Mengukir Pengalaman Berharga Bersama Traveloka Xperience

Pengalaman adalah guru yang sangat bijak dalam kehidupan

Julipedia

Ada pepatah mengatakan jika “Pengalaman adalah guru yang sangat berharga.” Benarkah demikian? Yup, menurut hemat saya, dari pengalaman kita bisa belajar banyak hal. Dari pengalaman, kita jadi tahu sesuatu yang tadinya tidak tahu. Dari pengalaman, kita bisa bertambah wawasan. Dari pengalaman,  kita jadi hati-hati dalam melangkah ke depan karena pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Intinya dari pengalaman, kita bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa.

Berkaitan dengan pengalaman jalan-jalan, ada juga peribahasa yang berhubungan yaitu “Malu Bertanya Sesat di Jalan.” Lalu ada peribahasa balasannya “Banyak Bertanya Memalukan.”  Hayo, mau pilih yang mana? Ada yang punya pengalaman tersesat di jalan gara-gara malu bertanya? Jaman dulu sebelum era digital, mau pergi-pergi itu rasanya nano-nano. Ada rasa senang, tapi ada rasa khawatir juga. Takut jangan-jangan nanti nggak sampai, takut jangan-jangan nanti tersesat, takut nanti jangan-jangan..ah, banyak deh kekhawatirannya. Ya memang bisa sih bertanya, tapi hellow, hari gini tidak semua orang mau ditanya-tanya dengan cuma-cuma. Kalaupun ada yang tulus memberitahu, itu pas kita beruntung. Pernah lho saya bertanya malah diblusukkan, ada juga yang meminta imbalan setelah memberi info. Lha wong polisi cepek aja minta upah kok. Ya sudahlah. 

Untung saja waktu terus bergerak. Zaman terus berubah. Sedikit demi sedikit, perlahan tapi pasti, banyak segala kemudahan yang tercipta sejak internet ditemukan. Orang tak lagi perlu bertanya-tanya bagaimana kabar orang tersayang nun jauh disana. Tinggal chat, pesan langsung sampai dalam hitungan detik. Perkara nanti mau dibalas atau cuma di read doang, hanya nasib yang berbicara. Uhuk!

Bicara tentang pengalaman, mari kita berbicara tentang masa lalu. Di masa kecil, saya senang sekali diajak pergi naik kereta api bersama bapak dan ibu saya. Sensasi naik kereta api terasa begitu lekat dalam ingatan. Suara peluit di stasiun, pemandangan indah dari jendela kaca kereta api, sensasi gelap saat masuk terowongan, sampai harus berada dalam situasi para pengemis dan pedagang kaki lima yang bebas naik turun hilir mudik di gerbong kereta api ekonomi tahun 1980-an saat kereta terhenti di stasiun-stasiun kecil. Lalu cerita tentang perjuangan bapak saya (almarhum)  yang rela antri berjam-jam demi mendapatkan karcis kereta api untuk kami sekeluarga pergi.

Bayangkan pula bagaimana perjuangan kami untuk mendapakan kendaraan umum di pagi-pagi buta demi mengejar kereta api di stasiun supaya tidak ketinggalan. Untuk kereta api yang  berangkat jam 7 pagi, saya yang masih anak kecil harus rela dibangunkan jam 2 pagi untuk sekedar mandi dan sarapan sebelum berangkat oleh ibu saya. Walau kepala masih terasa berat dan mata ini enggan untuk melek, saya pun harus mandi di waktu pagi-pagi  buta saat ayam kokok pun belum terdengar. Dingin terasa merasuk tulang meskipun ibu saya sudah menyediakan air hangat untuk saya mandi. Namun rasa excited karena mau pergi jauh, saya di Jogja dan akan liburan ke rumah nenek di Subang, Jawa Barat maka semangat piknik itu terasa menggelora. Kami pun sukses naik becak pagi-pagi buta dari area Gejayan hingga ke stasiun Tugu Yogyakarta. Ya, di waktu sepagi  itu mana ada angkutan umum seperti bis atau colt antar daerah yang beroperasi.

Kenangan di masa kecil bersama almarhum bapak saya begitu lekat dalam ingatan. Begitu indah dan menjadi bekal di masa depan. Maka saya pun bertekad untuk membahagiakan masa kecil anak-anak saya dengan membekali mereka pengalaman-pengalaman baru yang membahagiakan. Salah satunya dengan traveling bersama keluarga. Saya dan suami tidak ingin masa kecil anak-anak kami kurang bahagia. Karena sejatinya, banyak pengalaman berbanding lurus dengan indeks kebahagiaan.

Secercah Harapan

Pengalaman ada yang menyenangkan, ada pula yang menyebalkan. Tiap orang punya caranya sendiri-sendiri dalam menghadapi pengalaman yang beragam. Kalau mau berpikir positif, pengalaman tidak mengenakkan bisa menjadi pemicu suatu peluang usaha. Pengalaman kesulitan saat mencari tiket pesawat untuk pulang ke Padang dari Amerika Serikat menjadi letupan ide brilian seorang Ferry Unardi untuk membangun bisnis startup yang awalnya hanya untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Startup yang didirikan di tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert Zhang ini bernama Traveloka. Traveloka yang berstatus sebagai startup unicorn asal Indonesia ini mengembangkan layanannya pada pemesanan tiket pesawat, kereta api, bus, rental mobil hingga ke wisata.

Kehadiran Traveloka memberikan angin sejuk bagi siapapun yang membutuhkan tiket perjalanan untuk berbagai kepentingan. Sistemnya yang online, memudahkan siapa saja untuk memesan tiket tanpa tergantung jarak dan waktu. Nggak pakai ngantri pula. Hanya pastikan saja, kuota internetnya cukup lancar. Saya punya pengalaman yang menyenangkan setelah beberapa kali melakukan transaksi pemesanan tiket dari tiket kereta api hingga tiket pesawat.

Ternyata oh ternyata, Traveloka makin berkembang pesat dalam pelayanannya. Ada kabar baik bagi yang suka traveling dan penyuka gaya hidup masa kini. Ssstt..ada yang baru di Traveloka. Namanya Traveloka Xperience. Cucok banget deh buat siapa saja yang suka mencari pengalaman seru bersama teman, keluarga dan travelmate tentu saja.  

Bagi saya pribadi, pengalaman baru itu harus selalu dicari selagi ada waktu dan kesempatan. Soal uang? Kan bisa diupayakan, tapi pengalaman yang berharga itu tidak akan datang begitu saja jika kita tidak kemana-mana. Masa iya sudah setua ini daerah jelajahnya cuma rumah-kantor-rumah-sekolah anak-sudah. Hadeuh.

Yuk, dipilh..dipilh.. 🙂

Maka saya dan keluarga, sering banget mencari #XperienceSeru bersama. Kayak setahun yang lalu, saya bersama suami dan anak-anak sengaja ngebolang di Bali. Tiket pesawatnya pesan di Traveloka dan mendapat harga yang sangat sesuai dengan budget kami yang pas-pasan. Pokoknya kalau kepengin jalan-jalan pas duitnya ada aja deh. Hehehe..

Saya dan suami sepakat untuk selalu mengajak anak-anak mengunjungi tempat yang baru untuk menambah wawasan, memacu adrenalin, refreshing, menjaga kewarasan dari segala rutinitas dan tentu saja memberi pengalaman seru tak terlupakan. Ibarat kata, mesin saja bisa soak kalau nggak di maintenance, dipakai terus tanpa diberi istirahat dan diperhatikan soal oli dan bahan bakarnya apalagi tubuh kita, ya kan. Tubuh juga perlu dimanjakan dalam tempo waktu tertentu setelah lelah belajar dan bekerja. Jangan sampai kebosanan dan stress menghambat produktivitas kita. Maka traveling menjadi solusinya.

Nah, di Traveloka Xperience ini, bisa banget lho kita menemukan apa yang kita mau soal travel dan lifestyle yang ada di Indonesia hingga Asia Tenggara.  Disana juga ada banyak kategori yang bisa kita ulik satu persatu. Mau tahu? Yuk, marii!

  • Attractions

Misalnya nih, saya kepengin tahu ada atraksi  apa nih di kota Jogja yang lagi ngehits. Langsung saja buka aplikasi Traveloka,  lanjut ke menu Traveloka Xperience, pilih kota Jogja. Nah disitu ada banyak atraksi. Misalnya saya Sendratari Ramayana di Prambanan ya. Tiket biasanya kan 50 ribu rupiah tuh. Eh, pesen di Traveloka Xperience cukup 48.500 rupiah saja lho. Lumayan bisa hemat 1.500, kalo bawa rombongan udah berapa rupiah yang bisa ditabung kan?

  • Events

Bisa untuk ngecek ada event apa yang lagi ngehits di kota yang sedang dikunjungi. Misalnya ada konser musik idola kita. Yuhuu, boleh dicek lah.

  • Movies

Bisa untuk pesan tiket nonton film di bioskop lho. Lumayan kan, hemat waktu dan tenaga nggak pakai antri. Tinggal melenggang kangkung masuk theathre trus nonton deh.

  • Playgrounds

Misalnya saya kepengin memberi hiburan edukatif  buat anak saya yang masih TK nih. Sepertinya Kidzoona Jogja City Mall bisa jadi pilihan nih. Pas kebetulan tiketnya separuh harga dari biasanya yang 90 ribu, di traveloka Xperience bisa dapat tiket 45 ribu rupiah saja. Wow banget ya. Anak-anak bisa menambah pengalaman sekaligus mengasah skill dalam bermain peran sebagai koki yang handal misalnya. Mereka pun dapat belajar tentang perilaku dan komunikasi yang baik dengan teman-teman baru sebayanya disana. Lalu bermain dengan berbagai macam permainan yang sangat menarik tentu saja. Pengalaman menyenangkan dan membahagiakan semacam ini dapat menjadi bekal tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih baik.

  • Beauty & Spa

Para ibu yang rindu me time mana suaranya? Traveloka Xperience paling mengerti kebutuhan para ibu yang pengin relaks sejenak dari rutinitas rumah tangga yang monoton dan cukup membosankan ya. Baiklah, recharge dulu dengan bersantai sejenak. Dipilih-dipilih mau spa dimana. Sesuaikan dengan budget di kantong jangan sampai jebol. Ssstt..uang sisa belanja sayuran yang ditabung setiap hari masih cukup kan untuk mandi sauna sebentar? Asiiikk..

  • Entertainment

Bagi yang butuh hiburan cukup menantang, memacu adrenalin di Jungle Paintball Jogja Admission Ticket bisa jadi pilihan nih. Cocok dimainkan rombongan bersama grup arisan RT misalnya.

  • Sports

Buat yang suka olahraga fun, nah ini nih yang dicari. Mau nyobain rafting di sungai Oya Gunungkidul? Wah, pasti seru banget ya. Apalagi kalau dilakukan beramai-ramai sama teman satu gank. Siapin aja uang mulai dari 57.600 rupiah untuk per orang ya.

  • Transports

Soal transport ini juga tak kalah penting. Misalnya lagi jalan-jalan di Bali, lalu perlu banget mengejar waktu ke bandara. Tak perlu menunggu waktu lama menunggu taksi yang belum tentu ada, langsung saja pilih Private Transfer Ngurah Rai Airport Bali. Kendaraan yang dinanti akan siap mengantar dari atau ke bandara Ngurah Rai tepat waktu. Siapakan saja uang mulai dari 79.200 rupiah.

  • Tours

Ada rencana mau ikut tour ke Labuan Bajo? Nikmati pengalaman seru naik kapal pesiar di Komodo Tour Full Day Package – 1 Day by East Cruise bisa jadi pilihan. Biaya starts from IDR 1.281.150 dari Labuan Bajo ke Pandar Islands. Wow!

  • Travel Essentials

Lagi jalan-jalan di Singapore tiba-tiba sinyal blank. Jangan khawatir, bimbang dan ragu. Ganti kartu SIMCard bisa lho yang support banget. Apalagi jika di Singapura tinggal selama 3-7 hari. Buka saja menu Travel Essentials di Traveloka Xperience, ada Singapore 4G SIM Card yang bisa didapatkan di retail store yang ada di Changi airport. Urusan sinyal jadi lancar jaya hanya dengan biaya mulai dari 123.114 rupiah saja.

  • Food & Drink

Di menu ini kita bisa mencari makanan khas yang ada di tempat wisata yang dikunjungi. Misalnya mau wisata kuliner saat di Jogja. Ada tuh paket yang menawarkan makan malam di lesehan, menikmati nasi kucing di angkringan, minum kopi joss di area tugu dengan tour guide yang memandu perjalanan kuliner itu. Asyik kan? Soal oleh-oleh makanan juga banyak yang bisa dieksplor, jangan khawatir. Harga pun bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Ya, kan?

  • Classes & Workshop

Pernah nggak mengalami kebengongan, nggak tahu mau ngapain hanya mager saja di kamar hotel karena nemenin suami dinas ke luar kota? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru sembari menambah ilmu dan skill? Yup, coba deh ikutan kelas atau workshop di daerah setempat. Misalnya Yoga Class, atau cooking class, make up class atau kelas membatik. Bosan bisa hilang dan tambah ilmu, nggak wasting time juga.

Hanya satu kata penuh makna untuk Traveloka Xperience : keren. Banyak pilihan dan reviewnya lengkap. Jangan khawatir tersesat atau ditipu soal harga karena semua sudah tertera disitu. Pernah nggak mengalami pengalaman menyebalkan makan di suatu tempat dan saat akan membayar ternyata harganya sangat mahal diluar ekspektasi kita? Banyak lho yang aji mumpung seperti itu. Mumpung ada pendatang, nasi rames bisa dihargai 10 kali lipat dari harga normal. Ya kali, masa makanan yang sudah dimakan nggak akan dibayar. Lagian kalau keadaan lapar bisa jadi kita nggak tanya-tanya dulu soal harga karena memang nggak ada daftar harganya. Lain halnya kalau ada daftar harganya kan. Jadi tidak bertanya-tanya dan tiba-tiba tercengang. Haha..

Di Traveloka Xperience ini, semua kebutuhan soal travel dan gaya hidup terpampang nyata dari soal harga, lokasi, how to, semuanya diulas secara lengkap dan detail. Jadi benar-benar memudahkan meskipun kita sedang berada di negeri orang. Dengan demikian urusan liburan bisa semakin memperkaya pengalaman dan minim drama.

Happy experience!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

54 thoughts on “Mengukir Pengalaman Berharga Bersama Traveloka Xperience”

  1. Dulu kalo malu bertanya bisa nyasar beneran, tapi kalo sekarang bertanya malah malu-maluin. Masih untung nggak dikerjain dulu. Ketahuan kan kalo cari alamat nggak bisa pake Maps he, he.

  2. Ini dia, bagi turis lokal yang bingun mau makan di mana, mending cek Traveloka Xperience dulu agar bisa makan di tempat yang tepat. Saya gak bisa bayangin jika harus bayar sesuatu yang sudah kita makan dengan harga mencengangkan dan tidak wajar. Banyak juga yang gitu. Traveloka bikin kita merasa aman. Sekaligus nyaman. Salam kenal, Mbak.

  3. Wah aku malah jadi mupeng nonton Sendratari Ramayana di Prambanan, kelihatan megah ya mba. Jogja banyak banget tempat wisata dan atraksi untuk dieksplore nih. Padahal aku ke Jogja tuh sampai nggak bisa berhitung saking seringnya. Tapi masih banyak tempat wisata yang belum dikunjungi

    1. Saya dah coba nih kmrn beli tiket lewat traveloka experience. Iya ya.. jadi lebih mudah dan ga ribet. Ntar coba lagi ah kalau mau jalan2 keluar kota atau ke LN.

  4. Aku udah nyobain fitur Xperience ini untuk berburu spa, mba. Lumayan loh bedanya dengan publish ratenya bisa nyampe puluhan ribu. Buat ibuk2 penting banget nih untuk menghemat pengeluaran. Seneng ya kalau ada fitur yang menyenangkan seperti ini.

  5. Waaah ya bener mak, kalau dibandingin ama pengalaman liburan tahun 80-90an dulu emang terasa sekali bedanya ya. Bapak ibuku dulu kalau mau ngajak anak2nya liburan, ribet udah dari beberapa bulan sebelumnya. Kudu nyiapin ini itu, pesan tiket pesawat, blom lagi cari info travel dan sebagainya. Kalau sekarang mah, semua bisa pakai Traveloka aja. Ringkas.

  6. wiiih ke Kidzoona Jogja City Mall kalau pesan via traveloka xperience diskon 50%. murce banget. jatuhnya lebih irit dan jalan2 gak pakai kepikiran deh

  7. Ya ampun, traveloka ini lengkap banget udah ya. Mau hiburan dan jalan jalan semua ada di Traveloka deh. Dan aku kemaren ketemu tiket Jakarta Narita PP cuma 2jutaan di Traveloka juga. Terlove dah 😀

  8. Agenda liburan, nonton, atau sekedar nonton film ini sudah mudah didapatkan dengan Traveloka Xperience. Mantep banget dah Traveloka ini. Selalu mengerti kebutuhan hidup penggunanya.

  9. Masya Allah lengkap banget ya mba traveloka experience, semua ada dalam satu aplikasi gak pake ribet dan infonya terpercaya pastinya. Mau travelling jadi gak pusing lagi mikirin mau kemana dan budget berapa semua udah ada di traveloka experience..makasi infonya ya mba

  10. Wow, komplitnya kebangetan, Mbak. Cukup buka 1 aplikasi, semua kebutuhan traveling bisa dipenuhi. Nggak cuma akomodasi, kebutuhan entertainment sampai paket data pun bisa dibeli. Traveloka memang ngasihnya nggak pakek tanggung.

  11. Fiturnya lengkap sekali ya, sangat membantu bagi kita yang bingung mau pergi ke mana saat sedang di luar kota. Daripada bengong kan, mendingan cari hiburan yang sedang diadakan di tempat tersebut melalui traveloka xperience

  12. Sepakat mb, pengalamsn adalah guru yang paling berharga. Dan bepergian atau piknik adalah salah satu cara mendapat pengalaman. Biar asyik pengalaman yang kita dapatkan, traveloka xperience adalah jawaban… Hihi..

  13. Kaya yang pas kapan itu yaa, kak..
    Mumpung ada yang makan, harganya di mahal-mahalin.
    Asli deeh…gondog!
    Aku pernah ngalamin doonk pas ke Pangandaran.
    Andaikan waktu itu sudah ada Traveloka….

  14. Keren ya Traveloka. Bikin gak ada alasan lagi buat mager saat liburan. Bisa kita pilih deh kegiatan untuk ngisi liburan dengan eksplor Traveloka Experience. Bisa disesuaikan dengan kondisi dompet pula. Mau liburan tipis-tipis atau tebal-tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *