Cerita Seru Dibalik Sejarah Blog juliastrisn.com

sejarah juliastrisn.com

Menulislah, dan biarkan semesta menemukan takdir tulisanmu

Julipedia

Cerita seru dibalik sejarah blog juliastrisn.com bikin penasaran, lho! Halo! Semoga semuanya sehat ya. Saya mau cerita nih. Ada yang mau diceritain nggak, ya? Mau ya. Ok, sip. Langsung cerita saja kalau begitu. Ceritanya bukan tentang dongeng. Tapi tentang cerita seru based on my true experience dibalik sejarah blog juliastrisn.com ini. Bagaimana awalnya, prosesnya seperti apa dan suka dukanya membangun blog ini bagaimana saya akan menceritakan semuanya.

Kenapa Ngeblog?

Google Adsense

Jujur saja, motivasi awal saya ngeblog itu karena tergiur cuan. What? Ya, saya punya cita-cita mendapat penghasilan blog dari Google Adsense. Maka saya pun semangat membuat blog gratisan dibantu sama suami saya. Iyess, suami saya yang membuatkan saya blog di tahun 2009. Nama blog pertama saya angananganku.blogspot.com.

Blog pertama ini isinya campur-campur. Kebanyakan curhat nggak jelas gitu. Konon, waktu itu di luar negeri ada blog seorang ibu rumah tangga yang isinya curhat. Curhat tentang kesehariannya itu ternyata malah laris dibaca. Blog itu juga banjir job dan iklan. Maka saya pun terobsesi ingin mempunyai blog seperti itu juga. Maka dengan pede saya menulis banyak curhatan di blog.

Setelah punya blog aliran curhat, keinginan untuk punya blog ber-Google Adsense masih berkobar-kobar. Saya pun mencari informasi bagaimana cara suatu blog bisa disetujui adsensenya. Lalu saya membuat blog satu lagi. Nama blognya ourhobbiesblog.blogspot.com. Isinya tentang hobby. Dulu syarat untuk lolos Google Adsense, bahasa blog harus berbahasa Inggris. Maka saya mengisi blog ini dengan 10 free artikel berbahasa Inggris.

Ternyata pancingan itu berhasil, blog ourhobbiesblog.blogspot di-approve Google Adsense. Maka saya pun semakin bersemangat membuat blog lagi yang awalnya bertema parenting sekaligus untuk membranding nama saya bernama juliastri-sayektiningsih.blogspot.com. Blog ini yang sekarang bertransformasi menjadi juliastrisn.com ini.

Ternak Blog

Setelah mempunyai akun Google adsense, saya makin ingin ternak blog. Maka saya membuat satu blog lagi bertema bisnis. Namanya bisnsisnekad.blogspot. Semua blog itu saya pasang adsense semua dengan satu akun google adsense yang saya punya. Namun ternyata tak semudah itu, Ferguso! Saya kewalahan mengurus 4 blog yang ternyata tidak bisa saya update secara berkala semua.

Maka, saya harus fokus memilih satu blog yang benar-benar diurus secara profesional. Lalu saya mempertimbangkan berdasarkan trafik blog mana yang paling banyak pengunjungnya. Ternyata blog juliastri-sayektiningsih.blogspot.com yang paling banyak dikunjungi pembaca karena membahas seputar kehamilan, parenting dan keluarga.

Ternak Blog
Ternak Blog

Stress Release

Saat saya jenuh, kecewa atau marah pasti butuh pelampiasan. Dengan menulis, semua rasa yang memberi efek negatif dapat berkurang. Namun saya tetap harus memilih mana yang boleh diposting dan mana yang tidak karena blog saya sifatnya jangka panjang. Selain itu tujuan saya menulis di blog untuk terapi kesehatan saya dengan menebar konten yang positif dan bermanfaat.

Rasanya plong sekali jika menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan masalah pribadi. Meskipun menulisnya tidak secara gamblang, hanya tersirat namun dapat mengurangi beban yang ada. Saya pun memegang teguh prinsip dari pegadaian untuk dapat mengatasi masalah tanpa masalah. Menulis dalam keheningan dapat melatih otak bawah sadar yang dapat memberikan solusi.

Apa yang Membuat Bertahan Ngeblog?

Networking

Tanpa disadari, kegiatan menulis di blog memberikan dampak yang luar biasa dalam hidup saya. Saya tidak sendirian. Ketika masuk ke dalam komunitas blogger, banyak hal yang saya dapatkan. Saya bertambah teman, ilmu, wawasan, pengalaman dan tentu saja networking yang saling support. Networking ini yang memberi banyak informasi untuk selalu berkembang

Penghasilan

Saya menulis di blog berdasarkan rasa suka, senang, hobby dan passion. Ketika tulisan itu dapat bermanfaat bagi orang lain, kebahagiaan batin saya dapatkan dengan penuh suka cita. Pun ketika ada apresiasi dari orang lain, menjadi lecutan semangat bagi saya untuk menjadi lebih baik lagi dan terus mengembangkan skill.

Ketika ada bonus yang menyertai seiring mulai adanya tawaran job, kerjasama dengan blog saya, itu namanya rejeki. Siapa yang tak ingin mendapat penghasilan tambahan dari blog? Berapapun hasil yang didapat, semuanya saya syukuri. Nominal kecil atau besar itu relatif. Rejeki tak melulu berupa materi. Berkenalan dengan orang baik melalui blog juga termasuk rejeki yang priceless.

Kenapa Pilih Domain?

Tak Sengaja

Blog saya awalnya gratisan dari blogspot semua. Lalu saya masuk komunitas blogger, saya melihat blognya rata-rata sudah pakai domain. Saya pun ingin punya domain yang sesuai dengan personal branding saya namun saya masih ragu karena semangat ngeblog saya waktu itu masih tergantung mood dan belum rajin update. Padahal sudah punya Google adsense lho. Itulah.

Tahun 2016, saya memberanikan diri ikut lomba blog di suatu Komunitas Emak Blogger dengan blog gratisan saya. Blog yang saya pakai juliastri-sayektiningsih.blogspot.com. Tak disangka dinyana, lha kok blog saya menjadi salah satu pemenang favorit. Mau tahu apa hadiahnya? Paket domain dan hosting gratis selama satu tahun! Wow, kan?

Sejarah Dimulai

Bulan Februari 2016 menjadi titik balik untuk sejarah blog ini. Hadiah paket domain dan hosting saya gunakan secara maksimal. Jangan ditanya bagaimana rempongnya saya saat harus menentukan nama domain, melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress dan melakukan semua proses itu sendirian dan otodidak. Hanya berbekal googling, saya melakukan semuanya.

Ya, ala bisa karena biasa. Mungkin ini yang dinamakan the power of kepepet. Kalau tidak dipaksa dan mau mencoba, saya tak akan bisa sampai sekarang. Saya pun memilih nama juliastrisn.com untuk nama domain blog ini. Nama sebelumnya juliastri-sayektiningsih.blogspot.com adalah nama blog yang sungguh panjang dan susah diingat.

Domain itu hanya ada satu di dunia ini. Saat saya memilih nama juliastrisn, saya beruntung belum ada yang memakainya. Mungkin karena nama saya tidak pasaran ya. Pokoknya saya jadi tidak pusing untuk memilih nama lain jikalau ternyata nama juliastrisn sudah dipakai orang lain. Lagian, saya kan tidak punya saudara kembar di dunia ini? Eh, apa hubungannya? 🙂

Mengapa Memilih TLD?

Top Level Domain (TLD) yang saya pilih adalah dot com. Arti dari .com di belakang nama juliastrisn adalah komersil. Ya, saya memilih ini tujuannya supaya mudah diingat karena dot com lebih komersil. Banyak yang memakai TLD ini. Jadi sudah banyak yang familiar, tidak perlu repot-repot memperkenalkan lagi.

Apa Sih Isi Blog juliastrisn.com?

Personal Branding

Pada hakekatnya, menulis di blog tidak hanya sekedar menulis saja. Selain tujuannya untuk sharing hal yang bermanfaat, sebagai stress release, ngeblog juga bisa untuk membangun personal branding. Personal branding seperti apa yang ingin saya bangun? Tentunya ya sebagai diri saya sendiri yang menjalani berbagai peran sehari-hari tanpa ada yang ditutupi.

Personal Branding
Personal Branding

Perkenalkan, saya Juliastri Sn adalah seorang ibu dari 2 orang putra dan putri. Saya membangun bisnis bersama suami dari rumah. Ya, saya dan suami mempunyai toko ban mobil dan motor beserta cucian mobil dan motor di rumah. Kami tinggal di ruko. Lantai atas menjadi toko, lantai bawah menjadi tempat tinggal. Kegiatan lainnya, saya nyambi menjadi seorang blogger.

Lifestyle Blog

Ketiga peran yang saya jalani ini menjadi koentji dalam mengisi konten blog saya. Sebagai seorang ibu, saya menulis tentang parenting, kehamilan, rumah tangga dan wanita. Sebagai seorang entrepeneur, kadang-kadang saya menuliskan tentang bisnis yang saya rintis bersama suami. Sebagai seorang lifestyle blogger, saya menuliskan banyak hal yang saya alami sendiri.

Apakah blog saya termasuk blog gado-gado? Mungkin iya. Tapi tetap memegang teguh pada koentji personal branding saya. Pengalaman saat nguprek-uprek blog juga ada beberapa yang saya tuliskan dalam kategori blogging. Pengalaman saat jalan-jalan bersama keluarga, saya juga menuliskannya dalam kategori traveling.

Mengapa Memilih Nama Domain juliastrisn.com?

Sesuai Dengan Nama Asli

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, saya memilih nama sesuai dengan nama asli saya supaya lebih personal. Pemakaian domain TLD dot com di belakang nama juliastrisn tentu supaya lebih simpel, tidak terlalu panjang, dan harapannya mudah diingat. Tiga kata yang mewakili nama sesuai personal branding saya adalah : Lifestyle Blogger, Entrepeneur dan Mom of 2

domain juliastrisn.com
Header Blog

Profesional

Sebagai seorang Lifestyle Blogger yang sudah cukup lama tapi skillnya segitu-gitu aja, ada kalanya saya merasa malu dengan diri sendiri. Selama 12 tahun ngeblog apa yang sudah saya dapatkan? Menang lomba blog kebanyakannya menjadi pemenang hiburan. Berarti kan kapasitas saya masih sebatas cukup menghibur lah ya.

Namun, saya berusaha untuk menjadi pribadi yang dapat dipercaya, konsisten dan profesional. Saat bekerjasama dengan klien, saya berusaha memenuhi pekerjaan sesuai dengan brief dan tenggat waktu yang sudah disepakati bersama. Pantang bagi saya untuk mengingkari janji karena ini berkaitan dengan nama baik saya.

Menulis di Blog dengan Gaya Storytelling

Saat ini saya sedang mengikuti Kelas Growth Blogger yang digawangi oleh Coach : mas Irwin Andriyanto, mas Punto Wicaksono dan mba Monica Anggen. Ada banyak materi tentang blogging yang saya pelajari di kelas ini jika lancar sampai sesi terakhir. Tadi malam, saya belajar materi ke-2 tentang Menetapkan Storytelling pada Postingan Blog.

Materi tersebut dibawakan dengan menarik, bergizi dan sangat useful oleh mas Bambang Irwanto yang sudah malang melintang di dunia cerita anak sejak jaman dahulu kala. Ada yang kenal dengan majalah Bobo, Anita Cemerlang, Gadis, Hai, dan Aneka? Fix, berarti kita seumuran. Eh, maksudnya mas Bambang menjadi kontributor penulis cerpen di majalah-majalah tersebut.

Keuntungan Menulis Storytelling

Menurut beliau, storytelling atau gaya bercerita juga dapat diterapkan pada postingan blog. Tak dipungkiri, brand lebih menyukai gaya bercerita yang berdasarkan pengalaman pribadi seorang blogger saat mempromosikan suatu produk. Gaya menulis yang menggunakan storytelling kesannya lebih natural dan lebih menyentuh secara personal.

Selain itu, menurut mas Bambang Irwanto, gaya bercerita yang berbeda-beda setiap orang itu dapat dijadikan ciri khas. Ciri khas ini bisa menjadi personal branding yang akan mudah diingat oleh pembaca. Keuntungan lainnya, menulis dengan gaya storytelling jauh dari copas atau plagiasi karena berdasarkan pengalaman pribadi yang tentunya tidak sama setiap orang.

Happy blogging! 🙂

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

3 thoughts on “Cerita Seru Dibalik Sejarah Blog juliastrisn.com”

  1. Mbak Julia sudah ngeblog 12 tahun, aku bagaikan remahan kerupuk kalau dibandingkan mbak hehe.
    untung waktu pasang TLD nggak pakai juliastri-sayektiningsih ya mbak xDD

  2. Apa apa kalo dikerjain bareng suami tu rasanya enteng ya mbak.. salam kenal lebih dalam mbak Julia 😀 Sukses terus untuk bisnis dan ngeblognya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *