Hubungan Antara Anyang-Anyangan dan Infeksi Saluran Kemih

Anyang-anyangan adalah kondisi dimana sering buang air kecil dengan frekuensi sedikit-sedikit dan terasa nyeri

Sebagai seorang wanita aktif yang multitasking di rumah, saya punya harapan supaya selalu sehat dan bugar. Namun apa daya, kesibukan mengurus anak dan rumah tangga, ditambah kegiatan membantu usaha suami dan peran saya sebagai seorang Blogger seringkali menyita waktu untuk sekedar berolahraga atau memperhatikan asupan makanan dan minuman yang sehat. Alasan praktis dan nggak mau repot menjadi hal yang kadang menjadiΒ  biang kerok terjadinya guilty pleasure.

Bicara tentang sehat dan bugar, ada hal yang mengganjal bagi saya terkait ini. Semenjak melahirkan anak pertama 10 tahun yang lalu, saya mengalami yang namanya buang air kecil yang tidak tuntas. Mungkin semacam anyang-anyangan tapi hanya di akhir saat buang air. Kalau anyang-anyangan kan air seni yang keluar sedikit-sedikit tapi sering. Kalau saya bisa buang air kecil banyak, tapi rasanya tidak semua air seni keluar. Ada yang masih tertinggal. Jadinya saya sering lama kalau buang air kecil demi menunggu yang masih tertinggal itu keluar. Dan keluarnya sedikit-sedikit. Saya bisa ke kamar mandi lagi sesaat setelah buang air kecil tadi demi menuntaskan air seni yang belum keluar tadi. Mungkin ini juga semacam anyang-anyangan tapi beda stadium atau gimana ya?

Waktu itu, saya sampai dipasang kateter sesaat setelah melahirkan di rumah sakit karena hasrat ingin pipis yang tidak tuntas itu. Dan, kebiasaan buang air kecil yang tidak tuntas itu kadang masih menyerang hingga sekarang. Apalagi jika saya kurang minum air putih. Maka saya sekarang berusaha untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari. Saya tak ingin aktivitas sehari-hari terganggu karena masalah buang air kecil yang tak tuntas.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Berdasarkan pengetahuan yang saya baca, ternyata anyang-anyangan ini adalah gejala awal terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Jadi hubungannya jelas. Tubuh bisa saja mengalami Infeksi Saluran Kemih yang ditandai dengan gejala anyang-anyangan. Apakah saya termasuk yang mengalami gejala ISK itu? Oh, no!

Infeksi saluran Kemih adalah infeksi yang menyerang organ-organ yang termasuk dalam saluran kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra

Infeksi Saluran kemih ini menjadi penyebab sakit saat buang air kecil. Menjaga kesehatan itu sangat penting, jangan sampai menjadi parah. Maka jika ada istilah lebih baik mencegah daripada mengobati, saya sangat setuju akan hal ini.

Gejala Infeksi Saluran Kemih :

  • Badan terasa lelah, tidak enak dan nyeri
  • Bau urine menyengat
  • Rasa tidak nyaman pada bagian perut ke bawah
  • Sakit saat buang air kecil
  • Seperti ada tekanan pada panggul
  • Urine kadang bercampur darah, berwarna keruh

Anyang-Anyangan

Dulu, saat saya masih kecil, banyak yang mengatasi anyang-anyangan dengan mengikat karet jempol kakinya. Apa hubungannya? Saya tidak tahu. Yang jelas, karena sugesti, biasanya anyang-anyangan sembuh dengan sendirinya. Namun, hal itu sifatnya hanya sementara. Tetap saja sumber permasalahannya tidak diselesaikan.

Anyang-anyangan jelas mengganggu aktivitas. Seharusnya bisa beraktivitas dengan lancar, karena anyang-anyangan konsentrasi belajar ataupun bekerja jadi terganggu, dan waktu banyak yang terbuang percuma karena menunggu buang air kecil yang tidak tuntas. Sangat tidak nyaman dan menjengkelkan. Namun, seringkali banyak yang meremehkan anyang-anyangan ini. Ah, nanti juga sembuh sendiri. Tidak apa-apa. Mungkin karena kurang minum air putih. Atau gara-gara minum air putih panas dan dingin dalam waktu bersamaan. Banyak asumsi seperti itu. Yang jelas, saya ingin segera mengatasi susah buang air kecil yang cukup mengganggu ini.

Padahal, faktanya, justru anyang-anyangan adalah alarm tubuh tentang sesuatu yang tidak beres terjadi dalam tubuh kita. Tidak mungkin dong terjadi sesuatu tanpa sebab. Bukankah selama ini berlaku hukum sebab akibat? Waspadai jika sering mengalami anyang-anyangan dan merasakan sakit buang air kecil.Β Jangan sampai berlarut-larut.

Coba cek, bagaimana perilaku kita khususnya kaum wanita sehari-hari. O,ya anyang-anyangan ini selain menyerang kaum wanita, terutama wanitaΒ  aktif dan wanita hamil, anak-anak juga bisa terkena dampaknya lho.

Yuk, cari tahu apa saja penyebab anyang-anyangan !

Bakteri Eschericia coli atau E. coli yang hidup di dalam saluran cerna manusia, menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan

Ya. Bakteri Eschericia coli yang juga menjadi penyebab diare, ternyata juga menyebabkan terjadinya anyang-anyangan. Oleh karena itu, kita bisa mencegah masuknya Bakteri E. coli dalam tubuh atau cara mencegah anyang-anyangan dengan :

  • Menjaga pakaian dalam tetap kering, jangan sampai lembab
  • Biasakan membasuh organ intim dari atas ke bawah, jangan sebaliknya
  • Asupan air putih yang cukup
  • Menjaga kebersihan toilet
  • Konsumsi Prive Uri-Can

Apa itu Prive Uri-Cran?

Adalah proanthocyanidin yang terkandung di dalam buah Cranberry yang dapat menghambat perlekatan bakteri Eschericia coli di saluran kemih. Buah Cranberry banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Tumbuhan semak pendek ini, buahnya mengandung antioksidan dan vitamin yang biasa dikonsumsi untuk kekebalan tubuh dan mencegah sariawan. Suku Indian kuno menggunakan buah Cranberry sebagai obat luka akibat terkena panah.

Prive Uri Cran mengandung ekstrak buah Cranberry yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan yang menjadi gejala Saluran Infeksi Kemih (ISK) dan Infeksi Saluran kemih berulang. Tak perlu takut mengkonsumsi Prive Uri Cran karena bukan antibiotik.

Prive Uri Cran ada dua macam yaitu :

  • Prive Uri Cran

Komposisi : Mengandung 250 mg ekstrak buah Cranberry.

Kemasan berupa kapsul.

Aturan pakai 1-2 kapsul/hari.

Isi box : 30 kapsul

  • Prive Uri Cran Plus

Komposisi : Mengandung 375 mg ekstrak buah Cranberry, 60 mg Vit. C, 0,1 mg Lactobacillus Achidopillus, o,1 mg Bifidobacterium bifidum.

Kemasan berupa powder sachet.

Dosis 1-2 sachet / hari.

Isi box : 15 sachet/box

Prive Uri Cran menjadi solusi alami untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih. Mengingat di daerah Indonesia jarang ditemukan buah Cranberry, maka Prive Uri Cran adalah pilihan yang tepat. Saya sudah mengkonsumsi kedua jenis Prive Uri Cran ini. Prive Uri Cran Plus rasanya enak, khas buah segar. Cara membuat Prive Uri Cran Plus dengan mencampur 1 sachet Prive Uri Cran Plus dengan air putih hangat secukupnya.

Selama saya mengkonsumsi Prive Uri Cran, puji Tuhan saya jarang anyang-anyangan lagi. Buang air kecil juga lancar jaya tanpa ada urine yang tertinggal. Rasanya plong dan lega. Aktivitas sehari-hari tidak terhambat lagi.

Prive Uri Cran dapat dibeli secara online ataupun offline. Segera dapatkan di apotik seperti Guardian dan apotik terdekat atau bisa online melalui Tokopedia, Shopee, dan online shop yang tersedia. Kisaran harganya bervariasi. Silakan cek dengan browsing.

Nah, jangan biarkan anyang-anyangan mengganggu aktivitas dan hari-hari indahmu! Keep healthy life! πŸ™‚

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Blogger. Entrepeneur.

45 thoughts on “Hubungan Antara Anyang-Anyangan dan Infeksi Saluran Kemih”

  1. Saya baru saja sembuh dari ISK ringan Mbak. Gejala awalnya ya anyang-anyangan, tapi terus berlanjut hingga lebih dari 1 minggu. Akhirnya saya konsumsi Prive -Uricran juga. Syukurlah, sekarang sudah tuntas.

  2. Aku belum pernah anyang-anyangan dan enggak mau kena, makanya aku jaga kebersihan bagian tubuh yang paling sensitif itu. Termasuk minum uricran. Udah lihat tetangga yang masuk rumkit gara2 sakit ini, hikss

  3. Keep healthy life! iyes setuju banget, dulu pernah anyang anyangan dan itu ngga enak banget deh.. sekarang enak ya sudah ada urican, dulu hanya bisa meratapi rasa sakit πŸ™

  4. wah itu iya penyebab anyang-anyangan ini. tapi ada prive uri cran herbal alami sepertinya obat ini, boleh juga rekomendasi untuk keluarga yang mengalami penyakit anyang-anyangan

  5. asyik ya sekarang ada obat anyang anyangan… jadi inget dulu kalo anyang anyangan paling banter diobatin pakai cara iket jempol pakai karet gelang… hihihi…

  6. Terkena anyang-anyangan memang gak enak banget Mbaa, saya pernah 2x terkena dan udah kapok gak mau lagi

    Untungnya sekarang udah ada prive uri-cran yg praktis yang bisa dipakai untuk mengatasi anyang-anyangan yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *