Ini Dia 11 Perayaan Imlek yang Unik dan Meriah di Indonesia

Yang khas dari perayaan Imlek adalah angpau

Anonim

ITahun baru Imlek atau tahun baru Cina merupakan salah satu tradisi orang Tionghoa yang dirayakan setiap tahunnya. Penduduk Cina merupakan penduduk terbanyak di dunia dan tersebar dimana-mana, salah satunya di Indonesia. Indonesia mempunyai banyak penduduk yang mayoritasnya keturunan etnis Tionghoa. Masyarakat etnis Tionghoa akan merayakan Imlek bersama-sama. Perayaan Imlek di Indonesia, mempunyai tradisi yang khas yaitu pertukaran β€œamplop merah” atau juga disebut juga sebagai angpao. Tujuan dari perayaan tradisi Imlek merupakan bentuk pengucapan syukur, doa dan harapan agar tahun depan rezeki semakin lancar, dan juga sebagai ajang untuk bersilahturahmi dengan anggota serta kerabat. Tradisi bertukar angpao merupakan kegiatan yang paling indentik dengan perayaan Imlek. Saat tahun baru Cina, semua kerabat akan bertukar angpao dari yang tua kepada yang lebih muda. Jumlah angpao Imlek ini tidak mempunyai batasan yang besar, tetapi tidak boleh bertukar dengan uang yang bentuknya logam. Saya pernah kecipratan dapat angpau saat Imlek dari bos saya yang etnis Tionghoa di jaman saya masih jadi karyawan dulu.

Beberapa keluarga mempunyai tradisi Imlek yang berbeda-beda. Biasanya mereka akan merayakan dengan cara berkumpul bersama keluarga dan makan bersama dengan keluarga besar. Perayaan Imlek indentik dengan perayaan makan-makan dan semua hal yang berbau baru. Segala kebutuhan untuk perayaan tahun baru Imlek, yang salah satunya adalah dengan membuat dekorasi Imlek dengan beragam, pernak-pernik dan lainnya.

Ada 11 perayan tradisi Imlek yang unik dan menarik yang ada di Indonesia sebagai berikut ini :

Perang Air Di Riau

Credit : sinkap.info

Perayaan Imlek di Riau sangat berbeda dengan kota-kota lainnya, yang biasanya merayakan Imlek dengan cara pawai. Suasana menjelang Imlek di Riau sangat meriah, dinikmati juga oleh mereka yang bukan etnis Tionghoa. Hampir semua warga Riau akan rama-ramai mengikuti perang air, yang mirip seperti perayaan songkran di Tahiland. Warga Riau berbasah-basahan di hari raya Imlek. Dengan perang air ini, menandakan bahwa awal tahun baru ini juga biasa disebut dengan Ciancui.

Sembahyang Di Klenteng Po Hwang Kong, Lombok

Meskipun tidak banyak etnis Tionghoa, ternyata di Lombok ada klenteng yang usianya cukup tua. Klenteng itu bernama Po Hwa Kong, yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No 180, Kelurahan Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Klenteng ini didirikan pada tahun 1840. Pada perayaan tahun baru Imlek, biasanya banyak warga Tionghoa yang sembahyang atau berdoa memohon berkat di klenteng tua ini.

Depok Merayakan Imlek Dengan Mandi Bersama Di Sumur Tujuh Lubang

Credit : sindonews.com

Masyarakat Tionghoa di Depok mempunyai cara unik untuk merayakan tahun baru Imlek. Warga etnis Tionghoa Depok ini akan beramai-ramai datang ke Vihara Gayatri. Tak hanya untuk beribadah, perayaan Imlek juga biasanya dirayakan dengan mandi bersama di sumur tujuh lubang. Sumur-sumur ini dipercaya memiliki kekuatan yang akan mendatangkan rezeki, jodoh, bahkan juga bisa menyembuhkan penyakit.

Perayaan Imlek Meriah Di Vihara Dharma Bhakti, Jakarta

Kebanyakan etnis Tionghoa di kota atau negara lain akan melakukan sembahyang pada saat tahun baru Imlek. Warga etnis Tionghoa Jakarta juga melakukan ibadah. Di Jakarta terdapat vihara yang sangat terkenal yaitu Vihara Dharma Bhakti yang berada di daerah kota yang dipadati oleh orang-orang yang ingin sembahyang. Vihara ini akan terlihat lebih meriah dengan hiasan khas Imlek yang serba merah dan baru.

Pulau Kemaro Menjadi Pusat Perayaan Imlek Di Palembang

Perayaan Imlek akan diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh yang berlangsung 15 hari setelah Imlek. Perayaan ini juga tak kalah meriah dengan perayaan Imlek. Pada perayaan Cap Go Meh di Palembang sedikit berbeda dengan yang lainnya dikarenakan semua berpusat di pulau Kemaro. Pulau Kemaro ini berada di tengah Sungai Musi yang akan sangat ramai saat perayaan Cap Go Meh. Sehingga, banyak warga Tionghoa yang akan bersembahyang di sebuah kleteng yang di bangun khusus di pulau Kemaro ini.

Tatung Perayaan Imlek Di Singkawang

Perayaan tatung di Singkawang ini tergolong unik dan ngeri. Perayaan Imlek di kota yang berada di Kalimantan Barat ini, sangat berbeda dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Pada setiap tahun perayaan Imlek di Singkawang akan ada penampilan Pawai Tatung, yaitu atraksi sejenis debus. Saat perayaan ini, orang-orang yang kemasukan arwah leluhur akan berpawai. Penampilan yang paling mengerikan yaitu saat atraksi tatung menancapkan benda tajam ke seluruh tubuh.

Pasar Malam Imlek Di Semawis

Semawis terletak di kota Semarang. Perayaan Imlek disana juga cukup meriah. Selama perayaan Imlek, kota Semarang akan mengadakan pasar malam yang menyuguhkan beragam kuliner dan budaya Tionghoa. Tentunya, jika Anda berada di kota Semarang akan bisa merasakan suasana Imlek yang sepenuhnya.

Grebeg Sudiro Perayaan Imlek Ala Warga Solo

Di kota Yogyakarta saat tahun baru Imlek sangat terkenal dengan grebeg suro, yang dilakukan setiap tahun baru Islam. Berbeda dengan grebeg suro, Solo juga punya grebeg sudiro, yang diadakan saat tahun baru Cina. Grebeg sudiro itu merupakan perwujudan akulturasi budaya lokal dan Tionghoa, Yang diselenggarakan di Kelurahan Sudiroprajan yang tepatnya berada di Jantung kota Solo.

Meriahnya Vihara Dan Klenteng Bersolek Di Medan

Di kota Medan banyak sekali masyarakat etnis Tionghoa yang berasal atau tinggal di sana. Tentunya pada perayaan Imlek, kota Medan akan terlihat lebih meriah. Terlebih lagi vihara-vihara dan klenteng yang bersolek saat menjelang Imlek. Suasan Imlek yang ramai bisa  dirasakan saat menginjakkan kaki di kota Medan. Banyak warga Tionghoa Medan yang akan bersembahyang di vihara ataupun kleteng saat perayaan Imlek.

Pawai Imlek Di Bogor

Di kota Bogor yang identik dengan sebutan kota hujan ini, suasanya akan semakin meriah saat tahun baru Imlek tiba. Pada tahun baru Imlek, kota Bogor akan mengadakan pawai pesta rakyat yang menggabungkan kesenian Sunda dan Tionghoa. Kota Bogor juga akan mengadakan pawai Cap Go Meh yang akan berlangsung selama 15 hari setelah Imlek.

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Pada tahun baru Imlek ini Yogyakarta akan merayakan Imlek dengan pekan budaya, sama seperti perayaan Imlek di kota Solo. Setiap tahun sekali, pekan budaya Tionghoa Yogyakarta ini diadakan. Pekan budaya ini sudah dilaksanakan selama 13 tahun berturut-turut. Yang serunya lagi, pekan budaya ini akan berlangsung cukup lama. Sehingga ada banyak kesempatan untuk mengenal budaya Tionghoa secara mendalam.

Nah, itu dia 11 tradisi perayaan Imlek yang unik dan menarik di Indonesia. Bagi Anda yang sedang memburu promo Imlek, segera kunjungi situs iLotte sekarang juga.

Happy Imlek, Xong Chi Fat Cai!

Credit : travel.kompas.com
Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

22 thoughts on “Ini Dia 11 Perayaan Imlek yang Unik dan Meriah di Indonesia”

  1. Banyak acara sungguh bikin saya ingin mengunjungi semua. Kangen suasana Imlek secara 12 tahun saya hidup bersama etnis dan budaya Chinese termasuk Imlek ini.
    Perayaan di luar negeri sama tanah air pasti beda ya. Karenanya saya penasaran…

  2. Baru tahu dengan perayaan-perayaan Imlek di berbagai kota di Indonesia ini. Itu yang Tatung, ngeri ya. Tapi memang di Singkawang ini kayaknya sering denger dengan acara-acara serupa. Aku kalo di sana, kayaknya gak sanggup lihat deh. Takuuut. Nah kalo di Bandung, aku suka. Lihat pertunjukan Barongsay yang keren-keren di saat Imlek.

  3. Macem-macem ya perayaan imlek di tiap negara. BTW sebentar lagi pasti bakal banyak festifal menyambut imlek. kalau di Jogja, di Malioboro bakalan ramai tuh dengan dekorasi merah πŸ˜€
    Aku suka banget deh πŸ˜€

  4. Yaeay besok IMLEK, biasanya kami lihat pertunjukan barongsai di mall, anak-anak suka banget, karena setahun sekali baru lihat barongsai lagi.. duh ngga sabar buat besok.. mau juga deh ngerasain perayaan impel di tempat lain seperti mba sharing ini

  5. Iya nih di Bogor di area Suryakencana udah siap2 festival imlek mbak.
    Tapi pastinya kyknya di Singkawang lebih ramai. Saya tu punya cita2 kalau imlek pengen liat SIngkawang, kelak. Pasti rame di sana πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *