Cara Menghapus Pembatasan Rekening Paypal

Cara menghapus pembatasan rekening Paypal

Awalnya, saya tidak sadar kalau ada pembatasan rekening Paypal saya hingga suatu ketika..

Julipedia

Cara menghapus pembatasan rekening Paypal ternyata cukup mudah asalkan paham dan mengetahui prosesnya. Saya mempunyai akun ini sudah cukup lama, meskipun jarang sekali memakainya. Saking jarang menggunakan, saya sampai tidak menyadari kalau akun saya dikenakan pembatasan. Dari mana saya tahu kalau ada pembatasan rekening saya?

Ceritanya begini. Beberapa waktu yang lalu saya mendapat job blog berupa content placement tapi artikelnya membuat sendiri. Agency yang memberikan pekerjaan kepada saya secara online ini, berasal dari luar negeri. Maka untuk pembayaran invoice memakai alat pembayaran rekening Paypal. Saya sudah lama memiliki akunnya, tapi belum pernah menggunakannya.

Maka setelah tugas saya tunaikan, dengan pedenya saya memberi akun Paypal saya sesuai permintaan agency. Namun olala, setelah cukup lama menunggu payment yang tak kunjung paid, saya memberanikan diri untuk bertanya. Pemberi job mengatakan bahwa akun saya menolak pembayaran. Dalam arti, rekening Paypal saya tidak bisa menerima pembayaran.

Waduh, saya panik dong. Ada apa ini? Perasaan saya, akun Paypal saya baik-baik saja. Tapi kenapa menolak pembayaran? Lalu agency itu menyarankan saya untuk meminjam rekening alat pembayaran dengan dolar itu punya teman. Maka bertanyalah saya kepada beberapa teman Blogger yang punya akun rekening tersebut.

Sayangnya, beberapa teman saya mengatakan kalau akunnya sudah lama tidak aktif. Ada juga yang bilang lupa password dan nama akunnya. Yo wis, saya pun mencari alternatif lain. Akhirnya mendapatkan punya saudara yang berkecimpung di dunia online juga. Hm, saya bisa bernafas lega dong. Maka proses pembayaran berjalan lancar jaya.

Alasan Pembatasan Rekening Paypal

Setelah peristiwa itu, saya pun mulai utak-atik mencoba mencari permasalahannya dimana. Saya coba untuk mengirim $1 ke akun teman, ternyata tidak bisa. FYI, rekening saya ada beberapa dolar, hasil dari link affiliasi di masa lampau. Wah, ternyata saya tidak bisa mengirim, menerima dan tentu saja tidak bisa belanja online dengan dengan rekening Paypal saya.

Why oh why, pada awalnya saya tidak tahu kenapa saya tidak bisa menggunakannya, padahal akunnya aktif dan masih bisa diakses. Lambat laun saya tahu kalau ternyata rekening Paypal saya sedang dibatasi. Alasannya? Itu yang sedang saya cari tahu. Dan proses mencari tahu itu cukup lama sampai setahun lho! Lama amat ya.

Kenapa bisa sampai setahun? Jadi ceritanya, setahun kemudian, agency yang dulu memberi pekerjaan, sekarang memberi job lagi tapi agak beda temanya. Jenisnya masih sama, yaitu saya membuat artikel kemudian ada backlink yang harus saya pasang di blog sesuai dengan request anchor text mereka. Saya pun mengiyakan.

Masalah kembali timbul saat payment tiba. Akun Paypal saya belum beres. Maka saya pun minta ijin kepada saudara saya dulu yang rekeningnya pernah saya pinjam. Dia mengiyakan rekeningnya dipinjam dong. Lalu proses pembayaran pun berjalan dengan sukses hanya dalam hitungan menit. Eh, hitungan detik malah. Cepet banget.

Saya pun menitipkan pembayaran beberapa dolar itu di rekening Paypal saudara saya. Soalnya saya bertekad untuk membereskan masalah pembatasan akun saya itu. Kan malu kalau harus meminjam terus. Maka saya mulai mempelajari masalah sebenarnya apa. Ternyata, alasan pembatasan Paypal saya karena ada nama yang tidak sesuai dengan rekening di Bank.

Jadi, dulu saya membuat rekening Paypal itu asal saja. Pakai nama nickname gitu. Ternyata, ketika dihubungkan dengan rekening bank namanya harus sesuai. O ya, sebagai informasi kalau dulu untuk membuat rekening Paypal harus mempunyai kartu kredit, sekarang tidak punya pun tidak apa-apa. Bisa memakai rekening tabungan di bank.

Rekening Paypal dibatasi

Cara Menghapus Pembatasan Rekening Paypal

Setelah tahu masalah utamanya adalah nama yang tidak sesuai, saya mulai mencoba untuk mencari solusi pembatasan Paypal ini. Langkah-langkah untuk menghapus pembatasan ini dapat melalui pusat penyelesaian. Tinggal klik lalu akan ada step by step yang harus dilakukan. Dalam kasus saya, ternyata ada beberapa persyaratan yang harus saya penuhi.

Maksud dari pembatasan rekening Paypal saya adalah demi keamanan. Karena memang Paypal ini merupakan rekening dana secara online yang memudahkan pembayaran dari dalam dan ke luar negeri. Sifatnya praktis dan siapapun dapat menggunakannya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Mau transfer, minta ditransfer, belanja online atau mencairkan dana juga bisa.

Ganti Password

Notifikasi di akun Paypal saya menyarankan untuk mengganti password secara berkala demi keamanan dan kenyamanan. Saya baru menyadari ternyata password saya kurang strong. Password yang bagus adalah yang mempunyai kombinasi angka dan huruf besar, huruf kecil secara seksama. Maka saya pun menggantinya dengan kata sandi yang tak mudah ditebak.

Nama harus sesuai dengan kartu identitas

Yup, nama saya ada sedikit perbedaan di akun Paypal dan KTP saya. Meskipun hanya satu huruf, tetap harus sama. Untuk koreksi nama ini, ada beberapa kategori. Misalnya, ganti nama setelah menikah, koreksi hanya satu huruf, dan ada juga harus mengganti dengan nama yang lengkap yang resmi sesuai dengan kartu identitas. Bukan nama panggilan atau nickname saja.

Karena saya harus mengganti nama lengkap yang resmi, maka saya harus menunjukkan bukti dengan upload kartu identitas dan akta nikah. Jelas kan kedua bukti itu pasti menunjukkan nama yang sama. Lalu yang penting, nama di rekening bank yang tercantum juga harus sama dengan kedua bukti yang tersebut di atas.

Alamat harus sesuai dengan kartu identitas

Saya baru ngeh, alamat yang saya cantumkan di rekening Paypal ternyata masih alamat lama. Maka, saya harus memperbarui data dengan alamat terakhir yang tertera di kartu identitas terbaru. Caranya tentu dengan menunjukkan bukti. Saya pun jadi sadar ternyata selama ini saya belum mengupload Kartu Tanda Penduduk.

Misalnya saya sudah mengupload KTP dan alamatnya sama dengan yang ada di rekening, sebenarnya alamat tidak akan ditanyakan lagi. Mungkin ada yang bertanya, amankah menggugah kartu identitas di akun Paypal. Sejauh ini sih aman-aman saja, karena tingkat sekuritasnya cukup tinggi. Ada verifikasi 2 langkah yang membuat tenang dan aman.

Rekening bank yang diterima

Paypal bekerjasama dengan kartu kredit dan kartu debit. Hampir semua bank dapat dihubungkan dengan Paypal. Kartu debit seperti visa, mastercard dan American Express dapat menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran online yang sah, aman dan praktis. Saya dapat mencairkan dana dari Paypal ke rekening bank saya dalam waktu maksimal 4 hari kerja.

Berapa Lama Proses menghapus Pembatasan Rekening Paypal

Berdasarkan pengalaman saya kemarin, jarak antara mengupload berkas-berkas persyaratan dengan approvednya lumayan membutuhkan waktu. Tapi menurut saya tidak terlalu lama. Begitu saya mengupload KTP dan akta nikah, ada pemberitahuan untuk menunggu proses yang berlangsung. Kalau tidak salah saya perlu waktu sekitar 2 minggu.

Jadi kan saya bertahap proses konfirmasinya. Setelah kartu identitas dan akta nikah saya dicek, tanda pembatasan rekening di bagian perubahan nama sudah di cek list. Konfirmasi perubahan nama ini hanya sekitar beberapa hari. Yang bagian alamat belum dicentang, berarti masih dalam proses pemeriksaan hingga dinyatakan oke.

Pembatasan Rekening Paypal Berhasil Dihapus

Begitu saya mendapat notifikasi melalui email dari Paypal bahwa rekening saya sudah tidak ada pembatasan lagi, saya senang sekali. Saya langsung mencoba transfer $1 ke Paypal suami saya yang ternyata akunnya baik-baik saja. Lha tahu begitu kan saya tidak perlu pinjam ke rekening saudara. Ya ampun, sampai tidak ingat sama sekali lho saya.

Transfer saya ke akun Paypal suami dinyatakan berhasil. Lalu suami saya suruh untuk transfer balik uang yang saya transfer satu dolar itu ntuk mengetes apakah rekening saya sudah bisa ditransfer. Ternyata bisa lho! Aih, senangnya saya. Ada rasa penyesalan kenapa saya tidak mengurusnya dari dulu. Kan wasting time banget sampai bertahun-tahun.

Lalu saya pun menghubungi saudara yang saya pinjam akun Paypalnya dan minta tolong kepadanya. untuk transfer uang payment job blog saya ke rekening Paypal saya. Saya mengatakan kalau Paypal saya sudah beres tidak ada pembatasan lagi. Langsung bisa lho, dalam hitungan menit uang beberapa puluh dolar itu sudah mendarat cantik di rekening saya.

Tak puas sampai disitu, saya pun mencoba untuk menarik dana dari Paypal. Dana beberapa puluh dolar itu saya hubungkan ke rekening bank melalui menu wallet. Prosesnya membutuhkan waktu maksimal 4 hari. Adakah biaya administrasi? Ada. Kalau saya kemarin kena potongan sekitar $1 atau sekitar 15 ribu rupiah.

Nah, itulah pengalaman saya dalam upaya menghapus pembatasan rekening Paypal saya. Yang terpenting kalau rekening Paypal dibatasi jangan panik. Cari tahu apa penyebabnya, lalu cari solusinya. Asalkan mengikuti langkah-langkahnya pasti bisa berhasil kok. Yang utama, harus menyediakan waktu untuk itu.

Semoga tips ini bermanfaat ya!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

43 thoughts on “Cara Menghapus Pembatasan Rekening Paypal”

  1. Aku belum pernah bikin rekening paypal , Mbak
    Dari artikel ini aku jadi tahu cara bikin ,tipsnya dan sara menghapus pembatasan rekening paypal. Ke depan jika mau buat rekeningnya jadi ngerti sebelumnya. Thanks sharingnya

  2. Hahhaaa..kbayang paniknya itu loh, aku pernah ngalamin sepuluh tahun yang lalu, mana belom terlalu familiar, namaku pake Nick name juga, nama panggung .
    Ya udah bikin lagi pake nama KTP. Makasih tipsnya yaaa

  3. Wah, ternyata lumayan ribet dan berbelit2 juga prosedurnya yaah
    Tapi bagus juga sih demi proteksi karena kalo beda nama,
    walau satu hurup bisa jadi beda orang juga

    Apa lagi zaman sekarang banyak kasus penipuan kan, mending cari aman aja yaah
    Makasih share-nya yah mbaaak

  4. Oww proteksinya ya rupanya, Mbak .. untuk keamanan pengguna sendiri sebenarnya. Akhirnya jadi tahu dan bisa menyelesaikan masalah lalu upload di sini. Saya jadi tahu deh … saya punya rekening PayPal juga .. nama akunnya sesuai dengan nama lengkap saya. Semoga saya gak bikin sesuatu yang bisa membuat rekening saya dibatasi jumlah keluar-masuknya.

  5. wah ini ya ternyata caranya
    makasih ya mbak, sudah menulis ini
    kebetulan aku juga punya akun paypal
    mau coba langkah ini biar akun paypal ku aman

  6. oh sekarang bisa dihubungkan ke rekening bank ya, nggak harus punya kartu kredit.
    Dulu, bertahun-tahun yang lalu pernah mau bikin akun paypal, tapi batal gara-gara nggak punya kartu kredit

  7. Paling ribet yaa, kak…kalau job minta akun PayPal.
    Tapi ini bisa menjadi pengalaman. Kemarin, aku juga minta akun PayPal suami, tapi karena ada pilihan transfer bank, aku pilih bank aja deeh…meski kalau hitung-hitungan potongan, lebih besar trasfer via bank.

  8. Kemarin pas lihat feed di LinkedIn ttg postingan ini, terlintas worry “kok ada pembatasan di Paypal ya?” akhirnya terjawab sudah pertanyaan saya. Alhamdulillah, saya dulu awal bikin PP iseng-iseng karena belum kenal job-job yang dibayar ke PP. Alhamdulillah bermanfaat banget setelah dapat beberapa job yang dibayarnya pakai PP. Lebih senengnya kemarin WD dari PP ke rekening Bank gak ada fee lagi (dulu-dulu ada fee-nya)

  9. Wah, terima kasih infonya, Mbak. Jadi pengen ngecek akun paypal saya nih, secara udah lama juga nggak aktif karena kalau mau transfer ke bank dalam negeri potongannya lumayan juga huhuhu.

  10. Saya belum punya rekening paypal mba, terimakasih sharingnya, ternyata nama harus sama dengan kartu identitas ya, gak bisa pakai nickname

  11. Aku baru tau ada pembatasan.
    Tapi aku dulu bikinnya ga pake kartu kredit mak. Akun paypalku dah lama ini 2010 tapi ga pake cc buat transaksi. Alhamdulillah lancar2 aja sampai saat ini keluar masuk

    Tapi kudu aware juga ya. Untung udah selesai mba

  12. Jadi inget kalau beberapa hari yang lalu juga aku dapat job yanh dibayar pake paypal. Jadi pengen cek lagi akun paypalku. Jangan sampe kena pembatasan. Pas banget sih terdampar di sini, Mak.
    Makasih banget, lho

  13. Aku belum pernah pakai paypal sih buat transaksi, punya akunnya sih, tp gak pernah dipakai. Penting jg ya data kita dgn rekening bank, supaya gak ada yg salah gunakan jg ya. Makasih sharingnya mba.

  14. Wahh aku lupa nih password Paypal-ku. Soalnya lama banget gak dipakai, dan dulu baru dipakai sekali sih. Saldonya pun dikit banget. Haha.
    Btw makasih Mbak sharingnya. Mungkin akan bermanfaat nanti kalau aku pakai Paypal lagi πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *