Tips Saat Service Motor, Perhatikan Hal Ini!

saat service motor

Sedia payung sebelum hujan, pastikan kendaraan aman saat di jalan

Tips saat service motor, perhatikan hal ini! Yes, sebagai pengendara motor sejati saat antar jemput anak sekolah, bagi saya penting banget untuk cek ricek kendaraan. Karena kesehatan motor berkaitan erat dengan keselamatan pengendaranya. Bagi saya, safety is first. Keselamatan adalah hal yang utama.

Maka meskipun tidak terlalu paham tentang otomotif, saya harus tahu bagian apa saja yang harus saya perhatikan saat motor mulai tidak nyaman dikendarai. Pergi ke bengkel bisa menjadi solusinya. As You know, service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Jadi kita harus tahu nih jarak tempuh motor sudah sampai mana. Jangan sampai mblandang atau terlambat service motor karena bisa fatal akibatnya. Maka, membuat catatan kapan terakhir servis motor, rajin cek kilometer di speedometer bisa menjadi patokan. Kita jadi tahu ancer-ancer waktu kapan sebaiknya harus memeriksakan kondisi motor.

Bagian mana saja nih yang perlu kita perhatikan untuk cek ricek? Meskipun  buta soal mesin kendaraan, setidaknya kita harus tahu bagian-bagian pentingnya. Nah, bagian yang dicek itu antara lain memeriksa saluran bahan bakar. Lalu kondisi mesinnya bagaimana. Periksa rem-nya apakah masih pakem? Gas tangannya lancar atau tidak.

Perlu diingat kapan terakhir ganti oli mesin. Kapan terakhir ganti oli gardan. Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana kondisi ban? Apakah sudah perlu mengganti atau belum dan lain sebagainya. Lebih baik mencegah daripada mengobatikan? Apalagi kalau soal resiko berkendara, pastikan kondisinya tidak ada kendala.

Untuk lebih jelasnya tips saat service motor apa saja yang perlu kita perhatikan, yuk baca artikel ini sampai selesai. Monggo..

Jangan Telat Ganti Oli Mesin

Sudah pada tahu fungsi oli mesin itu untuk apa? Fungsi oli mesin sebagai pelumas, juga pendingin, sekaligus pelindung mesin. That’s why, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. FYI, rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin di 2500 Km. Bagaimana kalau kelupaan mengganti oli mesin ketika jarak sudah lebih dari 2500 Km?

Wah, tanggung sendiri resikonya. Mesin motor bisa mengalami kerusakan parah bahkan bisa sampai harus turun mesin lho! Memang sefatal itu ya? Iya, karena peran oli mesin itu sangat vital. Mengendalikan laju kendaraan sekaligus melindungi mesin. Lebih baik ganti oli mesin yang harganya tidak seberapa.

Daripada harus mengganti biaya yang lebih besar kalau sampai mesinnya rusak. Biaya yang perlu kamu bayar, biasanya meliputi biaya pembelian oli yang mana harganya tergantung merek dan biaya jasa ganti olinya atau jasa tap oli.

Memang sih, beberapa tahun terakhir ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km yang artinya 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester.

Jadi ya wajar aja sih kalo retailer ini mengklaim produk oli mereka bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini karena base oil tertinggi di kelas oli.

jangan telat ganti oli mesin

Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Gardan

Selain oli mesin, kalian juga harus tahu ada jenis oli yang lain yaitu oli gardan. Siapapun  pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Karena apa? Kalian harus tahu dan ingat bahwa fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Ini merupakan komponen penting yang ada dalam motor matic.

Rumus waktu penggantiannya adalah 2x ganti oli mesin, yang kemudian  dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Jadi misalnya nih kalian sudah 2 kali mengganti oli mesin, maka untuk penggantian oli mesin yang kedua kalian juga harus mengganti oli gardannya sekalian. Begitu ya. Inga-inga..clink!

Untuk gampangnya nih, saat penggantian oli mesin maksimal 5000 Km, yaitu 2×2500 Km sama dengan saatnya untuk ganti oli gardan. Maka dari itulah, jangan lupa mencatat tanggal penggantian oli ya. Lalu cantumkan tulisan itu di bagian motor yang mudah terjangkau. Di bagasi motor misalnya.

Cek Kondisi Busi

Pernah nggak mengalami motor tiba-tiba ngadat nggak mau jalan sama sekali? Sudah distarter berkali-kali namun motornya cuek bebek tidak reaktif sama sekali? Bikin kesal kan ya? Apalagi kalau mogoknya pas lagi di jalan. Alamak, malu dong ah mesti nuntun motor ke bengkel terdekat. Jika hal ini terjadi, coba dseh cek kondisi businya.

Barangkali memang sudah saatnya untuk ganti. Tahu sendiri kan, busi adalah bagian onderdil motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Maka ketika busi tidak dapat berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan motor sulit menyala.

Melakukan penggantian busi bisa menjadi solusi terbaik. Coba saja, begitu ganti busi bisa langsung jreng..mesin motor nyala kembali dan jalan deh. Ngeenggg..!

Perhatikan Kampas Rem

Sering nggak melihat berita kecelakaan bus yang memakan korban jiwa gara-gara rem blong? Nggak bahaya ta? Jelas banget bahaya sekali dong! Rem merupakan komponen penting dari kendaraan yang harus selalu terpantau konsisinya. Demikian juga dengan rem kendaraan motor. Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting.

Komponen pada motor yang sangat besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis saatnya untuk ganti. Karena rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Jangan sampai karena lupa ganti kampas rem, untuk mencegah dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Saatnya Ganti Filter Udara

Ibarat rumah, kalau kotor pasti ada banyak debu yang menjadi sarang berkumpulnya kuman penyakit dan banyak penyumbatan. Demikian pula halnya dengan mesin kendaraan bermotor. Ketika banyak kotoran yang menumpuk di mesin, maka akan terjadi penyumbatan disana sini yang menyebabkan fungsi onderdil mesin terganggu dan tidak lancar jalannya.

Saluran udara menjadi terhambat dan jelas tidak nyaman. Dalam bagian mesin kendaraan ada yang namanya filter udara. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Tujuannya agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Biasanya, mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Lalu  akhirnya memutuskan, apakah filter udara masih bisa dipakai setelah pembersihan atau harus ganti filter udara yang baru.

Cek Aki atau Accu

Pernah mendengar istilah Accu tekor? Saya pernah mengalaminya. Waktu itu motor matic saya tidak bisa saya starter. Saya harus menyalakan motor secara manual atau istilahnya ngeslah tidak secara otomatis dengan tombol starter.  Ternyata penyebabnya adalah accu yang tekor. Jika belum rusak, accu masih bisa distroom.

Tapi jika dengan stroom tidak mempan, artinya accu minta ganti. Sebagai informasi, tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika kondisi mesin menyala, tegangan aki berada pada tegangan 13,7 – 14,2 Volt. Maka kita harus memastikan kondisinya betul-betul.

Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, misalnya ditemukan ada kebocoran. Atau kondisi terminal yang sudah berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Segera ganti aki jika kondisinya sudah tidak layak. Tentunya agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Periksa Ban

Ban adalah bagian penting dari sepeda motor. Tanpa ban, motor tak akan bisa pergi kemana-mana. Karena memang roda itu berputar dan memakai ban yang bentuknya bundar. Bayangkan bagaimana jika kawat ban motor sudah keluar dan membahayakan pengendaranya. Lebih baik mengganti motor dengan ban motor baru daripada harus ambil resiko bahaya.

Lakukan pemeriksaan ban secara berkala. Kamu perlu untuk memprioritaskan memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Apakah bannya bocor, atau permukaannya sudah gundul dan yang lebih parah lagi sampai benjol sudah saatnya untuk mengganti ban. Resiko bahayanya tinggi kalau ban tidak prima.

Setelah melakukan pemeriksaan ban berkala secara mandiri, maka saatnya untuk service motor. Di bengkel, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban. Lalu mengecek kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya. Kita dapat menyampaikan keluhan ban pada mekanik.

Tune up Motor Rutin

Selain memeriksa bagian motor seperti yang saya tuliskan di atas, ada lagi pemeriksaan rutin secara berkala. Istilahnya adalah service motor tune up. Hm, istilah apalagi ya ini? Bingung nggak? Kalau bingung ndhodhok dulu. Hehehe..

Jadi, service motor tune up adalah servis motor secara rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban dan kondisi lampu. Lalu membersihkan karburator termasuk saringan udara, memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Seringkali tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tak perlu khawatir, mekanik akan menginformasikan sebelumnya kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. Kalau motor kalian jenis matic, ini saatnya untuk ganti oli motor matic pada saat tune up.

tune up motor rutin

Bengkel Servis Motor Terbaik di Tempatmu

Kalian punya bengkel motor langganan yang sudah cocok? Mencari bengkel yang benar-benar cocok itu seperti mencari jodoh. Gampang-gampang susah. Logikanya untuk mendapatkan servis motor yang bagus, kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga sesuai dengan ekspektasi kamu.

Namun saya tak perlu khawatir saat ini. Berdasarkan rekomendasi dari teman, ada salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan yang ada di sekitar kamu yaitu Planet Ban. Bahkan di bengkel ini, kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru? Jadi penasaran kan?

Jadi begini penjelasannya, servis motor rasa baru itu sama dengan dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan service motor jenis ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat. Biasanya kan kalau service motor bagus itu identik dengan harga mahal ya, yang ini tidak.

Fokus pemeriksaan dan perbaikannya pada servis motor rasa baru ini, yaitu pada bagian vital. Tahu sendiri kan letak bagian ini tersembunyi dan biasanya luput dari perhatian saat diservis. Ya termasuk jarang dicek dan disetel secara rutin saat service. Padahal bagian ini sangat penting lho namun sering terabaikan.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban Itu Apa Aja Sih?

  1. Saat service motor menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Sehingga mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.
  2. Dengan penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi ini, jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  3. Tak perlu sering ke bengkel karena ganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja yaitu antara 4-6 bulan sekali. Sehingga biaya servis motor jadi lebih hemat.
  4. Dengan cara service motor seperti ini di Planet Ban, secara otomatis kamu bisa ikut berkontribusi memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Yang Membedakan Servis Motor di Planet Ban dan di Tempat lain

Sering nggak sih saat selesai servis motor tapi rasanya tidak bersih betul. Kondisi motor biasanya masih banyak kotoran, ada debu, dan juga sisa pembakaran yang masih tinggal di bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan adanya kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Hal itu tak akan terjadi jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, lho! Seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga menjadi seperti baru. Cek saja bagian kepala silinder, lalu blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih. Ya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru lagi. Kinclong!

Yes, saat service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho! Lihat saja hasilnya! Tarikan jadi lebih enteng, lalu emisi turun lebih dari 70%, terus lebih hemat BBM, dan yang paling penting nih mesin jadi bersih total! Cucok banget deh..

Terus, soal harga bagaimana? Jangan-jangan bikin dompet menipis? Tenang saja, harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, biayanya terjangkau banget! Untuk biaya service motor injeksi hanya Rp20.000, lalu biaya  service CVT sekaligus rantainya cukup Rp19.500 saja. Bahkan untuk service throttle body juga hanya Rp20.000. Wow, kan?

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, buka catatannya kapan terakhir kamu service motor? Jika ini saatnya harus service motor lagi, yuk ah ke Planet Ban saja! Kamu akan mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Hidup jelas makin berwarna, ya kan?

Happy riding motorcycle!

yang membedakan service motor di planet ban dan di tempat lain

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

11 thoughts on “Tips Saat Service Motor, Perhatikan Hal Ini!”

  1. Aku pernah telat ganti busi mba…pas jalan di jembatan layang Janti, tiba-tiba ngerasa motor nggak ada tenaga, trus mati mesin… Bayangin, nuntun dr atas jembatan layang mpe selatan per4an itu…

    Habis itu kapok. Klo ada tanda2 motor mau rewel, sebisa mungkin terus ke bengkel

Tinggalkan Balasan