11 Jenis Tanaman Hias yang Beracun

Tanaman Beracun

Kebencian adalah seperti meminum racun dan berharap musuhmu yang terbunuh.

Nelson Mandela

11 Jenis Tanaman Hias yang Beracun. Hm, jadi penasaran kan tanaman apa saja yang bersifat poison? Cek tanaman di kebun, yuk! Barangkali ada beberapa tanaman kesayangan yang ternyata cukup membahayakan kesehatan tubuh jika tanpa sengaja tertelan oleh anak-anak atau hewan kesayangan. Kita harus lebih aware dan mengetahui secara detail.

Kenapa Tanaman Hias Bisa Beracun?

Sebenarnya, tidak semua jenis tanaman hias mengandung racun. Beberapa diantaranya bersifat poison karena sebagai pelindung diri dari musuh antara lain serangga atau hewan lain. Tumbuhan memiliki cara untuk menjaga keselamatan hidupnya. Sekaligus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Sebagai pecinta tanaman hias, saya sedang mempelajari jenis-jenis tanaman yang berbahaya bagi siapapun yang berhubungan langsung. Terutama bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Maka sebaiknya, menjauhkan tanaman hias yang mengandung racun dari jangkauan mereka adalah langkah nyata untuk menjaga keamanan dan keselamatan.

Jenis Racun Pada Tanaman Hias

Jenisnya racun beragam berdasarkan bentuknya yaitu ada yang berupa senyawa oksalat dan atau getah berbahaya. Bagian tanaman yang mengandung racun ini pun bisa terpusat pada satu atau lebih dari satu tempat. Misalnya pada bagian daun, batang, bunga atau bijinya. Jika anak kecil atau hewan peliharaan tidak sengaja memakan bagian tanaman yang beracun, itu yang mengkhawatirkan.

Efek dari racun pada tanaman jika tidak sengaja tertelan ini banyak. Bahkan yang hanya terkena getahnya pun bisa langsung merasakan efeknya. Misalnya terjadi iritasi pada kulit, gatal-gatal, gangguan pernafasan, mual, muntah, diare, kejang-kejang, sensasi terbakar, pembengkakan pada bagian tubuh seperti bibir, mulut, lidah, tenggorokan dan lain sebagainya.

Jenis Tanaman Hias Beracun

1. ZZ Plants

Tanaman dolar atau nama panjangnya Zamioculcas zamiifolia ini memang menawan. Bentuknya yang klasik tak lekang oleh waktu. Tak disangka tak dinyana, dalam tubuh tanaman hias cantik ini mengandung senyawa oksalat yang jika mengenai kulit tubuh kita dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal yang cukup mengganggu.

ZZ Plants

2. Sansevieria

Tanaman yang lebih familiar dengan nama Lidah Mertua ini ternyata oh ternyata mempunyai getah yang cukup berbahaya. Jika bagian tanamannya ada yang tidak sengaja tertelan dapat menimbulkan efek yang merugikan tubuh. Misalnya terjadi muntah dan diare. Wah, cukup mengganggu dan merugikan ya. Maka jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak.

Sansevieria tanaman beracun

3. Kuping Gajah

Tanaman dari family Anthurium ini ternyata mengandung senyawa yang jika tak sengaja tertelan oleh anak-anak atau binatang peliharaan dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada dinding saluran pernafasan. Sehingga penderita dapat mengalami sesak nafas dan terjadi gangguan pernafasan.

kuping gajah beracun

4. Caladium

Caladium adalah jenis tanaman keladi atau talas-talasan. Tanaman hias ini memiliki ciri daun yang bermotif cantik dan berwarna warni. Dibalik keindahan warna daunnya, ternyata jika tak sengaja tertelan dapat menyebabkan gangguan saluran pernafasan. Gangguan ini bisa berlanjut menjadi sesak nafas yang mengganggu.

Caladium tanaman hias

5. Syngonium

Tanaman dari jenis Syngonium salah satu cirinya mempunyai daun yang merambat. Tanaman ini memiliki getah yang cukup berbahaya bila tak sengaja mengenai kulit tubuh. Akibatnya, kulit dapat menjadi gatal-gatal dan bisa terjadi iritasi hingga merasakan sensasi seperti terbakar karena api. Maka sebaiknya anak kecil tidak boleh dekat-dekat tanaman ini.

Syngonium tanaman beracun

6. Dieffenbachia

Tanaman ini mempunyai ciri berdaun lebar memanjang dan mempunyai corak garis yang beragam. Nama lainnya adalah pohon bahagia. Tanaman ini mengandung senyawa oksalat yang jika tak sengaja tertelan, dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan mulut, lidah dan saluran pernafasan. Jika berkelanjutan dapat menyebabkan kejang-kejang.

Dieffenbachia beracun

7. Philodendron

Ciri khas dari tanaman Philodendron adalah pertumbuhan yang merambat. Hampir mirip dengan tanaman sirih-sirihan. Jenisnya beragam dan daunnya ada yang berwarna-warni. Tak disangka, tanaman ini juga mengandung racun jika tak sengaja termakan. Akibatnya terjadi pembengkakan pada mulut, lidah dan gatal-gatal.

Philo melon

8. Peace Lily

Tanaman ini mempunyai ciri berdaun hijau dan berbunga putih. Jika tak sengaja tertelan dapat menimbulkan muntah, terjadi iritasi, air liur berlebihan dan terjadi gangguan pernafasan. Cukup mengkhawatirkan, ya! Padahal di sisi lain tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai pembersih udara. Maka sebaiknya, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.

Peace Lily tanaman hias

9. Aglonema

Tanaman ini sempat ngehits dan harganya pun melambung tinggi. Tak heran karena corak daunnya cantik berwarna-warni. Dari waran pink hingga merah pun ada. Sehingga menjadi tanaman favorit kebanyakan orang. Ternyata tanaman ini memiliki racun untuk melindungi diri dari musuh yang dapat menyebabkan pembengkakan mulut, lidah dan gatal-gatal.

Aglonema beracun

10. Sirih Gading

Tanaman ini berwarna kuning kehijauan dan tumbuh merambat. Bentuk perlindungan diri terhadap musuh yang mengganggu berupa senyawa yang dapat menyebabkan rasa mual, sakit perut, sakit tenggorokan, sulit bernafas hingga pada stadium lanjut dapat menyebabkan kondisi yang mengkhawatirkan seperti gagal ginjal. Dalam gambar ini jenis sirih Scindapsus.

Scindapsus tanaman hias
Scindapsus

11. Lidah Buaya

Pasti hampir semua orang mengenal tanaman ini. Lidah buaya atau Aloe vera mempunyai banyak khasiat untuk berbagai penyakit. Ternyata, tanaman ini juga mengandung racun yang jika tak sengaja tertelan kucing, dapat mengakibatkan muntah, lesu dan diare. Wah, kasihan sekali ya kucingnya kalau hal itu terjadi.

Lidah buaya beracun

Nah, itu dia jenis-jenis tanaman hias beracun. Demi keamanan bersama, alangkah baiknya untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Karena mereka belum bisa memahami apa dan bagaimana lingkungan sekitarnya. Berikut ada video yang saya buat di channel Youtube : Juliastri Sn. Semoga bermanfaat dan happy gardening!

Share

Author: Juliastri Sn

Mom of two. Lifestyle Blogger. Entrepeneur.

15 thoughts on “11 Jenis Tanaman Hias yang Beracun”

  1. Beberapa tanaman hias ternyata memiliki racun ya, perlu diperhatikan lagi nih kalau mau beli tanaman. Harus siap-siap buat jagain anak dan hewan peliharaan, catet dulu ah tanaman-tanaman yang mesti diperhatikan

    1. Di sisi lain, tanaman lidah mertuaini bisa meyerap radiasi komputer, membersihkan udara ruangan juga. Namun di sisi lain ada zat beracunnya juga kalo tak sengaja tertelan. Kalo gak kemakan sih gak papa Bun..

  2. Lidah buaya ternyata beracun juga ya. Saya bukan pecinta tanaman tapi tulisan mba ini sangat bermanfaat. Soalnya ibu saya yg pecinta tanaman jadi saya harus menginformasikan juga ke beliau agar tidak terkena racun tanaman tersebut.

  3. Bentar deh, itu kok tanaman-tanaman hias yang dibahas di sini ada semua di rumah ibu saya. Yang paling shocking tentu saja lidah buaya. Saya ingat dulu waktu kecil mbah buyut sering ngolesin lidah buaya ke rambut saya…katanya biar item

    Sayangnya pas udah gede, sering manas…jadi mangkak juga kaya besi berkarat deh rambutnya.

  4. Padahal sirih sering digunakan untuk bahan minuman biar singset yaa, kak..
    Ternyata berbeda jenis, berbeda pula sifat tanamannya. Gak boleh sembarangan make dan mengolahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *