Bingung Menentukan Pinjaman Modal Usaha Kecil? Simak Tips Mudah dan Aman Ini!

dana cepat

Membangun suatu usaha harus berani keluar dari zona nyaman dan mau bersahabat dengan ketidakpastian

juliastrisn.com

Halo! Semoga semuanya sehat ya. Seperti yang kita tahu, saat ini yang namanya lembaga atau perusahaan yang memberikan pinjaman modal usaha kecil itu jumlahnya banyak sekali. Jika diperhatikan dengan seksama, di berbagai kota yang ada di Indonesia, baik yang ada di Jakarta atau di daerah sekalipun, saat ini mudah sekali  ditemukan lembaga-lembaga yang bersangkutan. Untuk itu, siapapun yang sedang mendirikan usaha atau usaha yang sudah berjalan membutuhkan tambahan modal dana usaha dana cepat untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan tidak perlu bingung lagi.

Mendirikan suatu usaha memang  tidak mudah. Ada berbagai macam pertimbangan yang perlu dan sangat penting untuk diperhatikan. Yup, membangun suatu usaha tidak cukup hanya modal saja. Perlu diperhatikan pula soal target penjualan produk, lalu strategi penjualan produk supaya sampai  kepada konsumen dan tentunya bisa dikenal konsumen dengan baik. Hal-hal semacam ini memang kelihatannya sangat sepele. Tetapi jika tidak diperhatikan dengan baik, maka usaha yang akan dijalankan akan susah untuk berkembang dan bisa saja ada kemungkinan gulung tikar jika pelaku usaha tidak memahami beberapa konsep dasar seperti yang sudah disebutkan diatas.

Orang-orang  yang sudah memiliki usaha dan kebetulan usahanya sudah besar, tidak mungkin langsung bisa sukses. Semuanya melalui proses yang tidak instan. Dapat dipastikan mereka juga pernah melewati masa-masa sulit saat menjalankan usaha mereka. Masa sulit itu misalnya kekurangan modal atau masalah produk yang tidak laku di pasaran. Tetapi mungkin saja orang-orang yang sukses tersebut bisa lebih menerima kenyataan dan kembali bangkit serta melihat peluang yang ada. Wajar saja, jika Anda saat ini memiliki usaha dan kebetulan juga ada masalah dengan modal. Anda dapat berencana mencari pinjaman modal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan:

Hindari yang memberikan bunga tinggi

Jelas ini adalah hal penting yang tidak boleh Anda anggap sepele. Bagaimana tidak? Jika bunga pinjaman yang diberikan terlalu tinggi, pastinya Anda akan keberatan karena harus membayar cicilannya setiap bulan. Tambahan lagi, tidak ada yang dapat  menjamin usaha Anda akan langsung bisa sukses. Maka, dengan mencari pinjaman yang memberikan bunga pinjaman yang terjangkau, bisa menjadi sedikit celah untuk lebih fokus dalam mengembangkan usaha Anda.

Pilih yang sudah diawasi OJK

Selanjutnya Anda harus pastikan bahwa lembaga yang akan Anda pilih untuk mengajukan pinjaman modal usaha ini harus sudah berada di bawah pengawasan OJK. Lembaga yang sudah berada di bawah pengawasan OJK bisa menjadi perlindungan bagi Anda. Artinya, bahwa memang lembaga tersebut sudah legal dan aman untuk dijadikan sebagai pilihan. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari lembaga yang tidak bertanggung jawab yang  akan membuat Anda rugi.

Nah, dengan memperhatikan beberapa tips-tips di atas, Anda bisa lebih leluasa untuk memilih dan menentukan mana kira-kira lembaga yang memberikan pinjaman modal usaha kecil yang lebih aman dan bisa dipercaya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa mendirikan dan mengembangkan usaha itu bukan hal yang mudah. Bukan pula hal yang harus digampangkan. Maka sebaiknya, Anda membiasakan diri untuk lebih waspada dan hati-hati. Jangan sampai Anda salah pilih lembaga yang ilegal karena akan membuat Anda rugi dan terjerumus hutang yang tidak diinginkan.

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

49 thoughts on “Bingung Menentukan Pinjaman Modal Usaha Kecil? Simak Tips Mudah dan Aman Ini!”

  1. Saat krisis dan perekonomian lesu gini, modal jadi penting juga biar tetap survive. Semoga makin banyak yang teredukasi agar tidak salah memilih sumber modal ya. Bisnis bisa acak-acakan kalau tagihan pinjaman modal malah mencekik. Boro-boro untung, yang ada malah nombok

  2. Pengawasan OJK nih sangat penting dalam menentukan tempat mengambil pinjaman, biar kita merasa aman dan nyaman. Masalahnya sekarang banyak banget ajakan untuk bergabung di lembaga peminjaman yang kita tidak tahu kredebilitasnya.

  3. Jangan sampai salah memilih lembaga keuangan untuk pinjaman modal, apalagi yang belum terdaftar di OJK, yaa. Soalnya udah banyak banget nih kasus pinjaman yang ternyata bunganya tinggi banget, lah. Ada yang statusnya nggak jelS bahkan sampai penipuan.

    Terima kasih tipsnya, Mbak.

  4. Urusan pinjaman modal ini memang harus sangat hati2 dan teliti. Salah salah malah rugi dan buntutnya bisa panjang. Sekarang ga cuma lembaga pinjaman aja sih, semua yang berbau keuangan selalu aku cek udah terdaftar OJK atau belum.

Tinggalkan Balasan