Cara Memilih Asuransi Kesehatan Premi Murah Secara Online

Kesehatan itu mahal harganya, maka lindungilah selagi bisa..

Anonim

Kita semua tentunya ingin selalu sehat, betul? Namun kondisi dan situasi seringkali tidak sesuai dengan harapan. Ada banyak penyakit yang datang tiba-tiba, baik itu penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat hingga menyebabkan kritis. Seorang yang kaya bisa saja tiba-tiba menjadi miskin, hartanya habis terkuras untuk biaya kesehatan yang cukup mahal. Ya, penyakit datangnya tak diundang, pulangnya pun tak mau diantar. Mirip jelangkung. Duh! Itulah kenapa asuransi kesehatan premi murah sangat diminati saat ini.

Oleh karena itu, berjaga-jaga dengan menyiapkan dana proteksi untuk kesehatan itu perlu. Proteksi dana ini harus dipersipakan jauh-jauh hari dalam jangka waktu yang panjang. Lebih cepat lebih baik. Supaya di saatnya tiba, kita tidak menanggung beban yang begitu berat.

Siapapun,  tidak pernah menginginkan suatu musibah menimpa kita. Namun semua hal itu bisa saja terjadi di luar kehendak dan batas kemampuan kita. Saat dalam kondisi sakit, tiba-tiba mendapatkan musibah kecelakaan, atau dalam keadaan tak berdaya mencari nafkah karena penyakit yang menggerogoti, keberadaan asuransi kesehatan menjadi sangat berarti.

Asuransi kesehatan mempunyai banyak manfaat. Diantaranya manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan dan manfaat perawatan gigi (disesuaikan). Manfaat rawat inap meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium,  biaya dokter, biaya obat, layanan darurat, operasi hingga persalinan sesuai dengan isi perjanjian yang tertera dalam polis asuransi kesehatan yang dimiliki. Manfaat rawat jalan meliputi biaya yang ditanggung untuk konsultasi dokter, biaya obat sesuai resep, dan tindakan pencegahan lainnya. Manfaat perawatan gigi biasanya biaya yang ditanggung perusahaan asuransi berupa biaya perawatan gigi dasar dan komplek, serta pemasangan gigi palsu.

Dapat dikatakan asuransi kesehatan adalah produk asuransi  yang memberi jaminan biaya kesehatan atau perawatan kepada peserta asuransi  dengan  mendapatkan  pelayanan kesehatan saat mengalami sakit, kecelekaan sendiri, atau kecelakaan kerja. Selain itu ada juga penggantian uang sebagai ganti penghasilan yang hilang saat menderita suatu penyakit. Dapat dikatakan, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan peserta asuransi yang mengalami jatuh sakit atau kecelakaan.

Dua jenis perawatan yang ditawarkan dalam asuransi kesehatan yaitu rawat inap (in patient treatment)  dan rawat jalan (out patient treatment). Beberapa asuransi menanggung biaya akomodasi ruangan, akomodasi ICU, konsultasi dokter, konsultasi dokter spesialis, biaya obat, tindakan bedah,  layanan ambulan, cuci darah dan lain sebagainya. Ada juga penyakit kristis yang difasilitasi biayanya oleh beberapa asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini biasanya ada dalam satu paket dengan asuransi jiwa.

Perusahaan asuransi yang menyelenggarakan produk asuransi kesehatan biasanya bekerjasama dengan pihak rumah sakit baik secara langsung ataupun melalui asisten manajemen jaringan rumah sakit. Asuransi kesehatan ini mempunyai jaringan rumah sakit yang luas, bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan terdapat fasilitas pencairan klaim.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat jika mempunyai asuransi  kesehatan, maka di jaman digital ini pengajuan asuransi kesehatan pun dapat dilakukan secara online. Segera ajukan permohonan asuransi kesehatan di Cek Aja.com. Di portal online ini, tersedia banyak perbandingan produk-produk asuransi kesehatan dari berbagai lembaga penyedia asuransi kesehatan. Calon nasabah dapat memilih berbagai jenis asuransi kesehatan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Tinggal dipilih saja mana yang cocok. Semua lembaga penyedia asuransi kesehatan bersifat netral dan transparan. Hasil perbandingan yang ditampilkan pun secara detil menerangkan berbagai keunggulan dan fitur yang ditawarkan dalam suatu produk asuransi kesehatan.

Cara pengajuan asuransi kesehatan secara online caranya mudah dan praktis. Silakan membaca dan memahami  informasi asuransi yang tersedia. Lalu segera  disiapkan  dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain :

  • Mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan
  • Fotocopy / scan KTP
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga
  • Pembayaran Premi Pertama

Bagaimana Cara Klaim Asuransi?

Pertanyaan ini yang paling penting untuk diketahui. Jangan sampai kita susah untuk klaim dana asuransi kita sendiri. Seringkali karena ketidaktahuan, kita terjebak dalam kebingungan yang berujung pada jalan buntu.

Ada 3 sistem pembayaran klaim asuransi yaitu :

  • Reimburse

Pernah nggak mengalami saat sakit dan harus periksa ke dokter bahkan sampai rawat inap, biaya rumah sakit kita bayar pakai uang kita dulu, lalu struk pembayarannya kita klaim ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan ganti sesuai dengan biaya yang kita keluarkan? Nah, itulah sistem imburse.  Biaya perawatan ditalangi dulu, baru di klaim sesudahnya.

  • Cashless

Beberapa produk asuransi kesehatan biasanya menyediakan kartu anggota. Dengan kartu ini, peserta  asuransi dapat membayar biaya sejumlah tagihan ke rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi  kesehatan miliknya.

  • Santunan

Dalam sistem ini, perusahaan asuransi memberikan santunan harian selama peserta asuransi dirawat di rumah sakit. Besarnya jumlah santunan berdasarkan kesepakatan yang telah  disetujui bersama antara peserta dan perusahaan asuransi.

Nah, setelah mengetahui bagaimana pentingnya memiliki asuransi kesehatan, pasti jadi pengin tahu lebih banyak tentang produk asuransi kesehatan yang banyak ditawarkan ya. Tak ada salahnya untuk mempelajari, membandingkan setelah itu memutuskan produk asuransi mana yang cocok untuk dipilih.Baik, silakan saja baca-baca dulu untuk mempelajari bagaimana seluk beluk asuransi kesehatan secara lengkap di  https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan 

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

29 thoughts on “Cara Memilih Asuransi Kesehatan Premi Murah Secara Online”

  1. Hati ini seorang tetangga saya kebingungan karena istrinya masuk RSUD Cianjur tapi ga punya biaya. SKM saat ini tidak berlaku. Akhirnya ia pinjam sama tetangga.

    Andai sejak awal sudah berjaga jaga dengan ikut asuransi mungkin tidak akan sebingung itu ya…

  2. Sebelum terlanjur memang sudah harus sejak dini kita mempersiapkan segala sesuatu saat kita misalnya tiba tiba jatuh sakit. Asuransi ini bisa jadi pilihan. Sudah murah bisa secara online juga. Praktis.

  3. Senengnya, sekarang banyak banget asuransi yang makin mudah, premi murah, dan belinya juga online. Memudahkan yang membutuhkan ya. Terus juga jadi banyak pilihan. Semoga banyak yang mendapat manfaat.

  4. Wah, jadi sekarang kita enggak perlu pusing lagi ya mbak datengin layanan asuransi satu per satu. Cukup cek aja di cekaja.com, kita pun sudah bisa menentukan asuransi apa yang tepat berdasarkan kebutuhan kita. Mantap!

  5. Aku pernah ngalamin kek gitu, bayar uang kita dulu, habis itu diganti, dan gak lama sih ngegantinya, cuma ngurusnya kemarin yang agak lama. kalo ada fasilitas kke gini, kok enak banget yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *