Ritual Suami Istri Yang Wajib Dilakukan Supaya Rumah Tangga Harmonis

Tujuan berumah tangga tentu saja untuk mendapatkan kebahagiaan. Maka segala upaya harus dilakukan untuk mencapai kebahagiaan itu, salah satunya dengan melakukan ritual wajib suami istri

Hubungan suami istri dalam rumah tangga ibarat tanaman yang membutuhkan perawatan supaya selalu subur, berkembang dan berbuah. Ketika tanaman itu dibiarkan saja tanpa disiram, tanpa diberi pupuk, tentu akan menjadi layu dan akhirnya bisa mati. Kehangatan cinta, kasih sayang dan keharmonisan wajib dijaga dengan kebiasaan atau ritual baik yang selalu dilakukan secara kontinyu kalau tidak ingin menjadi layu. Ibarat sayur tanpa garam, rasa berdebar-debar saat bertemu kekasih hati bisa menguap entah kemana jika perasaan itu tidak dirawat dengan baik.

Contohnya saja nih, saat masih masa penjajakan atau pacaran dulu, pasangan jatuh aja khawatirnya minta ampun. Sekarang, setelah menjadi pasangan yang sah, istrinya jatuh lalu minta tolong saja malah dibilang, makanya hati-hati. Kalo jalan lihat-lihat. Hadeuh!

Jika kita menengok berbagai macam berita di media sosial akan maraknya perselingkuhan saat ini jelas membuat miris. Tentu kita berharap hal itu tak menimpa rumah tangga kita. Boleh saja kita waspada terhadap eksistensi pelakor di luar sana, namun yang terpenting adalah hubungan yang mendasar antara suami istri harus dibenahi terlebih dahulu. Tentu segala hal ada sebab akibat bukan? Mari kita introspeksi diri sendiri tanpa harus selalu menyalahkan.

Nah, daripada pusing mikirin para pelakor yang semakin galak dan berani, lebih baik mari kita benahi hubungan ke dalam dengan pasangan masing-masing. Ciptakan pondasi kuat yang kita yakini tak akan mudah menggoyahkan iman. Logikanya, kalau segala kebutuhan sudah available di rumah, maka kemungkinan mencari yang lain di luar bisa dihindarin kan?

Baca : Ketika Handphone Pasangan Pakai Password

Melakukan kegiatan bersama pasangan dalam rangka semakin mempererat hubungan bisa dilakukan sejak dini. Pada intinya, semua orang mendambakan kebahagiaan dalam rumah tangga. Dan kebahagiaan itu bisa kita ciptakan sendiri bersama pasangan tanpa harus melibatkan orang ketiga, keempat dan seterusnya untuk melengkapi kebahagiaan itu. Cari cara selalu bagaimana supaya pasangan betah dengan hubungan yang sudah kita jalani.

Berikut beberapa ritual yang bisa dilakukan suami istri :

  • Olahraga
Credit : www.verywellfit.com

Atur jadwal bersama pasangan hari apa yang bisa dilakukan bersama untuk sekedar jogging atau jalan pagi bersama. Berenang di kolam renang umum pun bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih. Melakukan arung jeram atau snorkling berdua saja bersama suami atau istri? Hm, dijamin, akan ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi di lain waktu.

  • Pijat
Credit: www.istockphoto.com

Saya dan suami punya semacam perjanjian tak terucap tapi selalu dilaksanakan saat dibutuhkan. Ketika saya sakit seperti masuk angin, badan pegal-pegal atau menjelang kena flu, suami akan inisiatif memijat saya. Biasanya setelah dipijat, pagi harinya badan saya akan terasa mendingan dan berangsur-angsur kesehatan saya membaik.

Pun sebaliknya, saat suami saya yang sakit, saya pun merasa hutang budi jika berdiam diri saja. Maka saya gantian memijatnya.Β  Sekuat tenaga saya kerahkan untuk memijat tubuhnya yang tergolong besar itu.Β  Kami berdua meyakini bahwa ritual memijat adalah suatu cara untuk melancarkan peredaran darah membuat relaks.

Saat peredaran darah tidak lancar atau malah tersumbat, segala macam penyakit bisa menyerang begitu saja. Maka rasa rileks yang dirasakan setelah dipijat akan membuat badan bugar dan sehat.

Baca : Perbedaan Komunikasi Suami dan Istri

  • Kencan
Credit : www.shutterstock.com

Apakah kehadiran anak-anak seringkali membuat waktu berduaan dengan pasangan semakin jarang? Jangan dibiarkan berlarut-larut. Sesekali boleh kok anak-anak dititipkan ke eyangnya barang sejenak supaya bapak ibunya bisa kencan seperti jaman pacaran dulu. Ini penting lho, untuk menjaga ikatan atau bonding bersama pasangan tetap kuat.

Ingat-ingat lagi, kapan pertama kali bertemu dengan pasangan, lalu kunjungi tempat-tempat yang pernah dikunjungi berdua di masa muda dulu. Segala kenangan dan memori membahagiakan yang bangkit kembali itu dapat membuat suasana semakin romantis. Apakah nonton film di bioskop, makan di lesehan kali lima, atau keliling kota naik motor seperti tempo doeloe. Cinta lama bisa bersemi kembali lho. Tapi tentu saja dengan pasangan yang sama.

  • MandiΒ 
www.dreamstime.com

Ups, jangan ketawa. Ritual ini bisa dilakukan berdua bersama suami atau istri masing-masing. Saya pernah mendengar cerita dari pasangan suami istri yang sedang merayakan ulang tahun peraknya, ketika ditanya apa rahasianya bisa awet dalam berumah tangga, jawabannya membuat senyum-senyum. Ternyata pasangan itu hampir setiap hari melakukan ritual mandi bersama. Ritual ini membuat mereka merasa selalu dekat dan saling memiliki satu sama lain. Hal itulah yang membuat pasangan itu lengket kayak perangko, tak terpisahkan. Aih, so sweet yak!

  • Body Language
Credit : www.eharmony.co.uk

Rahasia sederhana lain yang membuat suatu hubungan rumah tangga bisa awet adalah bergandengan tangan beberapa menit sebelum tidur. Bisa dilanjutkan dengan berpelukan dan berciuman. Meskipun tak selalu diakhiri dengan berhubungan seksual, saling menyentuh dengan mesra bisa menjadi ikatan kasih sayang yang tak terlupakan. Jangan lupa, selalu tatap pasangan dengan tatapan lembut dan mesra. Dijamin, getar-getar cinta akan selalu terasa dan membuat hubungan rumah tangga semakin hangat.

Nah, gimana nih. Kira-kira gampang dilaksanakan kan ritualnya? Jika masih malu-malu dan takut untuk memulai, percayalah kalau mencoba itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? Jangan biarkan rasa cinta yang sudah ada menguap begitu saja dan mudah tergantikan dengan rasa yang lain.

Selamat menjalankan ritual bahagia bersama pasangan! πŸ™‚

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

27 thoughts on “Ritual Suami Istri Yang Wajib Dilakukan Supaya Rumah Tangga Harmonis”

  1. Nah pijit memijit ini saya suka menodong suami buat tolong mijitin saya. Saya kan mudah pegal di pinggang, terus suka sakit kepala… Kalau sudah dipijit sama suami lumayan deh pegal makin berkurangnya hemat lagi. Hahaha… Kalau pijit nya sama tukang pijit kan bayar berapa tuh…

  2. wajib diterapkan mbak ritualnya kalau bisa bikin harmonis rumah tangga dan bikin awet muda. Saya jg pernah dengar kl suami istri baiknya mandi bareng. saling menggosok punggung

  3. No 1 dan 2 belum pernah dicoba nih.. males sih jadi alasan utama (jangan ditiru) kalo 3-5 udah hehe.. setuju mba, fondasi dalam berumah tangga harus kuat dulu, InshaAllah Samara ya mba

  4. Di luar tips2 yg mbak tuliskan, komunikasi dan kepercayaan itu juga penting ya untuk diterapkan. Dengan begitu hubungan suami-istri pun bakal langgeng dan awet lebih lama.

  5. Sepertinya aktifitas berbelanja di pasar tradisional dan memasak bersama juga menyenangkan nih buat dilakukan di akhir pekan plus merencanakan csecond honeymoon kesuatu tempat yang diidamkan berdua. Pasti bonding semakin kuat

  6. Aisshh, malu-malu bacanya tapi bener semua nih mba. Aku sudah menerapkan olahraga bareng suami, emang seru sih, sambil olahraga kita komit juga untuk sehat bersama, bukan hidup bersama aja, karena kalau salah satu sakit pasti nggak enak kan yaa..

  7. mandi bersama itu kata ortu zaman dulu pamali…
    Katanya justru bisa bikin pisah..

    Tapi alasannya gak tau juga ya..

    Ini buktinya malah bikin mesra…, Tapi kayaknya ga bisa tiap hari…he2

  8. Artikelnya sangat menarik. Membuat pasangan suami istri supaya tetap harmonis memang harus selalu diupayakan. Tidak hanya waktu masih muda, tetapi setelah pasangan berusia lanjut pun harus tetap menjaga keharmonisan. Jika tidak, mereka bisa terguncang prahara.

    Ingat ada artis yang kala mudanya selalu tampak sebagai pasangan ideal. Terkenal, apalagi keduanya artis andal. Main filmnya selalu jadi bintang.

    Eh, ketika usia makin mendekati lansia, malah keduanya bercerai. Suaminya dapat pasangan dari orang biasa, bukan orang terkenal seperti selebriti.

    Ya, masih banyak cara bisa dilakukan pasangan suami istri untuk bisa menjadi pasangan yang lestari. Dari pasangan muda sampai pasangan usia lanjut.

    1. Yes, bener banget mba. Semua harus dipayakan selama bisa. Menua bersama pasangan itu adalah hal luar biasa untuk selalu diperjuangkan. Next question, siapakah pasangan artis yang dimaksud? Hihihi..

Leave a Reply to Anisa Deasty Malela Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *