Yuk, Dukung Potensi Prestasi Si Kecil Menjadi Generasi Maju dengan Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Edukasinya

Setiap anak adalah unik, dan mereka berhak untuk maju menyongsong masa depan yang cerah dalam meraih cita-citanya

Setiap orangtua, pasti menginginkan anaknya menjadi lebih baik, lebih berhasil daripada orangtuanya. Maka segala upaya diperjuangkan demi memberikan yang terbaik untuk anaknya. Namun, seringkali ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan.

Ada anak yang susah diatur, dikatakan anak nakal. Ada anak yang tidak bisa diam, dikatakan suka membangkang. Ada anak yang suka bertanya, dikatakan cerewet.

Padahal, mereka sedang dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangan. Padahal, mereka sedang dalam tahapan menggali potensi yang ada dalam dirinya. Padahal, mereka sedang dalam proses untuk mengenali minat dan bakatnya.

Jujur saja, sebagai orangtua saya pun sering berlaku tidak adil terhadap anak. Faktor capek, tidak sabar dan kesibukan sehari-hari membuat perhatian yang seharusnya dicurahkan kepada anak menjadi kurang maksimal. Apalagi, menjadi orangtua itu tidak mudah. Tidak ada sekolah khusus untuk menjadi orangtua. Semua terjadi secara alami, dan kita harus belajar sendiri mencari ilmu dalam mendidik anak yang seringkali beda antara teori dan di lapangan.

Namun, saya beruntung ketika saya terpilih menjadi salah satu peserta Mombassador SGM Eksplor Batch 5 tahun 2017 lalu. Event keren yang diselenggarakan PT. Sarihusada Generasi Mahardhika, membuat saya semakin semangat menjadi orangtua yang haus akan ilmu parenting.

Festival Sahabat Generasi Maju di Yogyakarta

Keseruan acara Festival Generasi Maju

Senang sekali, tanggal 30 Juni 2018 yang lalu, saya mendapat undangan dari pihak SGM Eksplor di acara Media & Blogger Gathering Dukung Potensi Prestasi Generasi Maju Indonesia. Waktunya bersamaan dengan acara Festival Sahabat Generasi maju bertempat di Taman Pintar, Yogyakarta. Taman Pintar dikenal sebagai area rekreasi edukatif untuk anak dan keluarga.

Di tempat ini orangtua dapat berekreasi sekaligus menstimulasi potensi si Kecil dengan cara menyenangkan melalui wahana edukatif Jejak Nutrisi.

Ibu Naomi sedang menjelaskan tentang apa itu Jejak Nutrisi

Di Wahana Jejak Nutrisi ini, anak-anak diajak untuk melihat dan mencoba langsung secara simulasiย  proses pembuatan susu SGM mulai dari pemerahan susu, sterilisasi, evaporasi hingga ke pengemasan.ย  Sangat interaktif dan menarik. Anak-anak dapat bermain sekaligus belajar dengan cara yang sangat menyenangkan.

Sarihusada dan Danone
Simulasi Pemerahan Susu Sapi

Tet tot! Belum berhasil. Tak apa, coba lagi yaa.. ๐Ÿ™‚
Sapinya bisa goyang lho.. ๐Ÿ™‚

Proses sterilisasi

 

 

 

 

 

Proses evaporasi
Proses pengemasan susu

 

 

 

 

 

Sahabat Generasi Maju

SGM Eksplor juga bekerja sama dengan 100 PAUD di seluruh Indonesia sebagai institusi pendidikan usia dini yang berperan penting bagi perkembangan anak. SGM Eksplor memberi perhatian khusus untuk mendukung pendidikan generasi maju.

Dukungan dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar. Hal ini dapat dilihat melalui kegiatan Mini Mobi dan aktivitas digital. Di tahun 2018,ย  Mini Mobi akan berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif.

Melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, edukasi nutrisi dilakukan dengan tujuan dapat menjangkau lebih banyak orangtua di Indonesia. Orangtua dapat melakukan live chat dengan para ahli seperti dokter anak dan psikolog anak untuk bertanya dalam rangka mendukung Ibu untuk mewujudkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju.

Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Psikolog Anak dan Keluarga, Ibu Anna Surti sedang menjelaskan tentang Potensi Prestasi Anak

“Sejalan dengan visi SGM Eksplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga apapun cita-citanya dapat diraih. Selama lebih dari 50 tahun, SGM Eksplor telah mendukung orangtua Indonesia dalam memenuhi kebutuhan akan nutrisi si Kecil. Tak hanya itu, SGM Eksplor juga rutin memberikan edukasi nutrisi untuk mendukung potensi anak, ” demikian disampaikan oleh Ibu Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor.

Menurut Ibu Astrid, “Yogyakarta dipilih karena dikenal sebagai kota yang identik dengan Pendidikan dan nilai budaya tinggi. Selain itu, PT. Sarihusada Generasi Mahardika lahir di kota ini dan menjadi salah satu tempat lokasi pabrik susu SGM hingga sekarang.”

“Beragam potensi anak generasi maju seperti menyanyi, menari dan masih banyak lagi ditunjukkan oleh ribuan peserta yang mengikutiย  kegiatan Sahabat Generasi Maju. Keikutsertaan ini menunjukkan antusiame orangtua untuk selalu mendukung agar anak tumbuh menjadi cerdas kreatif, tumbuh tinggi kuat, supel, mandiri dan percaya diri,”tambah Ibu Anna Surti.

Lima potensi prestasi anak generasi maju meliputi :

Kegiatan edukatif anak-anak di Festival Generasi Maju
  • Cerdas dan kreatif

Anak yang cerdas adalah anak yang dapat berpikir dan menganalisa dengan baik sesuai dengan tahapan usianya. Sedangkan kreatif artinya anak dapat mengembangkan imajinasinya dalam menciptakan sesuatu hal yang baru.

  • Tumbuh tinggi dan kuat

Anak yang sehat, tumbuh tinggi dan kuat sesuai dengan tahapan usianya adalah dambaan setiap orangtua. Dengan sehat, anak dapat beraktivitas secara optimal.

  • Supel

Anak yang ramah, riang, suka menyapa, murah senyum dan pandai bergaul akan disukai banyak teman. Aura postitif yang ditularkan akan membuat suasana bermain menjadi menyenangkan

  • Mandiri

Tahapan mandiri anak disesuaikan dengan tahapan usianya. Mau dan bisa makan sendiri tanpa disuapi adalah prestasi yang patut diapresiasi. Anak yang terbiasa mendiri akan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya

  • Percaya diri

Anak yang percaya diri akan berani tampil di muka umum tanpa kesulitan. Dengan demikian, minat dan bakatnya dapat tersalurkan secara optimal tanpa rasa takut dan minder.

Menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si.,Psi, “Untuk mendorong anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasiย  Maju, maka orangtua harus dapat menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya supaya memiliki tumbuh kembang yang optimal.”

Para Blogger, 3 diantaranya adalah Mombassador SGM Eksplor plus Blogger berfoto bersama Bunda Sari tim dari SGM

Lima aspek tumbuh kembang anak itu antara lain :

  • Fisik : pertumbuhan dan perkembangan jasmani
  • Kognitif : berkaitan dengan mental, persepsi, pola pikir, daya ingat, pemecahan masalah
  • Emosi : mampu mengendalikan diri supaya tidak mudah marah, mengamuk atau tantrum saat menginginkan sesuatu
  • Bahasa : penggunaan bahasa secara lisan baik bahasa daerah, bahasa Indonesia ataupun bahasa negara lain
  • Sosial : kemampuan bersoasialisasi atau mampu membaur bergaul dengan teman seusianya

Penting bagi orangtua untuk dapat memahami tahapan dan aspek tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Dan tentu saja rutin mengasah potensi yang dimiliki anak sehingga mampu menjadi generasi maju. Orangtua dan lingkungan sekitar diharapkan secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini, karena lima potensi anak generasi maju tidak dapat tumbuh instan. Namun perlu dikembangkanย  sejak dini.

Kiri : Ibu Anna Surti Ariani (Psikolog Anak dan Keluarga)
Kanan : Ibu Astrid Prasetyo (Marketing Manager SGM)

Kegiatan Sahabat Generasi Maju adalah wujud nyata komitmen SGM Eksplor di bidang edukasi dengan mengajak orangtua untuk merayakanย  dan mendukung potensi prestasi si Kecil. Orangtua diajak untuk menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh si Kecil dengan mengupload foto dan bercerita potensi prestasi si Kecil ke akun Facebook mulai dari 19 April hingga 8 Juli 2018.

Beasiswa senilai total 1 Milyar untuk 25 pemenang telah disiapkan sebagai hadiah pemenang. Penjurian grand final untuk memilih 25 pemenang ini dilakukan 27-29 Juli 2018 bertempat di Sumarecon Mal Bekasi.

Beberapa rangkaian acara Sahabat Generasi maju digelar di kota Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Orangtua dapat mengasah potensi ‘cerdas kreatif’ dan ‘tumbuh tinggi kuat’ si Kecil melalui kegiatan seperti lomba mewarnai, kegiatan olahraga serta permainan edukatif lainnya.

Anak-anak mengikuti lomba mewarnai

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia menyatakan bahwa SGM Eksplor adalah salah satu produk susu pertumbuhan yang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kampanye Anak Generasi Maju oleh SGM Eksplor selaras dengan visi Danone di Indonesia yaitu One Planet One Health. Melalui berbagai produk nutrisi dan edukasi yang dilakukan oleh kelompok usaha Danone di Indonesia, dipastikan dapat memberikan kesehatan sebanyak mungkin bagi masyarakat dunia.

Tentang Sarihusada

PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional seperti SGM Eksplor, SGM Eksplor Buah dan Sayur, SGM Aktif, SGM Bunda dan Lactamil.

Sarihusada merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan 100.000 orang di seluruh dunia. Misi Danone adalah memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang di dunia.

Di Indonesia, bisnis Danone terdiri dari 3 kategori utama yaitu air minum dalam kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untuk Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis. Danone memiliki 24 pabrik dengan jumlah karyawan 15.000 orang di Indonesia.

Yuk, saksikan video keseruan acara Festival Generasi Maju yang diselenggarakan oleh SGM Eksplor dalam rangka mendukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju.

Keep healthy life! ๐Ÿ™‚

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

39 thoughts on “Yuk, Dukung Potensi Prestasi Si Kecil Menjadi Generasi Maju dengan Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Edukasinya”

  1. Acara yang diadakan SGM ini keren banget ya mba, bisa membantu pertumbuhan anak. Saya yg belum berkeluarga jadi tahu tahapan tumbuh kembang anak sesuai usia, makasih ya mba informasinya, berfaedah banget!

  2. Simulasi pengolahan susu yang sangat menarik lagi edukatif ya Mbak. Anak2 pasti suka kalau sarana edukasinya kayak gini. Congrats Mbak Juliastrisn, sukses jadi Mombassador.

  3. Aku pernah ikut daftar ini tp sayangnya gak lolos ehhheheheh
    Tapi karena ada artikel ini di post di blognya mbak juli
    Jadinya ngerasa ikutan juga
    Makasih sharingnya mbak
    Salam kenal

  4. Wah seru, anak2 bisa belajar ttg proses pemerahan susu sapi sampai jd susu kemasan ya ๐Ÿ˜€
    Ada talkshow ttg tumbuh kembang anak pula, jdnya ini acara buat edukasi anak dan ortu ya mbak ๐Ÿ˜€

  5. Salut dengan SGM yang mengadakan acara keren seperti ini, acaranya juga terlihat seru dan rame bangat ya Mba.

    Dan acara ini sangat memberi edukasi dan hiburan buat para orang tua dan juga anak-anak, keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *