Cara Praktis Bayar Tagihan Listrik Tepat Waktu

Hari gini, adakah yang belum menggunakan tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Dari bangun tidur sampai tidur lagi, listrik menjadi salah satu sumber energi yang paling dibutuhkan manusia saat ini. Berbagai alat elektronik yang diciptakan untuk mempermudah kerja manusia seperti TV, kulkas, handphone, setrika, AC, kipas angin dan lain sebagainya membutuhkan listrik sebagai sumber tenaganya.

Bayangkan, jika PLN sebagai pemasok listrik satu-satunya di Indonesia mematikan aliran listrik ke rumah atau kantor Anda, sudah pasti Anda akan merasa sangat terganggu karena banyak alat elektronik yang tidak bisa digunakan dan coba hitung kerugian waktu dan materi yang diakibatkannya.

Begitu vitalnya listrik dalam kehidupan kita, maka wajar jika pemakaian listrik yang sangat dibutuhkan itu, tidaklah gratis. Ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sumber listrik terus menerus dari PLN. Biaya tersebut bisa Anda bayarkan di akhir periode pemakaian untuk listrik pasca bayar. Sedangkan untuk pemakaian listrik pra bayar, biasanya Anda harus membeli saldo di awal pemakaian. Nah, bagi Anda yang sibuk dan maunya praktis-praktis, mau tahu cara bayar tagihan listrik  yang cepat dan mudah? Kebetulan, ada ulasannya nih!

Membayar listrik, sebenarnya termasuk urusan yang sederhana, kan ya! Namun bisa menjadi hal yang sering dilupakan karena banyaknya kesibukan sehari-hari. Listrik pra bayar misalnya, jika Anda kelupaan membeli, bisa-bisa listrik di rumah mati tanpa ada daya sama sekali sehingga pastinya sangat mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga. Sedangkan untuk listrik pasca bayar yang kelupaan membayarkan tagihannya, bisa berakibat denda keterlambatan dan pemutusan aliran listrik secara sepihak oleh PLN. Jika itu terjadi, kerugian yang akan Anda bayar sangat besar karena harus melakukan instalasi ulang kembali. Oh, no!

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan tersebut, saat ini PLN beserta berbagai pihak telah menyediakan cara bayar listrik yang mudah, cepat dan akurat. Jika jaman dulu kita perlu mengunjungi kantor perwakilan PLN dan harus antri untuk membayarkan tagihan listrik di awal bulan, sekarang kita bisa menggunakan banyak fasilitas dan tempat umum untuk melakukannya. Sehingga, kesempatan, waktu dan tempat yang tersedia semakin luas bagi kita untuk membayar tagihan listrik secara online di toko online  atau pun offline sebelum jatuh tempo.

Berikut ini adalah alternatif tempat pembayaran yang bisa Anda manfaatkan untuk membayarkan tagihan listrik rumah atau kantor Anda :

  • Kantor cabang pos terdekat.
  • Kantor cabang PLN terdekat.
  • Gerai mini market.
  • Loket pembayaran listrik masyarakat.

Selain dari tempat tersebut, Anda pun bisa membayarkan tagihan listrik melalui akun perbankan yang Anda miliki. Kini hampir semua bank nasional telah bekerja sama dengan PLN untuk memberikan pelayanan pembayaran online sehingga Anda bisa memanfaatkan jaringan ATM atau mobile banking yang tersedia.

Cara yang umum digunakan adalah dengan mencatat ID pelanggan yang tertera pada meteran listrik Anda. Catat dan bawalah ID pelanggan tersebut untuk bertransaksi di gerai mini market, loket pembayaran atau kantor pos terdekat. Petugas akan menginformasikan tagihan Anda untuk bulan tersebut. Anda bisa langsung membayarkannya agar tagihan bisa segera terlunasi. ID pelanggan juga bisa digunakan untuk pelanggan pra bayar dalam membeli saldo listriknya. Dengan nomor ini, sistem pembayaran dan pembelian listrik tidak akan tertukar oleh pelanggan yang lain.

Itulah beberapa cara bayar tagihan listrik yang kini bisa Anda lakukan dengan lebih mudah cepat dan efektif. Dengan begitu Anda bisa membayar tagihan lebih rutin untuk menghindari dari keterlambatan, denda dan pemutusan aliran listrik. Keterlambatan dalam membayar tagihan listrik tentu bisa menimbulkan kerugian berupa denda dan pemutusan, pastinya hal ini tidak Anda inginkan apalagi jika Anda memiliki banyak kesempatan untuk membayarkan tagihan listrik Anda secara mudah. Gunakan listrik dengan bijak dan hemat agar sumber daya listrik negara bisa lebih merata untuk pemanfaatannya bagi seluruh masyarakat.

Nah, jangan sampai telat bayar listrik, ya! 🙂

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

4 thoughts on “Cara Praktis Bayar Tagihan Listrik Tepat Waktu”

  1. Aku itu maak haha. Dulu selalu kebagian tugas bayar telkom dan pln. Pulang kuliah ngantri panjaang. Setelah punya rekening bank udah gak pernah antri lagi. Sangat memudahkan. Tapi meskipun mudah, aku tetep sering lupa malahan wkwkwk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *