Alasan Menjadi Blogger Karena…

alasan menjadi blogger

Menulislah, maka kamu akan tahu kehidupan yang sesungguhnya

Julipedia

Dear, Indonesia..

Melalui surat yang kutulis khusus untukmu ini, aku akan bercerita tentang alasan menjadi blogger. Sebelumnya aku akan memberitahu bahwa menjadi rakyatmu adalah kebanggaan. Kultur budaya yang kaya, orang-orang yang ramah dan santun budi bahasanya, tanah yang subur, gemah ripah loh jinawi adalah kekayaanmu yang tiada tandingnya.

Jika ada yang bertanya kenapa aku bisa bangga menjadi orang Indonesia, aku akan menjawab bahwa masih ada berjuta alasan lainnya yang tak dapat kuungkap dengan jelas. Jika di Jawa ada peribahasa tentang “Witing tresna jalaran saka kulina“, kadang ada benarnya. Aku lahir dan besar disini, tanah tumpah darahku Indonesia.

Dear Indonesia,

Aku tak menyangkal kalau perjalanan hidupku seringkali berawal dari kegelisahan. Seperti saat aku berproses dalam mencari jati diri tentang siapa aku sebenarnya. Semua mengalir berjalan apa adanya. Aku tidak tahu pasti apa yang aku inginkan dalam hidup ini. Yang aku tahu, aku hanya suka mencatat segala peristiwa dan menuliskannya dalam buku harianku.

Lambat laun, hidup terus bergerak. Ada banyak perubahan yang tak terduga. Aku tak lagi menulis di buku harian atau yang sering kusebut diary. Zaman menuntut aku untuk dinamis seiring dengan perkembangannya. Konon, orang menyebut masa ini adalah era digital, yang mana jaringan internet mempunyai peran yang sangat penting untuk segala perubahan.

Alasan Menjadi Blogger

Dear Indonesia,

Semua berawal saat aku ingin mencurahkan isi hatiku melalui tulisan yang semua orang bisa membacanya. Sedikit berbeda dengan kebiasaan menulis di buku harian yang sifatnya rahasia. Bahkan, aku mempunyai gembok buku harianku tempo doeloe. Rasanya malu sekali jika tak sengaja terbaca oleh orang lain.

Berbagi dengan Orang Lain

Namun sekarang, pemikiranku berubah. Berbagi kepada orang lain itu tidak hanya soal materi. Siapapun bisa berbagi ilmu, tenaga, pikiran, pengalaman dan cerita. Bahkan masalah yang kita hadapi pun dapat bermanfaat untuk orang lain. Apalagi jika ada solusinya. Yup, kita tidak hidup sendiri. Hal yang mungkin kita anggap tidak penting, bisa jadi penting bagi orang lain.

Sering sekali aku menulis hal yang mungkin remeh temeh. Namun ternyata hal itu justru banyak yang mengalami dan bisa menjadi bahan sharing. Bahkan tak jarang aku mendapat pertanyaan dari orang lain tentang tulisan pengalaman saat aku hamil dan mengalami flek, seolah-olah aku tahu tentang segalanya padahal aku hanya menuliskan berdasarkan pengalamanku saja.

Menambah Relasi

Aku jadi ingin bercerita tentang pengalamanku yang ada kaitannya dengan kegiatan ngeblog. Suatu hari saat aku menjaga toko ban tempatku membuka usaha bersama suami, ada seorang customer yang memakai mobil plat luar kota. Orang itu bertanya tentang sesuatu yang membuatku tertegun dan terhenyak sejenak.

“Masih ngeblog, mbak?”, dia bertanya. “Saya tahu toko ini dari blog mbak yang saya baca..”

Wow. Aku pun menjawab dengan penuh takjub. Rasanya senang sekali ada yang mengenal blog aku. Memang, dengan menulis di blog, banyak kejutan yang aku dapatkan. Antara lain bertambah teman yang satu frekuensi dan orang lain yang suka membaca tulisan-tulisanku di blog. Apalagi jika mendapat apresiasi yang menyenangkan bahwa tulisanku dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dari ngeblog pula, aku mengenal banyak teman-teman blogger lainnya. Dari teman-teman inilah aku mendapatkan banyak ilmu, informasi job, bahkan bisa masuk majalah parenting lho! Yup, temanku ini bekerja di salah satu majalah parenting dan mencari kontributor opini tentang menyusui dengan ASI. Dan aku menjadi salah satu yang terpilih untuk mejeng di majalah. Happy!

achievement blog
Masuk majalah πŸ™‚

Menang Lomba Blog

Meskipun tak sering mengikuti lomba blog dan tak sering menang, namun aku cukup bahagia saat pernah menang. Walau bukan juara satu, menjadi pemenang hiburan sampai beberapa kali pun aku sudah membuatku terhibur. Hadiah yang aku terima pun beragam. Dari hadiah berupa produk, piagam, domain dan hosting hingga uang tunai pun aku sudah merasakannya.

It’s so amazing saat ada yang memberikan apresiasi terhadap karya kita. Tak peduli besar atau kecil nilai hadiah yang aku terima, semuanya sangat berharga bagiku. Semua itu menjadi achievement yang melecut semangatku untuk terus belajar dan berusaha tanpa pernah mengenal kata berhenti. Selama yang aku senang melakukan hobby dan passionku, I’ll do it.

lomba blog
Beberapa achievement menang lomba blog

Mendapat Penghasilan

Siapa yang tak senang jika blog yang telah aku bangun bertahun-tahun sejak tahun 2009 dapat menghasilkan cuan? Jelas senang sekali lah. Aku ingat betul saat pertama kali mendapat email tentang penawaran kerjasama untuk menuls artikel di blog. Saat itu fee-nya berupa barter barang. Aku semangat sekali menulisnya.

Lalu mulai berdatanganlah penawaran kerjasama dari klien baik yang berasal dari komunitas blog, melalui email pribadi atau dari teman sendiri. Semua penawaran itu aku pilih berdasarkan mana yang benar-benar sesuai dengan personal brandingku, kesepakatan harga dan mengukur kemampuanku sendiri apakah aku sanggup mengerjakannya.

Jika penawaran kerja itu tidak sesuai dengan standar yang aku terapkan sendiri, maka aku pun terus terang menolak. Apalagi jika harus menulis sesuatu yang bertentangan dengan hati nuraniku misalnya brand rokok, judi online, dan hal lain yang tidak sesuai dengan prinsip dan keyakinan yang aku pegang. Seberapa pun besarnya fee, jika tidak sesuai lebih baik tidak.

Stress Released

Bagiku, menulis sesuatu yang aku aku suka itu sangat menyenangkan. Saat ada suatu masalah yang mengganjal, aku menulis. Dengan menuliskannya beban yang tadinya terasa berat lambat laun bisa berkurang. Setelah itu, pikiran menjadi tenang dan dapat mencari solusi yang tepat. Setelah semuanya selesai, aku menuliskannya di blog.

Ya, aku menuliskannya sebagai kepedulian kepada orang lain barangkali ada yang membutuhkan informasinya. Seperti saat aku mengalami suka dan duka menjadi blogger, aku menuliskannya. Bagaimana kendala yang aku hadapi, lalu proses saat mencari solusi dan hasil yang aku peroleh semuanya aku tulis sesuai dengan pengalamanku.

Super Sekali

Dear Indonesia,

Banyak sekali yang aku dapatkan dari menulis di blog kan? Semua ini tak terlepas dari keinginanku untuk bisa memberi sesuatu untuk orang lain. Mungkin aku bukanlah siapa-siapa, hanya manusia biasa saja. Namun dengan menjadi Blogger, aku menjadi percaya diri dan semakin berusaha untuk menjadi insan yang lebih baik dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Aku ingin menjadi orang yang senantiasa memberi kemudahan bagi orang lain. Suka menolong bagi yang kesusahan dan dapat memberikan informasi yang berguna untuk siapapun yang membutuhkannya. Aku menulis segala sesuatu. Apapun yang aku alami. Aku punya cita-cita semua orang yang ingin mencari sesuatu, semuanya available di blog aku juliastrisn.com yang maunya lengkap.

Bicara tentang lengkap, sering kan ya saat mau belanja sesuatu maunya berada di satu tempat saja? Kan lebih gampang tanpa harus kemana-mana lagi. Nah, bagi kamu yang sedang merintis usaha dan mau mencari pusat kulakan barang kebutuhan sehari-hari secara online, sekarang ada yang praktis lho! Penasaran ingin tahu bagaimana caranya, kan?

Aplikasi Super

Caranya pertama kali adalah install di Google Playstore atau iOS aplikasi Super. Setelah itu isi data-data yang perlu, lalu tunggu verifikasi setelah itu siapapun dapat menjadi agen dari pusat kulakan yang murah dan mudah. Gratis ongkos kirim pula. Siapa yang nggak mau, coba? Asal tahu saja, di aplikasi Super ini barangnya lengkap banget.

Aplikasi Super
Aplikasi Super

Jadi, kamu nggak perlu ke beberapa tempat untuk kulakan. Semuanya sudah ada disini. Aplikasi Super sudah terdaftar di MenKominfo dan mempunyai visi dan misi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Mulia sekali bukan? Dengan menjadi mitra kulakan Super, aku doakan semua usahamu lancar jaya ya!

Nah, seperti aplikasi Super, salah satu alasan menjadi Blogger yang utama adalah memudahkan dan memberi manfaat bagi orang lain. Semoga kita semua senantiasa sehat-sehat selalu dan mendapat kemudahan dalam setiap usaha dan perjuangan ya. Apapun usahanya, yang penting jujur dan selalu konsisten.

Happy business!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

21 thoughts on “Alasan Menjadi Blogger Karena…”

  1. Meski kita bukan siapa-siapa namun tak jarang berkat tulisan-tulisan dari blogger ini kita jadi paham akan sesuatu. Seperti aplikasi Super ini, tempatnya orang kulakan online. Bermanfaat sekaligus informatif.

  2. Perjalanan ngeblog bagiku juga banyak sekali memberi pelajaran, Mak. Memilih untuk menjadi blogger adalah tentang mencipta sejarah dari sebuah tulisan. Karena suatu saat, ini akan menjadi rekam jejak dan warisan kita. Menjadi Blogger adalah bagian dari refleksi diri di kemudian hari. Karenanya tulisan juga akan menjadi pengingat kembali ke diri sendiri ya. πŸ™‚

  3. wow super… baru tahu ada aplikasi ini. coba intip ahh πŸ™‚
    iyah bener banget maak… suara hatiku terwakilkan di postingan ini. jadi blogger emang bikin bahagia ya. makanya niat mau pensiun ngeblog ga kesampean melulu πŸ˜€

  4. Keren dan mulia sekali niat baik dalam menulisnya.
    Dan semoga tulisannya senantiasa memberikan semangat untuk para pembaca karena kebaikan yang menular.
    Bersama Aplikasi Super, memesan barang dalam jumlah besar jadi lebih mudah.

  5. Aku jadi tahu nih ada aplikasi yang memudahkan dan bermanfaat ya mba. Sama kayak kita sebagai blogger yang tentunya ingin bermanfaat juga. Aku pun happy kalau tulisanku di blog banyak ngebantu orang lain

  6. Selama diniatkan untuk kebaikan, menjadi blogger akan memberikan banyak ruang kesempatan baik bagi kita untuk explore kemampuan sih
    banyak juga ketemu orang orang hebat dan pengelaman luar biasa
    bangga deh jadi blogger

  7. Terimakasih informasinya. Saya baru tahu tentang aplikasi super ini. Semoga jadi jalan usaha saya juga nih. Dalam rangka ikhtiar mencari penghasilan tambahan selain dari ngeblog.

  8. Banyak hal yang bisa kita dapatkan sebagai blogger ya, bukan cuma sharing ilmu juga dapat relaso & hadiah-hadiah. Dari blog kita juga bisa tau aplikasi yang berguna dan dibutuhkan buat yang mau mengembangkan bisnis

  9. Ngeblog itu memang seru banget ya mba, bisa networking, mengenal banyak hal, hingga dapat penghasilan juga. Awalnya aku nulis ya nulis, karena memang hobi. Eh lama kelamaan dapat penghasilan juga. Alhamdulillah.

  10. Iyaa, jadi blogger banyak berkahnya ya Alhamdulillah, semakin semangat berbagi ilmu dan tulisan di blog..aplikasinya keren banget ya nggak susah cari-cari suplier lagi buat usaha kita tinggal intip di aplikasi Super ini..

  11. Awal mula ngeblog cuma pengin mencatat jalan-jalan sama anak-anak biar ada kenangan saat mereka besar nanti. Eh ternyata bisa menghasilkan juga. Keterusan deeh

  12. Banyak alasan untuk menjadi blogger ya, mba, karena memang ngeblogger itu sesuatu banget yang bisa menjadi apa saja. Bisa memberikan manfaat buat oranglain dari tulisan kita, bisa untuk mata pencarian

  13. Aku juga punya diary yang punya kunci gemboknya, Mba. Walau sekarang sudah tidak ada lagi, si. Karena, sudah aku bakar. Maklum isinya terlalu absurd.
    Sekarang enak ada blog, bisa curhat, bisa mendapatkan income tambahan dan punya banyak teman sesama blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *