Cara Mencairkan Pendapatan Google Adsense di Western Union

Google Adsense
Akun Gogle Adsense

Cara Mencairkan Pendapatan Google Adsense – Tak disangka, tak dinyana, blog suami saya yang sempat dianggurin lama karena kesibukan, ternyata Google adsense nya bisa dipanen. Iya, beberapa waktu yang lalu suami ngecek berapa pendapatan Google adsense dari blognya yang berumur 7 tahun.

Blognya masih gratisan, ada embel-embel blogspotnya. Tapi cukup ramai pengunjung karena melibatkan interaksi dengan pembacanya. Sehingga banyak yang komen dan terjalin komunikasi antar penjual dan pembeli.

Baca : Domain Dan Hosting Ibarat Alamat Dan Rumah

Yup, blog yang diolah suami tentang jual beli online. Tanpa trik SEO. Tapi dalam sehari page view-nya ribuan, dan bisa masuk lebih dariΒ  100 komentar. Diantara komentator itu ada yang mencari dan ada yang menjual macam-macam barang secara online.

Baca : Cara Meningkatkan Bisnis Anda Dengan Merchandise Keren

Jadi, tanpa di update pun, pengunjung blog sudah komentar dan menjalin interaksi sendiri-sendiri. Saling diuntungkan. Suami saya tinggal memoderasi komentar yang masuk saja.

Imbasnya, tentu ada yang klik Google adsense di blog. Jika tidak nge-klik pun, page view yang tinggi juga dapat persenan dari Google adsense meskipun hanya nol koma nol berapa gitu. Lumayan kan kalau dikalikan secara kuantitatif.

Trus, gimana caranya bisa tahu kalau Google Adsensenya bisa dicairkan ?

Baiklah, saya akan share ya. Doakan saja, blog saya ini juga bisa dipanen Google adsensenya suatu saat nanti. Sekarang penghasilannya masih sedikit sih. Belum sampai $100 jadi belum bisa dicairkan..*lirik suami*

Awalnya, suami juga nggak nyangka ketika dapat email dari Google kalau pendapatannya sudah lebih dari $100 dan ditanya kapan akan dicairkan. Saat itu suami belum begitu ngeh. Nggak ngutak-atik akunnya di Google Adsense juga. Pokoknya blog itu selama bertahun-tahun tidak terlalu diurus.

Lalu belum lama ini, suami membuka akun Google adsensenya dan kaget kalau pendapatannya ada $192. Tapi waktu itu belum tahu bagaimana cara mencairkannya dan dimana. Lalu mulailah browsing dan mendapat info kalau cara termudah adalah mencairkannya di Western Union.

Berikut langkah-langkah untuk mencairkan pendapatan dari Google Adsense :

  1. Buka akun Google Adsense
  2. Login
  3. Buka bagian beranda
  4. Lihat pembayaran / Payment
  5. Pilih pembayaran dengan Western Union
  6. Pastikan nama dan alamat sesuai dengan yang tertera di kartu identitas
  7. Alamat harus sudah di verifikasi
  8. Cetak payment issued untuk mencairkan
  9. Pastikan nomor MTCN hanya kita sendiri yang tahu, jangan sampai dilihat orang lain, bahkan petugas Western Union
  10. Cairkan uangnya
Google Adsense
Surat cinta dari Google Adsense, yang harus dicetak dan dibawa untuk proses pencairan

Ada Dimana Western Union ?

Dimana saja yang ada tanda Western Union. Biasanya sih ada di kantor pos. Tapi suami pernah membaca di BPD ( Bank Pembangunan Daerah ) juga bisa melakukan transaksi melalui Western Union. Maka pergilah suami saya ke BPD yang lebih dekat dari rumah. Syaratnya cukup KTP dan bukti penghasilan Google Adsense yang ada nomor MTCN yang sudah dicetak. Ternyata jaringannya lagi lambat dan belum bisa dicairkan. Kata Mbak Customer Service di BPD, tunggu sekitar 2-3 jam lagi atau nanti dihubungi pihak Bank jika jaringan sudah normal dan uangnya sudah bisa dicairkan.

Maka pulanglah suami saya dengan tangan hampa. Menunggu di rumah dengan gelisah jangan-jangan mbak CS nanti telepon. Hari itu hari jumat, Mbak CS berpesan besok sudah cuti jadi bisa dicairkan jika melalui mbak itu sekitar hari selasa atau rabu. Karena CS yang lain masih training dan belum terbiasa melayani transaksi dengan Western Union.

Telepon yang ditunggu tak kunjung datang. Yah, yang namanya jaringan tidak bisa ditebak sih, ya. Sakkarepe dewe. Hehehe..

Ok, skip saja mencairkan di BPD. Mari kita lanjut ke Plan B. Anggap saja tadi Plan A. The next target adalah Kantor Pos. Yup, sebaiknya kita coba mencairkan uang di sana.

Western Union
Formulir Western Union yang harus diisi

Syarat mencairkan di Western Union Kantor pos :

  • Membawa bukti pembayaran dari Google Adsense yang tertera nomor MTCN yang sudah dicetak
  • Membawa 2 kartu identitas yaitu KTP dan SIM atau kartu Keluarga
  • Mengisi data di formulir Western Union yang disediakan di kantor pos
  • Uang langsung cair setelah proses sekitar 10 menit tanpa potongan administrasi
  • Syukur deh, jaringan Western Union di kantor pos lancar jaya

Dan acara pergi ke kantor pos dalam rangka mencairkan $192 melalui Western Union menjadi acara yang sangat menyenangkan dan membuat terharu. Iya, terharu karena rasanya seperti mendapat wesel dari Mbah Google. Matur nuwun, nggih, Mbah..! Heheheh.. Lumayan, bisa untuk menambah anggaran rumah tangga supaya dapur tetep ngebul. Mungkin belum sebesar yang didapat dari mastah Blogger, tapi ini sukses membuat kami happy. Anggap saja ini pemasukan jenis pasive income. πŸ™‚

Puji Tuhan, akhirnya uang $192 bisa dirupiahkan sesuai kurs dollar hari itu senilai 13 ribu sekian dan jatuhnya mendapat 2,5 juta sekian tanpa potongan biaya administrasi. Awalnya sempat ragu-ragu, jangan-jangan ini hoax, nggak bisa dicairkan. Ternyata..bisa banget ! Aseeekkkk…

Nominal $192 setelah di-kurs-kan ke rupiah :)
Nominal $192 setelah di-kurs-kan ke rupiah πŸ™‚

Sekarang, setelah tahu blognya bisa berpenghasilan dari Google Adsense, suami mulai giat lagi ngeblog. Walaupun sekedar jadi moderator saja. Soalnya kalau harus menulis rutin gitu capek katanya. Dan doi merasa, kurang berbakat menulis. Biar saya aja katanya yang ngembangin blog dengan update menulis.

Baca : Berkaryalah Dengan Hati

Kalau bisa memilih, sebenarnya saya juga mau punya blog yang nggak perlu di-update tapi sudah banyak pengunjungnya, banyak komentar pula dan tinggal leha-leha menjadi moderator lalu panen dollar. Eh, enggak ding..menulis juga jadi passion saya kok. Yang penting bisa saling berbagi, dan bersyukur bila bisa bermanfaat bagi orang lain. Soal pendapatan dari Google Adsense itu bonus. Cuma saya agak khawatir juga, pendapatan Google Adsense suami saya setelah dicairkan sekarang sudah hampir sama dengan pendapatan Google adsense di blog saya. πŸ˜€

Hm..bagi, lho Pa.. πŸ™‚

Ini amplop uangnya
Ini amplop uangnya

Haha..semoga sharing ini bermanfaat ya..Happy Blogging !

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

15 thoughts on “Cara Mencairkan Pendapatan Google Adsense di Western Union”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *