Seri Gardening : Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Peperomia Watermelon

Peperomia Watermelon

Tarik, Sis..Semangkaaa..

Cara Memperbanyak Peperomia Watermelon secara mudah. Hai, semuanya. Semoga sehat-sehat selalu ya. Di seri gardening kali ini saya akan membahas tentang cara memperbanyak tanaman hias Peperomia watermelon atau nama latinnya Peperomia argyreia. Pasti sudah tahu kan tanaman peperomia watermelon?

Yes, tanaman ini daunnya mirip banget dengan motif kulit semangka. Padahal nggak ada hubungan kerabat sama sekali lho ya. Yang satu buah, yang satu lagi tanaman hias. Jadi ya lucu ngeliatnya. Kadang heran, kok bisa ya? Tanaman ini juga biasa disebut begonia semangka. Termasuk dalam tumbuhan family peperomia atau sirih-sirihan.

Cara Merawat Peperomia Watermelon

Tanaman jenis Peperomia biasanya tidak akan tahan dengan sinar matahari langsung. Maka menempatkannya di tempat yang teduh adalah pilihan yang baik. Misalnya di bawah pohon nan rindang. Pastikan medianya selalu lembab tapi jangan terlalu banyak air. Media harus bersifat poros yaitu tidak terlalu banyak menyimpan air.

cara merawat peperomia watermelon
Seger ya ngeliatnya.. 🙂 (dok:pribadi)

Perlu diketahui pula, tanaman ini juga mudah mengalami stress. Misalnya saja setelah membeli secara online. Pastikan untuk menyiram daunnya dan tiriskan setelah dibuka pambungkusnya. Mungkin daun akan layu sebelumnya karena masih adaptasi dengan lingkungan baru. Ya, seperti manusia sih, kadang butuh waktu untuk beradaptasi di tempat yang asing.

Setelah itu perlu menyiapkan media tanamnya berupa sekam bakar atau tanah dan pupuk dalam pot yang sesuai dengan ukuran tanaman. Jangan membiasakan pakai pot yang terlalu besar untuk tanaman kecil atau terlalu kecil untuk tanaman besar. Disesuaikan saja pot dengan ukuran tanamannya supaya kebutuhan airnya pas.

Daun Peperomia watermelon bisa dengan mudah rontok dan batangnya membusuk jika sirkulasi udara, kebutuhan air dan sinar matahari pagi tidak tepat. Tapi dengan perawatan yang tepat, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Meletakkan tanaman hias peperomia watermelon di dalam ruangan sebagai tanaman indoor juga dapat dilakukan.

Namun harus diingat untuk selalu membuat media tanamnya selalu lembab, jangan sampai kekeringan. Dan setiap seminggu sekali dikeluarkan dari ruangan untuk mendapat sinar matahari pagi. Karena kebutuhan air dan sinar matahari yang cukup adalah koentji untuk kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Cara Memperbanyak Peperomia Watermelon

Tanaman ini termasuk gampang-gampang susah untuk diperbanyak atau propagasi. Padahal sebenarnya hanya dari daun dan batangnya saja, tanaman ini dapat diperbanyak.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman ini :

Daun

Tahu nggak, daun Peperomia watermelon dapat tumbuh tunas jika dipotong menjadi dua. Yup, daun yang utuh ataupun yang dibagi dua dapat tumbuh tunas saat diletakkan dalam media yang tepat. Saya sudah mencobanya dan cukup berhasil.

propagasi peperomia watermelon
Bisa diperbanyak dari daun

Batang

Saya pernah mencoba memotong batang yang masih ada daunnya lalu saya masukkan dalam botol berisi air. Sekitar dua minggu kemudian, tumbuh akar yang jelas membuat saya senang sekali. Setelah akar-akar itu tumbuh lumayan lebat, tanaman ini saya pindah ke media tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Lalu letakkan di tempat teduh yang kebutuhan sinar matahari pagi dan airnya cukup.

Memisah Anakan

Selain dengan daun dan batangnya, tanaman ini juga dapat diperbanyak dengan memisah anakannya. Anakan yang sudah berakar ataupun belum berakar tetap dapat hidup jika ditanam dalam media yang tepat. Saya sudah membuktikan keduanya.

Harga Peperomia Watermelon

Jika ada yang penasaran dengan harga tanaman ini, ternyata cukup beragam di pasaran. Ada yang menjual, harganya disesuaikan dengan jumlah daun, besar kecilnya dan kondisi tanaman. Kisaran harganya antara 35 ribu-100 ribu berdasarkan kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Kalau pengalaman hidup saya, saya menjualnya dengan harga teman. Karena kebetulan yang membeli adalah teman saya sendiri. Beberapa tanaman ada yang sengaja tidak saya jual karena sebagai indukan dan untuk koleksi pribadi.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba memperbanyak tanaman ini? Yuk, dilihat caranya secara detail di video ini ya. Boleh banget kalau mau di like, komen, share dan subscribe.

Happy gardening! 🙂

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

42 thoughts on “Seri Gardening : Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Peperomia Watermelon”

  1. ini dia yang aku cari. Apalagi barusan beli peperomia watermelon dari marketplace 2 paket. Di toko tanaman hias harganya udah cukup mahal bagiku. Siapa tahu berhasil propagasi trus bisa dijual, Thanks mba

  2. Jiyaah asiknya bisa memperbanyak daun2 cantik, plus bisa menjadi lahan berbisnis menghasilkan pundi2, lumayan juga ya tuh harganya 35-100k.
    Makasih loh tipsnyaa, ini cucok bagi mereka yang suka menanam, hobi jadi menghasilkan.

  3. Wah unik juga peperomia ini mba.. Bisa dipropagasi dr daun…
    Baru tahu nih yg kayak gini.
    Emang nyenengin banget ya klo bs mengembang biakan sendiri tanaman di rumah.
    Rasanya bangga n happy bgt…
    Aku mulai suka urus2 tanaman jg nih di rumah mba

  4. Peperomia ini cakep ya mbak. Daunnya bisa diperbanyak dengan cara ini kereeeeen deh. Btw aku mah sebagai penikmat aja karena ga main tanaman, tangannya kurang dingin hahhaah #Alasan wkwkwk 😀

  5. Ijooo hai ijo..Ternyata dia dari batang jg bisa yaa
    . Aku suka mba.. rasanya kalau memperbanyak tuh ada rasa bahagia tersendiri ya. Habis baca ini aku jadi ingat mau posting anakan adansoni sama syngo yg gampang

  6. wah ini tips yang menarik dan bermafaat..
    pas banget buat yg hobi gardening
    pandemi bikin orang jadi hobi gardening mbak, adikku salah satunya…nanti tips ini aku share ke dia ah

  7. Mudah banget ya, jadi akupun seneng memiliki tanaman yang hidupnya mudah dan cara memperbanyaknya juga gampang. Ini sama seperti Sirih Gading ya, bisa tumbuh dari mana saja, daun yang ada batangnya kulekatan di tanah dan di air mampu bertahan tumbuh

    Aku masih bingung ni mau memperbanyak keladi bisa gak ya?

  8. Cucok banget nih…secara sekarang kan emang lagi hits ya piara taneman hias… peperomia watermelon ini termasuk favorit dan cantik banget daunnya

  9. Aku pingin banget bisa gardening, nyesel dulu gak belajar sama ortu. Kalau sekarang paling bis belajar dari blgo atau youtube ya.
    Oh tanaman Peperomia Watermelon gak tahan sinar matahari ya, kalau di tanam di daerah yang panas gitu kaya jabodetabek tapi bisa ya? asalkan ada yang menaunginya. Cantik pohonnya

  10. Bentuk daunnya si peperomia watermelon ini cantik banget sih menurutku. Ini kalau aku beliin ibuku peperomia watermelon bakalan seneng banget deh karena emang hobi banget koleksi tanaman. Beda banget sama aku sukanya koleksi anabul. Hahaha.

  11. Mbak lihat gambarnya jadi ingat punya satu pot saya…ternyata namanya Peperoma Watermelon ya
    Wah, sudah bisa dipisah nih, besok saya pindah ke pot baru. Dulu beli pas awal pandemi 30 ribu gitu lupa-lupa ingat, di kios bunga dekat rumah. Baru tahu cara perawatannya nih…tengkyu infonya

  12. Tekstur dan namanya lucu. Sekilas kirain ini budidaya melon Mak hihihi…. Tetanggaku juga suka budidayain tanaman hias beneran buat dirawat. Tumbuhnya lucu-lucu dan bagus terus ditawar sama mamang tukang bunga tapi ga dikasih. Bukan soal harga tapi udah sayang aja. Gitu katanya. Tapi kalau telaten dan mau dibisnisin boleh juga sih ya

  13. ih cakep ya bentuk daunnya, warnanya emang mirip semangka yaaaaa.. Kayanya aku belom punya nih dirumah, nanti bilang sama suami suruh cariin si peperomia watermelon ini aaahhh.. hihi

  14. Wah.. Lucuk banget tanamannya mba. Bener2 kek kulit semangka. Cantik sekali.

    Sy selalu salut sm orang2 yg bisa tekun menanam begini. Entah kapan aku bs ketularan. Aku cm suka ngeliat doang tp suka depresi kalo nanam sendiri terus si kecil tangannya usil. Heu.

  15. Baru tahu saya caranya
    Bahkan di rumah nenekku di kampung halaman, tanaman ini sering dimintai orang karena dilihat banyak
    Sekarang entah masih banyak atau sudah diberikan kepada orang lain

  16. Ada kesenangan sendiri ya, melihat yang hijau-hijau.
    Iyes, hijau selalu sukses buatku terpukau juga, mba.

    Di rumah aku punya asoka.
    Rasanya adem dan damai banget pas buka jendela lalu kami saling melemparkan senyum mengawali hari bermandikan cahaya mentari.

    Sukses buat aktivitas gardeningnya ya, mba…
    Barokallah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *