Bukan Balita Lagi

 

 
Hari ini, status balita kau tanggalkan, nak..Welcome di dunia anak-anak yang penuh dengan keceriaan. Tepat 5 tahun usiamu kini. Tak terasa begitu cepat waktu berjalan.
Sepertinya baru kemarin, saat mama dan papamu berpelukan bahagia saat mendapati dua strip di test pack untuk tes kehamilan. Betapa kasih Tuhan begitu luar biasa menghadiahkan kehadiranmu dalam keluarga kita, nak..Masa-masa sulit kehamilan, dimana flek pernah mama alami di usia kandungan 3 bulan, seolah terlewat dengan tawa bahagia kelahiranmu ke dunia.
Anak lanang, boy..kau sandang kini. Bukan bayi, batita atau balita lagi. Di pundakmu telah banyak tanggung jawab yang harus kau pikul, seiring dengan keceriaan duniamu saat ini. Dunia sekolah, dimana kamu banyak belajar dan selalu ingin tahu. Dunia anak yang polos, ceria dan spontan juga harus kau nikmati dengan penuh kebahagiaan. Apapun itu, akan semaksimal kami lakukan untukmu, sayang..demi tumbuh kembangmu yang terbaik. Mungkin tidak dengan materi semata, namun kasih dan sayang kami lebih dari yang kau ketahui.
Ah, ya..di ultahmu yang kelima ini, bertepatan pula dengan tiga tahun usaha Wiyono Putro Autoshop. Tepat tiga tahun orangtuamu berjualan ban dan onderdil mobil. Beberapa hari menjelang ulang tahunmu, ada sebuah kejutan yang menggembirakan. Di depan toko ban orang tuamu, ada mobil angkutan ayam potong tiba-tiba lepas bannya. Berhenti di jalan tepat depan toko. Pemilik mobil turun dan memperbaiki. Ternyata dongkraknya kurang kuat, lalu mereka berupaya mendongkrak dengan batu besar sebagai ganjal. Mereka tidak meminta pertolongan kami atau siapapun. Lalu papa berinisiatif menyuruh karyawan untuk membantu dengan dongkrak toko. Lalu beres semuanya. Kami tak berharap imbalan apapun bahkan uang jasa pun tidak kami minta. Karena kami memang murni menolong orang kesusahan. Tak disangka, pemilik mobil mengambil satu ayam dan menyerahkan kepada kami sambil berucap terima kasih. Sungguh tak menyangka. Rejeki selalu datang tanpa diduga. Jadi, ayam itu disembelih sebagai lauk menemani nasi kuning yang dimasak ibu khusus di hari ultahmu kan, nak..surprise yang menggembirakan.
Masih lekat dalam ingatan, perkembanganmu dari masa ke masa sayang. Senyum pertamamu, saat usiamu 3 minggu. Betapa bahagianya mama melihat senyummu yang amat manis. Kamu mulai bisa diajak bercanda, dan tawamu selalu menggemaskan. Polah tingkahmu begitu reaktif. Lalu kau mulai tengkurap saat tiga bulan. Usia lima bulan, kau mengebut di kendaraan pertamamu, baby walker. Senyummu tak henti-henti sambil menjerit kesenangan. Ah..betapa lucunya. Tau nggak, baby walker itu jadi alasan mama untuk bisa berlama-lama menyuapimu karena saat digendong, tingkahmu tak pernah bisa berhenti saat disuapi. Pernah makanannya tumplek blek kena tanganmu yang tidak bisa diam saat digendong. Jadi, selain untuk melatih kaki-kakimu dan merangsangmu supaya bisa lekas duduk, baby walker membuatmu agak kalem makan karena perhatianmu full dengan mainan. Tentunya sambil kaki mama menahan baby walker itu supaya kamu tidak ngebut sana sini saat makan.
Olala..mama terkejut saat usiamu menjelang 6 bulan, kamu sudah bisa duduk sendiri tanpa menumpu. Betapa menyenangkannya. Mama selalu membaca buku-buku tentang perkembangan bayi dari masa ke masa dan mama selalu menghubungkannya dengan perkembanganmu, sayang..apakah semuanya baik-baik saja, apakah normal, apakah ada yang janggal, mama selalu memantau supaya tidak kecolongan. Imunisasi pun selalu diberikan sesuai perkembangan umur tepat waktu.
Saat usia 7 bulan, kamu begitu lincah merangkak. Bahkan mama pernah kehilanganmu, mencari-cari ternyata kamu sudah berada dekat kompor gas di dapur. Waduh..cepat sekali merangkaknya. Pembawaanmu riang, tak pernah bisa diam. Selalu tertawa dan membahagiakan. Kamu juga jarang sakit. Paling pilek atau batuk dan panas. Tapi bersyukur, sejauh ini kamu selalu sehat dan kalaupun sakit selalu cepat sembuhnya. Ah..semoga itu berlanjut hingga kamu dewasa, ya nak..
Usia sebelas bulan, kamu sudah bisa berjalan. Tiga langkah pertamamu, kamu berteriak kegirangan sambil tertawa. Kamu terjatuh, namun bangkit lagi. Selalu dan selalu begitu hingga akhirnya kamu lancar berjalan. Kamu tipe pantang menyerah, nak..mama suka.
Usia 1,5 tahun kamu sudah lancar berjalan dan berlari. Mulai senang bicara dan menyanyi. Semua lagu anak mulai kau hafal. Ada beberapa yang belum jelas pengucapannya..lucu selalu..
Saat usiamu dua tahun, tepat di hari ulang tahunmu, kamu ditanggap semua keluarga besar dari kakung dan uti sayang. Hampir dua puluh lagu anak-anak kau nyanyikan secara medley. Aih..menyenangkan. Semua tertawa, gembira dan bahagia. Kamu memang pandai membawakan suasana, nak..
Tiga tahun, kamu mulai belajar naik sepeda. Masih yang roda empat. Pelan namun pasti. Kamu menyukainya. Mulai masuk sekolah PAUD. Mulai memahami apa arti belajar.
Usia empat tahun lebih 2 bulan, kamu mulai bisa naik sepeda roda dua. ah..nggak nyangka, secepat itu kamu bisa melakukannya. Padahal awal-awal dua roda pembantunya dilepas, kamu tampak masih kagok dan belum seimbang. Seringkali terjatuh dan agak takut. Namun kami menguatkannya, dan ternyata di hari ketiga belajar, kamu sudah berhasil menaikinya dengan lancar. Jatuh beberapa kali, kau terbangun lagi pantang mundur. Hebat. Mama bangga dengan jiwa pantang menyerahmu.
Lalu, di hari ini..tepat lima tahun usiamu. Setelah masuk TK kecil, kamu bertumbuh dengan segala cinta. Ya, kami sangat menyayangi dan mencintaimu, nak..apapun yang menjadi segala cita dan cintamu akan kami dukung sepenuh hati, semaksimal kemampuan orang tuamu. Kami selalu berharap, Tuhan memberikan berkat dan rahmat yang senantiasa menjadikanmu anak yang baik, taat pada Tuhan dan orang tua, bertanggung jawab, rajin, mengerti segala tugas dan kewajiban. Menjadi anak yang mempunyai sikap dan prinsip yang bisa dipertanggung jawabkan. Menjadi anak yang tahu etika, estetika dan logika. Semuanya..demi masa depan yang lebih baik dari sekarang.
Akhirnya, dengan penuh cinta kami ucapkan selamat ulang tahun, Andro sayang..semoga panjang umur and yang terbaik untukmu selalu..
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *