Ini Dia 5 Mitos Seputar Kehamilan yang Perlu Diketahui

The thing that’s nice about pregnancy is that in the end, you have a baby

Ann Romney

Kehamilan adalah peristiwa yang paling membahagiakan dalam hidup seorang ibu. Saya sendiri merasakan pengalaman yang sungguh luar biasa ketika hamil anak pertama, kedua dan ketiga. Namun, dapat dikatakan ketiga kehamilan saya tidak semuanya berjalan mulus dan lancar. Saya mengalami flek di awal kehamilan, di tiga kali kehamilan. Dan puncaknya, di kehamilan kedua saya harus mengalami keguguran di usia kehamilan 10 minggu. I’m so sad, but life must go on. Dan bersyukur, Tuhan memberi anugerah kehamilan yang ketiga setelah 6 bulan mengalami keguguran.

Ada banyak cerita tentang kehamilan yang berbeda dari setiap ibu. Saya pun merasakan bagaimana beratnya perjuangan seorang ibu saat mengandung anaknya selama 9 bulan 10 hari. Banyak teori tentang kehamilan yang nyatanya tak sesuai dengan realita di lapangan. Ada anjuran begini, begitu dari para orangtua atau orang lain yang seringkali membuat seorang ibu yang sedang hamil bingung. Beruntung di era digital sekarang ini segala informasi mudah didapatkan asalkan kita pandai memfilter berita yang baik dan benar.

Tak pelak, mitos tentang kehamilan pun ada begitu rupa. Konon seorang ibu hamil tidak boleh anu, tidak boleh begini, jangan begitu, hm..sebenarnya yang benar itu yang bagaimana? Yuk, kita ulik apa saja mitos tentang ibu hamil dan bagaimana dengan faktanya!

Mitos kehamilan :

  • Tidak boleh makan nanas saat hamil muda

Bagian tengah dari buah nanas mengandung bromelain yang dapat memecah protein dan menyebabkan pendarahan secara abnormal. Namun, seorang ibu hamil yang makan nanas beberapa potong saja tidak akan menyebabkan keguguran. Terlebih buah nanas mengandung banyak serat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Intinya jangan berlebihan saja sih. Sebaiknya makan nanas bagian pinggirnya saja dan batasi jangan sampai 5-7 buah nanas dimakan dalam sehari. Itu baru bahaya!

Credit : cnnindonesia.com
  • Tidak boleh makan pedas

Nah ini. Selama pedasnya dalam level biasa-biasa saja, riwayat kehamilan baik, dan tak ada keluhan asam lambung sih sepertinya fine-fine saja seorang ibu hamil makan pedas. Tetap jangan berlebihan saja sih, misalnya makan mie lidi level 10 sampai kepedasan atau oseng-oseng mercon level pedas sekali sampai huhah. No..

Credit : liputan6.com
  • Tidak boleh naik pesawat

Kalau soal ini tetap harus dikonsultasikan dengan dokter kandungan karena segala sesuatu ada resikonya kan? Anjurannya sih selama trimester pertama dan trimester ketiga, ibu hamil yang naik pesawat itu cukup beresiko tinggi. Tahu sendiri kan kondisi udara tidak menentu, bisa saja terjadi turbulensi atau cuaca buruk yang goncangannya bisa mengganggu kehamilan jika usia kehamilan masih terlalu muda atau tua. Jika bisa dihindari, sebaiknya tunggu usia kehamilan di trimester kedua yang dianggap paling stabil keadaannya. Itu pun tetap harus konsultasi dulu dengan dokter kandungan ya.

juliastrisn.com
  • Tidak boleh menyetir

Hampir sama dengan kedaaan naik pesawat, seorang ibu hamil dinyatakan boleh menyetir ketika usia kehamilan di trimester kedua. Tentu jika kehamilan tidak ada riwayat yang mengkhawatirkan. Karena memang menyetir itu membutuhkan energi lebih, konsentrasi dan tentu saja kondisi yang fit. Jangan sampai seorang ibu hamil merasa kelelahan karena menyetir. Usahakan seorang ibu hamil itu harus selalu happy dan jangan terlalu capek.

juliastrisn.com
  • Tidak boleh berhubungan seks

Wah, kalau tidak boleh beneran kasihan suaminya, dong ya! Boleh-boleh saja kok selama kondisi kehamilan tidak ada keluhan. Tapi memang tetap harus dibatasi frekuensinya saat kehamilan di trimester pertama karena rentan keguguran. Ketika usia kehamilan di trimester kedua, behubungan seks dapat dikatakan berada dalam zona nyaman asal posisinya safe, wajar-wajar saja. Saat usia kehamilan trimester ketiga, apalagi menjelang HPL, dokter kandungan saya dulu menyarankan untuk sering berhubungan dengan suami supaya jalan lahir lancar karena kandungan masih terlalu jauh. Apalagi saat berhubungan seks itu kan menghasilkan hormon yang membuat rasa senang, hal ini dapat membuat rileks ibu hamil supaya lebih tenang menyambut persalinanannya.

Credit : harianjogja.com

Nah, itulah beberapa mitos tentang kehamilan. Masih banyak mitos yang lain sebenarnya namun beberapa mitos ini paling tidak bisa memberikan sedikit wawasan tentang hal yang harus dilakukan atau dihindari saat seorang ibu mengalami kehamilan.

Yang terpenting, seorang ibu yang hamil harus rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan yang dipercaya. Beruntung saat ini ada aplikasi Halodoc yang bisa diinstal dari Google Play store di perangkat Android atau iOs. Aplikasi ini sangat useful membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan soal kesehatan. Mau konsultasi dengan dokter ada rubrik Tanya Dokter. Mau Beli Obat atau vitamin juga bisa lewat aplikasi Halodoc. Mau tanya informasi rumah sakit terdekat namun yang lengkap fasilitasnya juga bisa. Ini ada info tentang rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1989, yang mempunyai Visi sebagai penyedia layanan kesehatan terdepan yang fokus kepada pelanggan. Rumah sakit yang berada dibawah naungan rumah sakit mitra keluarga ini pun mempunyai Misi memberikan kualitas hidup kepada banyak orang dengan pelayanan yang penuh dengan kasih sayang, terpercaya dan fokus kepada customer. Selengkapnya info tentang Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru bisa diakses melalui aplikasi Halodoc. Fasilitas yang ada di aplikasi Halodoc sungguh memudahkan bagi siapa saja yang membutuhkan info dan pertolongan yang bersifat urgent, misalnya saja mau membuat janji untuk bertemu dengan layanan dokter bisa langsung menghubungi di Cari Dokter. Pokoknya lengkap sekali deh fasilitasnya dan tentu sangat membantu bagi yang membutuhkan.

Always keep healthy life yes! 🙂

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

46 thoughts on “Ini Dia 5 Mitos Seputar Kehamilan yang Perlu Diketahui”

  1. Terima kasih ulasan tentang mitos-mitos yang berkaitan dengan kehamilan ya mbak.

    Ini bagi saya sangat bermanfaat walaupun masih dianggap sepele setidaknya di masa depan.

  2. Aku kyknya dulu pas hamil makan nanas tapi ya dikit hehe.
    Kalau sambel huwaaa aku gk bisa makan kalau gak pedes jd tetep makan sambel. Kalau mengendarai kendaraan emang gak berani xixixi. Trus kalau naik pesawat dulu pernah sekali krn kepaksa banget kudu mudik krn ada urusan yg harus diselesaikan sendiri gtu.
    Trus kalau HS, msh jalan sih hehe, tapi ati2, trus pas trimester akhir berguna buat bikin kontraksi buat mempercepat kelahiran hehe

  3. Zaman aku hamil dulu malah senang banget makan menu2 masakan pedas kayak nasi padang dll. Trus makan buah nanas juga durian. Kata dokter kan ga apa2 makan yg dipengenin asal tau diri dalam arti secukupnya aja hehehe. Kalau seafood minta yg matang, sayuran mentah ga begitu banyak sih dikonsumsi. Mie instan aku kadang makan juga dikit2 eh 2 bungkus mie goreng plus bakso, telur dan cabai rawit orens malah hahahah 😀

  4. HAhhaaa..iyaa bener banget sering dulu tuh denger mitos2 di atas dan aku Bumil yang bandel, yang penting kita melakukan dengan hati2 dan seneng, membuang jauh prasangka dan kekhawatiran.
    Biasanya Mamaku yang cerewet, hhiiiii.

  5. Memang harus memiliha-milah dari segala saran yang masuk kepada bumil mana yang mitos dan mana yang tidak ya Mak. Sering kali jauh lebih banyak mitos yang didengar ibu hamil

  6. Iya banget deh, waktu hamil dulu itu selalu banyak wejangan-wejangan dari keluarga dan beberapa teman. Kalau ibu hami itu gak boleh begitu dan begini, lalu jadinya aku berasa parnoan. Untungnya sekarang itu mau tau tips dan informasi kesehatan bisa cek di Halodoc

  7. Saya melakukan semuanya pas hamil, dari makan nanas sampai nyetir mobil sendiri ke mana-mana, hehehe. Tapi tentunya saya sadar dengan kondisi kehamilan saya yang Alhamdulillah sehat-sehat dan jauh dari keluhan

  8. Sepertinya sulit sekali kalau selama 9 bulan gak makan pedas yah haha
    Intinya semua masih diperbolehkan asalkan jangan berlebihan yah mbak,
    Kita juga harus belajar mengukur diri ketika sedang hamil sih, jangan semua dikerjakan juga hehe

  9. Iya, memang banyak sekali ya mitos-mitos kehamilan. Waktu hamil anak pertama, aku gak berani makan fast food seperti KFC dll, gak berani minum dingin dan makan yang pedas juga haha. Nah waktu kehamilan anak kedua dan ketiga sudah gak sekhawatir waktu hamil anak pertama, sudah gak terlalu pantang makan ini itu, tapi tetap dijaga biar kehamilan sehat.
    Dulu sampai beli buku kehamilan setumpuk, sekarang lebih praktis ya, apalagi ada aplikasi Halodoc yg bisa membantu kita konsul dokter secara online. Membantu banget apalagi di situasi masih pandemi seperti sekarang.

  10. Aku melakukan semua hal di ataspadasaat hamil. Alhamdulillah gak papa selama gak berlebihan. Dan yang penting selalu konsultasi sama dokter

  11. Kadang mitos kehamilan yg gak boleh membunuh binatang selama hamil itu byk di percaya orang, padahal kadang binatangnya bahaya kaya lipan, ular, atau hewan berbahaya lain yg tiba2 melintas. Mitos ke 4 itu yg byk di takuti orang ya, padahal sangat di anjurkan dokter

  12. Iya mitos ini melekat banget ya pada ibu hamil mbak. Aku dulu umrah naik pesawat pas hamil muda konsultasi dulu ke dokter kandungan dan diberi berbagai vitamin dan penguat kandungan..

  13. Saat kehamilan para ibu dan suami jadi parnoan mau melakukan apapun. Mitos lainnya yang saya tahu tidak boleh memotong hewan seperti miring ayam, kambing, sapi, dll.

  14. Hamil zaman sekarang enak ya, Mak Jul.
    Cari informasi terkait kehamilan dan kesehatan tinggal buka aplikasi Halodoc, dapat deh informasinya.
    Apalagi yang berkenaan dengan mitos, yang serba salah mau dipercaya atau tidak.

  15. Pas hamil aku masih makan pedes-pedesan cuma ngga terlalu pedes dan jarang. Rasanya kurang nampol kalo ngga dikasih cabe. Soalnya pas hamil sempet mulut bawaannya asem, mau makan ngga mood, mintanya makan enak-enak yang di resto. Wkwkw.
    Waktu hamil 3 bulan juga masih naik pesawat PP.
    Yang bikin agak was-was itu pindahan rumah pas hamil. Tapi syukurlah berjalan lancar, asal saya ngga cape angkat-angkat barang.

  16. Itu semua cuma mitos ya Mbak. Alhamdulillah hamil tiga kali tetap makan pedas, naik pesawat setelah sebelumnya konsultasi ke dokter. Dan masih berhubungan juga . Hamil juga masih berani ngopi. Yg ini jangan ditiru ..

  17. pas hamil dibilang gak boleh makan pedes, dan saya waktu itu percaya, jadinya 9 buln gak makan nasi padang, padahal pengen banget hihi

  18. Iya ya mba.. ada2 aja mitos ibu hamil ya. Ga boleh ini ga boleh itu.. padahal belum tentu begitu faktanya ya.. memang harus bertanya langsung pada ahlinya biar ga salah ya…

  19. Waktu aku hamil dulu, banyak bgt mitos ini itu. Ga boleh gini lah, gak boleh gt lah. Mpe kesel sendiri aku. Jd konsul dokter mulu. Kalo dokter bilang oke, jalan. Kalo kata dokter hati2 baru kuhindari. Sekarang enak sih, konsulnya bisa online pake aplikasi y

  20. Banyak banget memang mitos seputar kehamilan. Mungkin awalnya maksudnya untuk kehati-hatian. Memang kondisi hamil tu seperti naik roller coaster, dan bagusnya kalau ada keluhan mending konsultasi ke dokter. Apalagi sekarang ada halodoc yang memudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *