Tips Bersenang-Senang Serba Hemat

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian

Benarkah bersenang-senang itu mahal? Nggak juga sebenarnya. Kalau mau mensiasati secara cermat, bisa aja lho bersenang-senang tanpa harus menguras kantong. Mau tahu bagaimana cara bersenang-senang tanpa harus menguras isi dompet?

Yup, kriteria bersenang-senang setiap orang itu berbeda-beda dengan yang lainnya. Ada tipe orang yang merasa senang apabila telah melakukan liburan, berbelanja, jalan-jalan atau bahkan menekuni hobi yang dimilikinya. Namun bagi Anda yang inginΒ  bersenang-senang dengan cara hemat, murah dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak, maka cobalah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini :

  • Membuat kopi sendiri

Ngopi-ngopi cantik di kafe mahal? Memang. Kalau sekali dua kali mungkin tak apa. Tapi kalau jadi kebiasaan lama-lama bisa jebol juga tuh dompet. Nah, bagaimana kalau kebiasaan nongkrong di kafe bareng teman diganti agendanya nongkrong di rumah dan bikin kopinya sendiri? Selain lebih murah meriah, tentunya ngobrol bareng teman di rumah lebih nyaman rasanya ya. Bandingkan harga kopi di warung sebelah dengan harga ngopi di kafe. Tentu lumayan banyak rupiah yang bisa kita save.

  • Gunakan fasilitas kolam renang di rumah teman

Teman adalah rejeki. Manfaatkan hubungan pertemanan yang baik secara simbisosis mutualisme. Misalnya saat teman butuh seseorang untuk menemaninya berenang di rumahnya, gunakan kesempatan ini. Anda bisa menemaninya dengan berenang bersama. Udahlah gratis, teman pun senang karena sudah ditemani. Noted! πŸ™‚

  • Manfaatkan hobi untuk menghasilkan uang

Pasti sangat menyenangkan ya jika dari hobi bisa menghasilkan uang. Hobi memancing misalnya, bisa mengikuti lomba memancing. Hobi menulis bisa menghasilkan uang juga. Banyak sekali jenis hobi yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.Β  Meskipun, ada juga beberapa jenis hobi yang membutuhkan modal tinggi. Namun tak perlu khawatir semua itu ada tipsnya jika memang berniat untuk mau berhemat.

Nah, bagi Anda yang ingin berhemat saat melakukan hobi yang disukai, maka cobalah beberapa tips berikut ini :

  1. Pencarian diskon serta promo terbaik

Kalau punya hobi belanja pasti agak sulit untuk berhemat, ya! Oleh karena itu pastikan untuk mencari diskon atau promo yang bisa membuat hematΒ  dalam melakukan aktivitas yang menyenangkan hati tersebut. Rajin-rajinlah mencari info kapan saat-saat diskon. Perhatikan di hari apa atau menjelang event apa biasanya potongan itu digelar di toko-toko.

2. Utamakan kualitas

Jika hobinya melukis, pasti membutuhkan beragam peralatan yang berkaitan dengan hobi seperti halnya alat lukis. Kalau hobi make up, pasti juga membutuhkan peralatan make up. Ada baiknya jika membeli peralatan tersebut perlu diperhatikan kualitas barangnya. Pasalnya barang yang berkualitas jauh lebih tahan lama yang artinya membuat Anda lebih hemat dalam menggunakannya.

3. Bergaul dengan komunitas yang tepat

Komunitas yang tepat itu penting. Dalam hal ini sebaiknya Anda memperhatikan secara detail jenis komunitas hobi yang Anda ikuti. Pastikan untuk memilih komunitas yang tepat, saling support dalam mengembangkan bakat dari hobi yang anda miliki sehingga semakin produktif dala berkarya dan tentu saja semakin menghasilkan pendapatan.

  • Mencari tempat hangout murah

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, Anda juga dapat mencari tempat hangout dengan harga murah. Di beberapa kota besar biasanya available tempat hangout atau tongkrongan gratis yang dapat dikunjungi dengan mudah oleh anak muda. Selain itu beberapa lokasi tersebut juga seringkali menjadi tempat untuk beragam aktivitas menarik, seperti halnya konser gratis dan lainnya. Namun jika tidak terbiasa dengan fasilitas umum tersebut, maka cobalah untuk mencari tempat hiburan yang terkenal dengan harga murah, misalnya kafe untuk anak sekolah yang dikenal dengan harga menu makanan yang murah, dan lainnya.

  • Traveling dengan kartu kredit virtual paylater

Tak dapat dipungkiri, kegiatan traveling merupakan kegiatan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Banyak orang rela menabung bertahun-tahun demi mewujudkan impian bisa traveling ke suatu tempat. Kadang, traveling tidak menjadi prioritas utama bagi yang sedang berhemat. Namun ada solusinya jika ingin menikmati liburan dengan cost yang lebih murah dan tetap hemat, maka cobalah untuk menggunakan fasilitas atau layanan dari kartu kredit virtual.

Kartu kredit virtual memiliki beragam kelebihan, karena jenis kartu tersebut praktis digunakan untuk beragam transaksi, termasuk transaksi yang dilakukan di luar negeri sekali pun. Jika kartu kredit virtual pada umumnya baru dapat digunakan setelah melakukan deposit, kartu kredit virtual dari Traveloka yang dikenal dengan nama Pay later ini berbeda. Jenis kartu kredit yang satu ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi meskipun Anda belum mengisi deposit di dalamnya. Syaratnya cukup mudah,Β  hanya dengan KTP dan juga dokumen penting lainnya. Sedangkan untuk sistem pembayarannya sendiri dapat dilakukan dengan sistem cicilan Paylater yang tentunya lebih memudahkan Anda untuk berhemat.

Nah, kalau mau bersenang-senang nggak usah khawatir kantong kering ya. Gunakan tips diatas. Happy pleasure! πŸ™‚

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

67 thoughts on “Tips Bersenang-Senang Serba Hemat”

  1. Bener juga ya, bersenang-senang itu tidak harus yang mahal-mahal. Ngumpul bareng sama temen, bikin kopi atau bisa berenang di rumahnya itu aslinya memang menyenangkan banget. Jadi, tidak perlu membuat kantong jebol gegara keseringan keluyuran ke sana ke mari.
    Terus tips mencari tempat hangout yang murah bisa dicoba nih. Biar tetep bisa nongkrong di luar, tapi isi atm gak menangis.

  2. Refreshing hematku biasanya ke pantai Mba. Bersyukur rumahku deket dengan beberapa pantai di Kebumen. Paling bayar parkir, makan pecel sama mendoan dan teh tawar hangat sambil menikmati debur ombak. Damaaaai rasanya πŸ™‚

  3. Hmmm bener nih, soal bikin kopi sendiri. Ngopi di tempat itu mahal banget buat rakyat jelata kayak aku. Sesekali bolehlah, tapi tiap hari? Bangkrut dong Btw, baru baca nih soal kartu kredit virtual di Traveloka. Bisa jalan-jalan terus ini

  4. Aku suka bikin kopi dan teh sendiri. Karena suka bikin teh sendiri, jadinya kalau kemana/dimana trs disuguhi teh atau makan di luar trs beli teh, sebelum minum teh suka ta cium aromanya, untuk mengenali teh celupkah atau bikin dengan seduhan daun teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *