Biaya dan Cara Pasang Listrik Baru

biaya dan cara pasang listrik

Andai di dunia ini tak ada listrik, what will happen?

Biaya dan cara pasang listrik baru. Tak dipungkiri memang, keberadaan jaringan listrik sangat memudahkan tugas dan kegiatan sehari-hari. Dari urusan rumah tangga hingga pekerjaan yang lain. Pengalaman saya sendiri sebagai ibu rumah tangga, dari bangun pagi lalu saat menanak nasi pakai listrik. Setelah itu mencuci dengan mesin cuci lalu menyetrika baju.

Urusan pekerjaan domestik selesai, beralih peran mengajari anak sekolah online selama pandemi ini. Memakai handphone atau komputer semuanya membutuhkan tenaga listrik untuk kinerja berbagai perangkat listrik itu. Jadi membayangkan, apa jadinya kalau di dunia ini tidak ada listrik? Yang pasti gelap gulita ya.

Zaman saya kecil, saya mengalami tuh yang namanya belajar pakai lampu teplok atau yang lebih terang memakai lampu petromaks. Bahan bakarnya menggunakan minyak tanah. Setiap sore saya ikut membantu orangtua mengisi lampu-lampu teplok dengan minyak tanah dari jerigen menggunakan corong. Tak jarang tangan saya ketumpahan minyak tanah yang baunya khas.

Saya juga mengalami menyeterika baju memakai setrika dengan bahan bakar arang yang ada simbol ayam jagonya. Atau menimba air dari sumur karena belum ada pompa air listrik di rumah saya. Sebenarnya sih, sudah ada program listrik masuk desa, tapi khusus keluarga kami saat itu belum mampu untuk membayar biaya pasang listrik.

Itu cerita tentang masa lalu yang sangat membekas dalam ingatan saya. Beberapa bulan yang lalu, saya membantu saudara saya yang sedang membangun rumah untuk memasang sambungan listrik baru. Besar dayanya 2200 VA dengan tegangan 220 Volt. Saya lalu browsing ke internet untuk mencari referensi harga dan tata cara pemasangannya.

Biaya Pasang Listrik Baru

Sebelum mendaftar ke PLN, untuk mendapatkan gambaran tentang estimasi biaya, saya pun browsing ke website resmi PLN Indonesia. Disana ada panduan yang memudahkan untuk mendapatkan harga pasang listrik baru hanya dengan cara memasukkan data di Simulasi Pasang Baru. Mengisi data dengan memilih produk layanan, peruntukan, daya, Rp beli token perdana, dan kabupaten / kota. Lalu klik hitung biaya.

Setelah itu mengisi produk layanan dengan post bayar atau prabayar. Peruntukan untuk bisnis, industri, publik, rumah tangga atau sosial. Daya adalah berapa besar Volt Ampere dari 450 VA hingga 41500 VA. Rp beli token perdana ada pilihan dari 20 ribu hingga 1 juta rupiah. Lalu isi kabupaten atau kota pemasangan listrik baru.

Biaya pemasangan listrik baru ini beragam. Pengalaman saya bulan lalu, untuk pemasangan listrik dengan daya 2200 VA biayanya adalah :

  • Biaya penyambungan (BP) : Rp. 2.062.000
  • Stroom awal : Rp. 18.518
  • Biaya PPJ (8%) : Rp. 1.482
  • Biaya PPN R3 : 0
  • Biaya SLO (termasuk PPN 10%) : Rp. 110.000
  • Bea meterai : 0

Total biaya : Rp. 2.192.000

Uang sejumlah 2.192.000 ini yang harus saya bayarkan ke bank yang ditunjuk oleh PLN. Biaya ini sesuai dengan informasi yang saya dapatkan melalui website PLN di bagian simulasi pasang baru. Dengan mengetahui informasi ini, saya jadi punya gambaran dan dapat mempersiapkan biayanya tanpa harus mengira-ira yang belum jelas.

Biaya pasang listrik baru
Sumber : web.pln.co.id

Biaya tambahan

Selain biaya diatas, pada saat pemasangan ada tambahan biaya untuk kabel listrik. Pengalaman saya, waktu itu membayar kabel sepanjang 10 meter dengan harga @Rp. 10.000/meter kepada petugas pemasangan listrik. Jadi, biaya tambahan yang saya bayarkan sejumlah Rp. 100.000. Jadi kalau mau ditotal, biaya seluruhnya menjadi Rp. 2.292.000

Cara Pasang Listrik Baru

Mendaftar di PLN dengan membawa fotocopy KTP dan nomor rekening listrik terdekat

Waktu itu saya langsung mendaftar di loket PLN untuk pemasangan listrik baru. Karena yang pasang listrik bukan saya dan saudara saya tinggal di luar kota, maka saya menggunakan fotocopy KTP ibu saya. Kenapa bukan KTP saya atau saudara saya? Ternyata, setiap orang hanya memiliki jatah punya satu rekening listrik. Saya dan saudara saya sudah punya rekening listrik.

Maka saya memakai atas nama ibu saya yang belum pernah memiliki rekening listrik dan kebetulan pula rumah ibu bersebelahan dengan rumah saudara yang sedang dalam proses pembangunan. Lalu nomor rekening listrik terdekat adalah nomor rekening listrik tetangga yaitu ibu saya, tapi atas nama rekening listriknya masih penghuni rumah yang lama.

Petugas PLN meminta saya menuliskan nomor handphone yang aktif. Dalam hal ini saya memberikan nomor handphone saya supaya mudah berkomunikasi saat petugas datang ke lokasi yang akan dipasang listrik baru. Oleh karena itu saya pun harus memberikan denah lokasi rumah untuk pemasangan listrik secara jelas.

Lalu petugas menanyakan berapa daya listrik yang akan terpasang. Saya menuliskan 2200 W lalu petugas mendaftarkan secara online. Setelah itu petugas memberikan rincian biaya yang harus saya bayar ke bank tertentu. Saat itu juga saya segera berangkat menuju bank yang dimaksud supaya segera beres semuanya dalam satu hari.

Membayar biaya pemasangan listrik baru di bank yang ditunjuk

Jarak antara kantor PLN dan bank yang untuk pembayaran lumayan jauh. Tapi saya bersyukur sesampainya disana, tidak terlalu banyak antrian di bank. Saya hanya menunggu satu orang untuk sampai pada giliran saya membayar biaya pemasangan listrik baru. Sebelum menghadap teller, saya mengisi form pembayaran.

Saya membayar sejumlah Rp. 2.192.000 untuk pemasangan listrik dengan daya 2200 VA. Pada form isian No. pelanggan saya mengisi dengan kode booking yang tertera dalam lembaran kertas dari petugas PLN sebelumnya. Pada slip pembayaran ada isian tentang tujuan transaksi saya jawab pasang listrik baru. Setelah urusan pembayaran selesai, saya pun pulang.

Menunggu petugas PLN menghubungi

Berapa lama waktu untuk menunggu petugas PLN datang dan memproses pemasangan listrik baru? Idealnya sih 3-7 hari tergantung pada banyak atau sedikit antrian. Kalau saya, karena kebetulan sedang banyak antrian, saya pun menunggu selama satu bulan hingga petugas datang dan memasang saluran listrik baru di rumah saudara saya.

Nah, itulah tips dan pengalaman saya mengenai biaya dan cara pasang listrik baru. Semoga cerita dan informasi ini dapat bermanfaat.

Tunggu update terbaru dari blog The Colorful Life by Juliastri Sn yaa..! Terima kasih sudah berkenan untuk membaca tulisan saya. Sampai jumpa kembali!

Tarif pasang listrik baru
Kartu listrik
Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

32 thoughts on “Biaya dan Cara Pasang Listrik Baru”

  1. Dengan sistem pembayarannya yang terperinci begini kita bakal terhindar dari pungli ya. Soalnya kalau di kampung nih semasih suka ada lho petugas PLN yang meminta uang lebih.
    Dengan sistem digitalisasi seperti sekarang semoga pelayanan dari PLN bisa lebih baik

  2. step by stepnya jelas. kita ga usah pusing lagi pas mau pasang listrik. tempo hari pasang listrik sekalian diurusin sama yang ngebangun rumah. jadi kami tinggal bayar aja ga tahu prosesnya 🙂

  3. Saya sebetulnya lebih suka listrik pasca bayar. Abis suka jadi ribet kalau bunyi menjelang tengah malam trus suami masih di kantor hahaha. Tetapi, pasang listrik sekarang bagus, ya. Servicenya udah lebih baik.

    1. Beda sama saya mbak Mira…saya malah “menikmati” bunyi meteran yang udah mau habis wkwkwkw. Makanya, jadi suka beda pendapat, saya maunya agak nanti2 ngisi token. Sementara suami pengen token segera isi biar ga bising 😀

      Mb Juli lengkap banget sharingnya. Btw, di kompleks tempat tinggal saya dulu, nama rekening listriknya kok bisa seragam atas nama developer ya (kecuali yang sudah mengajikan bali nama). Apa karena developer, jadi bisa mengajukan satu nama untuk bikin banyak rekening listrik?

  4. Belum pernah masang listrik baru krn listrik dipasangin pengembang tapi waktu itu pernah ganti meteran listrik krn meteran lama error gtu, kyknya prosesnya mirip2 mungkin beda di jumlah pembayaran aja kali ya
    Ini info ok kali kapan2 ada rezeki bangun rumah baru dari tanah sendiri dai 0 biar gk bingung2 lg gmn cara masang listriknya hehe

  5. Wah komplit nih caranya, jadi sekarang udah tau caranya pasang listrik baru. Kalo aku lagi pengen ngurangin daya listrik di rumah si mbak tp susah ternyata kalo nambah baru gampang hahaha

  6. Tetanggaku dulu pernah mengalami kesulitan listrik, kak.. Bukan karena listriknya gak ada, tapi ketahuan kalau tetangganya nge-gantolin alat untuk ikutan pakai listrik ((mencuri)).
    Lalu saat lapor ke PLN, jadilah mengurus lagi dari awal.
    Dan sekarang listrik banyak yang pakai token yaa.. Aku masih rumah lama sih…yang pakai meteran.

  7. sekarang kalau pasang listrik baru bisanya yang prabayar ya mbak? jujur aja saya lebih suka yang pasca bayar biar gak bingung kalau token listrik pas mati tengah malam gitu hehe. biaya pasangnya lumayan juga ya untuku ukuran voltase yg tinggi

  8. Wah terimakasih informasinya mbak, dulu aku pernah nambah daya mbak tapi sayangnya nyuruh orang jadi gak begitu ngerti alur nya

  9. Waduh, cukup lama ya nunggu pemasangannya mba, sampai sebulan gitu. Berarti banyak juga ya orang yang memasang instalasi listrik baru.
    Kalau sekarang, masih bisa pasang yang pasca bayar kah mba? Tetangga saya ada yang pasang baru soalnya rata-rata pada pake yang pra bayar.

  10. Jaman aku kecil juga masih melihat saudara yang menyetrika dengan menggunakan arang, itu setrikannya berat banget deh. Atau menimba air dari sumur, waah penuh kenangan deh. Alhamdulillah sekarang bisa tambah mudah dengan adanya listrik yang merata ya.

  11. Rasanya galau banget deh kalau nggak ada listrik. Soalnya tiap hari kan kita selalu menggunakan daya listrik untuk ini dan itu. Mencuci baju, menyetrika, dan yang lainnya. Semakin besar daya listrik jadi semakin besar pula biaya pasang listrik ya, Kak.

  12. Wah, lumayan juga ya biaya pemasangan listrik baru ini. Tapi memang sebanding sih dengan manfaat yang akan didapatkan. Gak kebayang juga ya kalo hidup tanpa listrik. Aku sendiri sekarang kepengen nambah daya. Biar bisa masak pake alat listrik yang watt-nya gede-gede itu lho. Heheheh

  13. Aku dari dulu tinggal di rumah Ibu, jadi belum pengalaman pasang listrik baru di rumah baru. Hehe. Tapi pernah beberapa tahun lalu naik daya, dari 1300 menjadi 2200 karena kebutuhan listrik di rumahku sangat tinggi. Tanpa listrik, nggak bisa apa-apa aku, tuh.

  14. Pengetahuan nih jadi tau tentang pemasangan dan biaya listrik karena masih tinggal sm ortu jadi tau beres aja kalo udah mandiri ini jadi catatan penting yg harus diketahui, makasi ya

  15. Aku juga waktu pindahan rumah pasang listrik baru, Mbak. Terbilang cepat sih ya sebenarnya, dan memang penting untuk mengetahui info-info yang Mbak tulis di atas. Supaya nggak ada yang memanfaatkan, seperi meminta uang tambahan atau apa gitu.

  16. Wah saya juga mengalami belajar pakai lampu minyak, mbak. Treus kalau pergi-pergi keluar pada malam hari pakai obor. Alhamdulillah sekarang lumayan mudah ya pasang listrik baru, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  17. Baru tahu kalau biayanya sampai 2juta untuk pasang listrik 2200. Trus satu nama orang, satu rekening listrik. Hmm berarti kalau rumahnya banyak, pinjam nama siapa aja ya? Heheh.

    Btw, mendingan prabayar atau pascabayar, sih, mbak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *