Jika Jalan-Jalan Ke Singapura, Coba Cicipi Kuliner Hawker Stall Yang Mendapat Michelin Star

Jalan-jalan ke luar negeri? Nanti saja lah kalau ada cuti panjang!

Cuti yang pendek biasanya menjadi alasan yang menghambat untuk pergi ke luar negeri, dan lebih memilih jalan-jalan ke tempat lokal di dalam negeri yang dekat saja. Padahal, luar negeri tidak selalu identik dengan negara yang jauh dengan biaya perjalanan yang mahal. Memangnya ada luar negeri yang  dekat dan murah? Ada dong. Pernah mendengar negara Singapura? Dimana itu? Nggak jauh kan? Singapura kan negara tetangga Indonesia yang sudah tersohor.

Di negara Singa ini, wisatawan bisa melakukan banyak hal yang bisa melepas penat dan menjaga kewarasan dari rutinitas sehari-hari. Misalnya, berbelanja di Orchard Road, berfoto kece di Marina Bay Sands, atau menguji adrenalin dengan mencoba wahana semacam bianglala super besar bernama Singapore Flyer.

Nah, jika cuti dari kerja nggak bisa panjang, maka penting untuk mempersiapkan rencana jalan-jalan itu jauh-jauh hari sebelumnya. Misalnya nih, acara memesan tiket Singapore Airlines lebih baik dilakukan sedini mungkin. FYI, maskapai ini menyediakan 4 pilihan kelas yang dapat disesuaikan dengan budget yang disiapkan. Selain itu, jaminan aman dan nyaman sudah ada dalam genggaman. Nah, sisa dana kan bisa dialokasikan untuk icip-icip makanan di Hawker Stall atau kios penjaja makanan yang mendapat Michelin Star.

Apa Sih Michelin Star Itu?

Michelin Star ( credit : www.sethlui.com)

Jadi gini, di Singapura itu ada dua jenis konsep pengelolaan bisnis kuliner. Yang pertama restoran mewah dengan chef handal berpengalaman,  dan yang kedua berupa kios  penjaja makanan yang disebut Hawker Stall. Mungkin kalau disini semacam kuliner kaki lima dan restoran hotel bintang lima, gitu ya!

Adalah perusahaan ban ternama Michelin, sejak tahun 1900 memulai sejarah panjangnya untuk meninjau perusahaan dan mendorong road trip di Perancis. Mulai tahun 2016, Michelin mengirimkan pengulas restoran ke berbagai tempat kuliner di belahan dunia untuk memberikan penilaian dari satu hingga tiga bintang dan diberi nama Michelin Star. Nah, di Singapura yang terkenal dengan menu khasnya yang lezat baik di restoran mewah maupun di kios makanan Hawker Stall, ada yang mendapat Michelin Star. Maka, siapa saja bisa mencoba seperti apa sih lezatnya makanan di Hawker Stall yang mendapat apresiasi dari Michelin Star ini.

Baca juga : 3 Hari, 5 Kota Dijelajahi

Bangganya Singapura

Warga Singapura wajib berbangga karena menjadi satu-satunya negara di dunia yang mendapatkan bintang bergengsi dari Michelin Star. Tak tanggung-tanggung, 2 Hawker Stall mendapat anugerah dari Michelin Star, yaitu Hill Street Tai Hwa Pork Noodles dan Hawker Chan masing-masing meraih satu Michelin Star.

Hill Street Tai Hwa Pork Noodles

Credit : www.timeout.com

Yup, dari namanya kita bisa tahu bahwa makanan yang dijual ini bukanlah makanan halal. Bagi yang non muslim, bisa mencoba kuliner di bawah $5 di tempat ini. Menunya berupa mie kenyal dengan saus asam-gurih, dan topping-nya berupa daging babi, irisan hati, pangsit, dan taburan ikan goreng. Menu ini sudah terkenal sebagai Pork Noodles terbaik di Singapura.

Berdiri sejak tahun 1930-an oleh Tang Joon Teo, sajian kuliner bergaya Teochew ini sanggup menggoyang lidah penikmatnya. Bayangkan saja, untuk mendapatkan semangkuk mie Tai Hwa, pembeli harus rela antri 30 menit hingga 2 jam lamanya saking larisnya.

Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle

Credit : www.timeout.com

Ada apa disini? Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle makin dikenal sejak menerima Michelin Star dari panduan makanan paling bergengsi di dunia. Awalnya, bisnis kuliner ini berupa warung sederhana di jantung Chinatown Singapura. Siapapun dapat merasakan kelezatan berbagai menunya. Misalnya, Soya Sauce Chicken Rice, Soya Sauce Chicken Noodle, Roasted Pork Rice, Char Siew Rice, dan Char Siew Noodles. Semua menu kuliner andalan tersebut dibanderol dengan harga $2-$3. Maka tak mengherankan jika gerai kaki lima yang satu ini dikenal sebagai makanan berbintang Michelin yang termurah di dunia.

Pertanyaannya : Kapan lagi bisa mencicipi makanan murah yang diciptakan oleh chef yang meraih Michelin Star? Maka, tak ada alasan lagi untuk tidak segera hunting tiket Singapore Airlines yang akan membawa siapapun ke Singapura untuk liburan yang akan datang.

Happy traveling!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

12 thoughts on “Jika Jalan-Jalan Ke Singapura, Coba Cicipi Kuliner Hawker Stall Yang Mendapat Michelin Star”

  1. Wah.. aku belum baca tulisan Mbak pas ke Singapura kemarin.. hehe…

    Tapi disana emang harus selektif untuk cari makanan halal. Itu tantangan buat aku kemarin pas kesana..

  2. Udah lama bgt terakhir kesana waktu msh kerja jadi jajannya nggak explore, deket2 hotel atau kantor aja. Aku tau istilah Michelin itu dari masterchef. Tp kalau hawker yg dpt, harganya nggak jadi mahal kan? Itu di daerah mana sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *