Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

menjaga daya tahan tubuh

Men sana in corpore sano. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula

Tips menjaga daya tahan tubuh sangatlah perlu di masa seperti ini. Masa pandemi yang belum usai, lalu menjalankan puasa di bulan ramadan tentu membutuhkan imunitas yang kuat agar semuanya berjalan dengan lancar. Tubuh harus strong dan mempunyai imun yang dapat menghalau semua penyakit yang beragam saat ini.

Saya sendiri, jujur saja meskipun ngaku-ngaku berjiwa muda, yang namanya usia nggak pernah bohong. Tubuh ini mulai menunjukkan gejala menua dan jiwa lansia mulai meronta-ronta. Berbagai keluhan kesehatan seperti perut kembunglah, masuk anginlah, tenggorokan sakit dan nggak bisa jauh-jauh dari balsem dan langganan pijat sering terjadi.

Memang benar ya, menjaga kesehatan itu seperti menjaga aset yang berharga. Semacam investasi di masa depan. Siapa sih yang tak ingin masa tuanya tetap segar bugar dan energik saat beraktivitas? Bisa menikmati masa tua dengan orang-orang tersayang, bisa pergi kemana saja menikmati masa pensiun tanpa keluhan sakit yang beragam jadi idaman.

Yang namanya sehat itu tidak bisa datang dengan sendirinya. Pasti harus ada effort yang tinggi untuk itu. Sifatnya pun tidak instant. By proses yang tidak sebentar. Bahkan kalau perlu sejak masa remaja sudah membiasakan diri untuk menjaga kesehatan dengan baik dan seksama. Nah, bagaimana tipsnya?

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Pola Pikir

Pikiran yang baik dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Percaya nggak, saat seseorang mempunyai pikiran negatif, energinya akan terkuras dan menghasilkan aura yang buruk. Energi negatif ini dapat menular, mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Sehingga, suasananya menjadi tidak nyaman dan membuat siapa pun mudah emosi.

Ketika orang mudah marah, organ tubuhnya dapat terpengaruh. Asupan oksigen menjadi berkurang, kinerja organ tubuh yang penting seperti jantung menjadi lebih berat. Maka tekanan darah dapat menjadi tinggi. Saat tekanan darah tinggi, ancaman penyakit lain pun dapat tak terhindarkan. Bisa ke ginjal, stroke, kolesterol dan penyakit berat lainnya.

Maka, menjaga ketenangan adalah koentji. Saat kita tenang, kerja organ tubuh juga ikutan kalem. Tidak terburu-buru. Tahu nggak? Saat kita beraktivitas dengan buru-buru, sama atinya dengan membuat jantung berpacu lebih cepat hingga berapa kali lipat. Sehingga akibatnya, banyak hal yang tak kita inginkan dapat terjadi dan daya tahan tubuh menjadi lemah.

Pikiran adalah kekuatan. Saat kita berpikir tidak bisa, maka segala hambatan ada saja. Namun ketika kita berpikir bisa, maka segala jalan terbentang untuk kesuksesan. Pun ketika kita berpikir untuk bahagia, maka kebahagiaan itu juga akan datang seiring dengan segala upaya yang ada. Ingat ya, bahagia bisa kita ciptakan. Bahagia juga dapat memperkuat imun.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Membiasakan diri dengan hidup yang teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol berarti menjaga organ tubuh dari berbagai kerusakan. Merokok mempunyai efek samping yang berbahaya bagi tubuh di masa depan. Minum alkohol dapat mengganggu kinerja syaraf. Apalagi kalau sampai mengkonsumsi narkoba. No way!

Rajin berolahraga bisa menjadi kebiasaan baik dan sehat yang perlu dilakukan secara rutin. Tak perlu yang berat, berjalan kaki secara rutin minimal 30 menit sehari bisa membuat tubuh selalu bugar. Saat tubuh berkeringat karena berolahraga, racun dalam tubuh dapat keluar dan bisa menjadi upaya detoksifikasi tubuh.

Saat racun dalam tubuh keluar, badan akan terasa lebih ringan dan energik. Tubuh tidak mudah lelah, letih, lesu tak bergairah. Upayakan untuk berkeringat setiap hari dengan melakukan aktivitas yang bemanfaat. Seperti saya, kalau memasak pasti keringatan. Saya senang saat tubuh bisa berkeringat, karena sesudahnya badan jadi terasa enteng dan bugar.

Menjaga Pola Makan

Pernah mendengar istilah “You are what You eat? Yes, kita adalah cerminan apa yang kita makan. Saat kita mampu mengatur pola makan kita, sel-sel dalam tubuh akan mengikuti dan terbiasa dengan ritme yang ada. Namun saat kita makan tidak teratur, organ dalam tubuh pun bisa “kaget” dengan pola yang terbentuk.

Sebisa mungkin, makanan yang kita konsumsi setiap hari harus mengandung gizi seimbang. Nutrisi makanan itu haruslah mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap unsur makanan tersebut mempunyai fungsinya masing-masing untuk kinerja sel-sel dalam tubuh.

Pastikan asupan serat dalam tubuh tercukupi dengan baik. Selain makanan, tubuh juga membutuhkan asupan cairan yang cukup dengan minuman. Air putih tetaplah yang utama, harus mencukupi 8 gelas sehari. Selain itu, setelah beraktivitas tubuh membutuhkan minuman yang dapat memperlancar peredaran darah dengan minuman herbal.

Kalau saya suka sekali dengan minuman yang mengandung jahe. Efeknya menenangkan, membuat tubuh hangat dan memperlancar peredaran darah. Saya yang sering bersendawa karena masuk angin, setelah minum minuman yang mengandung jahe, tenggorokan jadi lega dan perut yang biasanya kembung jadi lebih nyaman.

Menjaga pola makan

Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Antangin

Akhir-akhir ini saya sering mengalami gangguan tenggorokan yang cukup membuat tubuh tidak nyaman. Rasanya itu seperti pancingen yaitu rasa sakit saat menelan. Biasanya hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari dan setelah itu saya mengalami batuk. Yup, pancingen merupakan gejala sebelum batuk.

Entah kenapa juga, saya mudah terserang batuk. Makan kerupuk sedikit saja, dipastikan besoknya saya batuk. Iya, seringkih itu tenggorokan saya. Maka saya harus mengimbanginya dengan banyak minum air hangat, mengkonsumsi madu dan sering minum air rebusan jahe. Biasanya sih saya beli wedang jahe di angkringan kalau tidak sempat rebus jahe sendiri.

Namun seringkali, karena kesibukan, tidak memungkinkan saya untuk  merebus air jahe atau pergi ke angkringan setiap hari. Apalagi sudah cukup lama angkringan langganan saya sudah lama tutup.Saya pun jadi malas mencari angkringan yang lain. Yes, saya ini tipe orang yang susah pindah ke lain hati kalau sudah nyaman dengan satu hati eh, angkringan.

Maka, saya membutuhkan minuman herbal yang praktis. Yang tinggal glek aja langsung trus terasa khasiatnya ke tubuh. Untung saja saya sudah terbiasa mengkonsumsi sirup herbal Antangin JRG yang wes ewes ewes bablas angine. Serahkan urusan menjaga daya tahan tubuh dengan Antangin.

Semakin menyenangkan lagi, ternyata ada varian baru dari Antangin yaitu Antangin habbatussauda. Wah, jadi tambah penasaran ingin mencoba kan? Dengan kombinasi bahan-bahan herbal pilihan, habbatussada mampu berkolaborasi dengan meniran, jahe, daun sembung, daun mint, biji pala, kunir, akar manis dan madu dalam produk  Antangin Habbatussada.

menjaga daya tahan tubuh dengan Antangin

Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Antangin JRG

Kemasan dari sirup herbal Antangin JRG ini praktis sekali. Mudah dibawa kemana-mana. Resmi bisa, santai juga bisa. Fleksibel sekali. Saya sering membawanya di dalam tas saat saya bepergian. Maklum, kalau naik kendaraan kadang masuk anginnya kumat selain kadang mabuk darat juga. Kan nggak lucu kalau sampai muntah di jalan.

Biasanya, saya minum Antangin JRG sebelum pergi. Dari rumah saya sudah minum, lalu membawa bekal dalam perjalanan. Anak saya yang usia 8 tahun juga suka meminumnya, lho! Setengah dosisnya. Untuk dewasa sehari bisa 3x diminum langsung atau bisa juga dengan setengah gelas air teh. Rasanya itu manis segar segar dan bikin badan hangat.

Komposisi dari Antangin JRG ini antara lain jahe, daun mint, daun sembung, ginseng, biji pala, akar manis, kunyit, royal jelly, dan madu.  Hm, membayangkan bahan-bahan herbal pilihan yang ada dalam komposisi ini saja rasanya udah senang banget. Karena sudah terbukti khasiat dari herbal-herbal itu.

Setelah minum sirup herbal Antangin JRG, biasanya gejala meriang langsung berkurang. Segala rasa mual, kembung, sakit kepala, jadi berkurang bahkan tak terasa lagi. Selain itu, tenggorokan pun rasanya jadi lega. Bisa jadi senjata ampuh untuk melawan berbagai gejala khas manula seperti saya. Hehe..

menjaga daya tahan tubuh dengan Antangin JRG

Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Antangin Habbatussauda

Varian baru dari Antangin ini mengandung Habbatussauda. Ada yang belum tahu apa itu? Habbatussauda adalah biji jintan hitam, suatu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat.  Berasal dari bunga tahunan Nigella sativa yang asli dari Asia Selatan dan Asia Barat, jintan hitam biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan khas di India dan Timur Tengah.

Khasiat dari habbatussauda sebagai produk seeding antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu khasiat lainnya banyak antara lain untuk pengobatan asma, memperlancar Air Susu Ibu (ASI), diuretik, pelemas otot (kejang dan kedutan), mengobati wasir, masalah pencernaan (diare, sembelit, perut kembung), dan lain sebagainya.

Karena khasiatnya yang banyak itulah, Antangin Habbatussauda menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu dapat meredakan gejala masuk angin seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala. Pentingnya lagi dapat membantu melegakan tenggorokan. Pas sekali dengan banyaknya keluhan yang saya rasakan.

Bagaimana soal rasa? Bila dibandingkan dengan Antangin JRG, menurut saya rasa Antangin Habbatussauda lebih “kalem”. Kalau yang JRG ada ada pedas-pedasnya sedikit karena kandungan jahe dan daun mint-nya, sedangkan Antangin Habbatussauda lebih manis dan tidak terlalu kentara rasa pedasnya.

Dengan kandungan utama habbatussauda, madu dan teman-temannya, daya tahan tubuh dapat terpelihara dengan baik. Masalah masuk angin bukan lagi persoalan yang mengganggu karena sudah ada solusi untuk mengatasinya. Wajar saja kalau Antangin selalu ada di tas saya untuk berjaga-jaga saat bepergian baik di dalam atau luar kota.

menjaga daya tahan tubuh dengan Antangin Habbatussauda

Jadi, apapun aktivitas kalian, tetap selalu menjaga kesehatan ya. Sesibuk apapun, menjaga daya tahan tubuh harus menjadi prioritas utama. Hidup akan terus berwarna bila tubuh kita sehat. Karena sakit itu tidak enak. Maka, mencegah untuk tidak sakit itu lebih baik daripada mengobati setelah sakit.

Salam sehat!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

44 thoughts on “Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh”

  1. Masih suka lupa saya, kalau aset berharga itu bukan hanya harta tapi kesehatan. Kalau sakit, harta seberapapun bisa habis utk berobat.
    Nah, sepakat nih utk menjaga pikiran supaya tetap positif. Konon emang sumber penyakit itu kebanyakan dr pikiran yang ruwet.
    Pola makan juga harus dijaga, nggak boleh sembarangan supaya bisa sehat jiwa raga. Btw, klo bepergian saya suka bawa antagin JRG, biar tetep fit. Kek, mudik lebaran tempo hari. Alhamdulilah, sehabis mudik tetap sehat dan bisa langsung kerja.

  2. Wah, Antangin JRG sih selalu ready tiap kali aku dan keluarga traveling. Pas liburan lebaran lalu aku dan anak2 konsumsi Antangin lho. Menjaga kesehatan terutama saat di luar rumah, jalan2, wisata dan semacamnya penting banget. Supaya tubuh dan pikiran tetap fit, tentu pola makan mensti dijaga dengan santapan bergizi dan bernutrisi tinggi.

  3. Welcome varian baru Antangin. Bisa jadi teman sejati ya Mbak untuk kita yang dikit-dikit masuk angin hehe. Yang jelas bawa Antangin Habbatussauda ke mana-mana praktis banget, sih, tinggal selipin aja di tas kecil, udah bisa bantu kita mengatasi masuk angin dan menjaga daya tahan tubuh.

  4. Sepakat, memang harus dijaga pola pikir, pola makan dan juga pola hidup sehat. Kalau kata ibu saya, ada satu lagi “ojo kakehan polah”.

    Antangin ini juga selalu jadi andalan keluarga saya mbak. Ibu saya kalau bepergian, selalu sedia antangin di tasnya. Kalau saya sih lebih suka permennya.

  5. Komposisi dari Antangin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh yaa..
    Untuk sehari-hari terlebih lagi ketika badan akan drop. Pasti akan menjadi berkhasiat dengan konsumsi Antangin Habbatussauda.
    Rasanya di badan emang enakeun.. tapi aku sukanya diminum dengan dicampur ke teh hangat, jadi rasa hangatnya menjalar lebih lama.

      1. Kak Juli, aku jadi inget pancingen.
        Rasanya beneran bikin gak nyaman banget ya.. Mau makan, ga enak.. Mau minum juga gak enak.
        Kudu banget dibantu menggunakan minuman herbal Antangin yang khasiatnya membuat badan kembali fit.

  6. Aku pun selalu sedia antangin ini buat sehari-hari. Kalo begadang malam minum itu rada angetan badan dan perut ga kembung

    Semangat jaga kesehatan ya kita mak sekeluarga. Sehat2 mak

  7. Betul, jaga pola pikir ternyata jg berhubungan dg cara kita untuk jaga daya tahan tubuh. Pas lg banyak pikiran, malah badan ikut kerasa gak enak yaa

  8. sebagai busui, kadang konsumsi minuman meskipun herbal tuh agak khawatir bisa menurunkan kualitas dan kuantitas ASI ya, mbak. Tapi ini angtangin JRG tetep aman dikonsumsi untuk Busui. Alhamdulillah…

  9. Kesehatan gak cuma fisik tapi mental pun sangat berpengaruh. Sepakat dengan tips di atas. Akupun minum Antangin. Ini bekalku lancar menjalankan ibadah selama Ramadan.

  10. Menjaga pola pikir juga penting banget ya, berpengaruh banget terhadap daya tahan tubuh, seringnya banyak pikiran negatif bikin cepat drop.
    Nggak ketinggalan juga asupan herbal yang meningkatkan daya tahan tubuh, kayak Antangin Habbatussauda 🙂

  11. The power of positive mind. Bener banget ya, mindset positif tuh sangat berpengaruh dengan imunitas kita. Berasa sekali teringat ramadan tahun lalu lebih depresif dibanding ramadan tahun ini dimana pandemi mulai mereda.

  12. Setuju Mbak.. Menjaga ketenangan itu penting sekali. Saat kita tenang, kerja organ tubuh juga jadi aman ya. Tidak stress. Btw, Antangin memang enak banget ya Mbak di tenggorokan, rasanya memang bikin plong dan badan pun ikut hangat.

  13. Setuju mbak, bahwa kesehatan merupakan asset yang berharga!!
    Antangin ternyata tidak hanya untuk mengobati masuk angin, ternyata bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  14. Menjaga gaya hidup agar selalu sehat ini memang penting sekali ya mba. Bagaimanapun kita harus berupaya untuk hidup sehat. Antangin bisa menjadi solusinya

  15. Betul, Mbak. Sehat itu sebenarnya mudah dan murah tapi kalau sudah diabaikan ya jadi mahal. Makanya menjaga pola hidup dan pola pikir sehat itu penting. Agar hidup lebih berkualitas . Semoga kita sehat2 selalu. Amiin.

  16. Sama banget, mbaak. Aku juga mulai belajar jaga pola makan dan pola hidup demi tubuh lebih sehat. Kalau butuh dan bener-bener drop, andalan banget minum Antangin habbussauda. Ku campur air anget gitu enak banget

  17. Wah kita samaan deh, mbak. Aku juga mulai belajar jaga pola makan dan pola hidup demi tubuh lebih sehat. Kalau butuh dan bener-bener drop, andalan banget minum Antangin habbussauda. Ku campur air anget gitu enak banget

  18. Menjaga daya tahan tubuh penting sekali.. Apalagi kalau kita sering bepergian dan full dengan kerjaan.. Jangan sampai badan tumbang dulu baru diperiksa yahh.. Mkasih remindernya kak 😀

  19. Toss, Mbak. minuman herbal semacam antangin ini aku juga suka banget karena selain menyembuhkan penyakit juga menjaga kekebalan tubuh. Macam beli satu dapat dua manfaat gitu. Praktis pula, tinggal glek.

  20. Menjaga pola pikir, pola makan dan pola hidup sehat serta menjaga daya tahan tubuh kita dengan Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda, recommended buat keluarga kita ya, noted.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.