Cara Menjaga Kelembaban dan Barrier Kulit Wajah yang Kering dan Sensitif

Mengenal jenis kulit wajah sendiri itu penting supaya tahu bagaimana cara merawat kulit dengan tepat dan efektif

Saya mempunyai jenis kulit wajah yang cenderung kering dan sensitif. Berkali-kali saya mengalami kebingungan dalam memilih jenis kosmetik yang tepat. Maka seringkali saya mencari cara aman dengan memakai produk kosmetik bayi. Namun seiring dengan perkembangan usia, produk bayi mulai tidak relevan lagi karena saya pun harus mencari produk perawatan yang tepat sebagai solusi untuk kulit wajah saya yang semakin lama semakin banyak masalah.

Kondisi cuaca yang tidak tentu saat ini membuat kulit wajah saya mudah bereaksi. Saat panas, terkena paparan sinar matahari membuat kulit wajah saya cepat kering dan ada kecenderungan tumbuh flek hitam. Selama ini saya membersihkan wajah cukup dengan kapas dan pembersih serta tonic wajah. Lalu memakai pelembab wajah yang sudah include dalam DD cream.

Apakah problem wajah saya teratasi dengan DD cream? Tidak. Ternyata kulit wajah saya menjadi sangat kering. Alhasil, saat memakai bedak, bedaknya tidak dapat menempel sempurna di wajah. Rasanya blang bentong, tidak rata bedakannya. Duh, saya kan jadi malu kalau pas ada acara kondangan yang membutuhkan sedikit penampilan prima, tapi kulit wajah saya tidak dapat diajak kompromi.

Cerita lain mengenai kondisi kulit wajah saya, sekitar tiga tahun yang lalu saya pernah mengalami wajah iritasi dan atopik. Kulit wajah memerah dan rasanya gatal. Wajah saya tampak mengerikan. Hal itu terjadi karena waktu itu saya mencoba kosmetik saran dari teman. Setelah kejadian itu saya jadi sangat berhati-hati dalam memilih kosmetik. Saya tak ingin kejadian yang menyedihkan kulit wajah saya terulang lagi. Cukup sudah.

Kulit wajah saya pernah mengerikan seperti ini (tahun 2016)

Setelah mengalami atopik, wajah saya sempat lama tidak memakai apa-apa. Cukup cuci muka tanpa sabun, dibersihkan dengan pembersih dan kapas, lalu polosan saja. Tanpa pelembab ataupun bedak saking traumanya. Saya pun sempat konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Ternyata memang kulit wajah saya sensitif dan mudah alergi terhadap salah satu bahan kosmetik. Saya pun butuh waktu cukup lama untuk membuat kulit wajah saya sembuh dari iritasi. Maka sekarang setelah kulit wajah saya normal kembali, saya sangat berhati-hati menjaganya supaya senantiasa menjadi kulit sehat.

Seperti yang sudah sedikit saya ceritakan di atas, problem kulit wajah saya saat ini adalah kering dan sensitif. Kalau keringnya kebangetan saya takut jadi cepat keriput dan mengalami penuaan dini. Padahal semua wanita tentu ingin terlihat awet muda bukan? Apalagi usia saya saat ini sudah cukup matang, tidak muda belia lagi. Maka, saya terus mencari informasi tentang produk apa yang tepat untuk perawatan kulit kering dan sensitif seperti kulit wajah saya. Saya tetap mencari produk kosmetik yang cocok dan aman untuk kulit wajah saya. Paling tidak saya membutuhkan pembersih wajah dan pelembab yang tidak menimbulkan alergi pada kulit wajah saya. Saya memang selektif soal produk kecantikan dan saya tidak berani coba-coba mencoba sembarang produk, apalagi yang tidak jelas komposisinya dan tidak terdaftar di BPOM.

Segala kemudahan informasi di era digital membuat saya mudah mencari apa yang saya inginkan. Awalnya saya punya teman yang cocok menggunakan produk dari ERHA. Kulit wajahnya terlihat bagus dan terawat. Maka saya pun browsing tentang apa dan bagaimana produk ERHA itu. Ternyata saya menemukan sesuatu yang saya butuhkan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kebersihan kulit wajah adalah koentji. Jika wajah tidak dibersihkan secara sempurna, tentu masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel yang dapat menyumbat pori-pori. Hal itu yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat, komedo, gatal dan iritasi pada kulit. Maka saya perlu produk pembersih wajah yang aman untuk kulit wajah saya sekaligus dapat membersihkan segala kotoran yang menempel di wajah saya secara optimal.

Setelah menggunakan pembersih wajah yang tepat, saya pun perlu pelembab wajah yang aman dan bebas dari iritasi. Dulu saya sempat ragu, apa ada produk seperti yang saya inginkan? Karena saya pernah punya pengalaman memakai pelembab wajah merk tertentu, kulit wajah saya langsung gatal-gatal dan iritasi. Saya sempat takut menggunakan pelembab wajah. Alhasil kulit wajah saya jadi semakin kering kerontang dan hampir keriput. Waduh!

Maka, saya pun serasa menemukan soulmate saat melihat dua produk dari Erhalogy Skin Barrier Series yaitu Erhalogy Skin Barrier Facial Wash dan Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer. Dari dua produk ini saya jadi tahu ternyata kulit itu mempunyai skin barrier. Apa sih skin barrier itu?

Erhalogy Skin Barrier Series

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat satu sama lain dengan adanya lapisan lipid.

Sifat lapisan barrier ini impermeable sehingga dapat mencegah hilangnya air atau kelembaban dari dalam kulit dan mencegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang dapat merusak kulit.

Nah, rusaknya barrier kulit ini dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, gatal, teriritasi atau sensitif

Hm, saya jadi tahu kan. Bisa jadi kulit saya dulu sampai kering, iritasi, gatal-gatal dan memerah atau atopik itu karena skin barrier saya waktu itu rusak. Rusak karena pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit saya. Mari kita lihat kedua produk yang sudah sepuluh hari ini saya pakai. Yup, saya tidak ragu-ragu menggunakannya karena saya tahu persis apa saja kandungannya.

  • Erhalogy Skin Barrier Facial Wash
Erhalogy Skin Barrier Facial Wash

Pembersih wajah ini direkomendasikan untuk jenis kulit kering dan kulit sensitif. Dalam komposisi bahannya, tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulphate) dan Paraben. Ada yang tahu apa itu SLS dan Paraben? Saya pernah membaca jika SLS itu bahan kimia yang biasa digunakan dalam sabun, shampoo, pasta gigi dan detergen. SLS ini yang menghasilkan busa dalam produk pembersih. Jika kandungan SLS terlalu banyak dalam sabun pembersih wajah, dapat menyebabkan kulit menjadi kering yang dapat menyebabkan rusaknya skin barrier. Mungkin karena alasan inilah yang membuat Erhalogy Skin Barrier Facial Wash tidak menggunakan SLS dalam produknya.

Paraben adalah bahan kimia yang biasanya ada dalam produk kosmetik sebagai bahan pengawet. Pemakaian paraben yang berlebih dapat mengimitasi hormon estrogen dalam tubuh yang lama-lama bersifat karsinogenik, yaitu bereaksinya zat-zat radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya kanker. Maka, tanpa adanya penambahan kandungan paraben dalam Erhalogy Skin Barrier Facial Wash ini, dapat dipastikan produk ini aman digunakan untuk kulit dan kesehatan.

Cara pemakaian

Aplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi. Pijat lembut selama 1 menit. Bilas dengan air dan keringkan.

Ingredients

Aqua, Sodium Cocoyl Isethionate, Cocamidopropyl, Betaine, Potassium Cocoyl zGlycinate, Acrylates Crosspolymer-4, Acetamidoethoxyethanol, Glycerin, Gluconolactone, Xylityglucoside, Anhydroxylitol, Xylitol, Glucose, Propanediol, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Panthenol,Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Dipotassium Glycyrrhizate, Ethylhexylglycerin, Sodium Hydroxide, Zinc PCA, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol

Price : IDR 79.000

Testimoni

Memakai facial wash untuk kulit kering dan sensitif Erhalogy Skin Barrier Facial Wash

Secara rutin saya menggunakan facial wash ini pada pagi hari saat mandi dan malam hari menjelag tidur. Saya merasa kulit wajah saya menjadi licin, bersih, dan terasa lembab. Tanpa pewarna dan pewangi, saya merasa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya.

  • Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer
Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer (Pelembab Wajah)

Pelembab kulit kering dan sensitif ini mengandung Ceramide Complex, soothing agent dan formula pH-balance yang dapat memberikan rasa nyaman, mengurangi kemerahan pada kulit dan merawat kulit yang mengalami iritasi ringan. Seperti pada produk Skin Barrier Facial Wash, pelembab ini tidak mengandung paraben, pewarna dan parfum.

Selain itu dilengkapi pula bahan-bahan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Dapat disimpulkan bahwa pelembab wajah ini telah dirancang khusus untuk kulit kering dan sensitif, dimana formulanya adalah mengembalikan dan memperkuat fungsi barrier kulit.

Cara pemakaian :

Setelah wajah dibersihkan dengan Skin Barrier Facial Wash, gunakan Skin Barrier Face Moisturizer secara merata pada wajah waktu pagi dan malam hari

Ingredients

Aqua, C13-15 Alkane, Glyceryl Stearate, Betaine, Gluconolactone, Sodium Lauroyl Lactylane, Ceramide 3, Ceramide 6 II, Phytosphingosine, Cholesterol,Carborner, Xanthan Gum, Ceramide 1, Niacinamide, Trehalose, Polyarcrylate Crosspolymer-6, T-Butyl Alcohol, Xylitylglucoside, Anhydroxylitol, Xylitol, Glucose, Dicaprylyl Carbonate, Glycerin, Cetyl Alcohol, Cetearyl Ethylhexanoate,Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Dimethicone, Sodium Hydroxide, Lauroyl Lysine, Dipotassium Glycyrrhizate, Tocopheryl Acetate, Allantoin, Disodium EDTA

Price : IDR 79.000

Testimoni

Saya menggunakan pelembab ini sesudah wajah saya menggunakan Skin Barrier Facial Wash. Setelah kondisi kulit wajah dikeringkan tentu saja. Pelembab ini rutin saya gunakan di pagi dan malam hari selama sepuluh hari ini. Dalam waktu sepuluh hari, saya dapat merasakan manfaatnya. Wajah saya yang biasanya mudah memerah, kali ini tidak. Bedak yang tadinya tidak dapat menempel rata karena kulit kering saya, kali ini dapat menempel secara sempurna. Wajah pun rasanya lembab dan tidak kering lagi. Selain itu kulit saya pun terasa lebih lembut dan kenyal. Ah, saya jadi merasa awet muda kembali.

Mengenal ERHA

Sejak tahun 1968, dr. Ronny Handoko, SpKK(K) memulai praktek pribadinya. Di tahun 1972, dr. Ronny praktek sebagai dokter spesialis kulit. Tahun 1999, klinik ERHA pertama kali didirikan di Kemanggisan, Jakarta. ERHA mengedepankan konsep personalized therapy yang didukung dengan tim dermatolog dan dokter terbaik, produk-produk inovatif, dan layanan dengan peralatan medis terkini. Rangkaian produk ERHA merupakan hasil formulasi terbaik yang telah teruji klinis efektif dan aman untuk digunakan.

Dengan semangat dan dedikasi tinggi, ERHA telah hadir di 39 kota di Indonesia untuk melayani kebutuhan masyarkat luas dan menghadirkan solusi kesehatan kulit kepada masyarakat Indonesia. ERHA telah membuka lebih dari 95 cabang di seluruh Indonesia sebagai Erha DermaCenter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin.

Erha Dermacenter merupakan klinik-klinik pusat yang memberikan layanan kesehatan kulit yang menyeluruh untuk berbagai gangguan kulit dengan produk dan kombinasi treatment medis. Fasilitas terlengkap dengan teknologi terkini dan medical gradestandard tersedia disini. Didukung pula oleh dokter spesialis kulit senior yang ahli di aeshetic dermatology dan clinical dermatology. Sehingga bagi yang akan melakukan perawatan kulit dapat konsultasi dengan dokter spesialis kulit yang berkompeten sehingga produk yang digunakan dapat efektif dan tepat.

Erha Clinic merupakan klinik yang memberikan layanan kesehatan kulit menyeluruh dengan kombinasi produk dan teratment medis pilihan. Teknologi terkini dan medical grade standard tersedia lengkap. Didukung pula dengan dokter spesialis kulit dan ahli Dermatologist.

ERHA Clinic di Kemang, Jakarta

Erha Apothecary hadir di pusat perbelanjaan dan mall-mall untuk mengikuti gaya hidup masyarakat modern. Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan perawatan kulit dengan dokter, dan juga memberikan pilihan produk-produk perawatan kulit yang dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Produk-produk Over The Counter (OTC) yaitu produk perawatan kulit yang dijual bebas di cabang ERHA, ada disini. Pun produk Erhalogy dapat dibeli di Erha Apotechary.

ERHA Apothecary

Erha Skin memberikan layanan perawatan kulit dasar untuk masyarakat sebagai neighborhood clicic. Erha melakukan ekspansi hingga ke sub-urban sebagai komitmen untuk senantiasa memberikan layanan yang optimal.

Melihat sejarah panjang perjalanan ERHA ini, dapat dikatakan bahwa ERHA benar-benar concern di bidang layanan perawatan kulit secara profesional. Selain itu, bagi yang mempunyai problem rambut pun juga dapat konsultasi dengan ahlinya di ERHA. Maka tepat jika ERHA Skin, Hair & Laser Expert hadir untuk memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia khususnya dengan menyediakan banyak pilihan produk dan treatment sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Info selengkapanya tentang ERHA dapat diakses melalui website di www.erha.co.id dan bisa juga melalui DM di Instagram @erha.dermatology .

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

38 thoughts on “Cara Menjaga Kelembaban dan Barrier Kulit Wajah yang Kering dan Sensitif”

  1. Iya nih, kulitku juga termasuk kering mb. Kadang kalo coba-coba produk make up baru terus nggak cocok, eh jadinya kulit jadi makin kering. Sedih πŸ™

  2. Wah keren produk ini. Oh ya, atopik tuh kondisi wajah yg gimana toh mbak? Merah gitu? Trs rasanya gimana? Membaca ulasannya, perawatan ERHA ini kyknya rekomended banget ya buat dicoba.

  3. Pelembab adalah koentji buibuu.. selamat udah dapet produk yang cocok, kayaknya perlu dicoba dicoba… kulitku enggak kering dan enggek mengelupas, tapi berminyak… kalau pas kondisi bagus, bebas jerawat dan kenyol-kenyol, tapi teteup kusyaammm πŸ™

  4. Seiring bertambahnya umur,, kukitku jadi kering..dan sampai sekarang belum nemu pelembab yang pas… Wah, baru tahu kalau erha ngeluarin produk yang bisa di beli tanpa konsultasi. Dari reviewnya sepertinya produk ini cocok untuk dicoba.. Tfs mb…

  5. Wah Mak! Aku suka banget sama 2 produk ini, terutama sama facial wash nya. NO SLS AND PARABEN! Juarak lah emang nih buat kulit kering dan sensitif. Soalnya kulitku sensitif dan kalau pake produk yang terlalu intense SLSnya langsung bereaksi. Memerah dan kering sampe kapalen gitu. Sediiih. Kalo pake ini, nggak khawatir deh InsyaAllah :3

  6. keren ya ERHA bisnisnya makin meluas, dan udah bisa dibeli bebas tanpa harus konsul ke dokter dulu, setahuku dulu harus selalu konsul dulu ke dokternya. saya berkulit sensitif kadang masih nyari2 produk yang cocok di kulit, bisa nyoba ini niy. dan baru tahu kalau sekaranga da buat rambut juga ya, pengen treatment rambut rontoknya, thanks Mba sharingnya

  7. liat tgl uploadnya barusan ya kejadiannya…sama ni dengan aq, baru senin kemarin ke ERHA karena uda nd tahan dengan kulit yang merah, gatal, kering dan terasa panas. setelah periksa, disinar untuk mengurangi kemerahan yg luar biasa dan ditambah obat yg diminum, alhamdulillah sekarang sudah lumayan membaik. Dan sama dokter hanya dikasi 1 krim saja untuk pagi sama malem ditambah sunscreen kalo keluar rumah siang hari. sabun pencuci muka dikasi yg untuk kulit sangat kering. sebenernya dah lama di ERHA tapi kalo pas membaik nyoba buat ganti produk karena males kalo musti konsul atau ambil krimnya. cuman sekarang kayaknya musti buang rasa malesnya…hehehehe…cuman kalo ke ERHA cocok2an juga kok sama dokternya. pas dg dokter yg ke 2, sampe 3x konsul gak ada perubahan. ini dg dokter yg ke 3, konsul pertama dah ada hasil…alhamdulillah…moga makin membaik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *