AMIR dan Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta

Air berperan penting dalam tubuh dan kehidupan, maka gunakan air secara bijak dan tepat

Halo! Mau tanya dong, dalam sehari berapa gelas air putih yang kita konsumsi setiap hari? Tahu nggak, bahwa tubuh manusia itu terdiri dari 60% air? Maka kebutuhan hidrasinya perlu dicukupi, jangan sampai terjadi dehidrasi. Yup, kekurangan air atau dehidrasi dapat membuat berkurangnya konsentrasi, mudah mengantuk dan tentu saja rentan terhadap berbagai macam penyakit. As you know, air itu berperan penting dalam pembentukan sel darah dan berperan juga dalam suply oksigen ke otak. Maka, air khususnya air mineral juga termasuk nutrisi yang harus dikonsumsi minimal 6 gelas sehari untuk anak-anak dan 8 gelas sehari untuk dewasa.

Bicara tentang air, saya beruntung sekali pada tanggal 8 April yang lalu berkesempatan memenuhi undangan dari Danone-AQUA as a Blogger dalam acara peresmian Zona Kebaikan Air di Taman Pintar, Yogyakarta. Yup, Danone-AQUA bekerjasama dengan wahana rekreasi edukasi Taman Pintar memperbarui Zona air sebelumnya yang telah dibuat di tahun 2013. Tujuannya tentu saja untuk memberikan edukasi dengan cara yang menyenangkan dan menarik kepada anak-anak terutama tentang pentingnya air untuk kebaikan hidup dan mengajarkan tentang tanggung jawab pengelolaan sampah plastik secara dini, seperti dikatakan oleh Walikota Yogyakarta, Bapak Haryadi Suyuti.

Dalam acara peresmian Zona Kebaikan Air yang diikuti oleh kalangan media, Blogger, perwakilan PEMDA setempat dan pengisi acara hiburan orkes dan tari dari anak-anak sekolah Dasar Sapen itu berlangsung seru dan full akan pengetahuan baru. Acara dimulai kurang lebih pukul 10 pagi yang berlokasi di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar, Yogyakarta.

Ki-ka : dr. Tria Rosemiarti, Ibu Alfa Rosdiana (Tapin), Bapak Jeffri Ricardo (Danone-AQUA) dan MC

Marketing Manager PT. Tirta Investama (Danone_AQUA), Jeffri Ricardo mengatakan,”Sebagai merk kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahunDanone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone,’One Palnet One Health’ dimana kami percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat. Taman Pintar sebagai wahana rekreasi edukasi merupakan tempat strategis memeberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat, serta tidak lupa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak usia dini.”

Pada tahun 2018, Danone-AQUA telah menginisiasi gerakan #BijakBerplastik untuk mewujudkan Indonesia bersih dan bebas dari sampah. Tiga fokus gerakan ini yaitu : pendidikan, inovasi kemasan produk, dan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah.

KI-ka : Ibu Rosalina Privita (Vice President Danone-AQUA) dan Perwakilan dari Pemkot Jogja

“Sejak tahun 1993, kami telah mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui program AQUA peduli dan sekarang kami dapat mengumpulkan 12 ribu ton plastik setiap tahunnya melalui 6 Recycling Business Unit di berbagai lokasi Indonesia sambil menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang,” tambah Jeffri Ricardo.

AMIR

Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti turut menjelaskan pentingnya memenuhi kebutuhan hidrasi yang sehat sejak usia dini. Status hidrasi yang sehat pada anak akan mengoptimalkan fungsi kognitif, fungsi memori dan ketahan fisik untuk mendukung performa anak di sekolah, yang akan menjadi investasi terbaik untuk generasi yang lebih sehat.

Memberi edukasi kepada anak itu tidak mudah. Diperlukan visualisasi yang menarik, dan pesan yang disampaikan tidak terlalu panjang. Maka terciptalah AMIR. Siapakah AMIR itu? AMIR itu lucu sekali. Dia suka mengajak anak-anak untuk tidak lupa minum air minimal 6 gelas sehari. Dia juga suka menari untuk menyampaikan pesan edukasinya kepada anak-anak.

Hai, AMIR..Ayo Minum Air ! πŸ™‚

Menurut dr. Tria Rosemiarti, “Dalam Zona Kebaikan Air terbaru ini, kami menyediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang merupakan program kerjasama antara Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunajn Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-AQUA, yang didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat membantu perilaku hidup yang sehat, dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air dalam seharinya.

Kebutuhan nutrisi air dalam sehari sesuai kebutuhan usia

Zona kebaikan Air

Zona Kebaikan Air yang baru saja diperbarui ini dibuat semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi seperti :

  • Area Edukasi PIJAR (Pilih, Jaga & Rawat)

Memberikan pengetahuan tentang bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air

Monggo..monggo.. πŸ™‚
  • Area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam
  • Area gerakan AMIR

Dalam area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) juga mengedukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh

Tarian AMIR
  • Area #BijakBerplastik

Di area ini dijelaskan tentang cara bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak.

Emak-emak Blogger Jogja di area #BijakBerplastik (Credit : Primastuti Satrianto)

Perlu diketahui bahwa Taman pintar Yogyakarta turut peduli dengan gerakan ramah lingkungan yang bisa dimulai secara mandiri dari diri diri kita sendiri, yaitu menggunakan integrated eco management :

  1. Pengolahan sampah mandiri
  2. Konservasi energi listrik
  3. Konservasi air

Ada banyak harapan setelah diresmikannya wahana edukasi Zona Kebaikan Air ini, terutama untuk edukasi kepada anak-anak. Anak-anak dapat belajar, bereksplorasi dan bertanggung jawab untuk bijak berplastik, mengelola sampah secara mandiri ; at least membuang sampah pada tempatnya, hemat dalam menggunakan listrik dan air. Selain itu diharapkan anak-anak dapat mencintai lingkungan hidup sejak dini.

Save the world! πŸ™‚

Ayo hemat energi πŸ™‚

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

28 thoughts on “AMIR dan Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta”

  1. selalu tertarik dengan pengelolaan sampah, apalagi yang bernilai ekonomis. Mungkin perlu lebih banyak perusahaan yang concern soal ini ya biar masyarakat juga lebih tergerak.

  2. keren niy tempatnya, bisa jadi wisata edukasi buat anak-anak kalau pas liburan, kerenlah CSR nya Danone yang kerjasama sama FKUI ya. semoga bermanfaat dan bisa jaid sarana belajar anak-anak. terima kaish juga sudah mengingatkan pentingnya air mineral buat tubuh kita.

  3. Zona Kebaikan Air di Taman Pintar ini keliatan interaktif bangeetttt. Semoga dengan adanya CSR dari Aqua ini bisa ningkatin kesadaran konsumsi air bersih para pengunjungnya, baik anak-anak maupun dewasa πŸ˜€

  4. Amir kamu lucu sekaliii. Pintar juga mengajak anak-anak sadar akan pentingnya kebutuhan akan air dan cara menjaga sumber air.

  5. Owalah, AMIR ~ Ayo Minum Air tho. Saya kira nama anak yg jadi duta di dalam zona kebaikan air. Btw, jadi pengen main ke Taman Pintar lagi. Zonanya makin kece-kece kayaknya

  6. Overall, Zona Kebaikan Air ini keren ya mbak. Memberi edukasi yg asyik buat anak2. Ohya, jingle nya AMIR masih terngiang-ngiang nih. Sukses lah nyantol di kepala. Anak2 pasti mudah memahami juga yaa

  7. Daku termasuk peminum kelas berat mbak, dan andalan utamanya adalah air putih suhu ruang. Bahkan setelah minum es teh atau air es gitu tetep belum lega kalau belum minum air putih biasa. Rupanya kebiasaanku menurun ke anak. Dia balita yang gemar minum air putih. Btw aku senang dengan adanya Zona ini lho, besok anakku bakalan ku ajak main ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *