Mau Panggil Dokter Ke Rumah? Bisa Dengan Aplikasi Homecare Medi-Call

“Di jaman now, memanggil Dokter dan Perawat untuk periksa saat sakit di rumah adalah keniscayaan”

Selama ini, bagi masyarakat biasa seperti saya, adalah kemustahilan untuk memanggil dokter ke rumah kecuali orang kaya yang punya dokter pribadi. Selain tidak tahu nomor contact dokter yang bisa dipanggil, biasanya kalau punya nomor contactnya pun waktunya tidak bisa pas jika dokter memiliki jam terbang yang tinggi. Harus ada janji khusus dan itu jarang terjadi. Seperti masyarakat pada umumnya, kalau sakit ya harus rela pergi ke rumah sakit, menunggu antrian untuk sekedar periksa ke dokter. Lama atau tidaknya antrian ya tergantung jumlah pasien yang ada. Tak jarang, antri sambil meringis menahan sakit. Hm..

Tapi itu dulu. Sekarang kita harus berterima kasih pada kemajuan teknologi. Setelah ada aplikasi transportasi online yang sangat sangat membantu dan memberi kemudahan, ada juga kabar gembira dari Medi-Call.

Apa itu Medi-Call? Medi-Call adalah keniscayaan untuk memanggil dokter ke rumah. Dokter lho? Bukan hoax? Yup, jaman now, dokter pun bisa dipanggil ke rumah. Istilah kerennya homevisit atau homecare. Nggak cukup cuma dokter, bidan dan perawat pun juga bisa dipanggil ke rumah.

Mejeng dulu ๐Ÿ™‚

Untuk apa? Ya, periksa orang sakit lah. Layanan untuk vaksinasi juga bisa. Jadi, misalnya nih, kita sebagai mamak-mamak yang repotnya setengah mati dengan pekerjaan rumah, lalu sakit, anak-anak masih kecil, suami lagi di luar kota. Mau periksa ke dokter praktek atau rumah sakit terdekat aja mesti memikirkan segala kemungkinan. Nanti anak sama siapa? Dititipkan sama siapa? Kalau anak-anak dibawa ke rumah sakit, lha nanti yang jagain anak-anak siapa waktu di rumah sakit? Masak mau nyusahin tetangga? Ya bisa aja sih, tapi kan ya kurang afdol. Kalau tetangganya juga sibuk? Pusing to.

Misalnya lagi, saat orangtua lagi sakit di rumah. Karena keterbatasan, nggak mungkin dibawa ke rumah sakit. Atau saat dalam perjalanan dan membutuhkan pertolongan dokter segera, maka aplikasi Medi-Call bisa menjadi pilihan di saat urgent.

Medi-Call Launching Jogja

Launching Aplikasi Medi-Call di Jogja

Tanggal 27 Januari 2018 yang lalu, saya menghadiri undangan acara Launching aplikasi Medi-Call Jogja bertempat di Hi-Lab Kotabaru. Hadir dalam undangan tersebut para dokter dari IDI (ikatan Dokter Indonesia), dokter dari PT. Medika Nusantara Gemilang (Startup Medi-Call), dokter dari Hi-lab, insan media pers dan para Blogger Jogja.

Dalam acara tersebut dijelaskan bahwa, Jogja menjadi kota tujuan tersedianya layanan Medi-Call setelah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bali. Kedepannya, jaringan Medi-Call akan diperluas hingga wilayah Bandung dan Surabaya. Dengan jumlah user 10.000-50.000 download saat ini, membuat Medi-Call harus meluaskan ekspansi untuk mengimbangi ketersediaan partner di wilayah baru untuk mencapai pemerataan jumlah request.

Dari sejak diluncurkannya layanan aplikasi Medi-Call, jumlah user dan pasien yang me-request layanan ini tumbuh 2 kali lipat setiap bulannya. Total ribuan pasien telah terbantu dengan layanan ini. Ke depannya, layanan Medi-Call akan menambah cakupan masyarakat yang dapat menikmati layanan ini di kota-kota besar Indonesia. Demikian disampaikan oleh dr. Candra Wijanadi selaku CEO Medi-Call.

Para Dokter memberikan informasi terkait layanan homecare Medi-Call

Dokter Budhi Riyanta selaku Co-Founder Medi-Call menyatakan bahwa tidak terpikirkan sebelumnya akan muncul integrasi antara dokter dan perawat yang sangat kolaboratif dalam melayani pasien Medi-Call. Saat ini bila ada permintaan atau request tidakan tertentu seperti pemasangan infus, catheter urine, NGT dokter dapat berkolaborasi dengan perawat Medi-Call untuk melakukan tindakan di lokasi pasien atas instruksi dan pengawasan dokter Medi-Call. Jadi perawat tidak bisa bertindak sendiri, namun atas intruksi dokter.

Melalui integrasi dengan ratusan apotik K-24 yang tersebar di seluruh Indonesia pula, obat non emergency dapat diresepkan oleh dokter secara realtime dan tepat yang artinya ketersediaan stok obat terjamin. Praktisnya lagi, obat dapat dikirim ke lokasi pasien oleh kurir apotik dalam waktu 1 jam. Sistem ini menjamin layanan yang berjalan sesuai dengan regulasi karena tidak terjadinya “dispencing” dan obat yang keluar telah melalui verifikasi pihak apotik dan apoteker yang bertugas.

Dengan layanan homecare Medi-Call, masyarakat tak perlu kuatir jika sakit malam-malam dan harus memanggil dokter. Karena Layanan Dokter Umum dan Perawat homecare di medi-Call available 24 jam. Berdasarkan data rush hour, permintaan pasien saat ini terbanyakย  di waktu pagi hari (07.00-11.00) dan malam hari (19.00-22.00)

Bagaimana Cara Bergabung Dengan Medi-Call?

Cara bergabung menjadi Partner Medi-Call

Medi-Call membuka pendaftaran secara online, free alias tanpa dipungut biaya. Medi-Call menerapkan sistem rekrutment partner yang sangat ketat. Situs pendaftarannya disini

Seluruh partner yang tergabung diperiksa secara elektronik dengan mengacu pada situs resmi asosiasi profesi sesuai jenis da ketersediaan data partner. Saat ini, dokter yang dibutuhkan adalah dokter umum yang sifatnya fleksible. Namun tak menutup kemungkinan jika ke depannya akan tersedia pula dokter spesialis.

Berikut syarat untuk bergabung menjadi Partner Medi-Call :

  • Dokter Umum : melakukan verifikasi data di website IDI dan Konsil Kedokteran Indonesia, memiliki STR dan SIP aktif di region operasional Medi-Call, berpengalaman dalam home visit minimal 2 tahun dan menggunakan perangkat smartphone android / IOS
  • Perawat : memiliki STR dan SIP aktif di region operasional Medi-Call, berpengalaman dalam home visit minimal 2 tahun. Verifikasi berkas dilakukan dengan cara online dan tatap muka langsung

Cara Menggunakan Layanan dan Tarif Medi-Call

Cara menggunakan aplikasi MediCall

Cara memesan layanan Medi-Call dengan aplikasi :

  1. Pesan salah satu dari 7 layanan yang tersedia
  2. Medi-Call akan menampilkan partner terdekat dan estimasi harga
  3. Partner Medi-Call akan datang dan segera emmeriksa keluhan pasien
  4. Setelah layanan selesai, bayar sesuai dengan layanan yang dipesan dan beri rating kepada Partner Medi-Call
Cara mengaplikasikan layanan Medi-Call

Partner Medi-Call akan tiba di lokasi pasien dengan peralatan lengkap yaitu : Tas emergency kit, peralatan medis, dan alat-alat pemeriksaan sesuai standar yang dimiliki oleh Medi-Call.

Tarif layanan panggil Dokter dan Perawat Medi-Call :

  • Basic Fee : tarif dasar maksimum partner Rp. 200.000 / kunjungan Dokter dan Rp. 120.000ย  / kunjungan perawat. Khusus basic fee terdapat perbedaan harga di beberapa daerah
  • Distance Fee : biaya jarak dari lokasi partner ke lokasi pasien Rp. 0 jika lokasi di bawah 5 Km. Bila jarak lebih dari 5 Km maka ada tambahan biaya Rp. 10.000/Km
  • Prosedur Fee : biaya tindakan yang bervariasi tergantung tindakan yang dilakukan
  • Medication Fee : biaya khusus dokter atau obat yang nantinya dikirim melalui apotik K-24 terdekat dari lokasi pasien

Calling for Dokter dan Perawat di Yogyakarta. Silakan bergabung dengan Medi-Call sesuai syarat yang berlaku. Untuk daerah Yogyakarta memiliki target minimal 100 dokter dan 300 perawat yang akan tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta. Nah, tunggu apalagi?

Keep healthy life dengan Medi-Call ! ๐Ÿ™‚

Kesehatan ada di tangan Anda
Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

6 thoughts on “Mau Panggil Dokter Ke Rumah? Bisa Dengan Aplikasi Homecare Medi-Call”

  1. Inget jaman dulu, nganter kakek yang sedang sakit, pagi-pagi ke dokter. Saat itu dokter belum mulai jam prakteknya dan menunggu lama. Sekarang, lebih praktis ya, tinggal gunakan aplikasi ini terus bayar. Obatnya datang dari apotek K24 terdekat ya. Jadi, sakit gak perlu repot pergi ke dokter dan ke apotek untuk mengambi obat. Keren ya kemajuan jaman sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *