Yuk, Bebaskan Diri Dari Kanker Payudara dan Kanker Serviks!

Kanker. Apa yang terlintas dalam benak saat mendengar kata kanker? Tentu sangat menyeramkan ya. Siapapun, pasti tak ingin terkena kanker. Namun, ternyata kanker bisa menyerang siapa saja. Tak peduli apa latar belakangnya. Maka, yang bisa kita lakukan adalah mencegah sejak dini. Karena, kanker bisa di cegah dan diobati sejak dini sebelum terlambat.

Kebetulan, pada tanggal 18 November 2017 yang lalu, saya berkesempatan mengikuti acara Seminar dengan tema “Tolak Kanker Payudara Dan Serviks” dengan salah satu narasumber Ibu Rima Melati yaitu artis senior, sutradara dan mantan peragawati yang pernah mengidap kanker payudara dan sekarang bisa sembuh total. Dua narasumber lainnya adalah Ibu H. Solekhatun (Crown Ambassador, Dewan Ladies Beauty Club) dan Ibu Fatma D. Amartani, S.Si Apt(Product Manager) keduanya dari PT. K-Link Indonesia.

Dari kiri ke kanan : Ibu Fatma D Amarati, Ibu Rima Melati, dan Ibu H. Solekhatun

Kanker Payudara Itu Apa?

Kanker adalah perkembangan sel abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh, yang perkembangannya sangat cepat jika dibiarkan tanpa pengobatan. Sel kanker sangat merugikan karena bisa menyerap nutrisi dalam tubuh yang diperlukan untuk sel normal.

Berdasarkan data dari Globocan IARC (2012) kanker payudara adalah kanker dengan persentase kasus tertinggi pada wanita yaitu 43,3 %. Persentase kematian akibat kanker payudara sebesar 12,9 %. Data survey Kemenkes RI (2013) kanker payudara memiliki tingkat kejadian sebesar 61,682.

Kanker payudara menjadi penyebab kematian pada wanita nomor satu di dunia. Menurut data dari WHO (2012) diIndonesia terjadi  40 kasus kanker payudara setiap 100.000 penduduk.

Dalam talkshow  pada tanggal 18 November 2017 di hotel Victoria, Yogyakarta, Ibu Rima Melati bercerita bahwa beliau mengetahui adanya benjolan di bagian payudaranya saat mandi. Mengetahui hal tersebut, beliau langsung bercerita kepada suaminya, mendiang Bapak Frans Tumbuan. Beda dengan kebanyakan orang yang takut bercerita perihal penyakit kepada suaminya, Ibu Rima Melati tidak. Beliau sudah siap dengan segala resiko termasuk jika suaminya meninggalkannya jika tahu penyakit tersebut.

Namun ternyata Ibu Rima Melati bisa bernafas lega. Reaksi mendiang suami justru membuat Ibu Rima melati terharu. Suami segera mengajak untuk periksa ke dokter sesegera mungkin dan ternyata memang benar, Ibu Rima terdiagnosa menderita kanker payudara stadium 3B. Bentuk support dari suami inilah yang akhirnya menguatkan Ibu Rima Melati untuk menjalani berbagai pengobatan termasuk menjalani kemoterapi dan harus diangkat salah satu payudara sebelah kirinya. Berkat setia pada proses pengobatan, akhirnya Ibu Rima dinyatakan sembuh total. Yup, hal terpenting ketika kanker mulai menyerang adalah dengan segera melakukan pengobatan yang tepat. Jangan menunda waktu. Awali dengan sadari, yaitu periksa payudara sendiri yang bisa dilakukan saat mandi. Dan waspadai jika ada benjolan yang mencurigakan.

Gambaran tentang kanker payudara

Sebenarnya apa penyebab kanker payudara? Kita perlu ketahui bahwa penyumbatan dalam payudara bisa menjadi pemicu terjadinya kanker. Penyumbatan tersebut bisa berupa air susu yang tidak keluar lalu menghambat aliran darah sehingga menyebabkan kanker. Lalu Pola makan tidak sehat seperti fast food, daging merah yang kurang matang, makanan instant yang mengandung pengawet juga bisa menjadi biang keladi timbulnya kanker payudara.

Tak hanya wanita, kanker payudara juga bisa menyerang kaum pria. Tetangga saya ada yang pernah mengidap kanker payudara, padahal seorang bapak-bapak. Berkat ketekunan berobat dan menjalani kemoterapi, bapak yang mengidap kanker payudara tersebut akhirnya bisa sembuh kembali dari kanker payudara. Dan sekarang bisa sehat dan beraktivitas kembali.

Sebagai informasi, kanker senang hidup di daerah yang kaya glukosa. Oleh sebab itu, mengurangi makanan yang mengandung gula dan rasanya manis bisa menjadi langkah yang baik untuk mencegah terjadinya kanker. Selain itu, sel kanker tidak bisa tumbuh di area yang kaya oksigen. Maka, rutin berolahraga dan mengatur pernafasan bisa mencegah kanker karena minim penyumbatan dan peredaran darah lancar sehingga kaya akan oksigen.

Dapat disimpulkan, penyebab utama kanker payudara antara lain :

  • Pola makan yang kurang sehat, perbanyak makan sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan
  • Faktor genetik, yaitu mutasi gen tertentu dapat menyebabkan kanker payudara yang diturunkan dari orangtua kepada keturunannya
  • Faktor hormonal, bisa dari kandungan hormon estrogen yang tidak seimbang, dari kontrasepsi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan hormon
  • Faktor lingkungan dan gaya hidup, termasuk suka begadang, minum minuman keras, merokok dan kurang berolahraga

Kalau Kanker Serviks Itu Apa?

Belum lama ini dunia hiburan Indonesia kehilangan sosok penghibur yang cukup populer yaitu Julia Perez. Almarhumah Jupe meninggal karena kanker serviks. Kanker serviks adalah pertumbuhan sel abnormal di leher rahim, tepatnya di area antara vagina dan jalan menuju rahim.

Kanker serviks merupakan penyebab kematian terbanyak nomor 2 pada wanita setelah kanker payudara di dunia. Di Indonesia, kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomor satu. Penyakit ini 80% terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia. Sebanyak 230.000 wanita meninggal per tahun karena kanker serviks di dunia.

Penyebab kanker serviks adalah Human papillomavirus atau HPV. HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki dan alat kelamin. HPV sangat umum ditularkan melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks. Banyak wanita yang tidak menyadari telah terinveksi HPV karena tidak menimbulkan gejala.

Gambaran kanker serviks

Cara mencegah terjadinya kanker serviks yaitu :

  • Tidak melakukan hubungan seks bebas di usia dini
  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual
  • Menggunakan kondom saat berhubungan seksual
  • Tidak buang air di kloset duduk yang kotor
  • Tidak tukar-tukaran celana dalam
  • Tidak memakai pembalut murahan yang mengandung Chlorin
  • Waspadai jika sering menderita infeksi di daerah kelamin
  • Melakukan screening untuk kanker serviks yaitu pap smear bagi wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual

Kanker Bisa Dicegah dan Disembuhkan!

Jarak waktu antara pra kanker dan kanker

Perlu diketahui, jangka waktu terjadinya pra kanker hingga menjadi kanker cukup lama. Berkisar antara 5 hingga 15 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, kanker bisa dicegah bahkan diobati hingga 100 persen sembuh. Oleh karena itu, jika tiba-tiba gejala kanker menyerang, jangan langsung panik. Bicarakan baik-baik dengan pasangan. Pasangan atau suami yang baik akan selalu support penuh untuk kesembuhan istrinya, bukan malah pergi meninggalkan istri di saat sakit demi kesenangan sendiri.

Jadi Bu Ibu, selalu upayakan untuk menjaga kesehatan demi mencegah terjadinya kanker. Semuanya bisa diawali dari pola hidup sehat dari makanan, rajin berolahraga, minum air putih yang cukup dan menjauhi gaya hidup hedonisme seperti seks bebas, minuman beralkohol, merokok dan kebiasaan begadang.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena kesehatan itu mahal. Maka, selagi masih sehat, selalu upayakan untuk menjaga kesehatan itu semaksimal mungkin, perbanyak wawasan tentang kesehatan supaya tidak salah langkah yang bisa berakibat fatal.

K-Link Peduli Akan Kanker

Dokumen Juliastri Sn

K-Link Indonesia merupakan salah satu perusahaan penjualan langsung berjenjang terkemuka di Indonesia. Sejak dioperasikan  tahun 2002, K-Link telah memiliki pusat stockist di sejumlah kota besar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar dan Batam. Sampai saat ini K-Link telah meluncurkan sebanyak 180 varian produk kesehatan dan kecantikan. K-Liquid Cholorophyll adalah salah satu produk K-Link yang paling laris penjualannya. Dan pada tahun 2009, K-Link telah memperoleh sertifikasi halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). K-Link kini berkembang menjadi salah satu MLM Syariah yang diperhitungkan di Indonesia.

Tahun 2017 ini, K-Link Indonesia terus menggejot pertumbuhan bisnis. Sejumlah strategi dan inovasi telah disusun untuk kembali mengangkat K-Link sebagai salah satu mitra terpercaya dalam mengembangkan bisnis mandiri (penjualan langsung) dengan mengedepankan produk-produk kesehatan dan kecantikan yang teruji kualitasnya. Salah satunya, pertengahan tahun ini K-Link meluncurkan produk terbaru, K-Vit C Plus Teavigo.

K-link tak sekedar menjalankan roda bisnis secara komersial untuk mendorong kemandirian ekonomi anggota dan mitranya, sekaligus juga memiliki sejumlah program sosial dan pemberdayaan terhadap perempuan. Rumah Cantik Klink merupakan salah satu bentuk kepedulian Klink terhadap wanita Indonesia yang mandiri, cerdas, cantik, relijius dan peduli pada lingkungan. Di Rumah Cantik K-Link tersebut, para wanita bisa beraktivitas dengan leluasa dalam upaya meningkatkan skill dan pengetahuan. Agustus 2017, Rumah Cantik K-Link baru diluncurkan di Bandung, tepatnya di Jalan Karawitan No.18. Menyusul kemudian di Yogyakarta dalam waktu dekat.

Tak heran jika Ladies Beauty Club memiliki motto yang dipegang teguh untuk dijalankan yaitu menjadi wanita harus cantik, sehat dan sukses. Sangat memotivasi ya!

Karena K-Link sangat peduli akan kanker dan selalu memberi solusi, maka ada beberapa macam produk K-Link yang concern akan kebutuhan wanita antara lain :

  • K-Vit C Plus Teavigo
Dokumen k-link.co.id

Adalah suplemen kombinasi antioksidan Calcium Ascorbat dan Teavigo (green tea extract) yang menjaga kekebalan tubuh, menjaga kebugaran tubuh saat  beraktivitas terutama bagi para wanita yang aktif di bidangnya masing-masing

  • K-Queen
Dokumen k-link.co.id

Celana dalam yang mengandung ion positif yang bisa mencegah keputihan, iritasi dan gatal di daerah kewanitaan yang bisa memicu kanker serviks jika tidak dicegah

  • K- Perfect Vibration Bra
Dokumen k-link.co.id

Bra yang bisa memijat secara otomatis untuk melancarkan peredaran darah, mengencangkan payudara, mencegah terjadinya kanker payudara, sekaligus memberi kenyamanan dan memberi bentuk keindahan bagi pemakainya

  • Pembalut K-Sophie
Dokumen Juliastri Sn

Yaitu pembalut kesehatan bagi wanita terbuat dari kapas asli dan bahan bermutu tinggi, daya serap kuat dan maksimal, ultra tipis, mengandung herbal alami, lapisan antibakteria dengan biotehnologi, pori-pori halus, segar dan tidak berbau, aman dan tidak beracun, serta diproduksi dengan pengawasan tinggi

  • K-liquid
Dokumen Juliastri Sn

Adalah minuman rasa leci mengandung  kolagen yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, meregenerasi, menutrisi, menyegarkan kulit dan mencegah penuaan dini karena anti kerutan

  • Propolis Platinum
Dokumen Juliastri Sn

Adalah antibiotik alami yang berasal dari air liur lebah Brazil yang dikombinasi dengan getah dari pohon Dammar dan pepohonan lain. Propolis dari K-Link ini dilengkapi dengan aterpilin c yang berfungsi sebagai anti tumor dan anti kanker dengan mematikan pertumbuhan sel abnormal kanker secara apoptosis. Propolis juga menjaga pertahanan tubuh dengan meningkatkan kinerja sel darah putih dan mencegah masuknya mikroba berbahaya dalam tubuh. Manfaat propolis lainnya sebagai anti peradangan, anti sel abnormalitas, anti histamin dan bisa untuk mengobati luka.

Quotes dari Presiden Direktur K-Link Dato Radzi Saleh

“Kami serius membangun bisnis ini di Indonesia karena Indonesia merupakan potensial market yang besar. Dan, terbukti selama 15 tahun kami berkiprah di Indonesia, negeri ini memberikan kontribusi terbesar diantara 34 negara di dunia. Kemajuan bisnis K-Link didukung oleh inovasi produk yang berkualitas dan sistem bisnis yang saling memajukan..”

Presdir K-Link Dato Radzi Saleh

Nah, para wanita Indonesia, yuk cegah kanker sejak dini. Sayangi diri dan kesehatan. Mulai dari sekarang terapkan pola hidup sehat sehingga cita-cita menjadi wanita tangguh yang cantik, sehat dan sukses bisa terwujud.

O,ya untuk order produk K-Link online bisa lewat webnya langsung di www.k-net.co.id

Nah, bagi yang tertarik untuk menjalankan bisnis  K-Link atau sekedar jadi user produknya, bisa mendaftarkan diri menjadi member di sini ya. Lumayan lho bisa dapat diskon 20%.

Keep healthy life! 🙂

Mejeng dulu 🙂
Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

3 thoughts on “Yuk, Bebaskan Diri Dari Kanker Payudara dan Kanker Serviks!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *