akhirnyaaaa… Uranus ternyataa.. :D. Mesti anak-anak seneng banget mainnya ya mbak.. Apalagi dapet es krim paddle pop tumpuk 3 hahahhaa.. Luar biasa kreatif sekali Paddle Pop ini.. ^^. Saya kemaren juga ikutan yang tanggal 3 mbak, belum sempat ngulas hehehe

  14. Asyik banget liburannya ke planet mochi, bisa bikin prakarya, bisa menghadirkan planet di hadapan anak-anak dengan teknologi AR. Keren banget ini hasil karyanya paddle pop buat bikin anak seneng bermain dan belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *