Butuh Pinjaman Modal Usaha? Ini Solusinya!

Tak ada rotan, akar pun jadi

Mau buka usaha tak punya modal, dengan kredit pun usaha teratasi

Tak dapat dipungkiri, mempunyai usaha atau bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin punya penghasilan tak terbatas, menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan dapat mandiri secara finansial? Namun, impian itu seringkali padam jika terbentur pada modal yang harus dipersiapkan dalam membuka suatu usaha. Yup, modal usaha menjadi pondasi utama yang harus ada. Namun sebenarnya, ada banyak jalan menuju Roma jika kita sudah berniat untuk membuka suatu usaha. Tak ada hal yang tidak mungkin dalam bertekad membuka usaha, karena sekarang ini  banyak penawaran pinjaman modal usaha yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Jenis usaha ada tiga macam yaitu usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Apa yang membedakan ketiga jenis usaha ini? Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha yang dibedakan menurut besaran kekayaan bersih yang didapat. Berdasarkan Undang-undang no 20 tahun 2008, jika kekayaan bersihnya paling banyak 50 juta, dikategorikan dalam usaha Mikro. Jika kekayaan bersihnya berada pada kisaran 50-500 juta, dikategorikan dalam usaha Kecil. Dan jika kekayaan bersihnya kisaran 500 juta hingga 10 miliar, dikategorikan dalam usaha Menengah.

UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian masyarakat. UMKM inilah yang menjadi bagian penting dalam perekonomian negara. Karena dengan sektor ini, tercipta-tenaga-tenaga baru yang mendukung  penghasilan rumah tangga. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi secara langsung ataupun tidak langsung.

Jika berbicara mengenai modal usaha, di era digital ini semakin banyak informasi yang bisa didapatkan secara cepat dan efektif. Berbagai penawaran dan kemudahan pinjaman modal usaha secara online pun semakin banyak pilihan. Salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com. Tak perlu bimbang dan ragu, jika bisnis yang dijalankan membutuhkan suntikan modal usaha, segera saja ajukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Apa saja sih yang perlu dipersipakan jika akan mengajukan kredit untuk modal usaha? Mari disimak.

Berikut beberapa syarat umum pinjaman modal usaha :

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Usia usaha di lokasi dengan bidang yang sama minimum 2 tahun
  3. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas
  4. Belum pernah memperoleh kredit sebelumnya, atau  pernah memperoleh kredit dengan kolektibilitas lancar dan tidak dalam kondisi kredit  bermasalah

Jika syarat-syarat diatas telah dipenuhi, maka langkah selanjutnya untuk mengajukan kredit modal usaha di CekAja.com adalah melengkapi dokumen –dokumen pendukung yang diperlukan untuk kelancaran administrasi. Apa saja dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan kredit ini?

Dokumen yang diperlukan untuk pinjaman modal usaha  :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
  2. NPWP (Nomor  Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). Syarat ini berlaku untuk pengajuan kredit diatas 50 juta
  3. Surat Keterangan Usaha dari Desa atau Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat dimana yang bersangkutan membuka usaha
  4. Surat Ijin Usaha
  5. Fotokopi rekening giro atau tabungan 6 bulan terakhir

Di Cek Aja.com, ada berapa jenis pinjaman usaha yang tersedia?

  1. Kredit Modal Kerja yaitu pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus untuk membiayai inventory, piutang atau proyek
  2. Kredit Investasi yaitu fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan yang berkaitan dengan investasi
  3. Kredit BPR yaitu kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) yang digunakan untuk penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy
  4. Kredit KOPKAR yaitu kredit yang diberikan kepadaΒ  Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada anggotanya untuk memenuhi berbagai keperluan
  5. Kredit Syariah yaitu pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skemaΒ  Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai kredit untuk modal usaha, maka tak ada salahnya untuk mengajukan kredit sesuai dengan kemampuan supaya bisnis yang dijalankan dapat  berjalan sesuai dengan harapan  tanpa terkendala soal modal lagi. Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan suatu  bisnis harus punya jiwa tangguh yang berani keluar dari zona nyaman dan berani berpekulasi dengan perencanaan yang matang. Bagi saya pribadi yang telah menggeluti dunia bisnis otomotif bersama suami, mempunyai kredit untuk modal usaha menjadi pemicu semangat dalam menjalankan usaha sesuai dengan target. Paling tidak dalam setiap bulan harus tercapai target untuk membayar gaji karyawan, memenuhi biaya operasioanal, untuk kulakan barang dan yang palingpenting adalah dapat mengangsur bunga pinjaman ke bank tepat waktu sehingga selama 10 tahun ini belum pernah telat mengangsur sehingga tidak pernah kena denda. Karena kepercayaan dalam berbisnis adalah hal utama yang harus selalu kami pegang teguh.

Nah, bagaimana? Sudah siapkah untuk mengembangkan bisnis dengan kredit modal usaha? Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, silakan browsing ke  https://www.cekaja.com/small-business-banking .

Salam sukses!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

22 thoughts on “Butuh Pinjaman Modal Usaha? Ini Solusinya!”

  1. Wow sekarang sudah bisa pinjam buat modal usaha secara online ya?
    Semakin mempermudah para usahawan dong ya.
    Pengalaman waktu ikut Wirausaha Baru Jabar 2018, duh mau dapat pinjaman itu ternyata cukup banyak ini itu sebagai syarat. Semoga dg adanya sistem online bisa memudahkan para pelaku UKM/UMKM ya

  2. Gampang sekali ya persyaratannya mengajukan pinjaman, saya langsung buka web cekaja.com, dan akan siapkan persyaratannya untuk mendapat modal bagi usaha yang akan saya bangun

  3. Wah menarik juga nih ada kredit syariah nya, syaratnya juga nggak riweh. Sangat membantu teman-teman UMKM untuk mengembangkan usaha mereka ya mba

  4. mantab, di cekaja.com bisa membandingkan beberapa skema dan perusahaan kan ya? Jdi lebih mantab kalau memilih pinjaman dari mana

  5. Pinjaman online buat UMKM ini sangat meggiurkan. Karena kalo mau buka usaha awal tentunya butuh dana segar yang cepat tapi tidak ribet.

  6. Bagi orang yang ingin membuka usaha tetapi kesulitan dalam hal dana info ini sangat bermanfaat terutama untuk pinjaman dengan bunga yang sangat kecil tentu akan membantu UMKM untuk semakin berkembang

  7. Pembiayaan untuk UMKM ya kak? wah sangat mudah sepertinya syaratnya. Selama emang peminjam jujur ya pasti seneng kalau syaratnya ngga banyak. APalagi ini sistemnya sudah online. Lebih gampang dan mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *