Mengenal YIS, Sekolah Internasional di Yogyakarta

Sekolah internasional di Yogyakarta

Anak yang mandiri, berpikir kritis dan peduli terhadap lingkungannya secara global adalah harapan orangtua akan masa depan yang baik

Mengenal YIS, Sekolah Internasional di Yogyakarta. Apa yang ada dalam pikiran saat mendengar kata “sekolah internasional”? Kalau saya langsung mempunyai pemikiran sekolahnya anak-anak dari berbagai negara, budaya dan latar belakang yang berbeda-beda. Anak-anak “bule” yang orangtuanya berasal dari luar negeri menyekolahkan anaknya di sekolah ini.

Setiap orangtua, pasti mempunyai harapan yang tinggi akan masa depan anak-anaknya. Tak terkecuali saya. Siapa sih yang tidak ingin punya anak yang mandiri, rasa ingin tahunya besar sehingga mampu berpikir kritis, peduli terhadap sesama dan mampu bergaul dengan siapapun tanpa membeda-bedakan latar belakang budayanya?

Ya, setiap orangtua akan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Membekali dasar-dasar pengetahuan dan karakter yang kuat kepada buah hatinya demi masa depan yang cerah dan lebih baik dari orangtuanya. Maka, orangtua akan mencari sistem pendidikan yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan harapan orangtua.

Mengenal Yogyakarta Independent School (YIS)

Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Banyak sekolah berkualitas yang ada di kota gudeg ini. Kebetulan, saya juga berasal dari kota ini dan berdomisili di kota ini. Banyak sekolah berkualitas di kota ini. Dari sekolah negeri, swasta hingga sekolah internasional pun ada. Ya, Yogyakarta Independent School (YIS) adalah satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta.

Kebetulan, saya baru saja mengikuti YIS Virtual Seminar via Zoom pada tanggal 29 Juli 2021 yang lalu. Yang menjadi host di acara ini adalah saudara Elia Nugraha Ekanindita (Dindit) sebagai DP Coordinator dan guru Theory of Knowledge (TOK). Lalu hadir pula Ibu guru Bahasa Indonesia Kencana Devia Candra yang menjadi MYP Coordinator.

YIS IB School

Sebagai narasumber, hadir ibu kepala sekolah dari YIS yaitu ibu Kimberly Kingry. Lalu yang menjadi PYP Coordinator adalah ibu Veronika Swanti. Dalam acara ini, ada beberapa materi penting tentang YIS yang mungkin selama ini banyak orang yang belum mengetahui tentang pendidikan dengan kurikulum internasional yaitu International Baccalaureate (IB).

YIS Virtual Seminar

YIS berdiri sejak tahun 1989 dengan nama Yogyakarta International School. Tahun 2014, berganti nama menjadi Yogyakarta Independent School karena ada peraturan semua nama international harus diganti. Awalnya, sekolah ini berlokaso di Jalan Beo, kemudian pindah ke Pogung Baru, lalu ke Mranggen dan sekarang berada di dekat Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Yogyakarta Independent School (YIS) mempunyai luas tanah 6,5 hektar. Fasilitas yang ada salah satunya adalah lapangan sepakbola berstandar internasional. Timnas dari PSS, Persija, Borneo dan lain-lain sering menggunakan lapangan ini untuk berlatih. Usia anak yang dapat bersekolah di YIS dari umur 3-18 tahun.

Visi dan misi dari YIS adalah mendidik dan menginspirasi anak untuk menjadi pribadi yang mandiri, mampu berpikir kritis dan menjadi pribadi yang peduli dan terlibat aktif terhadap sesamanya secara luas dan global tanpa membeda-bedakan dari segi agama, suku, ras dan budaya. Visi ini menjadi pedoman dalam segala tindakan dan saat harus mengambil keputusan.

YIS senantiasa mendorong rasa ingin tahu siswa didiknya, penuh kasih sayang, dan menanamkan rasa hormat terhadap keragaman budaya. Menggunakan kurikulum Internasional Pendidikan Baccalaureate (IB) bertujuan mengembangkan orang-orang berpikiran luas secara internasional, memiliki jiwa kemanusiaan dan menciptakan kedamaian dimanapun berada.

International Baccalaureate (IB)

Dapat dikatakan bahwa YIS adalah satu-satunya sekolah resmi unggulan di Yogyakarta yang menawarkan rangkaian lengkap pendidikan IB untuk anak-anak dari usia 3 tahun hingga 18 tahun. Ada tiga jenjang pendidikan di sekolah ini yaitu Primary Years Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP) dan Diploma Programme.

IB berfokus pada pendidikan berbasis inquiry dan mempersiapkan siswa untuk sukses dengan mengajar mereka untuk berprikir kritis dan dapat mandiri. IB menyediakan kerangka kerja yang menjadi kurikulum di YIS. Semua laporan, ijazah, dan sertifikat dari YIS kompatibel dengan sekolah internasional lainnya di Indonesia dan luar negeri.

International Baccalaureate (IB)

Bahasa pengantar di YIS adalah bahasa Inggris dan di dalam kurikulumnya juga mencakup bahasa Perancis, Spanyol dan Indonesia. Siswa, orangtua dan guru dan staf di YIS mewakili lebih dari 30 kebangsaan yang berbeda. Komunitas YIS adalah para pelajar yang berkembang, dan berdedikasi dalam menumbuhkan semangat berwawasan internasional.

Primary Years Programme (PYP)

PYP memberikan landasan yang ideal bagi anak untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang sukses dengan mengembangkan :

  • Kemandirian, karena mereka bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri
  • Pemahaman tentang dunia dan skill yang mereka miliki dapat bermanfaat secara efektif
  • Kemampuan untuk mengambil tindakan atas inisiatif siswa dengan penuh perhatian, tepat dan berkelanjutan
  • Ketrampilan berbahasa; di PYP semua siswa mempelajari bahasa tambahan dari sejak umur 3 tahun, yang biasanya di sekolah lain sejak umur 7 tahun
Primary Years Programme (PYP)

Middle Years Programme (MYP)

Di kelas MYP, siswa belajar dalam konteks, bahasa dan identitas, pemahaman konseptual, pendekatan untuk belajar, melayani dan ada tugas pribadi. Setidaknya ada 8 program yang menjadi bahan pembelajaran yaitu :

  • Penguasaan bahasa
  • Bahasa dan sastra
  • Individu dan sosial
  • Sains
  • Matematika
  • Teknologi desain
  • Seni
  • Pendidikan jasmani dan kesehatan

Diploma Programme (DP)

Ada 6 program di jenjang pendidikan yang setara dengan SMA ini, yaitu :

  • Studi di bidang bahasa dan sastra
  • Penguasaan bahasa
  • Individu dan sosial
  • Sains
  • Matematika
  • Karya seni

Apa Keuntungan Kurikulum International Baccalaureate (IB) ?

Seperti yang telah diketahui, International Baccaulaureate merupakan kurikulum yang mencetak sumber daya manusia yang tangguh, unggul dan berkualitas dari segi akademik dan pembentukan karakter anak. Sistem didikan seperti ini dapat membuat anak didik untuk survive dalam kehidupan selanjutnya mencapai cita-citanya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Lulusan dari YIS-IBDP mempunyai banyak pilihan dan keempatan dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan dari berbagai universitas ternama di luar negeri. Di Amerika misalnya, fresh graduated dari IBDP YIS mempunyai kesempatan study lebih cepat setahun dan ada peluang untuk mendapatkan beasiswa dalam pendidikan sarjana.

Jika lulusan YIS-IBDP berkeinginan mendaftar kuliah di Kanada, akan mendapatkan banyak kemudahan antara lain tidak perlu menyediakan skor tes seperti SAT atau ACT karena IB diploma dari YIS sudah direkomendasikan. Tidak perlu mengikuti tes kecakapan bahasa, asal mendapat nilai A sebelumnya. Esai ekstra dan surat referensi atau letter of intent tidak diperlukan.

Begitu pula di universitas-universitas di Australia, semua mengakui ijazah IB. Beberapa universitas juga menawarkan penempatan lanjutan, skema kredit dan bonus untuk DiplomaProgram Mahasiswa. Di universitas Melbourne misalnya, tidak perlu mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris dan tes masuk. Beasiswa untuk siswa berprestasi IBDP juga tersedia.

Pemegang ijasah IBDP juga dapat diterima untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Belanda. Calon DP dapat diterima sementara berdasarkan skor yang dilaporkan dari sekolah. Tarif sekolah yang terjangkau di Belanda sangat menarik minat siswa internasional. Universitas Monash di Malaysia juga mengenali IBDP.

IBDP

Manfaat Akreditasi

Sekolah yang memiliki akreditasi tentu menjadi bahan pertimbangan para orangtua dalam memilih tempat pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Beberapa manfaat akreditasi antara lain :

  • Lulusan dari lembaga terakreditasi berarti telah siap melanjutkan ke tingkat tertentu
  • Memberi kesempatan kepada sekolah untuk berbenah diri, mendefinisikan dan merefleksikan diri, dengan umpan balik tentang isi dan arah program
  • Lembaga dan program pendidikan memiliki kesempatan untuk terus berproses dan perbaikan secara berkesinambungan

Dengan demikian, siswa YIS dapat menggunakan sistem akreditasi untuk :

  • Mendapatkan keuntungan lebih bila dibandingkan dengan pelamar dari program yang tidak terakreditasi
  • Mendaftar ke program universitas khusus
  • Memperkenalkan latar belakang pendidikan kepada pemberi kerja

Dengan mengetahui latarbelakang tentang Yogyakarta Independent School (YIS) sebagai satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta, tentu menjadi referensi yang sangat bagus bagi para orangtua. Yup, orangtua mana yang tidak menginginkan anaknya sukses di kemudian hari? Maka, memilih tempat pendidikan terbaik adalah sesuatu yang penting untuk bahan pertimbangan.

IB Diploma

Salam sukses!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

25 thoughts on “Mengenal YIS, Sekolah Internasional di Yogyakarta”

    1. Keren banget ya sekolahnya Mbak, fasilitas lengkap terus bahasa pengantarnya ada Bahasa Inggris hingga Perancis, anak-anak jadi bisa bersosialisasi dengan teman dari berbagai negara jadi wawasannya lebih luas

  1. Sekolah yang pastinya menjadi dambaan para orang tua untuk anak-anaknya ya ini. Kalau di Jakarta ada JIS, dulu beberapa kali ke sana untuk mendampingi anak-anak dari yayasan belajar di sana. Emang keren sih kalo sekelas International mah.

  2. Yogyakarta Independent School sangat keren!
    Program2 dan kurikulumnya bagus. Rangkaian pendidikannya juga lengkap, dari usia dini hingga remaja terfasilitasi dengan baik. Semoga bisa membawa banyak manfaat untuk mereka membutuhkan pendidikan berkualitas.

  3. Lulusan IBDP YIS hebat2 ya bisa memperoleh studi lebih cepat dan kesempatan dapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah di luar negeri juga nih. Fasilitas dan metode pengajarannya bersifat internasional. Orang tua muridnya pun beragam kebangsaan. Anak2 jadi pandai berbahasa asing dan pola pikirnya jauh lebih maju. Canggih ini!

  4. Wah, keren nih di Jogja ada sekolah internasional begini. Pastinya kurikulum yang ditawarkan itu kualitasnya mengacu keluar negeri ya. Jadi dambaan ortu nih, anak berbaur dan belajar dengan anak-anak internasional.

  5. Setuju, orangtua mana yang tidak menginginkan anaknya sukses di kemudian hari?
    Termasuk memilih tempat pendidikan terbaik adalah sesuatu yang penting untuk bahan pertimbangan, seperti di Yogyakarta Independent School ini. Keren banget sekolahnya!

  6. Baru denger nih di Yogya sudah ada YIS, iya, tampaknya ini satu-satunya di Jogja lho. Tentunya kurikulum yang ada mengacu standard Internasional. Selain itu, yang menarik, ada materi individu dan sosial. Ini cocok sih buat anak jaman sekarang, gimana dia harus menjadi manusia individu, pun harus jadi manusia sosial. Penasaran gimana cara pembelajaran untuk materi tersebut.

  7. pendidikan terbaik pasti jadi impian orang tua untuk anak-anaknya. kurikulum dan fasilitas Yogyakarta Independent School bagus banget. Lulusannya pasti jadi generasi yang cerdas dan tangguh untuk kemajuan bangsa 🙂

  8. Wah, udah tua juga ya mak usia sekolahnya. Pasti sudah banyak melahirkan pemimpin hebat juga ,Yogyakarta mah ya disebutkan Kota pelajar. Sekolah di sana pastinya OK banget kan

  9. Aku belum familiar deh dengan kurikullum IB ini seperti apa. Apakah kurikullumnya berbasis pada talent mapping ya. Jadi penasaran deh hehhee. Btw ijazah YIS tapi tetap di akui di univesitas nasional kan Mba?

  10. Lembaga pendidikan di Jogja makin keren-keren ih, gak salah disebut kota pelajar. Kalau begini jelas banyak yang menjadikan Jogja sebagai sasaran tempat tinggal. Harga properti juga naik terus karena fasilitas kota semakin lengkap. meskipun belum terlalu familiar dengan YIS, tapi dari paparan di atas kualitasnya oke lah ya, dan pastinya sepadan dengan biaya yg harus dikeluarkan.

  11. YIS ini beda banget ya mba kurikulumnya dengan sekolah biasa. Pendidikan karakter sepertinya menjadi prioritas agar anak cepat dan tanggap dalam menentukan solusi ketika menghadapi permasalahan sosial di sekitarnya. Kurikulumnya juga sudah dikenal di berbagai negara. Makin mudah masuk ke universitas di luar negeri.

  12. Salut banget sama Yogyakarta Independent School.
    Kurikulumnya punya sendiri, apakah nanti kalau ujian kenaikan dari SD ke SMP harus ikut kejar paket?
    Karena gak kurikulum Dikbud?

  13. wah ada bahasa spanyol dan perancis juga ya di YIS ini. keren kayaknya ini sekolahnya. apalagi bagi mereka yng mungkin ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri pasti lebih mudah kalau sekolahnya di sekolah internasional kayak gini

  14. Iya mbak susah sekali membentuk anak mandiri yang berpikir kritis dan peduli lingkungan. Huhuhu.
    Eksperimen saya sudah 2. Mandirinya sudah lumayan. Berpikir kritis dan empati lumayan terhambat oleh pemakaian gadget. Kalau keasyikan jadi seperti bebal.
    3 hal di atas tak bisa hasil didikan sendiri. Harus dalam bentuk “komunitas” satu visi seperti YIS ini.

  15. Aku percaya memiliki anak mandiri, berpikir kritis dan peduli lingkungan adalah impian setiap orang tua!

    … dan lingkungan termasuk sekolah punya andil didalamnya, karena sebagian besar waktu mereka pasti akan terpapar lingkungan sekolah apalagi kalau sekolahnya offline.

    Biasanya anak-anak yang bersekolah di lintas bahasa dan negara seperti ini minimal kemampuan percakapan bahasa Inggrisnya di atas rata-rata, karena salah satu kiat meningkatkan kemampuan berbahasa asing/Inggris adalah dengan cara mempraktekkanya dalam gaya hidup sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *